Mengenal 4 Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Agar Tidak Salah Pilih

Mengenal 4 Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Agar Tidak Salah Pilih

Di Tinjau oleh Dokter

Meski sama-sama berfungsi untuk dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari, ternyata ada perbedaan antara sunscreen  dan sunblock, lho. Berikut sunscreen  dan sunblock yang perlu Anda ketahui. 

Apa Itu Sunscreen?

Sunscreen merupakan lotion yang dapat menembus lapisan atas kulit untuk menyerap sinar matahari yang telah sampai ke kulit. Akan tetapi, Sunscreen  ini biasanya hanya dapat melindungi kulit dari paparan sinar UVB. Namun, saat ini sudah banyak produk sunscreen bagus yang diformulasikan untuk melawan bahaya sinar UVA yang biasanya menimbulkan tanda-tanda penuaan dini seperti flek hitam dan kerutan di wajah.

Apa Itu Sunblock? 

Sunblock ialah produk kesehatan kulit yang berupa lotion, krim, gel ataupun spray yang dapat berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV secara langsung. Sunblock ini dapat melindungi UVB serta UVA, lho.

Apa Saja Perbedaan Sunscreen dan Sunblock?

Penting untuk diketahui bahwa sunscreen  dan sunblock adalah produk pelindung kulit yang berbeda. Berikut adalah beberapa perbedaan antara sunscreen  dan sunblock untuk membantu Anda memilih produk perawatan kulit yang tepat.

1. Cara Kerjanya

Perbedaan antara sunscreen  dan sunblock adalah cara kerjanya. Sunscreen menembus dan menyerap sinar UV. Dan sunscreen merupakan produk pelindung kulit berbahan kimia yang dapat menembus serta menyerap sinar ultraviolet (UV) sebelum mencapai dan merusak lapisan kulit. Pada saat yang sama, Sunblock merupakan lotion yang memantulkan dan menghalangi sinar UV untuk menembus lapisan kulit.

2. Kandungan Zat

Kandungan bahannya juga menjadi pembeda antara sunscreen  dan sunblock berikutnya. Ya, tentu saja sunscreen  dan sunblock mengandung berbagai zat yang melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari. Sunscreen ini mengandung senyawa kimia yang menyerap sinar UV sebelum mencapai lapisan kulit. Senyawa kimia yang dimaksud adalah oxybenzone, avobenzone, oxalate, octocrylene, homosalate, octinoxate dan para-aminobenzoic acid (PABA).

Namun, beberapa bahan aktif tersebut dapat digunakan pada orang dengan kondisi kulit tertentu, seperti kulit sensitif, alergi atau rosacea, menyebabkan reaksi alergi. Kebanyakan sunscreen sekarang mengandung titanium dioksida atau seng oksida (zinc oxide).

3. Konsistensi Krim

Komposisi sunscreen adalah krim, biasanya lebih tipis, yang menyebar dengan mudah di permukaan kulit tanpa meninggalkan residu putih (warna putih).

Warna yang dihasilkan oleh sunscreen tidak terlalu kuat. Inilah mengapa kebanyakan orang lebih sunscreen tabir surya daripada sunblock. Perbedaan sunscreen  dan sunblock dapat dilihat pada komposisi krimnya. Warna sunscreen biasanya lebih gelap atau buram saat diaplikasikan pada kulit.

4. Waktu Mengoleskan Krim Ke Kulit

Perbedaan sunscreen  dan sunblock tidak hanya terletak pada cara kerjanya, kandungan bahan aktif dan komposisi krimnya, tetapi juga pada waktu yang dibutuhkan untuk mengaplikasikannya pada kulit.

Berbeda dengan sunblock yang dapat langsung melindungi kulit setelah pengaplikasian, penggunaan sunscreen membutuhkan waktu untuk menyerap ke dalam kulit. Dibutuhkan sekitar 15 hingga 30 menit untuk mengoleskan sunscreen sebelum pergi keluar. Hal ini dilakukan agar kandungan pada sunscreen benar-benar meresap sebelum bekerja melindungi kulit.

