5 Manfaat Sunscreen yang Wajib Anda Ketahui

delicate-face-care-in-the-summer

5 Manfaat Sunscreen yang Wajib Anda Ketahui

Di Tinjau oleh Dokter

Teman Plasthetic, tentunya sudah pada tahu produk kecantikan yang satu ini, yaps benar banget, Tabir surya. Tabir surya atau sunscreen adalah produk kecantikan yang dirancang khusus dengan berbagai bahan kimia aktif. Tabir surya memiliki sejuta manfaat yang bisa kita dapatkan lho, Teman Plasthetic. Mau tau lebih lanjut mengenai sunscreen ini? Yuk simak selengkapnya disini.

Apa Itu Sunscreen?

Sunscreen atau yang sering kita sebut dengan tabir surya, adalah produk kecantikan yang ditujukan untuk melindungi dan merawat kulit dari paparan sinar matahari. Paparan sinar UV dapat merusak tekstur kulit, warna, dan kesehatan kulit itu sendiri. Untuk memastikan bahwa manfaat tabir surya dianggap penting dalam produk perawatan diri esensial.

Berbagai jenis sunscreen kini tersedia untuk membantu merawat kulit Anda sesuai kebutuhan, antara lain lotion, gel, busa, dan semprotan. Semua jenis sunscreen dapat memiliki tujuan yang sama untuk melindungi dari sinar UVA dan UVB. Tabir surya biasanya digunakan saat pergi ke pantai, namun saat ini dianjurkan untuk menggunakan sunscreen untuk aktivitas sehari-hari ya, teman Plasthetic.

Apa Fungsi dari Sunscreen?

Dengan memakai sunscreen pastinya memiliki berbagai fungsi pada tubuh, lho. Berikut ini adalah fungsi memakai sunscreen yang disimpulkan oleh Plasthetic Clinic.

1. Menjaga Kulit Agar Tidak Terbakar

Manfaat sunscreen ialah untuk dapat melindungi kulit dari sinar UV matahari. Berbicara tentang UV, jenis radiasi ini dapat dibagi menjadi tiga kelompok dengan sifat yang berbeda.

Salah satu manfaat menggunakan sunscreen atau tabir surya setiap hari adalah melindungi kulit Anda dari sengatan matahari dan kulit kusam yang disebabkan oleh sinar UVB. Kemampuan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar UVB dapat diukur dari nilai SPF-nya. Jadi pastikan Anda memilih tabir surya dengan setidaknya SPF 30.

2. Meningkatkan Skin Barrier

Tahukah Anda? Paparan sinar UV yang konstan dan intens juga dapat merusak penghalang kulit. Padahal, skin barrier merupakan lapisan penting milik kulit, termasuk kulit wajah, untuk melindungi dari berbagai masalah kulit seperti jerawat, kulit sensitif, kemerahan, dan berjerawat.

Nah, agar tidak merusak skin barrier, Anda bisa menggunakan tabir surya setiap hari, apapun aktivitas yang Anda lakukan. Melindungi kulit Anda dari UVB dengan tabir surya akan menjaga fungsi skin barrier Anda tetap kuat dan sehat.

Baca Juga: Centella Asiatica: Pengertian, Manfaat, Kelebihan, dan Cara Menggunakannya

3. Menjaga Kulit Tetap Sehat dan Kenyal

Kolagen merupakan salah satu protein dalam tubuh, berperan besar dalam menjaga kulit tetap kenyal, halus dan sehat. Sayangnya, paparan sinar UV dapat mengganggu produksi kolagen dalam tubuh dan menyebabkan kulit kehilangan elastisitasnya.

Saat kulit terkena sinar UV, kolagen dan elastin tubuh yang berada di lapisan dermis dan berfungsi sebagai jaringan pendukung dapat terdegradasi dan rusak sehingga membuat kulit tetap sehat dan kenyal.

Banner Plastic Aesthetic

Apa Saja Manfaat Sunscreen?

Salah satu cara untuk mendapatkan kulit bercahaya dan ternutrisi adalah dengan produk perawatan kulit. Ada banyak produk perawatan wajah yang bisa digunakan, salah satunya adalah sunscreen atau tabir surya. Berikut adalah manfaat sunscreen yang harus Anda ketahui, yaitu:

1. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Kita tentu tahu bahwa paparan sinar matahari yang berlebihan dapat merusak kulit wajah Anda. Dalam jangka pendek, kulit menjadi merah, kering, lurik, mengelupas, dan nyeri saat disentuh sehingga dapat menyebabkan proses penuaan dini. Untuk itu, Anda harus memakai sunscreen untuk mencegah hal ini ya, teman Plasthetic.

2. Mencegah Kulit Terbakar

Manfaat lain dari sunscreen ialah untuk mencegah kulit terbakar. Aktivitas berlebihan di bawah sinar matahari dapat menyebabkan fitur kemerahan dari waktu ke waktu, yang dapat menyebabkan pengelupasan dan pembakaran kulit jika matahari terlalu panas atau terlalu lama. Menggunakan tabir surya melindungi kulit di wajah Anda.

3. Membuat Warna Kulit Tetap Merata

Pernahkah Anda memiliki noda di salah satu bagian wajah, misalnya apakah tampak lebih gelap dari kulit di sebelahnya? Flek hitam bisa tiba-tiba muncul di wajah meskipun Anda tidak memiliki jerawat. Hal-hal ini bisa terjadi karena kulit Anda tidak terlindungi oleh sunscreen.

