8 Pantangan Setelah Cabut Gigi yang Wajib Anda Perhatikan

pantangan-setelah-cabut-gigi

8 Pantangan Setelah Cabut Gigi yang Wajib Anda Perhatikan

Di Tinjau oleh Dokter

Jika dokter gigi menyarankan Anda untuk mencabut gigi, jangan panik dulu. Ketika kerusakan gigi mulai mempengaruhi kesehatan mulut Anda, mengikuti anjuran dokter dan menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda di masa depan setelah pencabutan mungkin merupakan keputusan terbaik.

Dalam kebanyakan kasus, rasa sakit setelah pencabutan gigi dapat mereda dalam beberapa hari. Tetapi Anda tetap harus bermain aman dan mengikuti semua petunjuk perawatan, termasuk rekomendasi dan pantangan pasca pencabutan gigi, agar sembuh total dan menghindari komplikasi.

Lantas, apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama perawatan setelah cabut gigi? Berapa lama proses penyembuhannya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Saja Pantangan Setelah Cabut Gigi?

Anda mungkin akan merasa lebih baik setelah gigi yang rusak dicabut. Namun, jangan lupa untuk memperhatikan banyak hal pasca pencabutan gigi. Karena ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan setelah cabut gigi.

Berikut beberapa pantangan pasca pencabutan gigi untuk kelancaran proses pemulihan.

1. Hindari menyentuh area bekas cabut gigi

Jangan berkumur, meludah dengan paksa, atau menyodok/menyentuh area yang dicabut dengan lidah atau benda lain dalam waktu 24 jam setelah pencabutan gigi.

2. Hindari alkohol

Hindari alkohol dalam waktu 24 jam setelah pencabutan gigi. Alkohol dapat menyebabkan perdarahan dan memperlambat pemulihan.

3. Hindari makanan & minuman tertentu

Menghindari makanan dan minuman tertentu juga perlu dilakukan. Makanan pedas, lengket, keras, asam, dan juga terlalu panas atau dingin sangat perlu dilakukan. Makanan seperti ini dapat memicu sensasi perih bahkan iritasi jika mengenai area bekas cabut gigi. Begitu juga minuman asam, bersoda, dan juga terlalu panas atau dingin, juga bisa membuat area bekas cabut gigi terasa perih. 

4. Hindari penggunaan sedotan saat minum.

Gerakan meremas bagian dalam mulut yang menyentak dapat memecah gumpalan darah dan menyebabkan kondisi yang disebut kekeringan (alveolar osteitis), yang cukup menyakitkan. 

5. Jangan gigit pipi,

Hal yang perlu dihindari selanjutnya yaitu menggigit pipi baik secara sengaja ataupun tidak.

6. Jangan mendengus

Mendengus ataupun membuang ingus secara berlebihan. Tekanan dapat melonggarkan atau menghancurkan bekuan darah. 

7. Hindari merokok

Hindari merokok selama 24 jam atau beberapa hari setelah pencabutan gigi. Merokok dapat meningkatkan tekanan darah, yang meningkatkan risiko pendarahan dan memperlambat pemulihan. Tindakan merokok juga dapat melonggarkan gumpalan darah, yang menyebabkan dehidrasi. 

8. Hindari olahraga

Hindari olahraga selama 3-4 hari setelah pencabutan gigi. Olahraga dan aktivitas fisik berat lainnya setelah operasi dapat meningkatkan perdarahan, pembengkakan, serta rasa yang tidak nyaman.

Baca Juga: Perbedaan Veneer dan Tambal Gigi yang Jarang Orang Ketahui

Apa Saja Makanan yang Dianjurkan Setelah Cabut Gigi?

Makanan yang mudah dimakan setelah pencabutan gigi biasanya lunak dan biasanya dicincang terlebih dahulu. Untuk mempercepat pemulihan, pemilihan makanan ataupun minuman yang dikonsumsi harus mencakup vitamin, mineral, energi dan protein.

Di bawah ini, Plasthetic Clinic sudah merangkum makanan serta minuman yang bisa dimakan pasca pencabutan gigi dari berbagai sumber, simak selengkapnya!

