Kenali Manfaat Meso Melasma Wajah dan Efek Sampingnya

manfaat meso melasma

Kenali Manfaat Meso Melasma Wajah dan Efek Sampingnya

Di Tinjau oleh Dokter

Melasma merupakan sebuah kondisi kulit yang ditandai dengan munculnya bercak-bercak coklat atau gelap pada kulit wajah. Kondisi satu ini sering kali terjadi pada wanita dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Untuk menangani permasalahan ini, Anda bisa melakukan prosedur perawatan meso melasma yang menghadirkan banyak manfaat bagi kesehatan kulit wajah. Penasaran dengan manfaat meso melasma? Langsung saja simak penjelasan artikel di bawah ini sampai tuntas!

Apa Itu Meso Melasma?

Meso melasma adalah salah satu jenis perawatan kecantikan yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan kulit seperti melasma. Melasma sendiri merupakan sebuah permasalahan kulit wajah yang umumnya dialami oleh wanita dengan ciri-ciri munculnya bercak berwarna gelap atau flek hitam di permukaan kulit wajah. 

Kemunculan flek hitam ini biasanya terdapat di daerah hidung, pipi, dagu, dahi, dan di atas bibir. Tidak hanya itu, melasma juga dapat muncul di bagian tubuh lainnya yang sering terpapar sinar matahari, seperti leher dan lengan.

Penyebab munculnya melasma di permukaan kulit wajah sebenarnya masih belum jelas. Namun, kemungkinan besar, melasma terjadi ketika melanosit atau sel penghasil pigmen di kulit memproduksi terlalu banyak warna. Salah satu pemicu utama munculnya melasma di kulit wajah adalah karena paparan radiasi, baik dari sinar ultraviolet maupun perubahan hormon. 

Untuk mengatasi kemunculan melasma di permukaan kulit wajah, Anda bisa melakukan perawatan meso melasma yang merupakan prosedur non bedah dengan melibatkan penyuntikan campuran cairan yang mengandung mineral, vitamin, hormon, enzim, dan obat-obatan. Nantinya, cairan ini akan disuntikkan ke bagian wajah yang mengandung lemak, seperti pipi, rahang, dahi, dan area di bawah mata.

Baca Juga: Apa itu Noda Hitam di Wajah? Penyebab dan Cara Menghilangkannya

Apa Saja Manfaat Meso Melasma?

Prosedur perawatan meso melasma tentu akan menghadirkan manfaat yang baik bagi kesehatan kulit wajah Anda. Adapun beberapa manfaat meso melasma yang dapat Anda ketahui, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Meremajakan dan mengencangkan kulit
  • Mengurangi munculnya kerutan dan garis-garis halus pada wajah
  • Mengurangi masalah pigmen kulit, seperti bercak coklat dan flek hitam
  • Menghilangkan lemak berlebih di area wajah, paha, perut, kaki, lengan, dan pinggul

Baca Juga: Dermabrasi: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Kelebihan, dan Rekomendasinya

Bagaimana Prosedur Meso Melasma?

Perawatan meso melasma terdiri dari beberapa prosedur. Sebelum memulai perawatan, Anda diharuskan untuk melakukan konsultasi dengan dokter yang terkait terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar dokter yang terkait dapat mengevaluasi kondisi permasalahan yang Anda miliki.

Jika sudah melakukan proses konsultasi, maka Anda bisa langsung memulai prosedur perawatan meso melasma yang akan dimulai dengan pengolesan krim penghilang rasa sakit pada bagian kulit yang akan diobati. Pemberian krim penghilang rasa sakit ini bertujuan untuk meminimalisir rasa nyeri dan tidak nyaman saat prosedur perawatan berlangsung, 

Jika sudah selesai mengoleskan krim penghilang rasa sakit, maka Anda bisa langsung memulai perawatan meso melasma. Cara kerja dari perawatan meso melasma sendiri cukup mudah dan singkat, di mana dokter akan menyuntikkan cairan yang terdiri dari kombinasi zat-zat tertentu ke bagian wajah yang sudah ditentukan saat proses konsultasi berlangsung. Umumnya, cairan yang digunakan terdiri dari ekstrak tumbuhan, vitamin, enzim, hormon, peptide, hyaluronic acid, growth factor, dan salon DNA. 

