4 Cara Merawat Gigi Tambal Laser

cara-merawat-gigi-tambal-laser

4 Cara Merawat Gigi Tambal Laser

Di Tinjau oleh Dokter

Mungkin sebagian dari Anda pernah melakukan perawatan gigi di klinik gigi, bukan? Nah, tapi tahukah Anda bahwa penambalan gigi adalah cara paling efektif untuk menjaga kesehatan gigi agar terhindar dari pencabutan?

Zaman terus berkembang, begitu juga dunia kedokteran. Laser saat ini digunakan dalam tambalan gigi di klinik gigi. Laser adalah singkatan dari Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation, saat ini merupakan teknologi yang sangat berkembang dan tersebar luas yang banyak digunakan dalam industri perawatan kesehatan. Yuk, ketahui dahulu lebih lengkapnya mengenai tambal gigi dengan laser ini, yaitu:

Apa Itu Gigi Tambal Laser?

Laser merupakan semua jenis prosedur yang menggunakan energi laser untuk masalah gigi. Laser (Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation) adalah sinar yang kuat dan berintensitas tinggi yang dapat memberikan perawatan yang lebih tepat dan mengarah ke berbagai prosedur medis. Tidak seperti cahaya biasa, yang terdiri dari banyak panjang gelombang yang tumpang tindih, laser menghasilkan sinar yang lebih fokus dan paralel.

Dalam dermatologi (penyakit kulit), energi laser digunakan untuk mengobati bekas luka, menghilangkan sebagian atau seluruh rambut dan menghaluskan kulit dengan merangsang produksi kolagen atau mengangkat sel kulit mati. Penggunaan teknologi laser dalam kedokteran gigi dimulai pada awal 1990-an. Namun, meskipun telah lama digunakan dalam bidang ini, penggunaan laser dalam kedokteran gigi tetap kontroversial, terutama dalam hal keamanan dan efektivitas.

Berikut ini ialah beberapa manfaat ketika Anda melakukan penambalan menggunakan laser, yaitu:

  1. Minimal atau terkadang tidak ada rasa sakit.
  2. Dapat mensterilkan jaringan – bila laser digunakan pada jaringan lunak seperti gusi.
  3. Pendarahan minimal – selama anestesi.
  4. Mengurangi pembengkakan serta hasil penyembuhan lebih cepat.
  5. Dalam pemutihan gigi (teeth whitening), laser mencapai hasil yang lebih efektif dan mempersingkat waktu perawatan. 
  6. Tidak semua perawatan gigi dapat dilakukan dengan laser gigi, seperti menghilangkan tambalan amalgam dan menghilangkan penutup porselen atau mahkota gigi.

Baca Juga: 8 Pantangan Setelah Cabut Gigi yang Harus Diperhatikan

Apa Saja Jenis Tambal Gigi?

Berdasarkan bahan-bahan yang digunakan dalam penambalan, berikut ini ialah beberapa bahan tambalan gigi:

1. Resin Komposit

Jenis tambalan gigi yang pertama ialah resin komposit. Tambalan jenis ini terbuat dari campuran kaca serta resin. Tambalan resin komposit dibuat dengan memaparkan material ke cahaya khusus untuk mengeraskannya.

Keunggulan dari resin komposit adalah menyerupai warna gigi asli. Sedangkan isian jenis ini memiliki kekurangan yaitu cukup mahal dan hanya bertahan 5-10 tahun.

2. Porselen

Jenis tambalan gigi berikutnya ialah menggunakan porselen. Keunggulan tambalan gigi porselen ialah tidak mudah berubah warna. Selain itu, tambalan gigi berbahan porselen juga lebih kuat serta dapat bertahan hingga 15 tahun. Namun, biaya pemasangan tambalan porselen biasanya lebih mahal daripada resin komposit.

3. Glass Ionomer Cement (GIC)

Glass ionomer cement (GIC) merupakan bahan pengisi gigi yang terbuat dari bahan akrilik dan kaca. Jenis tambalan gigi ini paling sering digunakan pada anak-anak.

