8 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami dan Perawatan

cara menghilangkan jerawat batu

8 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami dan Perawatan

Di Tinjau oleh Dokter

Jerawat batu merupakan jenis jerawat yang umumnya lebih besar, meradang, dan terasa sakit ketika disentuh. Munculnya jerawat batu bisa membuat kulit wajah terasa tidak nyaman dan dapat mengganggu kepercayaan diri seseorang. Untungnya, ada beberapa cara alami yang dapat membantu menghilangkan jerawat batu dan perawatan tambahan yang dapat membantu mengurangi risiko jerawat muncul kembali. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa cara alami dan perawatan untuk mengatasi jerawat batu. Penasaran? Baca sampai habis!

Apa Itu Jerawat Batu? 

Jerawat batu adalah jenis jerawat yang lebih besar, lebih keras, dan lebih meradang dibandingkan dengan jenis jerawat lainnya. Jerawat batu juga dikenal sebagai nodulokistik atau jerawat nodular, dan kondisi ini bisa sangat menyakitkan dan mengganggu. Jerawat batu terbentuk ketika pori-pori kulit tersumbat oleh kotoran, minyak berlebih, dan sel-sel kulit mati. Bakteri yang disebut propionibacterium acnes juga dapat berkembang di dalam pori-pori yang tersumbat, menyebabkan peradangan dan pembentukan benjolan yang keras dan merah.

Baca Juga: Mengenal Serum yang Bagus untuk Jerawat dan Cara Menggunakannya

Apa Saja Penyebab Jerawat Batu?

Berikut ini adalah berbagai penyebab dari timbulnya jerawat batu yang perlu Anda ketahui, meliputi: 

1. Produksi Minyak Berlebih

Kulit kita menghasilkan minyak alami yang disebut sebum untuk menjaga kelembapan dan melindungi kulit. Namun, produksi minyak berlebih dapat menyumbat pori-pori, menyebabkan jerawat batu.

2. Penumpukan Sel Kulit Mati

Adanya sel kulit mati yang tidak terkelupas dengan cara yang baik akan dapat menumpuk di bagian permukaan kulit serta berpotensi untuk menyumbat pori-pori. Hal tersebutlah menjadi rentan akan timbulnya jerawat batu pada wajah.

3. Bakteri Propionibacterium Acnes

Bakteri ini ada secara alami pada kulit, tetapi ketika terjebak di dalam pori-pori yang tersumbat, dapat menyebabkan peradangan dan memperburuk jerawat batu.

4. Faktor Hormonal

Peningkatan produksi hormon tertentu, terutama hormon androgen selama masa remaja atau periode tertentu, dapat merangsang kelenjar minyak dan meningkatkan risiko jerawat batu.

5. Faktor Genetik

Kecenderungan mengalami jerawat batu dapat diturunkan dalam keluarga, sehingga faktor genetik juga berperan dalam kemunculan jerawat batu, lho teman Plasthetic.

Banner Plastic Aesthetic

Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami?

Cara menghilangkan jerawat batu secara alami dapat Anda lakukan sendiri dirumah dengan mudah, antara lain:

1. Menggunakan Kompres Dingin

Tempelkan kompres dingin pada jerawat batu selama beberapa menit. Ini akan membantu mengurangi peradangan dan kemerahan yang terkait dengan jerawat batu.

2. Menggunakan Pasta Kunyit dan Madu

Campurkan kunyit bubuk dengan madu untuk membuat pasta kental. Lalu, oleskanlah  pasta tersebut pada jerawat batu setelah itu Anda biarkan selama 10-15 menit sebelum  Anda membilasnya. Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan jerawat batu.

3. Menggunakan Minyak Pohon Teh

Teteskan sedikit minyak pohon teh pada kapas dan aplikasikan pada jerawat batu. Minyak pohon teh memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengeringkan jerawat batu.

4. Menggunakan Lidah Buaya

Ambilah sebagian  gel lidah buaya yang segar, lalu Anda dapat mengoleskan pada jerawat batu tersebut. Lidah buaya memiliki sifat penyembuhan dan mengurangi peradangan, membantu jerawat batu menjadi lebih cepat pulih.

Baca Juga: Kenali Macam-Macam Jerawat dan Cari Tahu Cara Menaganinya

Rekomendasi Perawatan Menghilangkan Jerawat Batu dari Plasthetic Clinic

rekomendasi perawatan menghilangkan jerawat batu
Source: freepik.com

Berikut ini Plasthetic Clinic merekomendasikan beberapa perawatan yang dapat menghilangkan jerawat batu yang dirangkum khusus untuk Anda, yaitu:

1. Acne Facial

Treatment ini berfungsi untuk dapat membersihkan kulit wajah Anda yang berjerawat dengan melakukan tindakan ekstraksi disertai dengan tindakan IPL, hasilnya kulit Anda akan terlihat lebih bersih, lho teman Plasthetic.

2. Laser Acne

Treatment ini bertujuan untuk dapat meredakan peradangan pada jerawat Anda, menghilangkan noda pada area bekas jerawat, hasilnya kulit wajah akan terlihat lebih nyaman dan bersih.

Baca Juga: Suntik Menghilangkan Jerawat, Aman dan Ampuh!

3. Morpheus8

Morpheus8 adalah salah satu jenis perawatan kecantikan non-bedah yang inovatif. Morpheus8 merupakan perangkat pengencangan kulit dan pengerutan jaringan dengan menggunakan kombinasi teknologi mikrodermabrasi dan radiofrekuensi mikro. Perangkat ini sering digunakan untuk perawatan kulit wajah dan tubuh.

Nah, itu dia penjelasan artikel kali ini mengenai cara menghilangkan jerawat batu serta penyebab jerawat batu, ya teman Plasthetic. Jika masih ada pertanyaan yang ingin  Anda tanyakan, Anda bisa menghubungi Plasthetic Clinic untuk melakukan sesi konsultasi dengan dokter kami yang sudah berpengalaman. Penting untuk konsultasi dengan dokter kulit atau ahli kecantikan untuk merencanakan perawatan yang sesuai sesuai dengan tingkat keparahan dan jenis kulit Anda dan menghindari risiko yang tidak diinginkan.

Selain itu, jangan lewatkan juga promo-promo ekslusif yang ditawarkan Plasthetic Clinic khusus untuk Anda, dalam rangka Anniversary Plasthetic Clinic ke 4 Tahun. Promo yang diberikan ini tentunya merupakan promo besar-besaran yang hanya diberikan 1 tahun sekali. So, Tunggu apalagi? segera kunjungi Plasthetic Clinic dan jangan sampai kehabisan promonya!

*Semua yang tertulis di website memungkinkan terjadi perbedaan dari segi proses, resiko, komplikasi, dan hasil bagi setiap individu dan konsultasikan dulu kepada ahlinya.

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

efek samping skin booster

Mengenal Efek Samping Skin Booster dan Manfaatnya

Read More
dermal filler adalah

Dermal Filler: Pengertian, Tujuan, dan Prosedurnya

Read More
cara mengatasi kebotakan dini

Mengenal 3 Cara Mengatasi Kebotakan Dini yang Perlu Diketahui

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!