Mengenal 10 Penyebab Spider Vein di Wajah dan Cara Mengatasinya

Mengenal 10 Penyebab Spider Vein di Wajah dan Cara Mengatasinya

Di Tinjau oleh Dokter

Kulit cantik dan sehat merupakan dambaan setiap orang. Sayangnya, berbagai masalah kulit dapat mempengaruhi penampilan kulit Anda. Mulai dari jerawat hingga munculnya pembuluh darah atau yang sering disebut varises yang terlihat jelas di permukaan kulit. Dalam dunia medis, kondisi ini dikenal dengan istilah spider veins. Yuk, simak lebih lengkap apa yang dimaksud dengan spider veins  ini!

Apa Itu Spider Vein di Wajah?

Spider vein merupakan kondisi pecahnya pembuluh darah di wajah. Bentuknya seperti jaring laba-laba, makanya disebut spider vein. Vena menyerupai varises kaki, tetapi polanya lebih kecil dan lebih dekat ke permukaan kulit.

Apa Saja Penyebab Spider Vein di Wajah?

Berikut ini ada beberapa faktor yang  bisa meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit spider veins, di antaranya:

1. Keturunan

Hampir 90 persen orang dengan varises juga memiliki kerabat atau anggota keluarga dengan kondisi tersebut. 

2. Pekerjaan Tertentu

Pekerjaan yang membutuhkan banyak berdiri, seperti perawat, tukang cukur, guru, dan pekerja pabrik, dapat meningkatkan risiko Anda terkena varises. Ini karena pembuluh darah di kaki harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke jantung saat seseorang berdiri lebih dari 4 jam.

3. Obesitas

Kelebihan berat badan dapat menekan pembuluh darah di kaki, yang dapat menyebabkan munculnya pembuluh darah laba-laba. 

4. Efek Hormonal

Menggunakan kontrasepsi hormonal atau perawatan hormonal selama menopause dapat meningkatkan risiko varises. Hal Ini terjadi dikarenakan hormon estrogen dapat  menyebabkan melemahnya katup vena.

5. Kehamilan

Aliran darah yang meningkat dan berat ekstra janin di vena kaki selama kehamilan dapat menyebabkan bentuk varises yang ringan ini. 

6. Riwayat Penggumpalan Darah

Gumpalan darah atau kerusakan vena sebelumnya dapat merusak katup dan mencegahnya bekerja dengan baik.

7. Tekanan Berlebih Pada Perut atau Wajah

Kondisi yang menyebabkan peningkatan tekanan di perut, seperti tumor, sembelit, dan pakaian luar seperti ikat pinggang, bisa memicu munculnya pembuluh darah vena di perut. Pada saat yang sama, tekanan berlebihan pada wajah, yang dapat disebabkan oleh batuk, bersin, atau muntah yang berlebihan, dapat menyebabkan munculnya pembuluh darah laba-laba ini di wajah.

8. Efek Cuaca Berubah-ubah

Perubahan cuaca yang abrupt dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah. Jika keadaan ini terjadi secara tiba-tiba, maka dapat menimbulkan pembuluh darah pecah, sehingga menghasilkan spider vein di area wajah.

9. Rosacea

Spider vein lebih sering terjadi pada individu yang mengidap rosacea. Rosacea merupakan kondisi kulit yang dicirikan oleh peradangan dan kemerahan pada wajah. Varian tertentu dari rosacea, yang disebut erythematotelangiectatic rosacea, dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah, menghasilkan tampilan seperti pembuluh darah laba-laba.

10. Paparan Sinar Matahari

Terlalu banyak terpapar sinar UV dari matahari dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dan memperluas pembuluh darah di area wajah. Pelapukan lapisan kulit dan pelemahan dinding pembuluh darah dapat mengakibatkan pembuluh darah menjadi terlihat dengan jelas di bawah permukaan kulit Anda.

Baca Juga: Cari Tahu 5 Cara Menghilangkan Kerutan di Kelopak Mata

Banner Plastic Aesthetic

Bagaimana Cara Mengatasi Spider Vein di Wajah?

