Mengenal Serum yang Bagus untuk Jerawat dan Cara Menggunakannya

serum-yang-bagus-untuk-jerawat

Mengenal Serum yang Bagus untuk Jerawat dan Cara Menggunakannya

Di Tinjau oleh Dokter

Serum wajah pada saat ini menjadi salah satu produk yang sangat populer untuk merawat serta mempercantik diri. Pilihannya bahkan lebih beragam serta serbaguna. Salah satunya, jenis serum untuk kulit berjerawat inilah yang paling diminati. Jika Anda ingin menggunakan serum, Anda harus memperhatikan hal-hal penting berikut ini.

Ada banyak produk serum wajah di pasaran. Dari merek terkenal dunia hingga merek lokal, masing-masing memiliki keunggulannya. Belum lagi penguraian jenisnya, seperti serum vitamin E, vitamin C dan lain-lain.

Pilihan produk serum yang beragam tentunya menjadi keuntungan tersendiri bagi konsumen, karena dapat memilih sesuai dengan keadaan, misalnya serum wajah yang digunakkan untuk kulit berjerawat. Namun, justru membingungkan serta dapat  memicu masalah kulit baru jika pengaplikasian serum tidak tepat dan benar, ya teman Plasthetic. Maka dari itu, pelajari lebih lanjut tentang serum dan informasi menarik selengkapnya berikut ini!

Apa Itu Serum Wajah?

Serum wajah adalah produk perawatan kulit yang mengandung banyak nutrisi ataupun  bahan aktif tertentu. Serum wajah ini terasa lembut di wajah serta dapat mudah menyerap ke dalam kulit. Serum wajah bahkan menjadi salah satu produk perawatan pada kulit yang paling banyak diminati, terutama di kalangan wanita, lho.

Apa Saja Kandungan Serum yang Bagus Untuk Jerawat?

Berikut ini adalah kandungan serum yang bagus untuk kulit berjerawat yang sudah dirangkum oleh Plasthetic Clinic khusus untuk Anda, yaitu:

1. Salicylic Acid

Bahan aktif salicylic acid cocok untuk pengobatan jerawat. Karena kandungannya termasuk dalam kelompok BHA. Peran bahan ini ialah untuk dapat mengontrol produksi minyak pada area wajah, membuka pori-pori yang tersumbat, serta meredakan iritasi.

2. Niacinamide

Niacinamide merupakan bahan aktif yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat. Kandungan ini memperkuat lapisan kulit wajah serta dapat mengurangi kemerahan akibat jerawat. Selain itu, dapat membersihkan pori-pori serta meringankan bekas jerawat.

3. Retinol

Retinol merupakan bahan aktif yang berasal dari vitamin A yang ditemukan dalam serum jerawat. Bahan ini dapat mempercepat penyembuhan pada jerawat, membunuh bakteri penyebab jerawat serta dapat mengontrol produksi minyak. Pastikan Anda selalu ingat untuk menggunakan produk yang mengandung retinol di malam hari.

4. Green Tea

Kandungan green tea yang terdapat pada serum dapat membantu mencerahkan jerawat, meremajakan kulit, mencegah munculnya jerawat baru, serta mengontrol minyak. Green tea merupakan salah satu ekstrak dari bahan alami. Kandungan bahan  green tea ini dapat diaplikasikan pada semua jenis kulit.

5. Hyaluronic Acid

Meski jerawat sering muncul pada permukaan kulit yang berminyak, kulit berminyak ini pun membutuhkan serum yang akan menjaga kulit tetap terhidrasi. Kandungan hyaluronic acid ini sangat aman digunakan serta tidak dapat menyebabkan iritasi.

Baca Juga: 6 Manfaat Hyaluronic Acid untuk Kulit Wajah yang Perlu Kamu Tahu!

Bagaimana Cara Menggunakan Serum untuk Kulit Berjerawat?

