7 Cara Mencerahkan Selangkangan yang Hitam dengan Aman

7 Cara Mencerahkan Selangkangan yang Hitam dengan Aman

Di Tinjau oleh Dokter

Selangkangan yang menghitam dapat menjadi masalah yang mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Namun, jangan khawatir! Ada beberapa metode aman yang dapat membantu mencerahkan selangkangan Anda tanpa risiko efek samping. Dalam artikel ini, kami akan membagikan beberapa tips dan trik yang dapat Anda coba untuk mendapatkan selangkangan yang lebih cerah dan merata. Baca sampai habis!

Apa Itu Selangkangan Menghitam?

Selangkangan yang menghitam adalah kondisi di mana kulit di area selangkangan menjadi lebih gelap atau berubah warna menjadi lebih gelap dibandingkan dengan warna kulit di sekitarnya. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh hiperpigmentasi, yaitu pendekatan produksi melanin (pigmen yang memberikan warna pada kulit) di area tersebut.

Baca Juga: Begini Cara Mudah Menghilangkan Hitam di bawah Mata

Apa Saja Penyebab Selangkangan Menghitam?

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan selangkangan menghitam, meliputi:

1. Gesekan Berlebihan

Gesekan antara kulit di selangkangan dapat menyebabkan iritasi dan peradangan, yang pada gilirannya dapat menyebabkan hiperpigmentasi.

2. Kelembaban Berlebihan

Area selangkangan cenderung lembab karena keringat dan kurangnya ventilasi. Kelembaban berlebihan dapat menyebabkan pertumbuhan jamur atau infeksi bakteri, yang juga dapat menyebabkan perubahan warna pada kulit.

3. Perubahan Pada Hormon

Fluktuasi hormon dalam tubuh, seperti selama kehamilan atau menopause, dapat mempengaruhi produksi melanin dan menyebabkan perubahan warna pada kulit.

4. Penggunaan Produk Kimia Yang Keras

Apakah Anda tahu, bahwa penggunaan produk pembersih atau kosmetik yang mengandung bahan kimia keras di area selangkangan dapat menyebabkan iritasi dan perubahan warna pada kulit, lho teman Plasthetic. Untuk itu Anda diharuskan menghindari penggunaan produk kimia yang keras jika tidak ingin mendapatkan selangkangan yang hitam, ya.

Jika Anda mengalami selangkangan yang menghitam dan merasa khawatir, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. Nantinya dokter dapat mengevaluasi kondisi kulit Anda dan memberikan saran atau perawatan yang sesuai, seperti krim pemutih kulit atau prosedur medis tertentu, jika diperlukan.

Baca Juga: Terapi Laser Bibir Hitam dan Efek Sampingnya

Banner Plastic Aesthetic

Bagaimana Cara Mencerahkan Selangkangan yang Hitam dengan Aman?

Berikut ini adalah berbagai cara mencerahkan selangkangan yang hitam dan aman yang dapat Anda lakukan sendiri. Penasaran? Simak selengkapnya.

1. Perhatikan Kebersihan dan Perawatan Rutin

Langkah pertama dalam mencerahkan selangkangan adalah menjaga kebersihan dan perawatan rutin. Mandilah secara teratur dengan sabun lembut dan air hangat, lalu keringkan dengan lembut menggunakan handuk bersih. Hindari penggunaan produk yang mengandung bahan kimia keras atau pewarna buatan yang dapat menyebabkan iritasi atau perubahan warna pada kulit.

2. Eksfoliasi Kulit Secara Teratur

Eksfoliasi adalah proses mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat membuat selangkangan tampak lebih gelap. Gunakan scrub tubuh yang lembut atau bahan alami seperti gula atau garam untuk menggosok lembut area selangkangan Anda. Lakukan ini secara teratur, namun hindari menggosok dengan terlalu keras agar tidak merusak kulit sensitif di area tersebut.

3. Gunakan Bahan Alami Pencerah Kulit

Bahan alami seperti lemon, yogurt, atau madu memiliki sifat pencerahami yang dapat membantu mencerahkan selangkangan. Namun, perlu diingat bahwa setiap kulit bereaksi berbeda terhadap bahan alami, jadi lakukan tes kecil terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada reaksi alergi.

4. Hindari Pakaian Ketat dan Bahan Sintetis

Pakaian ketat dan bahan sintetis dapat menyebabkan gesekan berlebihan pada selangkangan, yang dapat memburuk kondisi kulit yang sudah gelap. Pilihlah pakaian yang mungkin longgar yang terbuat dari bahan katun untuk dapat memberikan sirkulasi udara yang lebih baik serta menghindari risiko iritasi pada kulit.

5. Gunakan Tabir Surya

Paparan sinar matahari dapat memperburuk pigmentasi kulit dan membuat selangkangan tampak lebih gelap. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan tabir surya dengan SPF yang cukup saat beraktivitas di luar ruangan. Ini akan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan mencegah peningkatan produksi melanin yang dapat membuat selangkangan semakin gelap.

Baca Juga: Apa itu Noda Hitam di Wajah? Penyebab dan Cara Menghilangkannya

Rekomendasi Perawatan Mencerahkan Selangkangan dari Plasthetic Clinic

Berikut ini adalah berbagai perawatan di Plasthetic Clinic yang dapat dilakukan untuk mencerahkan selangkangan, antara lain:

1. Laser Pigmen Intimate

Perawatan ini bertujuan untuk dapat memperbaiki pigmentasi serta meratakan warna kulit yang ada pada area intim.

2. Premium Glow Intimate

Perawatan ini dapat berfungsi untuk mengatasi segala macam permasalahan pada semua jenis kulit pada area intim, perawatan ini juga dapat mencerahkan warna kulit dan meratakan pigmen warna pada kulit.

Nah, itu dia penjelasan mengenai cara mencerahkan selangkangan yang hitam yang dapat Anda lakukan, ya teman Plasthetic. Jika Anda pertanyaan yang ingin ditanyakan,  Anda dapat langsung menghubungi Plasthetic Clinic di nomor telepon 0811-1769-199 untuk melakukan konsultasi dengan dokter kami dan menghindari risiko yang tidak diinginkan.

Eits, selain itu jadilah bagian dari perayaan Grand Opening Plasthetic Clinic Cabang Semarang yang akan hadir  dalam waktu dekat dan nikmati promo-promo menarik khusus untuk Anda! Dapatkan pengalaman perawatan kecantikan dengan harga spesial dan diskon eksklusif. Ayo, jadilah yang terdepan dalam trend kecantikan dan buktikan bahwa kecantikan sejati dimulai di Plasthetic Clinic Cabang Semarang.

*Semua yang tertulis di website memungkinkan terjadi perbedaan dari segi proses, resiko, komplikasi, dan hasil bagi setiap individu dan konsultasikan dulu kepada ahlinya.

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

Apa Efek Samping Suntik Jerawat? Simak Di Sini!

Read More

Mata Panda bikin Nggak Percaya Diri? Begini Cara Menghilangkan Kantung Mata!

Read More

Mengenal 6 Cara Menghilangkan Lemak di Ketiak dengan Tepat

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!