Perbedaan Essence dan Serum: Mana yang Lebih Cocok untuk Kulit Anda?

Perbedaan Essence dan Serum: Mana yang Lebih Cocok untuk Kulit Anda?

Di Tinjau oleh Dokter

Dalam dunia perawatan kulit yang terus berkembang, essence dan serum menjadi dua produk yang sering diperbincangkan. Meskipun keduanya merupakan bagian dari rutinitas perawatan kulit, masih banyak orang yang merasa bingung dengan perbedaan keduanya. Apakah essence sama dengan serum? Atau adakah perbedaan spesifik yang membuat satu lebih baik dari yang lain untuk jenis kulit tertentu? Tidak perlu merasa bingung lagi! Artikel Plasthetic Clinic berikut ini akan membantu Anda dalam mengetahui perbedaan essence dan serum, serta memberikan panduan untuk menentukan produk mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan kulit Anda!

Apa Itu Essence?

Sebelum Anda memahami perbedaan essence dan serum, penting untuk mengenal kedua produk ini terlebih dahulu. Essence adalah produk perawatan kulit yang berbentuk cairan dengan tekstur mirip seperti air atau sedikit lebih kental seperti lendir. Biasanya, essence mengandung lebih banyak air dan bahan pelembap guna memberikan hidrasi pada kulit, sehingga kulit terasa lebih lembap dan mempermudah penyerapan serum. Umumnya, essence memiliki 1 hingga 2 bahan aktif dengan konsentrasi yang lebih rendah daripada serum.

Baca Juga: Cek 5 Manfaat Serum Vitamin C untuk Kulit Wajah

Apa Itu Serum?

Sementara itu, serum adalah produk yang mengandung konsentrasi bahan aktif yang tinggi dan dibuat untuk menangani masalah kulit spesifik seperti kerutan, garis-garis halus, hiperpigmentasi, dan kulit yang tampak kusam. Serum sendiri memiliki tekstur yang lebih padat daripada essence, yang memungkinkan bahan aktif dalam serum untuk menembus ke lapisan kulit yang lebih dalam, sehingga memberikan hasil yang lebih signifikan dan cepat. Umumnya, serum digunakan setelah pengaplikasian essence dan sebelum penggunaan pelembap.

Baca Juga: Mengenal Cara Triple Cleansing Wajah dan Manfaatnya

Apa Saja Perbedaan Essence dan Serum?

Meskipun essence dan serum sama-sama bertujuan dalam meningkatkan kesehatan kulit Anda, ada beberapa perbedaan essence dan serum yang perlu Anda ketahui, berikut di antaranya. 

1. Tekstur

Perbedaan pertama yang dapat Anda perhatikan langsung antara essence dan serum adalah teksturnya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, essence memiliki tekstur yang lebih cair seperti air atau sedikit lebih kental seperti lendir. Sementara itu, serum cenderung memiliki tekstur yang lebih kental, padat, dan memerlukan waktu lebih lama untuk diserap karena kandungan bahan aktif yang lebih tinggi di dalamnya.

2. Formula 

Essence dan serum tentu memiliki formula yang berbeda. Meskipun keduanya dapat digunakan untuk semua jenis dan kebutuhan kulit, essence memiliki formula yang lebih ringan dan konsentrasi bahan aktif yang lebih rendah. Di sisi lain, serum memiliki konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi sehingga lebih cocok untuk solusi yang ditargetkan.

Baca Juga: Mengenal Serum untuk Mengencangkan Kulit Wajah

3. Cara Penggunaan 

Perbedaan terakhir antara essence dan serum terletak pada cara penggunaannya. Essence digunakan setelah Anda membersihkan wajah atau menggunakan toner. Namun, jika Anda merasa kulit masih membutuhkan kelembapan tambahan, Anda dapat menambahkan essence hingga kulit terasa lebih lembap. Sementara itu, dalam penggunaan serum sebaiknya hanya digunakan satu atau dua produk serum dengan satu bahan aktif, dan dianjurkan untuk membatasi penggunaan serum dengan berbagai bahan aktif agar hasilnya lebih optimal.