Pembuluh darah yang bercabang ini bukanlah kondisi kritis yang mengancam jiwa. Namun, gejalanya bisa mengganggu dan mempengaruhi penampilan kulit, terutama jika muncul di wajah. Oleh karena itu, dokter Anda merekomendasikan beberapa perawatan untuk spider veins, di antaranya:

1. Stocking Pendukung atau Kompresi

Ini merupakan trik paling efektif untuk mengobati ketidaknyamanan vena laba-laba. Gunakan kaus kaki penyangga yang tepat, gejala yang tidak menyenangkan dapat diredakan jika kaus kaki menekan pembuluh darah. Kaus kaki ini biasanya tersedia dalam panjang selutut, selutut dan celana ketat. Anda dapat membeli di apotek atau dengan resep dokter.

2. Skleroterapi

Dalam prosedur ini, dokter menyuntikkan bahan kimia yang mengiritasi (biasanya konsentrasi garam yang sangat tinggi) ke dalam pembuluh darah yang bermasalah, menyebabkan pembuluh darah kejang dan kolaps ke dalam.
Belakangan, pembuluh darah yang tersumbat tidak bisa lagi membawa darah dan menjadi jaringan parut, setelah itu memudar. 

3. Laser Intra Vena

Serat laser kecil dimasukkan ke dalam pembuluh darah. Sinar laser berdenyut dikirim ke pembuluh darah, menyebabkan pembuluh darah runtuh dan menutup. Dokter melakukan terapi laser ini secara rawat jalan dengan anestesi lokal. Dokter juga dapat memasukkan kateter kecil ke dalam pembuluh darah dan mengirimkan energi frekuensi radio ke dinding pembuluh darah, memanaskannya dan menyegelnya. 

4. Menggunakan Krim Retinoid

Retinoid adalah senyawa yang berasal dari vitamin A dan sering digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk spider vein. Penggunaan krim retinoid secara teratur dapat meningkatkan ketebalan lapisan dermis dan epidermis kulit, membantu mengurangi tampilan pembuluh darah di bawahnya.

5. Perubahan Gaya Hidup

Bahkan setelah perawatan, beberapa pembuluh darah mungkin muncul kembali di area yang sama. Karena itu, Anda tidak bisa hanya mengandalkan perawatan medis. Anda juga perlu mengubah gaya hidup Anda untuk menjadi lebih baik. Terutama di manajemen yang berat dan selalu aktif.

6. Melakukan Treatment di Klinik Kecantikan

Point terakhir ini merupakan cara ampuh untuk dapat menghilangkan spider vein yang Anda miliki, lho teman Plasthetic. Dengan melakukan treatment di klinik kecantikan Anda akan mengetahui jenis perawatan apa yang paling tepat untuk masalah Anda. Serta, Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter terkait hal ini untuk meminimalisir risiko yang akan terjadi.

Baca Juga: Mengenal 6 Penyebab Penuaan Dini

Rekomendasi Perawatan Spider Vein Terbaik di Plasthetic

Spider vein pada kulit memang bisa mengganggu penampilan, maka dari itu berikut ini adalah rekomendasi perawatan yang dapat Anda lakukan di Plasthetic Clinic, yaitu:

1. Laser Treatment 

Laser treatment adalah  metode perawatan kulit non-invasif dan non-ablatif yang menggunakan energi cahaya dengan  intensitas tinggi untuk dapat mengecilkan pembuluh darah yang melebar, Anda dapat melakukan laser treatment ini di Plasthetic Clinic, ya teman plasthetic.

Baca Juga: Cari Tahu 6 Manfaat Peeling untuk Kecantikan Wajah

Nah itulah penyebab dan cara mengobati spider veins yang perlu Anda ketahui. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang varises jenis ini atau masalah kesehatan lainnya, silakan berkonsultasi dengan dokter Plasthetic Clinic untuk mendapatkan informasi ini. Anda dapat langsung mendatangi Klinik Kecantikan Plasthetic Clinic Cabang Alam Sutera di alamat Apartement Brooklyn B/RA07, Jl. Alam Sutera Boulevard, Pakulonan, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, DKI Jakarta atau menghubungi nomor 0813-1313-0699.

Di Review Oleh:

dr. Vera

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

Berapa Biaya Operasi Labiaplasty?

Read More

Arm Lift Brachioplasty: Pengertian, Manfaat, Kelebihan, dan Prosedurnya

Read More

5 Cara Kerja Alat Scalling Gigi yang Perlu Kamu Ketahui

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!