10 Pantangan Setelah Infus Whitening yang Mesti Diperhatikan

10 Pantangan Setelah Infus Whitening yang Mesti Diperhatikan

Di Tinjau oleh Dokter

Bukan rahasia lagi jika banyak wanita yang mendambakan kulit putih bercahaya. Berbagai cara telah digunakan untuk mencapai tujuan tersebut. Salah satunya adalah infus whitening treatment yang saat ini sedang menjadi trend di kalangan beauty enthusiast.

Namun, seperti prosedur kecantikan lainnya, infus whitening juga memiliki beberapa manfaat dan resiko yang harus Anda ketahui sebelum mencobanya. Nyatanya, ada risiko yang langsung muncul setelah perawatan! Jadi daripada salah langkah, mari kita bahas lebih lanjut!

Apa Itu Infus Whitening?

Infus whitening merupakan prosedur di mana zat-zat disuntikkan ke dalam tubuh, yang bahan-bahannya dapat mencerahkan kulit kita tampak lebih bercahaya bahkan efek putih. Prosedur ini dilakukan dengan memasukkan cairan yang mengandung vitamin C, kolagen, dan glutathione ke dalam tubuh melalui selang infus.

Tidak, tapi jangan bingung dengan suntikan putih! Meskipun sekilas terlihat sama, kedua metode ini berbeda secara signifikan dalam hal dosis dan efek. Infus whitening ini dikatakan lebih efektif daripada suntikan pemutih untuk hasil terbaik. Ini bisa terjadi karena dosis yang diberikan selama infus pemutih jauh lebih tinggi.

Apa Saja Efek Samping Infus Whitening?

Semua prosedur perawatan kulit dapat mencapai hasil yang memuaskan. Namun, jangan lupa bahwa ada efek samping setelah prosedur. Berendam dalam cairan infus juga memiliki efek samping yang harus diwaspadai oleh calon pasien.

Tingkat keparahan efek samping injeksi putih tergantung pada jumlah dosis glutathione yang diberikan. Secara umum, dosis yang masuk akal adalah sekitar 600-1200 mg per minggu. Bila dosis ini lebih tinggi, maka efek samping yang terjadi dapat mengganggu organ tubuh.

Mual adalah efek samping ringan yang umum terjadi setelah infus pemutih. Tidak perlu khawatir dengan efek samping ini karena mual merupakan respon tubuh terhadap cairan yang masuk ke dalamnya. Rasa mual yang terjadi bersifat sementara dan berangsur hilang.
Pasien juga mengalami efek samping yang serius setelah prosedur infus whitening. Efek samping berikut ini umum terjadi:

  1. Reaksi kulit alergi seperti ruam atau gatal
  2. Diare atau gangguan pencernaan
  3. Kerontokan rambut
  4. Sulit bernafas
  5. Nyeri dada pada wanita
  6. Kenaikan berat badan
  7. Gejala asma yang parah

Jika Anda tetap ingin melakukan prosedur ini, calon pasien harus dipertimbangkan dengan cermat. Silakan berkonsultasi dengan dokter spesialis di Plasthetic Clinic sebelum memutuskan suntik putih. Siapkan kantong plastik berisi es batu untuk mengurangi efek samping yang terjadi setelah infus whitening ini, ya teman Plasthetic.

Baca Juga: Mengenal 4 Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Agar Tidak Salah Pilih

BAS

 

Apa Saja Pantangan Setelah Infus Whitening?

Pasien yang telah menerima suntikan putih memiliki pantangan yang harus dipatuhi. Larangan ini masuk akal agar hasil prosedur infus whitening ini tetap efektif. Cari tahu tentang pantangan yang harus diperhatikan pasien sebelum dan sesudah melakukan infus whitening.

1. Rokok

Langkah pertama harus dihindari sebelum menjalani prosedur medis apapun, termasuk infus pemutih. Rokok mempengaruhi kadar glutathione tubuh, membuat infus  ini menjadi ringan menjadi kurang efektif. Merokok juga menurunkan kadar vitamin C, menyebabkan kulit kehilangan elastisitasnya. Tidak hanya tindakan pencegahan, tetapi juga merokok harus dihindari setelah infus pemutih.

2. Obat – Obatan

Obat yang paling sering dihindari ialah aspirin dan obat anti inflamasi (yang bersifat inflamasi). Kedua obat ini bisa menghilangkan kadar melanin dari kulit, sehingga efek sampingnya lebih besar. Tak hanya itu, hasil infus pemutihan pun terasa lebih lambat. Jika Anda mengkonsumsi obat tertentu untuk kondisi medis tertentu, bicarakan dengan dokter Anda sebelum mendapatkan infus whitening ini.

3. Sinar Matahari

Sinar matahari dapat mempengaruhi pasien dengan infus whitening. Paparan sinar matahari ini tentunya dapat meningkatkan produksi melanin dalam tubuh. Kadar melanin yang terlalu tinggi bisa menyebabkan bintik hitam dan membuat kulit kembali keruh. Oleh karena itu, pasien infus pemutih harus beristirahat dan tinggal di dalam ruangan agar prosedur ini berhasil.

