5 Cara Kerja Alat Scalling Gigi yang Perlu Kamu Ketahui

cara-kerja-alat-scaling-gigi

5 Cara Kerja Alat Scalling Gigi yang Perlu Kamu Ketahui

Di Tinjau oleh Dokter

Gigi yang sehat dan bersih tentunya memberikan rasa percaya diri bukan? Tetapi menyikat gigi saja tidak cukup untuk membuat Anda tetap sehat dan bersih. Scaling adalah salah satu dari banyak prosedur gigi yang harus dilakukan secara teratur di kantor dokter gigi Anda.

Apa Itu Scaling Gigi?

Scaling gigi  merupakan prosedur untuk membersihkan gigi. Tartar atau karang gigi terbentuk dari penumpukan plak yang menempel pada permukaan gigi. Jika karang gigi tetap menempel pada gigi, gigi akan terlihat kusam dan berwarna coklat. Selain itu, karang gigi yang mengeras biasanya sulit dibersihkan. Oleh karena itu, perlu dilakukan perawatan pengangkatan karang gigi.

Scaling gigi dapat membersihkan karang gigi yang mengeras. Selama proses scaling, gusi yang biasanya bengkak dan nyeri bisa berdarah. Tapi jangan khawatir karena gigi dan gusi Anda akan disesuaikan selama scaling.

Apa Saja Tanda-Tanda Gigi Butuh Scaling Gigi? 

Scaling direkomendasikan bagi mereka yang khawatir tentang karang gigi. Scaling membantu membersihkan dan menghilangkan penumpukan karang gigi. Pasalnya, jika pembersihan karang gigi tidak segera dilakukan dapat menyebabkan masalah kesehatan gigi dan mulut yang lebih serius.

Scaling juga diperlukan bagi mereka yang memiliki masalah gusi. Misalnya radang gusi. Karena masalah gusi seringkali disebabkan oleh masalah gigi. Namun, jika langkah scaling dilakukan dan penyakit tidak kunjung hilang dokter akan melakukan perawatan lain seperti operasi gusi.

Karang gigi dapat menyebabkan banyak gejala, termasuk:

  1. Lapisan kotoran yang mengeras berwarna kuning atau coklat terbentuk di tepi gusi
  2. Perasaan kasar pada permukaan gigi
  3. Bau pada mulut
  4. Pembengkakan dan kemerahan pada gusi

Baca Juga: Detoksifikasi Adalah: Pengertian, Cara Kerja, Manfaat, dan Cara Melakukannya

Jika Anda memiliki salah satu gejala di atas, silakan berkonsultasi dengan dokter gigi Anda. Pemeriksaan dini diperlukan untuk mencegah penumpukan karang gigi dan komplikasi. Juga, hubungi dokter Anda segera jika Anda melihat salah satu gejala gingivitis atau radang gusi berikut

  1. Gusi bengkak
  2. Gusi warna merah cenderung ke hitam
  3. Gusi sakit saat disentuh
  4. Gusi yang mudah berdarah saat menyikat gigi atau flossing

Bahkan jika Anda memiliki gejala yang berlangsung lama (kronis), seperti bau mulut, Anda harus segera menemui dokter gigi.

Apa Manfaat dari Scaling Gigi? 

Manfaat yang utama pada tindakan ini ialah membuat gigi tampak bersih dari karang gigi. Karang gigi yang sudah lama tidak bisa dihilangkan hanya dengan menyikat gigi. Selain manfaat menghilangkan karang gigi yang menonjol, scaling memiliki manfaat sebagai berikut:

1. Menjaga Kesehatan Pada Gusi

Karang gigi yang menempel pada permukaan gigi terlalu lama untuk mengeras dapat menyebabkan radang pada gusi. Jika tidak segera ditangani, gingivitis dapat memburuk dan merusak gigi dan jaringan lainnya. Pembersihan ini membersihkan karang gigi dan mencegah berkembangnya masalah gusi.

