7 Cara Menghilangkan Belang di Wajah dengan Tepat

cara-menghilangkan-belang-di-wajah

7 Cara Menghilangkan Belang di Wajah dengan Tepat

Di Tinjau oleh Dokter

Salah satu masalah kulit yang paling umum pada remaja adalah perbedaan warna antara satu area kulit dengan area lainnya. Nah, masalah ini biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan. Tentu saja, kulit belang mempengaruhi kepercayaan diri Anda, bukan? Nah, yuk simak penyebab belang pada wajah dan cara mengatasinya dibawah ini! 

Apa Penyebab Belang di Wajah?

Nah, ternyata ada banyak penyebab warna kulit tidak merata pada wajah seseorang. Dimulai dengan penyakit tertentu, cedera, dan berakhir dengan paparan sinar matahari. 

Untuk informasi lebih lanjut, berikut ini Plasthetic Clinic menjelaskan penyebab warna kulit tidak merata dan cara mengatasinya. 

1. Terkena Paparan Sinar Matahari Langsung

Penyebab utama warna kulit tidak merata pada wajah adalah sinar matahari langsung. Apalagi saat mengenakan hijab, bagian dalam wajah biasanya lebih putih dari area yang terkena sinar matahari.

Selain itu, memakai kacamata hitam dan masker di luar ruangan akan mempengaruhi warna kulit Anda. Sinar UV merusak kulit. Akibatnya, produksi melanin yang berlebihan menyebabkan bintik-bintik coklat dan warna kulit tidak merata.

2. Hormon

Melasma adalah masalah kulit yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon. Masalah ini sering terjadi pada wanita hamil dan wanita yang menggunakan kontrasepsi hormonal.

Hal ini disebabkan ketika melanosit dirangsang oleh kadar progesteron dan estrogen yang tidak normal. Akibatnya, sel-sel kulit memproduksi lebih banyak melanin, menyebabkan perubahan warna kulit.

3. Penumpukan Kotoran Pada Wajah

Beberapa orang memiliki kulit yang mengkhawatirkan penggelapan. Penumpukan bintik hitam ini membuat kulit terlihat lebih gelap di area tertentu. Kulit di sekitar hidung, alis atau dagu biasanya lebih gelap. Dari kejauhan, kulitnya terlihat tidak rata.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menghilangkan Veneer Gigi Yang Gagal?

4. Bekas Luka

Cedera pada wajah nantinya dapat mempengaruhi warna kulit wajah. Saat luka mengering, bekas luka biasanya lebih gelap dari kulit aslinya.

Ini disebut hiperpigmentasi pasca-inflamasi. Artinya, perubahan warna kulit akibat cedera. Kondisi ini terjadi ketika kulit menjadi meradang karena cedera atau iritasi, seperti menggosok, ruam, atau jerawat. Setelah penyembuhan, kulit menghasilkan sejumlah besar melanin, menghasilkan warna kulit yang lebih gelap.

5. Noda Hitam Pada Wajah

Selain karena sinar matahari, flek hitam juga bisa terjadi karena kondisi lentigo matahari. Ini adalah kondisi kulit yang umum ditemukan di sebagian besar ras Kaukasia. Orang yang berusia di atas 40 tahun memiliki bintik-bintik coklat terang atau gelap di wajah mereka. Bintik-bintik ini paling sering terlihat di wajah, tangan, lengan, pakaian, dan punggung bagian atas.

banner aesthetic

Bagaimana Cara Menghilangkan Belang di Wajah?

Kabar baiknya adalah ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi belang di wajah Anda. Penasaran? baca sampai habis.

1. Gunakan Masker Serta Topi

Karena situasi pandemi, kami terpaksa memakai masker saat keluar. Namun, masker tidak hanya melindungi dari virus, tetapi juga dapat melindungi wajah Anda dari sinar matahari yang berlebihan. Dengan demikian, paparan UV-A dan UV-B terhalang oleh masker sehingga area wajah tidak mudah glasir.

2. Pilih Skincare Yang Dapat Mencerahkan

Ada banyak produk perawatan kulit yang dapat mengatasi masalah kulit Anda. Namun, jika Anda memiliki masalah kulit, sebaiknya cari produk yang mengandung bahan pemutih seperti vitamin C, mineral clay, kojic acid, dan esense fuji sakura. Kandungan tersebut mempercepat pembaharuan sel kulit dan merangsang produksi melanin. kulit gelap tersembunyi.

3. Aplikasikan Sunscreen

Selain aktivitas di luar ruangan, kamu juga harus mengaplikasikan sunscreen di dalam ruangan, hal itu digunakan karena dapat menghindari wajah Anda menjadi belang, dengan rutin memakai sunscreen pasti dapat membantu Anda secara langsung maupun tidak langsung, lho teman Plasthetic. 