4. Makanan dan Minuman yang Mengandung Pewarna Buatan serta Kafein

Makanan dan minuman yang mengandung pewarna buatan, seperti soda, teh kemasan, kopi kemasan, dan lainnya yang umumnya dijual di toko atau minimarket, memiliki potensi untuk memengaruhi tampilan warna kulit. Disarankan untuk menghindari konsumsi makanan dan minuman tersebut setelah melakukan perawatan infus whitening agar hasilnya tetap optimal.

5. Alkohol

Hindarilah mengonsumsi alkohol setelah melakukan perawatan pemutihan kulit. Alkohol bisa menyebabkan dehidrasi, yang berpotensi mempengaruhi tingkat kelembapan kulit dan mengurangi efektivitas hasil dari perawatan infus whitening. Selain itu, konsumsi alkohol juga bisa memperbesar risiko peradangan pada kulit.

6. Makanan yang Meningkatkan Pigmentasi

Usahakan untuk menghindari konsumsi makanan yang dapat merangsang produksi pigmen dalam kulit, seperti makanan pedas, kopi, cokelat, dan teh hitam. Beberapa jenis makanan tersebut memiliki potensi untuk memicu produksi melanin dan mengurangi dampak pencerah kulit yang dihasilkan dari infus whitening.

7. Memakai Produk Skincare yang Mengandung Asam Kuat

Produk perawatan kulit yang mengandung asam kuat, seperti asam glikolat atau asam salisilat, dapat menimbulkan iritasi pada kulit pasca perawatan infus whitening. Sebaiknya pilih produk yang lebih lembut dan sesuai dengan saran dokter atau ahli kecantikan.

8. Waxing

Setelah Anda menjalani infus whitening, disarankan untuk menghindari pencabutan bulu atau waxing di area yang baru saja mendapatkan perawatan. Tindakan ini berpotensi menyebabkan iritasi dan merugikan kulit yang sedang dalam tahap pemulihan.

9. Mandi Air Panas

Kemudian, untuk menjaga hasil infus whitening di kulit Anda lebih optimal, maka ada baiknya hindari mandi dengan air panas. Hal itu dikarenakan, air panas bisa menghilangkan kelembapan alami kulit sehingga menjadi lebih kering dan mengurangi hasil perawatan dari infus whitening.

10. Perawatan Kulit Tambahan

Infus whitening tentunya membutuhkan waktu setidaknya dua minggu sebelum hasilnya terlihat. Oleh karena itu, jangan melakukan prosedur perawatan kulit lainnya atau menggunakan produk ringan hingga siklus glutathione selesai. Melanggar tabu ini justru menimbulkan efek samping yang muncul setelah kejadian tersebut. Sebaliknya, gunakan produk perawatan wajah yang sesuai seperti minyak wajah dan bedak wajah untuk meningkatkan hasil infus whitening ini.

Baca Juga: 7 Cara Mengecilkan Wajah Secara Ampuh Agar Terlihat Tirus

Rekomendasi Treatment Infus Whitening Terbaik di Plasthetic 

rekomendasi treatment infus whitening

Source: freepik.com

Infus whitening ini dapat mencegah enzim tirosinase di kulit kita membentuk melanosit atau yang biasa kita kenal sebagai melanin. Oleh karena itu, manfaat infus whitening ini cukup signifikan. Selain kulit wajah lebih bercahaya, putih bahkan lebih halus, infus pemutih juga harus bisa menghilangkan bekas jerawat dan komedo membandel dari kulit wajah. Well, menarik banget ya? Berikut ini adalah perawatan di Plasthetic Clinic yang dapat Anda lakukan, yaitu:

1. Glowing Drip

Glowing drip merupakan perawatan di mana multivitamin dan cairan antioksidan disuntikkan ke dalam kulit agar tampak lebih putih dan bercahaya. Sejak perawatan pertama, Aqua Glow Drip Infusion berhasil membuat kulit lebih putih dan bercahaya.

2. Whitening Infusion 

Whitening Infusion merupakan campuran ataupun cocktail berbagai vitamin dan bahan yang dirancang untuk membantu memutihkan kulit termasuk vitamin C, B kompleks, antioksidan, kolagen, dan lainnya.

3. Premium Glow

Premium Glow adalah ialah treatment kecantikan  yang dapat mengatasi flek atau warna kulit tidak merata dari luar, lho teman Plasthetic, sehingga kulit dapat lebih memiliki warna yang cerah kedepannya.

Baca Juga: Mengenal 5 Manfaat Kolagen Bagi Kulit

Nah, itu dia penjelasan mengenai 4 pantangan setelah melakukan infus whitening, ya teman Plasthetic. Untuk itu, Setelah mengetahui manfaat serta resiko dari infus whitening ini, apakah kamu masih tertarik untuk melakukan mengikuti tren ini? Konsultasikan terlebih dahulu semuanya ke Plasthetic Clinic ya, dengan didampingi dokter ahli yang sudah berpengalaman, kamu dapat melakukan treatment ini tanpa khawatir untuk dapat menghindari risiko yang ditimbulkan. Yuk segera kunjungi Plasthetic Clinic!

Di Review Oleh:

dr. Vera

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

Ketahui 3 Cara Langsing dalam 1 Minggu dengan Beragam Treatment di Plasthetic

Read More

Hypertrophic Scar: Pengertian, Penyebab, Ciri-ciri, dan Cara Mengobatinya

Read More

3 Treatment Operasi Mengecilkan Betis agar Terlihat Langsing

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!