4. Emas

Tambalan emas sangat diminati. Karena emas tidak menimbulkan korosi saat digunakan sebagai bahan tambalan gigi. Dan tidak hanya itu, tambalan gigi yang terbuat dari emas juga bisa bertahan lebih dari 15 tahun.

Namun, harga tambalan gigi emas lebih mahal dibandingkan jenis tambalan gigi lainnya. Selain itu, tambalan gigi emas tidak bisa langsung digunakan. Setidaknya diperlukan 2 kunjungan ke dokter gigi untuk penambalan emas.

5. Perak (Campuran)

Jenis tambalan gigi yang terakhir ialah perak (amalgam). Chip jenis ini terdiri dari 50% campuran mineral dan 50% merkuri. Keunggulan tambalan gigi perak ialah kuat, bertahan hingga 15 tahun, serta harganya yang lebih terjangkau.

Baca Juga: Ketahui 4 Cara Membuat Gigi Tiruan Lengkap oleh Dokter

Banner dentist

Bagaimana Cara Merawat Gigi Tambal Laser?

Berikut ini ialah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk merawat gigi tambal laser Anda, yaitu:

  1. Jagalah kebersihan gigi dan mulut, jangan menggosok gigi terlalu keras, tetapi usahakan selalu menyikat gigi sebelum tidur dan pagi hari.
  2. Bila perlu, gunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi
  3. Selalu berkumur setelah makan
  4. Hindari minum kopi dan teh (atau gunakan sedotan jika memungkinkan) serta Anda harus  menghindari merokok, ya teman Plasthetic.

Rekomendasi Perawatan Gigi Terbaik di Plasthetic

rekomendasi perawatan gigi

Source: freepik.com

Berikut adalah beberapa rekomendasi untuk perawatan gigi Plasthetic Clinic yang khusus dirangkum untuk Anda yaitu :

1. Bleaching Gigi

Anda dapat melakukan Bleaching Gigi jika ingin gigi putih bersih. Jangan pernah biarkan gigi kuning dapat merusak penampilan publik Anda. Dengan perawatan Bleaching Gigi ini Anda akan mendapatkan gigi putih kembali lagi.

2. Scaling Gigi

Anda bisa melakukan perawatan karang gigi, Anda bisa melakukan perawatan ini secara manual rutin Anda dapat melakukan ini setiap 6 bulan untuk dapat membersihkan gigi serta menghilangkan plak penyebab karang gigi. Jika Anda malas saat menyikat gigi, Anda bisa terkena plak mengalahkan gigi dengan mudah.

3. Tambal gigi

Tambal gigi merupakan perawatan yang dilakukan untuk  dapat memperbaiki gigi yang rusak ataupun gigi berlubang. Tambalan gigi dilakukan dengan memulai memasukkan tambalan pada bagian gigi yang rusak ataupun berlubang.

Baca Juga: Mengenal Efek Samping Bleaching Gigi dan Tips Menghindarinya

Nah, itu dia penjelasan mengenai 4 cara merawat gigi tambal laser serta beberapa rekomendasi perawatan dental yang ada di Plasthetic Clinic. Pastikan Anda selalu  menjaga kesehatan gigi Anda, ya teman Plasthetic. Anda dapat melakukan konsultasi serta  melakukan perawatan terkait permasalahan gigi Anda bersama dokter kami di Plasthetic Clinic Cabang Banda Aceh, Jalan. Dr. Mr. Mohd Hasan No.55, Batoh, Kec. Banda Raya, Kota Banda Aceh, Aceh 23122. Yuk segera kunjungi Plasthetic Clinic sekarang juga!

Di Review Oleh:

drg. Putri Rahmina

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

jenis mata panda

3 Jenis Mata Panda, Penyebab, dan Cara Mengobatinya

Read More
cara menghilangkan keloid di wajah

9 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Penyebabnya

Read More

Bahaya Polusi Udara untuk Kulit Wajah dan Cara Mengatasinya

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!