Apa Bedanya Anti Aging dan Anti Wrinkle? Simak Di Sini!

apa-bedanya-anti-aging-dan-anti-wrinkle

Apa Bedanya Anti Aging dan Anti Wrinkle? Simak Di Sini!

Di Tinjau oleh Dokter

Ketika membicarakan tentang kecantikan dan perawatan kulit, dua istilah yang sering kali muncul adalah anti aging dan anti wrinkle. Walaupun kedua istilah ini sering digunakan secara bergantian, mereka sebenarnya memiliki definisi dan tujuan yang berbeda di bidang dermatologi dan perawatan kecantikan. Dalam artikel Plasthetic Clinic kali ini, kami akan membawa Anda untuk menyelami lebih dalam mengenai apa bedanya anti aging dan anti wrinkle. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung menyimak artikel di bawah ini hingga tuntas!

Apa Itu Anti Aging?

Menurut penelitian, anti aging hanya mengacu pada memperlambat, mencegah, atau mengurangi proses penuaan. Perawatan anti aging memiliki kemampuan untuk melawan berbagai tanda-tanda penuaan.

Produk anti aging akan bekerja secara menyeluruh dengan fokus pada berbagai masalah yang beragam, seperti kehilangan elastisitas kulit, flek hitam, dan kulit yang kusam. Selain itu, produk anti aging juga dapat membantu mencegah kemunculan kerutan pada tahap awal. 

Dengan kandungan bahan-bahan yang menjaga kelembapan, memberikan nutrisi, dan memiliki sifat antioksidan, perawatan kulit anti aging bertindak sebagai perlindungan awal terhadap dampak buruk yang bisa disebabkan oleh faktor eksternal. 

Apa Itu Anti Wrinkle?

Perawatan anti wrinkle difokuskan untuk mengatasi kerutan yang sudah mulai terlihat di kulit wajah. Oleh karena itu, Anda dapat memasukkan produk perawatan anti wrinkle ke dalam rutinitas perawatan kulit saat Anda melihat tanda-tanda awal kerutan. 

Produk dan perawatan anti wrinkle dirancang secara khusus untuk mengisi lipatan-lipatan kulit dan merangsang produksi kolagen guna membuat kulit terlihat lebih halus dan muda. Perawatan anti wrinkle seringkali melibatkan penggunaan bahan-bahan seperti retinoid, peptida, dan asam hialuronat, yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengurangi tampilan kerutan di wajah. 

Apa Bedanya Anti Aging dan Anti Wrinkle?

Lalu apa bedanya anti aging dan anti wrinkle? Perbedaan antara anti aging dan anti wrinkle terletak pada tujuan dan cara kerjanya dalam merawat kulit, berikut adalah penjelasannya.

1. Fokus Perawatan

Anti aging berfokus pada pencegahan dan pemeliharaan kesehatan kulit secara keseluruhan, termasuk permasalahan seperti keriput, kusam, kulit kendur, dan flek. Sedangkan, anti wrinkle lebih spesifik dalam menangani kerutan yang telah muncul seiring berjalannya waktu. 

2. Bahan Aktif

Produk anti aging seringkali mengandung bahan-bahan antioksidan, seperti vitamin C dan E, serta faktor perlindungan UV untuk melindungi kulit dari kerusakan. Sedangkan, produk anti wrinkle biasanya mengandung bahan-bahan yang bertujuan untuk mengisi kerutan, seperti retinol dan asam hialuronat. 

3. Hasil Jangka Panjang vs Jangka Pendek

Perawatan anti aging didesain untuk memberikan hasil jangka panjang dalam menjaga kecantikan dan kesehatan kulit, sedangkan anti wrinkle lebih berfokus pada perbaikan jangka panjang yang terlihat pada pengurangan kerutan dan garis halus.

Jika dapat disimpulkan, perawatan anti aging bekerja secara menyeluruh untuk mengatasi berbagai masalah yang berkaitan dengan tanda-tanda penuaan, termasuk keriput, kulit kusam, kulit kendur, dan flek hitam. Sementara itu, perawatan anti wrinkle difokuskan secara spesifik pada pengurangan keriput dan bertujuan untuk mengurangi tampilan garis-garis di wajah.