2. Mengatasi Bau Pada Mulut

Karang gigi menjadi tempat berkembang biaknya bakteri penyebab bau mulut. Jika hal ini dibiarkan, bau mulut bisa terjadi. Jadi scaling bisa jadi solusi mengatasi bau mulut loh!

Baca Juga: Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam dan Kendur

3. Membuat Warna Gigi Tampak Cerah

Saat karang gigi menumpuk, gigi Anda akan tampak kuning. Oleh karena itu, dengan scalling biasa ini mengangkat pembentukan karang gigi dan mencerahkan gigi.

4. Mencegah Resiko Gigi Untuk Copot

Kerusakan gigi dapat menyebabkan kehilangan gigi. Hal ini karena karang gigi yang menumpuk merupakan tempat berkembang biaknya bakteri. Akibatnya, bakteri merusak jaringan gigi dan menyebabkan gigi tanggal. Scaling secara teratur dapat membantu mencegah kehilangan gigi.

5. Terhindar Dari Risiko Penyakit Lainnya Pada Mulut

Masalah mulut yang disebabkan oleh karang gigi dapat berhubungan dengan kondisi kesehatan lainnya. Misalnya, diabetes, penyakit jantung, demensia, dan jenis kanker tertentu. Pembersihan karang gigi secara teratur dapat menyelamatkan Anda dari resiko penyakit ini.

Baca Juga: Acne Prone Skin Adalah: Pengertian, Ciri-ciri, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Bagaimana Cara Kerja Alat Scaling Gigi? 

Ada beberapa langkah yang dilakukan dokter saat melakukan prosedur scaling.

  1. Terapkan anestesi lokal untuk mengurangi rasa sakit selama proses scaling. Namun, tidak semua orang membutuhkan anestesi lokal. Dalam beberapa kasus, rasa sakit mungkin tidak muncul setelah perawatan berikutnya. Anestesi lokal membuat Anda tetap terjaga dan sadar. Tidak ada rasa sakit saat scaling.
  2. Selanjutnya, dokter akan menghilangkan karang gigi dengan scraper ultrasonik. Alat ini mengeluarkan getaran untuk menghilangkan plak dan karang gigi.
  3. Dokter kemudian menggunakan scaler (pengikis manual) untuk menghilangkan sisa plak dan karang gigi yang tidak dapat dijangkau oleh pengikis ultrasonik.
  4. Dokter akan menginstruksikan pasien untuk berkumur beberapa kali untuk menghilangkan sisa plak di mulut.
  5. Terakhir, dokter biasanya menyikat gigi dengan alat abrasif yang memiliki karet lembut di ujungnya.

Prosedur scaling gigi ini bisa sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki masalah karang gigi karena dapat membersihkan dan menghilangkan karang gigi secara menyeluruh. Hal ini untuk mencegah penumpukan karang gigi.

Selain pencegahan karang gigi, pemeriksaan dan perawatan gigi kurang lebih setiap 6 bulan sekali dapat Anda membantu mendeteksi masalah gigi sejak dini. Dengan cara ini, pengobatan dapat dilakukan lebih cepat dan risiko komplikasi dapat dihindari.

Plasthetic Clinic merupakan solusi yang tepat yang anda untuk hal ini, klinik kecantikan yang satu ini selain menyediakan perawatan kecantikan aesthetic dan surgery, Plasthetic Clinic Khusus Cabang Aceh juga menyediakan perawatan dental salah satunya scaling gigi, yang ditangani oleh drg. Putri Rahmina yang sudah terampil dalam hal ini. So? What are u waiting for, Teman Plasthetic? Langsung Kunjungi Plasthetic Clinic Cabang Aceh yha!

Di Review Oleh:

drg. Putri Rahmina

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

cara mengatasi kebotakan dini

Mengenal 3 Cara Mengatasi Kebotakan Dini yang Perlu Diketahui

Read More
pemasangan gigi crown

Proses Pemasangan Gigi Crown, Jenis, dan Tujuannya

Read More
ginekomastia-pada-pria

Mengenal Ginekomastia Pada Pria dan Cara Mengatasinya

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!