5 Cara Menghilangkan Komedo di Hidung dengan Mudah

5 Cara Menghilangkan Komedo di Hidung dengan Mudah

Di Tinjau oleh Dokter

Hidung menjadi salah satu bagian wajah yang rentan terhadap permasalahan kulit wajah, salah satunya adalah permasalahan komedo. Komedo sendiri merupakan sebuah permasalahan yang timbul akibat penumpukan sebum dan sel kulit mati di pori-pori wajah. Terdapat dua jenis komedo yang umumnya dialami oleh sebagian individu, di antaranya adalah komedo hitam (blackhead) dan komedo putih (whitehead). Kedua jenis komedo ini sama-sama berpotensi menjadi jerawat apabila tidak dihilangkan dengan baik dan benar. Lalu, bagaimana cara menghilangkan komedo di hidung?  Untuk mengetahuinya, langsung saja simak penjelasan artikel berikut ini sampai tuntas!

Bagaimana Cara Menghilangkan Komedo di Hidung?

Menurut ahli kulit, salah satu cara yang paling efektif dalam mengatasi permasalahan komedo di hidung adalah dengan mengurangi produksi minyak berlebih di kulit wajah. Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan komedo di hidung yang dapat teman Plasthetic lakukan dengan mudah. 

1. Membersihkan Kulit Wajah Secara Rutin

Membersihkan kulit wajah secara rutin menjadi cara pertama yang ampuh dalam menghilangkan komedo di hidung. Jika kulit wajah Anda memiliki kondisi yang bersih dari minyak berlebih, kotoran, dan sisa makeup, maka potensi terbentuknya komedo akan berkurang. Jadi, pastikan untuk selalu membersihkan wajah Anda dua kali sehari, yaitu pada pagi hari dan malam hari ya!

2. Melakukan Eksfoliasi Wajah

Eksfoliasi wajah merupakan cara selanjutnya yang dinilai cukup efektif dalam menghilangkan komedo. Eksfoliasi sendiri merupakan sebuah perawatan yang bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati yang terdapat di permukaan kulit wajah. 

Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan ketika melakukan eksfoliasi wajah adalah dengan tidak melakukan proses eksfoliasi terlalu sering, karena hal ini akan membuat kulit wajah Anda mengalami iritasi. Maka dari itu, Anda cukup melakukan eksfoliasi wajah 1-2 kali dalam seminggu. 

3. Uap Air Hangat

Melakukan penguapan air hangat di wajah ternyata juga menjadi salah satu cara yang efektif dalam menghilangkan komedo di hidung. Untuk melakukan cara ini, Anda hanya perlu menuangkan air hangat dalam mangkuk yang besar, kemudian letakkan wajah Anda di atas mangkuk tersebut dengan menggunakan handuk untuk menutupi kepala Anda. Uap yang dihasilkan dari air hangat ini akan membantu pori-pori kulit wajah Anda terbuka, sehingga Anda dapat dengan mudah menghilangkan komedo secara lembut. 

4. Menggunakan Pelembap

Kulit wajah yang tingkat kelembapannya terjaga akan lebih mudah mengontrol produksi minyak di kelenjar sebasea. Oleh karena itu, biasakan untuk selalu rutin memakai moisturizer atau pelembap di pagi hari dan malam hari. Pastikan juga bahwa moisturizer yang Anda gunakan memiliki kandungan yang sesuai dengan kondisi dan jenis kulit yang Anda miliki. 

5. Menggunakan Masker Charcoal

Cara menghilangkan komedo di hidung terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan masker charcoal. Masker charcoal sendiri terkenal dengan kemampuannya yang dapat menyerap minyak berlebih di wajah dan dapat membersihkan kulit wajah hingga pori-pori terdalam secara menyeluruh, sehingga pori-pori wajah Anda terbebas dari segala kotoran yang menumpuk.

Baca Juga: 8 Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Pipi

Banner Plastic Aesthetic

Bagaimana Tips Mencegah Komedo di Hidung?