Banner Plastic Aesthetic

Rekomendasi Perawatan Anti Aging dan Anti Wrinkle dari Plasthetic Clinic

Rekomendasi Perawatan Anti Aging dan Anti Wrinkle
Source: freepik.com

Seiring dengan bertambahnya usia, kulit wajah biasanya mengalami penurunan kekencangan dan elastisitasnya. Hal ini tentunya dapat memengaruhi penampilan Anda yang dapat terlihat lebih tua. Namun, berkat perkembangan teknologi dan ilmu kecantikan, saat ini terdapat beberapa perawatan yang bertujuan untuk melawan tanda-tanda penuaan. 

Di Plasthetic Clinic, kami memahami bahwa setiap kulit memiliki cerita dan kebutuhan yang unik. Oleh karena itu, kami menyediakan berbagai pilihan perawatan anti aging dan anti wrinkle yang dapat disesuaikan dengan kondisi kulit wajah Anda.

Berikut adalah beberapa jenis perawatan yang dapat Anda lakukan di Plasthetic Clinic dalam perawatan anti aging dan anti wrinkle.

1. Botox

Botox adalah salah satu jenis perawatan anti wrinkle yang cukup populer. Perawatan ini bekerja dengan merelaksasikan otot di bawah kulit. Tujuan dari perawatan Botox adalah untuk mengurangi kerutan dan garis halus di wajah, serta untuk mengencangkan kulit wajah. 

2. Skin Firm

Skin Firm merupakan perawatan yang menggunakan teknologi canggih, yaitu teknologi Radio Frequency (RF), yang berguna dalam mengencangkan kulit wajah serta mengurangi kerutan dan tanda-tanda penuaan. 

3. Face Tight

Face Tight adalah prosedur non-invasif yang bertujuan untuk meningkatkan kekencangan kulit wajah serta mengurangi tampilan kerutan, sehingga menghasilkan penampilan wajah yang lebih muda dan segar. Prosedur perawatan Face Tight ini akan dilakukan menggunakan teknologi High Intensity Focused Ultrasound (HIFU).

Selain prosedur perawatan, terdapat pula beberapa tindakan bedah yang dapat Anda pertimbangkan dalam rangka merawat kulit wajah dari aging, berikut ini beberapa di antaranya.

1. Face Lift

Face Lift merupakan sebuah tindakan operasi yang bertujuan untuk memberikan tampilan yang lebih muda dengan menghilangkan kelebihan kulit dan mengencangkan jaringan wajah. 

2. Temporal Lift

Temporal Lift, yang sering disebut sebagai tindakan pengencangan alis, adalah suatu prosedur bedah yang berfokus pada pengencangan kulit di sekitar area sisi mata untuk mengangkat dan menghaluskan kontur wajah. 

3. Forehead Lift

Forehead Lift merupakan tindakan bedah yang bertujuan untuk mengurangi kerutan dan mengangkat area dahi dan alis guna memberikan penampilan yang lebih muda dan terlihat segar.

Itulah penjelasan mengenai apa bedanya anti aging dan anti wrinkle yang dapat Anda ketahui. Mengetahui perbedaan ini menjadi kunci dalam memilih perawatan yang sesuai untuk kulit Anda. Dengan pemahaman ini, Anda dapat lebih terarah dalam mengambil langkah selanjutnya guna kulit wajah yang lebih sehat dan muda. 

Setiap perawatan yang terdapat di Plasthetic Clinic tentu memiliki keunikannya tersendiri dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan individu. Di Plasthetic Clinic, kami berkomitmen untuk memberikan hasil yang optimal dengan pendekatan yang sesuai untuk setiap pasien. 

Jika Anda memiliki pertimbangan untuk menjalani perawatan atau tindakan bedah yang bertujuan untuk anti aging dan anti wrinkle, kami mengundang Anda untuk mengunjungi Plasthetic Clinic terdekat di kota Anda dan berkonsultasi dengan dokter kami untuk mendapatkan rekomendasi perawatan yang akan disesuaikan dengan kebutuhan kulit Anda.

Sebelumnya, lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang terkait dengan menghubungi tim kami di sini. Jangan ragu untuk memulai perjalanan Anda menuju kulit yang lebih muda dan segar! 

Semoga informasi apa bedanya anti aging dan anti wrinkle di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

Ditinjau Oleh: . dr. Caecilia Linda

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

Neck Lift: Prosedur, Risiko, dan Hasil yang Diharapkan

Read More
laser-fractional-adalah

Laser Fractional Adalah: Cara Kerja, Manfaat dan Efek Samping

Read More
cara agar pinggiran bibir tidak hitam

6 Cara Agar Pinggiran Bibir Tidak Hitam

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!