1. Sup

Sup adalah makanan yang baik setelah pencabutan gigi. Tentu saja, Anda tidak perlu mengunyah terlalu banyak untuk menyantap supnya. Untuk menghindari rasa tidak nyaman, potong sayuran dalam sup sekecil mungkin dan masak hingga lunak. Dengan begitu Anda tidak perlu mengunyah terlalu banyak. Pastikan juga kuah yang Anda gunakan tidak terlalu panas. Sup yang terlalu panas dapat menyebabkan iritasi dan memperlambat proses penyembuhan.

2. Mashed Potatoes

Makanan enak selanjutnya setelah pencabutan gigi adalah kentang. Mashed Potatoes atau kentang tidak hanya enak disantap, tetapi juga kaya akan karbohidrat dan nutrisi. Keduanya sangat penting untuk pemulihan. Pastikan Anda menumbuknya sampai halus dan kentang tidak memiliki gumpalan besar sehingga Anda tidak kesulitan mengunyahnya.

3. Yogurt

Tekstur yogurt yang lembut ini merupakan salah satu penyebab yogurt merupakan makanan terbaik untuk dimakan setelah pencabutan gigi. Selain itu, yogurt juga mengandung protein, vitamin, dan mineral yang dipercaya dapat membantu pemulihan gigi. 

4. Smoothies

Buah-buahan segar baik dikonsumsi setelah pencabutan gigi, terutama untuk mempercepat proses penyembuhan. Namun, karena Anda tidak bisa makan buah bertekstur keras, Anda bisa melembutkannya dan membuatnya menjadi smoothies. Selain itu, tambahkan yogurt dan/atau susu ke dalam campuran smoothies Anda untuk meningkatkan asupan protein, kalsium, dan probiotik. Semua ini dapat membantu mengurangi kemungkinan iritasi yang dapat terjadi pada gusi.

5. Ikan Salmon

Salmon merupakan salah satu ikan yang banyak mengandung protein dan asam lemak omega-3. Lemak sehat ini dapat membantu Anda untuk mengurangi peradangan, yang dapat meningkatkan penyembuhan luka. Selain enak, ikan salmon dikenal dengan dagingnya yang bertekstur lembut serta mudah dikunyah.

6. Oatmeal

Oatmeal kaya akan kandungan mineral dan vitamin yang penting untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh. Untuk mencegah iritasi, lebih baik tunggu sampai oatmeal agak dingin sebelum dikonsumsi dan hindari makan oatmeal yang masih panas.

7. Telur orak-arik

Telur dikenal memiliki banyak protein, vitamin, dan mineral yang penting bagi tubuh. Protein ini diyakini aman untuk dikonsumsi setelah cabut gigi karena mengandung omega-3 yang membantu proses penyembuhan luka. Namun, tidak semua jenis telur cocok untuk dikonsumsi setelah cabut gigi. Telur yang sudah diolah menjadi orak-arik merupakan pilihan terbaik karena lebih mudah dikunyah dan ditelan.

Baca Juga: 5 Cara Kerja Alat Scaling Gigi

Banner Plasthetic Aesthetic

Kapan Mulai Boleh Makan Nasi Setelah Cabut Gigi?

Setelah melakukan operasi pencabutan gigi, mungkin Anda akan merasakan kebas pada mulut dan rahang karena pengaruh anestesi yang diberikan sebelumnya. Namun, umumnya efek anestesi akan hilang dalam beberapa jam. Jadi, tidak perlu khawatir, Anda masih bisa makan setelah pencabutan gigi.

Meskipun sudah boleh makan beberapa jam setelah operasi, penting untuk memperhatikan larangan-larangan setelah pencabutan gigi seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Dokter gigi akan merekomendasikan jenis makanan yang boleh dikonsumsi dalam beberapa hari hingga minggu setelah operasi pencabutan gigi.

