5 Tips Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa dengan Mudah

close-up-of-young-cute-woman-hushing-telling-a-secret-holding-finger-on-mouth-and-looking-at-camera-standing-over-white-background

5 Tips Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa dengan Mudah

Di Tinjau oleh Dokter

Tips menghilangkan bau mulut saat puasa dikarenakan bau mulut menyebabkan perasaan tidak nyaman. Apalagi, jika ada pekerjaan Anda membutuhkan interaksi dengan banyak orang. Tidak makan atau minum selama berjam-jam membuat mulut Anda kering, yang pada gilirannya menyebabkan bau mulut. Akan tetapi Anda jangan khawatir, untuk tetap percaya diri selama bulan Ramadhan, baca disini cara agar dapat menghilangkan bau mulut saat puasa dan cara mencegah bau mulut saat puasa. 

Apa Saja Penyebab Bau Mulut Saat Puasa?

Ketika Anda sedang berpuasa, makanan ataupun minuman cepat saji, kunyah dan olahan tidak dikonsumsi di dalam mulut sehingga mengurangi produksi air liur. Padahal air liur secara alami bermanfaat untuk membuang partikel makanan di rongga mulut, karena air liur tersebut mengandung enzim antibakteri alami. Berikut ini adalah berbagai penyebab bau mulut yang harus Anda ketahui.

1. Tidak Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Seperti disebutkan sebelumnya, bau mulut tersebut biasanya berasal dari bakteri. Bakteri menumpuk dikarenakan kesehatan gigi serta mulut yang buruk, contohnya adalah tidak menyikat gigi secara teratur atau flossing di sela-sela gigi. Selain bau mulut, bakteri jahat di mulut menyebabkan plak, kerusakan gigi, dan radang gusi.

2. Mulut Kering

Mengapa mulut kering ini akan menyebabkan bau mulut? Teman Plasthetic, perlu tahu kalau di mulut ada air liur untuk menjaga kebersihan mulut dengan nafas yang segar. Biasanya, kekurangan air liur di mulut tersebut disebabkan oleh perokok aktif dan minum obat.

3. Makan Makanan Berbau Tajam

Makanan serta minuman yang berbau tajam ini, contohnya seperti rempah-rempah, bawang, dan kopi, akan bisa menyebabkan bau pada mulut. Ini karena penyerapan minyak dari makanan ini selama pencernaan. Ini kemudian diserap ke dalam aliran darah dan dikosongkan ke paru-paru.

Baca Juga : Mengenal Efek Samping Veneer Gigi, Baca Selengkapnya Disini!

Banner-Plastic-Aesthetic

 

Bagaimana Tips Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa?

Well, Berikut ini adalah berbagai  cara untuk menghilangkan bau mulut saat sedang berpuasa dengan mudah, simak sampai habis, ya teman Plasthetic.

1. Rutin Menyikat Gigi

Bau mulut pada saat berpuasa bisa disebabkan oleh adanya penumpukan banyak makanan pada gigi. Anda bisa mengatasinya dengan menyikat gigi. Pastikanlah Anda selalu menyikat gigi Anda dengan benar. Lalu, jangan lupa gunakan sikat gigi yang tepat untuk dapat menjangkau seluruh bagian mulut, terutama sela-sela gigi. Jika menyikat gigi di siang hari, berhati-hatilah agar air serta pasta gigi tersebut tidak tertelan. Cara ini tetap nyaman saat berpuasa tanpa merasakan bau mulut.

2. Berkumur Dengan Obat Kumur

Berkumur dengan obat kumur dapat menyegarkan napas. Alhasil, bau mulut yang tadinya tajam menghilang. Untuk hasil terbaik, pilihlah obat kumur yang dapat berfungsi untuk membunuh bakteri dalam mulut. Dengan cara ini, penguraian residu oleh bakteri dapat dicegah. Memetik di bulan puasa masih diperbolehkan asalkan tidak berlebihan. Selain itupun, pastikanlah obat kumur tersebut tidak tertelan saat Anda berkumur. 