Baca Juga: Salicylic Acid: Pengertian, Manfaat, Kelebihan, dan Cara Menggunakannya

4. Eksfoliasi Kulit Wajah

Paparan sinar matahari yang berlebihan menyebabkan efek kusam dan menggelapkan kulit di area tertentu. Untuk itu, wajah lurik bisa diatasi dengan melakukan pengelupasan kulit secara rutin. Ini akan mengangkat sel-sel kulit mati dan membuat warna kulit Anda merata dan cerah.

5. Rajin Mengkonsumsi Air Putih

Teman Plasthetic, ternyata air juga dapat mempengaruhi warna kulit Anda, lho! Dehidrasi dapat membuat kulit menjadi kering dan kusam. Cara mudah mengatasi wajah belang adalah dengan memenuhi kebutuhan asupan cairan hingga 2 liter per hari.

6. Rajin Membersihkan Wajah

Setelah seharian beraktivitas, kulit di wajah Anda menjadi kotor dengan paparan polusi, debu dan kotoran. Jika hal ini tidak dikendalikan, sel-sel kulit mati menumpuk dan kulit tampak kusam dan gelap. Sebaiknya cuci muka dengan double cleansing.

7. Treatment di Klinik Kecantikan

Selain melakukan perawatan secara alami, adapun dianjurkan untuk melakukan perawatan di klinik kecantikan, lho. Anjuran ini dapat berguna untuk Anda mendapatkan warna kulit wajah yang merata secara cepat dan tepat dengan didampingi oleh dokter yang berpengalaman. Untuk itu, treatment di klinik kecantikan ini merupakan pilihan yang cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan hasil yang instan dan tepat ya, teman Plasthetic.

Apa Saja Rekomendasi Perawatan untuk Menghilangkan Belang di Wajah?

Source: freepik.com

Berikut ini adalah rekomendasi treatment untuk mengatasi belang pada wajah ya, teman Plasthetic. Untuk itu, Plasthetic Clinic merangkum nya untuk Anda, yuk simak selengkapnya.

1. Premium Glow

Treatment ini dapat mengatasi apapun permasalahan pada semua jenis pada kulit wajah Anda, contohnya ialah memperbaiki pigmentasi kulit dan dapat membuat kulit menjadi terlihat lebih cerah, sehat, dan tentunya bersinar.

2. Facial Peeling  

Treatment ini di Plasthetic Clinic disebut dengan Aqua Pure Facial dimana merupakan  treatment untuk dapat membersihkan kotoran, mengangkat komedo, serta merelaksasi wajah dengan menerapkan pijatan ringan sehingga dapat digunakan oleh semua jenis kulit. Treatment ini pun bertujuan untuk dapat mengangkat sel kulit mati, , mengencangkan wajah, mencerahkan dan tentunya melembabkan. 

Baca Juga: Operasi Kelopak Mata: Pengertian, Cara Kerja, Manfaat, dan Rekomendasinya

3. Brightening Infusion

Treatment ini membantu Anda untuk dapat mencerahkan warna kulit sehingga terlihat lebih bersih serta bersinar.

Nah, sudah tahu kan penyebab serta cara untuk dapat mengatasi belang pada wajah Anda? Semoga cara-cara di atas bisa membantu kamu untuk menghilangkan belang di wajah ya, Teman Plasthetic. Eits, tetapi perlu diingat, jangan terlalu terburu-buru untuk dapat meratakan warna kulit ini, dikarenakan setiap kulit berbeda dan membutuhkan waktu untuk kembali perfectly renewed.

Untuk itu, ada baiknya ada berkonsultasi dengan dokter dahulu ya untuk mengetahui penaganan yang tepat untuk kulit wajah Anda. Plasthetic Clinic merupakan tempat yang kiranya cocok untukmu, lho. Disini, banyak sekali treatment yang akan ditawarkan untukmu, tentunya dengan didampingi oleh dokter & beautician yang handal. Yuk dapatkan kulit sehat impianmu di Plasthetic Clinic sekarang!

 Always remember that your skin deserves all the love and kindness, so remember to take care of it wisely!

Di Review Oleh:

dr Aema Y. Amir 

https://www.plasthetic.com/team-member/dr-aema-y-amir/
web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

cara-menghilangkan-keriput-di-tangan

Cari Tahu 10 Cara Menghilangkan Keriput di Tangan

Read More
skincare-pria

Nggak cuma Wanita, Ini dia Skin Care untuk Pria!

Read More
cara-menghilangkan-belang-di-wajah

7 Cara Menghilangkan Belang di Wajah dengan Tepat

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!