Banner Plasthetic Aesthetic

Essence dan serum adalah dua produk yang memiliki peran masing-masing dalam rutinitas perawatan kulit. Pemilihan antara keduanya akan bergantung pada kebutuhan spesifik kulit Anda. Untuk meraih hasil perawatan terbaik, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengkombinasikan perawatan harian dengan produk skincare serta perawatan di klinik kecantikan, salah satunya di Plasthetic Clinic. Berikut adalah beberapa jenis perawatan yang bisa Anda lakukan di Plasthetic Clinic untuk meningkatkan kesehatan kulit wajah Anda. 

1. Peeling

Peeling adalah perawatan eksfoliasi yang bertujuan untuk mengangkat lapisan teratas kulit yang sudah mati, mempercepat proses regenerasi sel kulit, serta meningkatkan tekstur serta warna kulit. Dengan menggunakan peeling berbahan dasar AHA atau BHA, perawatan ini dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti kerutan halus, garis-garis halus, serta mengurangi masalah kulit lainnya seperti bekas jerawat, flek hitam, dan hiperpigmentasi. Plasthetic Clinic menyediakan berbagai jenis perawatan peeling yang dapat disesuaikan dengan jenis dan kondisi kulit individu.

2. Shine Rejuve, Shine Bright, Shine Booster

Rangkaian perawatan wajah “Shine” di Plasthetic Clinic merupakan serangkaian perawatan yang dirancang untuk meningkatkan kesehatan kulit dengan memberikan efek peremajaan, kulit yang lebih cerah, dan sehat. Berikut beberapa jenis perawatan dari seri “Shine” yang tersedia di Plasthetic Clinic.

  • Shine Rejuve: Merupakan perawatan yang difokuskan pada peremajaan kulit. Dengan menggunakan teknologi terkini, perawatan ini bertujuan untuk meremajakan kembali kulit yang terlihat lelah, meningkatkan produksi kolagen, serta mengurangi tanda-tanda penuaan.
  • Shine Bright: Shine Bright merupakan perawatan yang ditujukan khusus bagi pasien yang ingin mencerahkan kulitnya. Perawatan ini dapat membantu mengurangi tampilan pori-pori, meratakan warna kulit, serta memberikan kilau alami pada kulit.
  • Shine Booster: Perawatan ini dirancang untuk memberikan dorongan hidrasi intensif, serta memberikan nutrisi yang dibutuhkan kulit untuk terlihat lebih sehat dan cerah, membantu menyamarkan pori, serta membuat kulit lebih kenyal.

3. Laser

Terapi laser di Plasthetic Clinic menawarkan solusi untuk beragam masalah kulit dengan menggunakan teknologi laser terkini yang canggih. Terapi ini dapat disesuaikan untuk menangani berbagai kondisi kulit seperti bekas jerawat, hiperpigmentasi, dan kerutan. Proses perawatan dari terapi laser ini minimal invasif dan dapat memberikan hasil yang signifikan dengan waktu pemulihan yang minimal, menjadikannya pilihan yang populer di antara banyak pasien.

Sebelum menjalani perawatan di Plasthetic Clinic, Anda akan menjalani konsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menentukan jenis perawatan yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulit Anda. Melalui proses konsultasi ini, dokter yang bersangkutan akan memastikan bahwa Anda mendapatkan perawatan yang paling efektif untuk hasil yang optimal.

Selain itu, konsultasi juga dapat membantu Anda dalam memahami risiko dan efek samping yang mungkin timbul. Untuk mendapatkan konsultasi, Anda dapat mengunjungi Plasthetic Clinic terdekat di kota Anda atau menghubungi tim kami di sini. Semoga informasi  mengenai perbedaan essence dan serum di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

Ditinjau oleh: dr. Vera 

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

canthopexy-vs-canthoplasty

Canthopexy VS Canthoplasty: Apa Perbedaannya?

Read More
perbedaan-tarik-benang-dan-tanam-benang

Mengenal Perbedaan Tarik Benang dan Tanam Benang

Read More
cara menghilangkan selulit di perut

5 Cara Menghilangkan Selulit di Perut Secara Alami dan Ampuh

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!