Efektivitas perawatan meso melasma dapat mulai terlihat setelah menjalani 2 hingga 3 sesi perawatan dalam periode satu minggu. Meskipun hasilnya tidak dapat dirasakan secara instan setelah satu kali perawatan, terapi suntik meso melasma terbukti efektif dalam mengatasi masalah melasma pada wajah. 

Melakukan prosedur perawatan meso melasma sebenarnya tidak memerlukan persiapan khusus. Namun, Anda harus menghindari konsumsi obat penghilang rasa nyeri, seperti aspirin atau jenis lainnya, seminggu sebelum perawatan berlangsung. Hal ini disebabkan, obat penghilang nyeri dapat meningkatkan risiko pendarahan atau luka saat menjalani perawatan. 

Banner Plastic Aesthetic

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Mesotherapy

Apa Saja Risiko Efek Samping Meso Melasma?

Sama halnya dengan jenis perawatan kecantikan lainnya, perawatan meso melasma juga dapat menghadirkan beberapa risiko dan efek samping yang mungkin dialami oleh pasien. Berikut ini adalah beberapa risiko dan efek samping dari perawatan meso melasma yang umumnya dirasakan oleh pasien setelah perawatan berlangsung. 

  • Rasa mual setelah prosedur
  • Pembengkakan di area wajah yang disuntik
  • Timbul rasa nyeri setelah penyuntikan
  • Ruam, rasa gatal, dan kemerahan di area penyuntikan
  • Munculnya bekas luka ringan yang diakibatkan oleh jarum suntik

Selain beberapa efek samping yang telah disebutkan, iritasi kulit menjadi salah satu kondisi yang paling perlu Anda waspadai. Karena, hal ini dapat menyebabkan rasa perih, nyeri, ketidaknyamanan, hingga terasa seperti kulit yang terbakar di area yang disuntik. Sensasi ini biasanya bersifat ringan dan dapat menghilang dengan sendirinya dalam waktu 1 hingga 2 hari.

Itulah beberapa informasi mengenai manfaat meso melasma yang dapat Anda ketahui. Apakah Anda tertarik untuk melakukan perawatan satu ini? Jika Anda tertarik melakukan perawatan meso melasma, maka Anda bisa langsung mengunjungi Plasthetic Clinic terdekat di kota Anda.

Dilengkapi dengan alat-alat canggih dan dokter yang berpengalaman, Plasthetic Clinic siap untuk membantu Anda dalam mengatasi permasalahan melasma di kulit wajah melalui prosedur perawatan Meso Melasma.

Meso Melasma merupakan perawatan anti-aging yang bertujuan untuk menyamarkan noda hitam melasma, mengangkat sel kulit mati di permukaan kulit wajah, menyamarkan bekas luka, serta meratakan warna kulit wajah. 

Perawatan Meso Melasma akan bekerja secara optimal dari bawah kulit dengan membersihkan flek hitam melasma di kulit wajah dengan menggunakan alat khusus berupa jarum.

Sebelum melakukan prosedur perawatan satu ini, pastikan bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter yang terkait terlebih dahulu untuk menghindari kondisi yang tidak Anda inginkan. Untuk melakukan konsultasi, Anda bisa langsung mengunjungi Plasthetic Clinic terdekat dikota Anda maupun menghubungi tim kami di sini

Semoga informasi mengenai manfaat meso melasma di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

Ditinjau oleh: Tim Plasthetic Clinic Alam Sutera

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

cara-mengatasi-kulit-wajah-kering-saat-puasa

8 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering Saat Puasa dengan Mudah

Read More
cara-menghilangkan-ketombe-dan-rambut-rontok

Cari Tahu 8 Cara Menghilangkan Ketombe dan Rambut Rontok

Read More
cara-menghilangkan-smile-line

Cara Menghilangkan Smile Line dengan Mudah

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!