Perbedaan Melasma dan Flek Hitam dan Cara Mengobatinya

perbedaan melasma dan flek hitam

Perbedaan Melasma dan Flek Hitam dan Cara Mengobatinya

Di Tinjau oleh Dokter

Memahami perbedaan melasma dan flek hitam adalah langkah yang penting dalam upaya merawat kulit Anda. Terdapat sebagian individu yang sering merasa kebingungan ketika mencoba membedakan keduanya, karena keduanya sama-sama menghasilkan bercak pada kulit. Namun, sangat penting untuk diingat bahwa keduanya memiliki penyebab, ciri-ciri, dan pendekatan pengobatan yang berbeda. Pada kesempatan ini, Plasthetic Clinic  akan membantu Anda untuk memahami perbedaan yang ada antara melasma dan flek hitam. Penasaran? Langsung saja telusuri informasi lebih lanjut pada artikel berikut ini sampai selesai!

Apa Itu Melasma dan Flek Hitam?

Sebelum memahami perbedaan melasma dan flek hitam, penting bagi Anda untuk memahami apa itu melasma dan flek hitam terlebih dahulu. Melasma adalah area kulit berwarna gelap yang sering muncul di area wajah, termasuk di pipi, dahi, hidung, dan dagu. Biasanya, melasma terlihat seperti bercak coklat atau abu-abu yang menyatu dan lebih sering terjadi pada wanita, terutama yang sedang hamil atau menggunakan kontrasepsi hormonal.

Di sisi lain, flek hitam adalah kondisi umum pada kulit di mana terbentuk bintik-bintik yang lebih gelap dari kulit sekitarnya, yang bisa menyebabkan tekstur kulit menjadi tidak rata. Perbedaan warna ini sering kali disebut hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi sendiri bisa muncul tidak hanya karena flek hitam, tetapi juga karena bekas jerawat, peradangan, dan penyebab lainnya.

Baca Juga: Kenali Manfaat Meso Melasma Wajah dan Efek Sampingnya

Apa Saja Penyebab Melasma dan Flek Hitam?

Selain memahami definisinya, penting juga bagi Anda untuk mengetahui penyebab kemunculan melasma dan flek hitam di wajah. Berikut adalah beberapa penyebab dari melasma dan flek hitam yang dapat Anda ketahui. 

1. Melasma

Penyebab utama kemunculan melasma di wajah adalah perubahan hormonal dan faktor genetik. Namun, semua faktor yang meningkatkan peredaran darah ke kulit juga dapat memicu melasma. Berikut adalah beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan kemunculan melasma pada wajah:

  • Cuaca panas
  • Peradangan kulit
  • Paparan radiasi infrared
  • Paparan sinar UVA dan UVB
  • Penggunaan pil kontrasepsi

2. Flek Hitam

Flek hitam umumnya disebabkan oleh paparan sinar UV yang berlebihan dan produksi melanin yang berlebihan. Ketika jumlah pigmen yang dihasilkan meningkat bersamaan dengan adanya bopeng, bekas jerawat hitam, atau peradangan, flek hitam dapat muncul sebagai hasilnya. Selain itu, beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan flek hitam antara lain:

  • Kondisi kehamilan
  • Perubahan hormon
  • Sengatan serangga
  • Akrena bekas jerawat
  • Penggunaan kontrasepsi oral
  • Cedera atau trauma pada kulit
  • Beberapa jenis obat yang dapat meningkatkan sensitivitas terhadap sinar matahari, termasuk beberapa obat anticancer.

Baca Juga: Apa itu Noda Hitam di Wajah? Penyebab dan Cara Menghilangkannya

Apa Saja Perbedaan Melasma dan Flek Hitam?

Meskipun melasma dan flek hitam memiliki kondisi yang tampak serupa, tetap ada beberapa faktor yang membedakannya, berikut di antaranya:

1. Penyebab

Perbedaan melasma dan flek hitam yang paling utama terletak pada penyebabnya masing-masing. Penyebab utama melasma adalah perubahan hormon, terutama saat kehamilan atau penggunaan pil kontrasepsi. Paparan sinar matahari juga dapat memperburuk kondisi melasma. Di sisi lain, flek hitam disebabkan oleh berbagai faktor, seperti paparan sinar matahari yang berlebihan, peradangan kulit, trauma, dan penggunaan obat-obatan tertentu.

2. Penampilan 

Jika diamati secara detail, melasma dan flek hitam memiliki penampilan yang berbeda. Umumnya, melasma terlihat sebagai bercak gelap atau coklat di area wajah, terutama di pipi, dahi, dan bibir bagian atas. Sementara itu, flek hitam muncul dalam bentuk titik-titik kecil yang berkumpul dan menyebar dengan warna yang lebih gelap dari warna kulit asli.

3. Lokasi

Melasma dan flek hitam juga sering muncul di lokasi yang berbeda. Melasma biasanya dapat ditemukan pada area wajah, terutama di bagian yang sering terkena sinar matahari. Di sisi lain, flek hitam dapat muncul di berbagai bagian tubuh, termasuk wajah, kaki, tangan, dan lengan.