Baca Juga: 5 Manfaat Sunscreen yang Wajib Anda Ketahui

Pilih Mana, Sunscreen atau Sunblock?

sunscreen atau sunblock

Source: freepik.com

Setelah Anda mengetahui perbedaan antara sunscreen  dan sunblock, tidak ada produk yang lebih baik dari yang lain. sunscreen  dan sunblock bekerja untuk mencegah efek berbahaya dari sinar UV. Untuk itu, Anda dapat menyesuaikan saja dengan kebutuhan Anda, ya teman Plasthetic.

Sunblock bisa digunakan untuk Anda yang beraktivitas di bawah sinar matahari dalam waktu yang lama,seperti kegiatan outdoor saat berolahraga, di konser atau bermain di pantai, karena efek perlindungan sunblock ini langsung terasa dan tanpa menunggu. Sunblock ini memiliki tekstur yang kental serta biasanya meninggalkan white cast saat dioleskan ke kulit. Mengandung bahan-bahan yang dapat membentuk lapisan pada permukaan kulit untuk dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Sedangkan untuk penggunaan sehari-hari Anda atau aktivitas outdoor yang tidak terlalu lama, Anda dapat menggunakan sunscreen yang memiliki formula lebih ringan serta tidak meninggalkan warna (transparan) pada kulit. Sunscreen ini baik untuk wajah menyaring sinar matahari sehingga sebagian sinar matahari masih terserap. Biasanya mengandung SPF, yang jumlahnya menentukan berapa lama sunscreen dapat berfungsi melindungi kulit. Misalnya, jika kulit terbakar sinar matahari dalam waktu 15 menit, penggunaan SPF 10 dapat meningkatkan waktu hingga 10 kali lipat sebelum kulit terbakar. Setelah 150 menit, sunscreen harus dioleskan kembali.

Baca Juga: Body Peeling Treatment: Pengertian dan Manfaatnya

BAS

Rekomendasi Perawatan Exfoliasi dari Plasthetic Clinic

Untuk aktivitas diluar ruangan yang sering terkena sinar matahari, Anda tidak cukup untuk memakai sunscreen ataupun sunblock ya, teman Plasthetic. Sesekali, Anda perlu melakukan exfoliasi ataupun perawatan untuk dapat memenuhi kebutuhan kulit Anda. Berikut ini adalah rekomendasi Plasthetic Clinic yang dapat Anda lakukan khusus untuk Anda:

1. Microbubble Exfoliation

Microbuble Exfoliation merupakan perawatan wajah yang menggunakan teknik scrubbing dari ahli kecantikan, berguna untuk pengelupasan sel kulit mati. Tujuan dari treatment ini adalah untuk mengangkat kulit mati pada wajah. Oleh karena itu bila perawatan ini dilakukan secara rutin dan berkesinambungan maka kulit menjadi lebih bersih, cerah dan sehat. 

2. Premium Glow

Premium Glow merupakan salah satu cara terbaik untuk dapat merawat kulit Anda. Perawatan wajah membersihkan dan menutrisi kulit, mencerahkan dan membuatnya tampak lebih muda. Premium Glow ini dapat memaksimalkan penyerapan semua nutrisi ke dalam kulit, membuat wajah Anda terlihat super berseri.

Baca Juga: 4 Pantangan Setelah Infus Whitening yang Perlu Dihindari

Nah, itu dia perbedaan sunscreen dan sunblock serta perawatan di Plasthetic Clinic yang harus kamu ketahui ya, teman Plasthetic. Untuk itu, tidak perlu bingung lagi ya. Kalian juga dapat menghubungi serta mendatangi Plasthetic Clinic untuk melakukan perawatan agar kulit Anda tampak lebih sehat setelah memakai sunscreen ataupun sunblock. Yuk segera kunjungi Plasthetic Clinic sekarang juga!

Di Review Oleh:

dr. Aema Y. Amir

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

Kenali Ciri-Ciri Penuaan Dini Agar Dapat Dicegah

Read More

Mengenal 5 Pantangan Setelah Treatment HIFU Miss V

Read More

8 Pantangan Setelah Cabut Gigi yang Harus Diperhatikan

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!