Selain mengetahui cara menghilangkan komedo di hidung, Anda juga harus mengetahui beberapa tips mencegah komedo hidung untuk tumbuh kembali, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Selalu menjaga kebersihan wajah dan rambut
  • Menggunakan produk yang tidak menyumbat pori-pori kulit wajah
  • Membersihkan brush makeup secara teratur
  • Tidak menyentuh wajah dengan tangan yang kotor
  • Tidak melakukan ekstraksi komedo sendiri
  • Menghindari asap rokok
  • Menggunakan makeup dan skincare dengan kandungan yang sesuai dengan jenis kulit
  • Selalu mencuci wajah secara rutin, terutama setelah melakukan aktivitas seharian
  • Membersihkan segala makeup dan kotoran yang menempel di wajah sebelum tidur

Baca Juga: 5 Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah Secara Alami

Rekomendasi Perawatan Menghilangkan Komedo di Hidung dari Plasthetic Clinic

Rekomendasi Perawatan Menghilangkan Komedo di Hidung
Source: freepik.com

Salah satu cara ampuh dalam menghilangkan komedo di hidung secara efektif adalah dengan melakukan perawatan secara berkala. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi perawatan menghilangkan komedo di hidung yang dapat Anda lakukan di Plasthetic Clinic, antara lain:

1. Peel Glow

Peel glow merupakan perawatan dengan prosedur peeling secara ringan yang dapat membantu kulit wajah Anda dalam menghilangkan komedo yang membandel. Perawatan satu ini juga dapat membantu Anda dalam memperbaiki pigmentasi kulit, sehingga kulit wajah Anda terlihat lebih cerah, bersinar, dan sehat. 

2. Microbubble Exfoliation

Jika Anda memiliki komedo yang menumpuk, maka perawatan Microbubble Exfoliation dapat menjadi salah satu jenis perawatan yang bisa Anda lakukan. Microbubble Exfoliation sendiri merupakan sebuah perawatan yang bertujuan untuk mengeksfoliasi, melembapkan, serta mencerahkan kulit wajah, sehingga dapat menampilkan kulit wajah yang halus dan sehat. Tidak hanya itu, perawatan satu ini juga dapat membantu Anda dalam memperbaiki pertumbuhan kolagen.

Baca Juga: 9 Jenis-jenis Cleanser dan Fungsinya Untuk Kulit Wajah

3. Facial

Facial merupakan salah satu basic treatment di Plasthetic Clinic yang dapat membantu Anda dalam membersihkan, melembapkan, dan mencerahkan kulit wajah. Perawatan satu ini juga berfungsi untuk menghilangkan segala kotoran dan sel kulit mati yang terdapat di lapisan kulit wajah Anda, sehingga kulit wajah Anda dapat kembali bersih dan sehat. 

Bagaimana? Apakah teman Plasthetic sudah mengetahui cara menghilangkan komedo di hidung? Melalui penjelasan di atas, tentu Anda sudah dapat mengetahui beberapa cara yang bisa dilakukan dalam menghilangkan komedo di hidung. Selain melakukan cara-cara menghilangkan komedo hidung yang sudah dijelaskan di atas, Anda juga bisa melakukan beberapa jenis perawatan yang tersedia di Plasthetic Clinic

Eits, sebelum melakukan perawatan, pastikan untuk melakukan konsultasi dengan dokter yang berkaitan terlebih dahulu ya! Melakukan konsultasi sebelum melakukan perawatan sendiri bersifat wajib untuk Anda lakukan, karena setiap perawatan akan memiliki manfaat dan risikonya masing-masing. Maka dari itu, pastikan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu guna mencegah risiko yang tidak diinginkan! 

Untuk melakukan konsultasi, teman Plasthetic bisa langsung menghubungi tim kami di sini, atau langsung mengunjungi Plasthetic Clinic terdekat di kota Anda.

Semoga informasi mengenai cara menghilangkan komedo di hidung di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

*Semua yang tertulis di website memungkinkan terjadinya perbedaan dari segi proses, risiko, komplikasi, dan hasil bagi setiap individu. Maka dari itu, lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya.

Ditinjau Oleh: Tim Plasthetic Clinic Alam Sutera

Source:

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

Bagaimana Cara Membuat Pipi Tirus Permanen Secara Alami dan di Klinik Kecantikan?

Read More

Berikut Cara Mengencangkan Perut setelah Melahirkan yang Bisa Kamu Tiru!

Read More

5 Manfaat Sunscreen yang Wajib Anda Ketahui

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!