Apa Penyebab Warna Kulit Tidak Merata? Kenali 4 Faktornya

apa penyebab warna kulit tidak merata

Apa Penyebab Warna Kulit Tidak Merata? Kenali 4 Faktornya

Di Tinjau oleh Dokter

Apakah Anda sedang memiliki permasalahan terhadap warna kulit wajah yang tidak merata? Permasalahan kulit wajah yang tidak merata sebenarnya dapat disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari hiperpigmentasi hingga permasalahan Post-Inflammatory Hyperpigmentation atau PIH. Pada artikel kali ini, kami akan membantu Anda untuk mengetahui apa penyebab warna kulit tidak merata hingga bagaimana cara mengatasi kulit wajah yang tidak merata. Untuk mengetahuinya, langsung saja simak artikel berikut ini sampai tuntas!

Apa Saja Penyebab Warna Kulit Tidak Merata?

Sebelum mengetahui cara-cara yang bisa Anda lakukan dalam mengembalikan warna kulit wajah yang tidak merata, Anda harus mengetahui apa penyebab warna kulit tidak merata terlebih dahulu, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut. 

1. Hiperpigmentasi 

Hiperpigmentasi dinilai menjadi faktor utama yang dapat menyebabkan kulit wajah memiliki warna yang tidak merata. Hiperpigmentasi sendiri umumnya disebabkan karena adanya produksi melanin berlebihan yang dapat menyebabkan kulit wajah muncul bercak-bercak dengan warna yang lebih gelap daripada warna kulit normal lainnya. Melanin sendiri merupakan sebuah zat pigmen yang menentukan warna kulit.

2. Sinar UV

Kulit wajah yang terpapar sinar matahari secara terus-menerus tanpa adanya perlindungan dari sunscreen atau tabir surya dapat menyebabkan kulit wajah mengalami permasalahan hiperpigmentasi. Ketika kulit wajah Anda terlalu banyak terpapar sinar UV dari matahari, maka kulit wajah Anda akan melawan efek buruknya dengan memproduksi melanin secara berlebihan. Hal inilah yang dapat menyebabkan warna kulit wajah Anda menjadi tidak merata.

3. Hormon

Ternyata, hormon juga menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan warna kulit wajah Anda menjadi tidak merata. Hormon yang dimaksud disini adalah hormon estrogen yang dapat memengaruhi pembentukan enzim tirosinase, yaitu sebuah enzim yang berfungsi untuk mengatur jumlah melanin pada kulit. 

4. Post-Inflammatory Hyperpigmentation

Post-Inflammatory Hyperpigmentation atau yang dikenal dengan istilah PIH merupakan hiperpigmentasi pasca peradangan yang seringkali dicirikan dengan munculnya bintik-bintik gelap berwarna abu-abu kehitaman pada kulit wajah. Kondisi PIH sendiri biasanya disebabkan setelah kulit wajah mengalami kondisi jerawat maupun eksim yang dapat meninggalkan noda hitam di wajah akibat produksi melanin yang berlebihan. 

Baca Juga: Ketahui 6 Cara Memutihkan Kulit Belang dengan Beragam Treatment di Plasthetic Clinic

Bagaimana Cara Mengembalikan Warna Kulit Tidak Merata?

Permasalahan hiperpigmentasi yang muncul di kulit wajah sebenarnya menjadi salah satu hal yang sangat wajar untuk dialami oleh setiap individu. Namun, permasalahan satu ini sering kali dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri Anda. Untungnya, terdapat beberapa cara mengembalikan warna kulit tidak merata yang dapat teman Plasthetic lakukan secara mudah, di antaranya adalah sebagai berikut. 

1. Menggunakan Sunscreen

Langkah terpenting yang harus Anda lakukan dalam mengembalikan warna kulit wajah yang tidak merata adalah dengan menggunakan sunscreen setiap hari, meskipun cuaca sedang mendung. 

Agar kulit wajah Anda terhindar dari efek buruk sinar UV matahari, maka pastikan bagi Anda untuk menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 dan PA+++ sebagai penutup skincare routine Anda di pagi hari. Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu mengaplikasikan sunscreen secara berulang setiap dua jam sekali ya!

2. Melakukan Eksfoliasi

Melakukan eksfoliasi kulit wajah secara rutin juga dapat membantu Anda dalam mengembalikan warna kulit wajah yang tidak merata. Proses eksfoliasi sendiri dapat membantu lapisan kulit wajah Anda dalam menghilangkan sel-sel kulit mati yang menumpuk. Tidak hanya itu, eksfoliasi juga dapat membantu lapisan kulit wajah Anda dalam merangsang sel-sel kulit baru yang sehat. 

Untuk melakukan eksfoliasi kulit wajah, Anda bisa menggunakan salah satu dari kedua jenis eksfoliasi yang ada, di antaranya adalah eksfoliasi chemical dan eksfoliasi physical. Sebelum melakukan proses eksfoliasi, pastikan bagi Anda untuk memilih jenis produk eksfoliasi yang sesuai dengan kondisi dan jenis kulit yang Anda miliki. 

