7 Cara Membersihkan Muka dengan Baik dan Benar

7 Cara Membersihkan Muka dengan Baik dan Benar

Di Tinjau oleh Dokter

Jujur saja, pernahkah Anda merasa malas setelah seharian bekerja keras dan sesampainya di rumah Anda merasa terlalu malas untuk repot-repot mencuci muka? Jangan khawatir, mungkin bukan cuma Anda yang mengalaminya, teman Plasthetic! Mungkin sekali atau dua kali tidak apa-apa, tapi kebiasaan ini jangan dibiarkan ya? Karena percayalah, mencuci muka sebelum tidur punya banyak manfaat yang bisa kamu rasakan lho! Simak penjelasan dibawah ini agar Anda dapat mengetahui cara mencuci muka secara baik dan benar.

Apa Saja Manfaat Membersihkan Muka dengan Baik dan Benar?

Berikut ini adalah beberapa manfaat membersihkan muka dengan baik dan benar untuk kesehatan kulit yang dirangkum oleh Plasthetic Clinic, yaitu: 

1. Mencegah Infeksi Mata

Setelah beraktivitas seharian, mata Anda terpapar debu serta kotoran. Jika tidak dibersihkan, mata Anda berisiko terkena infeksi seperti bengkak akibat debu yang menempel.

2. Memperbaharui Kulit

Dengan rutin melakukan pembersihan muka dengan menggunakan face wash, kulit kita memperbaharui dirinya sendiri saat kita tidur. Sel kulit baru dan lebih sehat menggantikan sel kulit mati. Nah, saat wajah Anda kotor, proses pembaharuan kulit menjadi lebih sulit, sehingga wajah Anda tidak terlihat segar, khususnya bagi Anda yang memiliki kulit wajah kering dan berminyak. Pembaharuan kulit menjadikan kulit lebih bersih, sehat, lentur dan lembut, mencegah keriput dan garis penuaan.

3. Mengurangi Resiko Jerawat

Mencuci wajah dapat mengurangi risiko berjerawat. Debu dan kotoran yang masih menempel dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan banyak bakteri jika Anda tidak mencuci muka sebelum tidur. Hal ini dapat meningkatkan risiko munculnya jerawat. Komedo juga bisa muncul di kulit wajah jika Anda tidak mencuci muka sebelum tidur.

4. Membersihkan Pori-Pori Kulit

Dengan mencuci wajah menggunakan face wash, pori-pori kulit akan menjadi bersih. Dengan cara yang lebih optimal, Anda bisa melakukan teknik double cleansing. Caranya, pertama-tama gunakan micellar water atau minyak pembersih untuk menghilangkan riasan dan kotoran yang menumpuk di wajah Anda sepanjang hari. Setelah itu Anda bisa mencuci muka dengan face wash.

5. Penggunaan Skin Care Lebih Optimal

Seperti disebutkan di atas, agar rutinitas perawatan kulit Anda bekerja lebih baik, wajah Anda harus bersih. Oleh karena itu, Anda harus mencuci muka terlebih dahulu baru kemudian Anda bisa menggunakan alat perawatan kulit lainnya. Selain itu, mencuci muka juga dapat memastikan kulit ternutrisi secara optimal oleh produk perawatan kulit yang Anda gunakan.  

Baca Juga: 7 Cara Alami Mengencangkan Kulit Wajah Berminyak

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Membersihkan Muka?

Setelah beraktivitas seharian, semua debu, polusi, kotoran, minyak dan make up (jika Anda memakainya) yang mengendap lama akan dapat menyumbat pori-pori wajah Anda. Ketika hal ini terjadi dan juga Anda tidak mencuci muka, akan menyebabkan sel kulit mati dan berkembangnya bakteri penyebab jerawat.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mencuci muka setelah Anda melakukan aktivitas seharian. Tidak hanya menghilangkan kotoran serta makeup, mencuci muka juga bisa membuat rileks. Sehingga dapat membantu Anda untuk lebih rileks serta nyaman saat tidur. Oh ya, perlu diperhatikan bahwa waktu terbaik untuk mencuci muka bukan hanya sebelum tidur, melainkan lebih awal. Tepatnya, pada saat matahari mulai terbenam.

Karena penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa sel-sel kulit kita memiliki ritme sirkadian, atau jam internal, yang melindungi dari kerusakan serta dapat mencegah tanda-tanda penuaan, lho teman Plasthetic.

Bagaimana Cara Membersihkan Muka dengan Baik dan Benar?

cara membersihkan muka dengan baik dan benar
Source: freepik.com

Berikut ini adalah berbagai langkah membersihkan wajah dengan baik dan benar, yaitu:

1. Cuci Tangan Anda Sampai Bersih

Banyak orang yang langsung membasahi tangannya dengan air lalu mengoleskan toner. Hal ini tidak dianjurkan. Sebelum itu, Anda perlu memastikan bahwa telapak tangan Anda benar-benar bersih. Pertama cuci tangan dengan sabun. Karena dapat membunuh bakteri atau virus yang mungkin ada di tangan Anda. 

2. Melembabkan Kulit Wajah Anda

Langkah selanjutnya dalam mencuci muka secara baik dan benar yaitu melembabkan kulit. Jangan langsung mencuci muka dengan sabun. Melembabkan kulit terlebih dahulu. Apalagi jika Anda baru saja keluar dan cuacanya sangat panas. Membasahi wajah sangat membantu menghilangkan kotoran dari wajah.

Baca Juga: Cari Tahu 6 Manfaat Peeling untuk Kecantikan Wajah

3. Gunakan Produk Pembersih Wajah Yang Sesuai Dengan Jenis Kulit Anda

Setiap orang memiliki masalah dengan wajah mereka sendiri. Ada orang yang bermasalah dengan wajah berminyak atau berjerawat. Jadi sesuaikan dengan jenis kulit Anda, ya teman Plasthetic.