Serum wajah ini sebenarnya dapat Anda aplikasikan pada pagi ataupun malam hari sebelum tidur. Setelah mengaplikasikan serum wajah, usahakan agar wajah Anda tidak terkena sinar matahari langsung, ya. Berikut ini adalah urutan memakai serum untuk kulit berjerawat dengan benar, simak sampai habis!

1. Membersihkan Wajah

Usahakan untuk dapat membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum menggunakan serum. Pembersihan wajah bisa dilakukan pada malam hari dengan menggunakan teknik double cleansing. Kemudian, gunakan pembersih wajah berstruktur lembut di pagi hari. Agar kandungan serum terserap sebaik mungkin. 

2. Gunakan Toner

Agar serum dapat menembus kulit dengan lebih baik, eksfoliasi terlebih dahulu dengan toner wajah. Atau gunakan toner pelembab untuk menyembuhkan jerawat dengan cepat. Pengelupasan bisa dilakukan 3 kali seminggu pada malam hari.

3. Oleskan Serum

Biarkan toner pada kulit selama 10-15 menit setelah digunakan. Lalu oleskan serum ke seluruh wajah yang mengalami jerawat. Oleskan dengan tangan dan pijat lembut ke wajah.

4. Aplikasikan Serum Dengan Tangan

Gunakan 3-5 tetes serum lalu oleskan serum dengan tangan bersih. Hindari mengoleskan serum pada kulit di sekitar mata. 

5. Pelembab

Setelah serum sebelumnya meresap ke dalam kulit, kunci serum dengan menggunakan pelembab. Pelembab berfungsi untuk dapat melembabkan serta mengontrol produksi minyak pada wajah yang berjerawat. Lanjutkan penggunaan tabir surya (sunscreen) di pagi hari.

Baca Juga: Jenis Kandungan Skincare untuk Kulit Berjerawat

BAS

Rekomendasi Perawatan Kulit Berjerawat di Plasthetic Clinic

Berikut ini adalah berbagai perawatan untuk kulit yang berjerawat di Plasthetic Clinic, yaitu:

1. Acne Facial

Acne facial adalah perawatan menghilangkan komedo serta dapat menyegarkan wajah, treatment inipun dinilai mampu untuk dapat menghilangkan jerawat serta bekas jerawat pada wajah Anda, lho.

2. Premium Glow

Premium Glow merupakan salah satu cara terbaik untuk dapat merawat kulit Anda. Perawatan wajah membersihkan dan menutrisi kulit, mencerahkan dan membuatnya tampak lebih muda. Premium Glow ini dapat memaksimalkan penyerapan semua nutrisi ke dalam kulit, membuat wajah Anda terlihat super berseri.

3. Instant Detox

Instant detox merupakan proses untuk dapat membersihkan kulit dari semua kotoran yang menempel pada wajah. Kotoran ini bisa berasal dari udara yang kotor ataupun polutan. Tujuannya untuk dapat mengangkat sel kulit mati serta memperbaharui serta menormalkan kulit.

Baca Juga: Ketahui Bedanya Laser Resurfacing dengan Laser Acne Biasa

Kalau Anda masih bingung memilih serum yang tepat untuk jenis serta permasalahan kulit Anda, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter di Plasthetic Clinic, ya teman Plasthetic. Dokter nantinya akan menjelaskan lebih lanjut manfaat serum wajah dan kandungannya serta meminimalkan terjadinya risiko jika serum digunakan berdampingan dengan produk perawatan kulit lainnya. Yuk segera konsultasikan permasalahan Anda dan dapatkan kulit sehat impian Anda bersama Plasthetic Clinic sekarang juga!

Di Review Oleh:

dr. Anesia Tania, Sp.KK

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

macam-gigi-tiruan

4 Macam-Macam Gigi Tiruan yang Ada

Read More
cream-estetika-berbahaya

Mengenal Cream Estetika Berbahaya dan Tips Menghindarinya

Read More
brow lift adalah

Brow Lift: Pengertian, Prosedur dan Efek Sampingnya

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!