Banner Plastic Aesthetic

3. Menerapkan Pola Hidup yang Sehat

Beberapa permasalahan yang terjadi pada kulit wajah umumnya disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat. Agar Anda terhindar dari permasalahan-permasalahan yang tidak diinginkan, maka Anda bisa memulainya dengan menerapkan pola hidup yang sehat, seperti mengonsumsi makanan-makanan sehat tinggi serat, menghindari makanan dengan gula yang tinggi, dan memiliki waktu tidur yang cukup. 

4. Terapi Laser

Terapi laser menjadi salah satu cara yang tepat untuk Anda lakukan dalam mengatasi warna kulit wajah yang tidak merata. Terapi laser sendiri umumnya dilakukan dengan tujuan memudarkan hiperpigmentasi yang disebabkan oleh beberapa faktor, seperti PIH, paparan sinar matahari, dan pertambahan usia. 

Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Kulit Merah di Wajah

Rekomendasi Perawatan Memperbaiki Warna Kulit Tidak Merata dari Plasthetic Clinic

Rekomendasi Perawatan Memperbaiki Warna Kulit Tidak Merata
Source: freepik.com

Selain melakukan beberapa cara dalam mengembalikan warna kulit wajah tidak merata seperti yang sudah dijelaskan di atas, ternyata terdapat cara paling ampuh dan efektif yang dapat Anda lakukan, yaitu dengan melakukan perawatan estetika secara berkala.

Adapun beberapa rekomendasi perawatan untuk mengembalikan warna kulit tidak merata yang dapat Anda lakukan di Plasthetic Clinic, di antaranya sebagai berikut.

1. Premium Glow

Premium Glow merupakan perawatan yang memiliki tujuan dalam mengatasi permasalahan pigmentasi di kulit wajah Anda. Dengan melakukan perawatan satu ini, maka, kulit wajah Anda akan terlihat lebih cerah, bersinar, dan sehat. 

2. Microbubble Exfoliation

Microbubble Exfoliation adalah sebuah perawatan yang bertujuan untuk mengeksfoliasi, melembapkan, serta mencerahkan kulit wajah. Selain itu, perawatan satu ini juga dapat membantu kulit wajah Anda dalam merangsang pertumbuhan kolagen. Jika Anda melakukan perawatan satu ini secara rutin, maka Anda akan mendapatkan kulit wajah yang lebih bersih, cerah, dan sehat. 

Baca Juga: Cari Tahu 4 Tips Agar Kulit Putih dengan Cepat

3. Laser Darkspot

Seperti yang sudah dijelaskan pada penjelasan di atas, salah satu cara dalam mengembalikan warna kulit wajah yang tidak merata adalah dengan melakukan terapi laser. Adapun salah satu terapi laser yang dapat Anda lakukan di Plasthetic Clinic yang bertujuan untuk meratakan warna kulit wajah, yaitu laser darkspot yang berfungsi untuk menyamarkan bagian-bagian gelap pada kulit wajah. Perawatan satu ini dapat membuat warna kulit wajah Anda terlihat lebih merata dan lebih sehat. 

Nah, itulah beberapa informasi mengenai apa penyebab warna kulit tidak merata yang dapat teman Plasthetic ketahui. Jika teman Plasthetic ingin mengambil langkah yang lebih lanjut dalam menjaga kesehatan kulit wajah, maka Plasthetic Clinic siap untuk membantu Anda dalam merawat segala permasalahan kulit wajah Anda, termasuk dalam mengembalikan warna kulit wajah yang tidak merata. 

Melalui berbagai perawatan estetika terbaik yang telah terbukti keefektifannya, Plasthetic Clinic siap untuk membantu Anda dalam mencapai hasil yang optimal dalam menjaga kesehatan kulit wajah Anda. 

Sebelum melakukan perawatan, pastikan teman Plasthetic sudah melakukan konsultasi dengan dokter yang terkait terlebih dahulu. Konsultasi ini sendiri menjadi langkah penting yang harus Anda lalui, karena melalui langkah ini, dokter yang terkait dapat mengidentifikasi permasalahan kulit wajah yang Anda miliki agar dapat memberikan jenis perawatan yang sesuai. Untuk melakukan konsultasi, teman Plasthetic bisa langsung menghubungi kami di sini.

Tunggu apa lagi? Segera kunjungi Plasthetic Clinic terdekat di kota Anda untuk menciptakan kulit wajah yang sehat dan bersinar. Semoga informasi mengenai apa penyebab warna kulit tidak merata di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

*Semua yang tertulis di website memungkinkan terjadinya perbedaan dari segi proses, risiko, komplikasi, dan hasil bagi setiap individu. Maka dari itu, lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya.

Sources:

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

cara-menghilangkan-scar-di-wajah

6 Cara Menghilangkan Scar di Wajah

Read More
manfaat-timun-untuk-mata-dan-wajah

7 Manfaat Timun untuk Mata dan Wajah yang Perlu Diketahui

Read More

Efek Setelah Peeling Wajah Tidak Selalu Bagus? Masa sih?!

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!