4. Oleskan Sabun Cuci Muka Secara Merata

Oleskan sabun cuci muka secara merata. Namun, jangan hanya mengoleskannya pada wajah. Aplikasikan dengan menggerakkan tangan dengan gerakan memutar hingga seluruh bagian wajah tertutup sabun. Lakukan gerakan melingkar terus menerus seolah memijat wajah Anda. Gerakan ini melemaskan kulit wajah agar tidak meregang, sehingga kandungan lotion wajah terserap dengan baik ke dalam kulit. 

5. Bilas Wajah Dengan Air Bersih

Langkah terakhir ialah dengan mencuci dengan mencuci wajah Anda dengan air dingin atau air hangat. Pastikan Anda tidak terkena sabun di wajah Anda karena dapat membuat kulit Anda terasa kaku dan kering. 

6. Keringkan Wajah dengan Handuk Bersih

Setelah mencuci wajah, keringkan dengan lembut menggunakan handuk yang bersih. Anda dapat menepuk-nepuk air secara perlahan yang masih menempel di wajah. Akan tetapi, Anda perlu berhati-hati terutama yang memiliki kulit sensitif, yaitu mengeringkan kulit wajah di area bawah mata secara perlahan.

7. Double Cleansing Menggunakan Toner

Setelah selesai membersihkan wajah, Anda juga dianjurkan untuk menggunakan toner. Toner tidak hanya berfungsi untuk membersihkan sisa-sisa kotoran, minyak, atau sisa makeup yang mungkin tidak bersih sempurna saat mencuci wajah. Namun juga membantu menjaga keseimbangan pH kulit wajah agar terlindungi dari kuman dan bakteri berbahaya.

Banner Plastic Aesthetic

Apa Saja Kesalahan Saat Mencuci Muka yang Harus Dihindari?

Secara tidak sadar, terdapat beebrapa hal yang sebaiknya Anda hindari saat mencuci muka, sehingga wajah tidak dapat bersih secara maksimal. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang salah saat mencuci muka yang sebaiknya tidak dilakukan.

1. Memakai Produk Sabun Mandi untuk Mencuci Muka

Salah satu kesalahan yang biasa terjadi saat mencuci muka adalah menggunakan sabun mandi untuk membersihkan wajah. Hal ini perlu dihindari sebab, sabun mandi cair atau batangan dapat mengganggu keseimbangan pH kulit wajah Anda. Akibatnya, risiko jamur dan bakteri yang tumbuh pada wajah bisa meningkat.

2. Memakai Sabun Cuci Muka yang Tidak Sesuai Takaran

Menggunakan sabun cuci muka secara berlebihan berpotensi menyebabkan iritasi pada kulit. Di sisi lain, penggunaan sabun cuci muka dalam jumlah yang kurang atau tidak sesuai takaran tidak akan membersihkan wajah secara maksimal terhadap minyak, kotoran, dan sisa makeup pada wajah.

3. Mencuci Muka Terlalu Sering

Menjaga kebersihan wajah bukan berarti Anda harus mencuci muka terlalu sering. Sesuai dengan rekomendasi American Academy of Dermatology, langkah mencuci muka yang tepat adalah dua hingga tiga kali sehari, yaitu setelah bangun tidur saat pagi hari, sebelum tidur di malam hari, dan setelah aktivitas berkeringat.

Rekomendasi Perawatan Membersihkan Wajah Terbaik di Plasthetic

Selain rutin membersihkan wajah dengan face wash, Anda juga perlu untuk melakukan perawatan wajah untuk dapat memaksimalkan kebersihan wajah Anda. Berikut ini adalah rekomendasi perawatan wajah yang direkomendasikan oleh Plasthetic Clinic, yaitu:

1. Acne Facial

Treatment ini bermanfaat untuk dapat mengurangi dan membersihkan kulit wajah berjerawat dengan cara melakukan ekstraksi serta IPL sehingga kulit menjadi lebih bersih serta nyaman.

2. Oxy Facial

Oxy facial bertujuan untuk menyegarkan, membersihkan, serta melembabkan kulit wajah. Dengan melakukan oxy facial ini, kulit nantinya akan terasa lebih segar dan bersih.

3. Instant Detox

Instant detox bertujuan untuk melembabkan, membersihkan, dan mencerahkan kulit wajah secara instan dengan waktu minimal namun hasil maksimal.

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Belang di Wajah dengan Tepat

4. Microbubble Exfoliation

Treatment ini bertujuan untuk dapat melembabkan, mengeksfoliasi, serta dapat mencerahkan kulit wajah Anda. Perawatan ini dapat membantu memperbaiki pertumbuhan kolagen serta menampilkan kulit yang halus dan sehat.

Itu dia cara membersihkan muka dengan baik dan benar, ya teman Plasthetic. Melakukan double cleansing saja mungkin tidak cukup untuk dapat membersihkan wajah Anda, maka dari itu Anda disarankan untuk melakukan perawatan di Plasthetic Clinic agar mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu, di Plasthetic Clinic juga Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter kami agar mendapatkan hasil yang sesuai dengan impian Anda. So, what are you waiting for, Teman Plasthetic? Yuk Kunjungi Plasthetic Clinic sekarang!

Di Review Oleh:

dr. Susan Arlya

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

Yuk Simak, Begini Cara Mengecilkan Perut Buncit!

Read More

Lebih Dekat dengan Proses Veneer Gigi Agar Gigi Tampak Berkilau, Baca Selengkapnya!

Read More

Laser Hair Removal Harga Terjangkau, Aman, dan Berkualitas!

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!