Baca Juga: Alarplasty: Pengertian, Manfaat, Kelebihan, dan Prosedurnya

4. Mencegah Munculnya Komedo

Komedo memang menjadi salah satu masalah kulit yang paling mengganggu. Karena munculnya flek hitam, salah satunya terletak pada latar belakang paparan sinar matahari. Oleh karena itu, penting bagi orang dengan kulit berjerawat untuk menggunakan sunscreen. Saat membeli suncreen, pastikan Anda memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

5. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat lain dari sunscreen adalah perlindungan dari sinar UV yang dapat menyebabkan penggelapan pada kulit, munculnya bintik hitam, penuaan dini, dan warna kulit menjadi tidak merata. Efek negatif dari paparan sinar matahari dapat menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti kulit kering, kulit kasar, bintik-bintik penuaan, garis-garis halus dan kerutan pada wajah. Jika tidak ingin tanda-tanda penuaan dini muncul, gunakan tabir surya sebelum keluar ruangan dan sebelum merias wajah.

Bagaimana Cara Memilih Sunscreen yang Tepat

Ada banyak jenis  sunscreen di pasaran saat ini. Anda dapat menyesuaikan sunscreen sesuai dengan jenis kulit Anda. Jika Anda masih bingung, berikut cara memilih sunscreen yang tepat berdasarkan jenis kulit Anda beserta rekomendasi treatment yang dapat Anda lakukan di klinik kecantikan untuk menjaga kulit sehat Anda, seperti yang disarankan oleh Plasthetic Clinic, yaitu:

1. Kulit Kering

Kulit kering biasanya menandakan kondisi kulit yang terlihat bersisik. Alih-alih mengoleskan pelembab dan mengoleskan tabir surya, Anda dapat memilih produk yang menawarkan manfaat keduanya. Sunscreen dapat dioleskan ke seluruh bagian tubuh agar tetap terhidrasi dan terlindung dari sinar matahari, menjaga kelembaban kulit dan melindunginya dari sinar UV.

2. Kulit Berminyak

Kedua, kondisi kulit kulit berminyak diperparah dalam cuaca panas. Meski harus mengoleskan pelembab berulang kali, bukan berarti Anda bisa bebas mengekspos kulit dari sinar matahari tanpa melindunginya, lho.

Baca Juga: IPL Treatment Adalah: Definisi, Manfaat dan Cara Melakukannya

3. Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi ditandai dengan zona T berminyak dan pipi kering. Di lipatan tubuh lainnya, seperti siku dan lutut, kulit terasa lebih kering daripada di tempat lain. Untuk perlindungan yang merata di seluruh kulit Anda, Anda dapat menggunakan sunscreen dalam bentuk spray yang bisa Anda semprotkan saat Anda membutuhkannya. 

Rekomendasi Treatment dari Plasthetic

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Plasthetic Clinic juga tentunya memberikan rekomendasi treatment yang cocok untuk Anda dan disesuaikan dengan jenis kulit Anda pastinya ya, teman Plasthetic. Selain harus rajin menggunakan sunscreen setiap harinya, pastikan Anda juga melakukan treatment tersebut di klinik kecantikan. Yuk simak treatment yang dapat Anda dapatkan berikut.

1. Meso Melasma

Meso Melasma adalah salah satu treatment yang bertujuan untuk dapat memudarkan flek hitam ataupun melasma pada kulit, dan juga untuk dapat merangsang pembentukan kolagen. Treatment ini menggunakan metode injeksi pada area-area yang bermasalah, sehingga melasma yang terjadi pada wajah akan dapat memudar.

2. Laser Rejuvenation 

Perawatan yang bertujuan untuk menghilangkan garis atau kerutan halus pada wajah akibat paparan sinar matahari. Perawatan ini pun dapat bertujuan untuk meremajakan kulit dan mengatasi tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis-garis halus pada wajah. Untuk hasil yang lebih memuaskan, disarankan untuk Anda melakukan perawatan ini secara berulang, ya teman Plasthetic.

3. Laser Dark Spot

Perawatan ini merupakan perawatan laser yang bertujuan untuk menghilangkan flek atau noda hitam pada wajah. Perawatan ini pun berfungsi untuk menyamarkan bagian gelap pada kulit agar warna kulit lebih merata dan terlihat lebih sehat.

Nah, bagaimana sekarang sudah mengetahui manfaat sunscreen serta bagaimana cara memilih sunscreen yang tepat sesuai dengan jenis kulit Anda kan, Teman Plasthetic? Pastikan Anda memilih sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit Anda ya. Tujuannya adalah untuk memastikan efek perlindungan yang optimal terasa pada kulit. Selain itu, penting untuk Anda dapat mengkonsultasikan jenis kulit Anda ke dokter spesialis kulit yang tentunya mengerti hal ini.

Kini, Plasthetic Clinic merupakan solusi yang tepat untuk menangani permasalahan Anda. Dengan dilengkapi dokter serta fasilitas yang terpercaya & modern, Plasthetic Clinic hadir untuk dapat menjadi jawaban permasalahan kulit saat ini. Untuk itu, Anda tidak perlu ragu dan malu datang ke klinik kecantikan yang satu ini, Yuk segera kunjungi Plasthetic Clinic Sekarang.Enhace Your Quality Of Life!

Di Review Oleh:

dr. Susan Arlya

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

cmp-bra-size

Cara Merawat Payudara Agar Tampak Lebih Indah dan Proporsional

Read More

Ragam Macam Operasi Lemak Perut yang Perlu Kamu Tahu!

Read More
delicate-face-care-in-the-summer

5 Manfaat Sunscreen yang Wajib Anda Ketahui

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!