3. Membersihkan Lidah

Lidah tentunya dapat menjadi tempat berkembang biaknya para bakteri pernafasan yang bersifat buruk. Nah, jika Anda sudah merasakan bau mulut, Anda tentunya bisa menggunakan alat khusus untuk pembersih lidah yang dapat membersihkannya. Anda tidak membutuhkan pasta gigi ataupun air untuk dapat membersihkan lidah. Namun, pastikanlah  pembersih lidah selalu dalam kondisi higienis. 

Baca Juga : 4 Cara Merawat Gigi Tambal Laser

4. Pengobatan Penyakit Gusi Menyebabkan Bau Mulut

Bau mulut dapat disebabkan oleh penyakit gusi seperti gingivitis serta periodontitis. Bau tidak sedap muncul karena bakteri menumpuk di pangkal gigi.Untuk mencegah bau mulut semakin parah saat berpuasa, Anda harus mengobati masalah gusi yang mendasarinya. 

5. Mengkonsumsi Buah-Buahan Yang Kaya Vitamin C

Buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk serta nanas dapat meningkatkan produksi air liur. Nah, ketika produksi air liur tersebut dapat terjaga dengan baik, masalah mulut kering ini akan segera teratasi. Selain itupun, air liur nantinya akan membantu membersihkan asam yang diproduksi oleh bakteri di dalam mulut selama proses penguraian makanan. Hal ini memudahkan masalah bau mulut saat berpuasa.

Baca Juga : Berapa Biaya Pasang Kawat Gigi? Ini Rinciannya

Rekomendasi Perawatan Gigi dan Mulut Terbaik di Plasthetic Clinic

Berikut ini adalah berbagai rekomendasi perawatan gigi terbaik yang dapat Anda lakukan di Plasthetic Clinic:

1. Veneer Gigi

Veneer gigi ialah suatu proses pelapisan tipis porselen yang pas di bagian depan gigi. Fungsi veneer gigi sendiri ialah untuk dapat memperbaiki bentuk, posisi dan warna gigi.

2. Behel Gigi

Anda harus mengetahui perawatan gigi ini. Kawat gigi atau biasanya yang disebut dengan behel gigi ini sangat berguna untuk memperbaiki posisi gigi yang tidak sejajar. Selain itu, kawat gigi juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi. Berkat penggunaan behel gigi ini nantinya gigi yang sebelumnya tidak rata dapat terlihat  lebih indah.

3. Bleaching Gigi

Anda bisa melakukan bleaching gigi jika ingin gigi putih bersih. Jangan biarkan gigi kuning merusak penampilan publik Anda. Dengan perawatan bleaching gigi ini anda mendapatkan gigi yang putih bersih kembali.

4. Cabut Gigi

Pencabutan gigi adalah salah satu teknik sederhana yang dikenal sebagai bedah mulut, biasanya membutuhkan bius lokal atau regional. Pencabutan Gigi biasanya dilakukan karena Gigi Rusak karena infeksi, baik itu yang berasal dari gigi maupun jaringan pendukung gigi.Nah, itu dia penjelasan mengenai tips menghilangkan bau mulut saat puasa dengan mudah, ya teman Plasthetic. Jika masih ada pertanyaan yang ingin ditanyakan Anda dapat mendatangi Plasthetic Clinic Cabang Banda Aceh, di alamat Jalan. Dr. Mr. Mohd Hasan No.55, Batoh, Kec. Banda Raya, Kota Banda Aceh, Aceh 23122 atau Anda dapat menghubungi nomor 0812-1818-0678 untuk melakukan konsultasi ataupun perawatan ya, teman Plasthetic. Yuk segera kunjungi Plasthetic Clinic Cabang Banda Aceh sekarang juga!

Di Review Oleh:

drg. Putri Rahmina

https://www.plasthetic.com/doctor/drg-putri-rahmina/
web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

perbedaan-bruntusan-dan-fungal-acne

Apa Itu Fungal Acne dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Read More
cara-mengencangkan-miss-v

Kenali 6 Cara Mengencangkan Miss V yang Mulai Kendur

Read More
cara-menghilangkan-lemak-di-ketiak

Mengenal 8 Cara Menghilangkan Lemak di Ketiak dengan Tepat

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!