Jika hanya satu atau dua gigi yang dicabut dan tidak ada komplikasi serius selama operasi, Anda mungkin bisa mulai makan makanan bertekstur agak padat dalam waktu 24 jam setelah melakuka operasi cabut gigi.

Namun, karena setiap kasus dapat berbeda, lebih baik berkonsultasi langsung dengan dokter gigi Anda terlebih dahulu mengenai perawatan yang terbaik setelah pencabutan gigi.

Berapa Lama Proses Pemulihan Setelah Cabut Gigi?

Menurut National Health Service, proses penyembuhan setelah pencabutan gigi memakan waktu maksimal dua minggu. Selama pemulihan, Anda mungkin mengalami gusi bengkak, nyeri, rahang kaku, dan ketidaknyamanan mulut, terutama di dekat area pencabutan gigi. Efek samping pencabutan gigi cukup moderat.

Namun, Anda harus waspada jika memiliki tanda dan gejala seperti berikut ini yang membuat Anda merasa tidak enak badan.

  1. Tanda-tanda infeksi seperti menggigil dan demam.

  2. Mual dan muntah.

  3. Gusi bengkak, kemerahan dan pendarahan yang berlebihan di sekitar tempat pencabutan gigi.

  4. Batuk, kesulitan bernapas, dan nyeri dada.

Jika setelah pencabutan gigi Anda melihat penyakit ataupun rasa berlebihan seperti di atas, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter gigi Anda, ya teman Plasthetic.

Rekomendasi Perawatan Gigi Terbaik di Plasthetic 

Berikut ini adalah rekomendasi perawatan gigi yang dapat kamu lakukan di Plasthetic Clinic:

1. Tambal Gigi

Perawatan yang ditujukan untuk mengembalikan bentuk dan fungsi gigi berlubang atau gigi yang rusak ke keadaan semula dengan menggunakan bahan porselen atau komposit.

2. Behel Gigi

Perawatan ini dapat merapikan gigi sambil menggerak-gerakkan gigi secara perlahan hingga berada pada posisi gigi yang ideal atau bersih.

3. Veneer Gigi

Sebuah metode perawatan yang ditujukan untuk memperbaiki gigi yang berubah warna, patah, rusak dan terdistorsi. Veneer gigi terdiri dari 2 macam, yaitu ada veneer langsung dan veneer tidak langsung.

4. Konsultasi  Permasalahan Gigi

Di Plasthetic Clinic sendiri, tentunya Anda juga dapat melakukan konsultasi permasalahan gigi dengan dokter kami ya teman Plasthetic. Konsultasi ini dilakukan agar mendapatkan jawaban yang tepat atas permasalahan gigi Anda.

5. Pembersihan Karang Gigi

Pembersihan karang gigi atau yang lebih dikenal dengan Scalling Gigi ini dilakukan karena karang gigi tidak mudah untuk dibersihkan meski Anda menyikat gigi setiap hari.

Baca Juga: 4 Cara Merawat Gigi Tambal dengan Tepat

Nah, itu dia penjelasan mengenai 8 pantangan setelah cabut gigi oleh dokter ya teman Plasthetic. Bagaimana? Sudah tidak bingung ya sekarang? Jika masih ada pertanyaan yang ingin ditanyakan Anda dapat mendatangi Plasthetic Clinic Cabang Banda Aceh, di alamat Jalan. Dr. Mr. Mohd Hasan No.55, Batoh, Kec. Banda Raya, Kota Banda Aceh, Aceh 23122 atau Anda dapat menghubungi nomor 0812-1818-0678 untuk melakukan konsultasi ataupun perawatan ya, teman Plasthetic. Yuk segera jadwalkan kedatangan Anda sekarang di Plasthetic Clinic Cabang Banda Aceh.

Di Review Oleh:

drg. Putri Rahmina

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

cara mengatasi muka breakout

7 Cara Mengatasi Muka Breakout dengan Mudah dan Aman

Read More
mancungkan-hidung-1

Begini Cara Mancungkan Hidung Tanpa Operasi

Read More
manfaat-aqua-peel

4 Manfaat Aqua Peel Treatment untuk Kulit Wajah

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!