Baca Juga: Hiperpigmentasi Adalah: Pengertian, Jenis, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Bagaimana Cara Mengobati Melasma dan Flek Hitam?

Seperti halnya dengan masalah kulit lainnya, melasma dan flek hitam juga dapat diatasi dengan melakukan perawatan kulit secara rutin. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

1. Menggunakan Skincare yang Mengandung Bahan Pencerah

Penggunaan produk skincare yang mengandung bahan pencerah menjadi salah satu langkah dasar dan penting dalam mengatasi melasma dan flek hitam. Bahan-bahan seperti vitamin C, retinol, kojic acid, tranexamic acid, dan niacinamide terbukti efektif dalam mengatasi hiperpigmentasi. Produk skincare dengan kandungan tersebut dinilai dapat menghambat produksi melanin, yaitu pigmen yang memberi warna pada kulit, sehingga membantu menghilangkan bercak gelap. 

Namun, sangat penting untuk menggunakan produk-produk tersebut sesuai petunjuk penggunaan, karena penggunaan yang berlebihan atau tidak tepat dapat menyebabkan iritasi atau memperburuk kondisi pigmentasi.

2. Menggunakan Sunscreen Setiap Hari

Melakukan pencegahan menjadi kunci utama dalam melakukan perawatan kulit, terutama ketika berhadapan dengan melasma dan flek hitam. Penggunaan sunscreen setiap hari, bahkan di dalam ruangan, sangatlah penting karena sinar UV dapat menembus jendela dan memperburuk kondisi hiperpigmentasi. Pilihlah sunscreen dengan SPF minimal 30 dan oleskan kembali setiap dua jam jika Anda sering berada di luar ruangan.

Banner Plasthetic Aesthetic

3. Melakukan Perawatan di Plasthetic Clinic

Untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat dan signifikan, Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan perawatan dengan dokter estetika di Plasthetic Clinic. Plasthetic Clinic sendiri menawarkan berbagai macam perawatan yang bertujuan untuk mengatasi masalah melasma dan flek hitam, termasuk:

  • Peeling: Peeling adalah salah satu jenis perawatan yang menggunakan bahan kimia untuk membantu mengangkat lapisan atas kulit, mempercepat regenerasi kulit, dan mengurangi tampilan hiperpigmentasi. Terdapat berbagai tingkatan kekuatan peeling yang berbeda, dan dokter Anda akan menentukan tingkatan yang paling sesuai dengan kondisi kulit Anda.
  • Microdermabrasi: Microdermabrasi adalah suatu proses pengelupasan mekanis lembut yang membantu mengangkat lapisan atas kulit, dan membantu mengurangi tampilan flek hitam dan melasma.
  • Laser: Terapi laser adalah pilihan perawatan terakhir yang dapat Anda pertimbangkan. Terapi laser sendiri dikenal sebagai salah satu metode yang paling efektif dalam mengurangi hiperpigmentasi. Sebab, perawatan laser dapat menargetkan melanin yang berlebihan tanpa merusak lapisan kulit di sekitarnya.
  • Meso Melasma: Perawatan Meso Melasma adalah terapi anti-aging yang ditujukan untuk mengurangi tanda-tanda penuaan, mengurangi pigmentasi gelap melasma, menghilangkan sel kulit mati, menyamarkan bekas luka, dan menyempurnakan warna kulit.
  • Shine Bright: Terdiri dari tiga fungsi utama, perawatan Shine Bright dapat membantu Anda dalam mencerahkan, meratakan warna kulit, dan mengatasi kekusaman pada kulit wajah.
  • Shine Booster: Shine Booster merupakan perawatan anti-aging yang menggunakan teknik injeksi untuk memberikan nutrisi pada kulit dengan hasil kulit yang lebih lembap, cerah, dan kenyal.

Dengan mengkombinasikan penggunaan produk skincare yang tepat, perlindungan dari sinar matahari, dan melakukan perawatan profesional, Anda dapat meningkatkan kualitas kulit dan mengurangi penampilan melasma serta flek hitam secara maksimal.

Sebelum memulai perawatan apa pun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter estetik atau ahli SPKK terlebih dahulu untuk mendapatkan perawatan yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Dalam konsultasi ini, dokter akan mengevaluasi kondisi kulit Anda secara detail dan merekomendasikan perawatan yang paling cocok. 

Untuk melakukan konsultasi, Anda bisa langsung mengunjungi Plasthetic Clinic terdekat di kota Anda atau menghubungi tim kami di sini. Semoga informasi mengenai perbedaan melasma dan flek hitam di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

Ditinjau oleh: dr. Nadya Arini Puspasari

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

impaksi gigi adalah

Mengenal Impaksi Gigi, Gejala, dan Cara Mencegahnya

Read More
liposuction-adalah

Protected: Mengenal Liposuction (Sedot Lemak), Prosedur, dan Manfaatnya

Read More
apa-bedanya-anti-aging-dan-anti-wrinkle

Apa Bedanya Anti Aging dan Anti Wrinkle? Simak Di Sini!

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!