8 Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Pipi

8 Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Pipi

Di Tinjau oleh Dokter

Komedo di pipi memang sangat mengganggu. Kondisi ini disebabkan pori-pori tersumbat akibat minyak serta adanya sel kulit mati yang kemudian sudah teroksidasi sehingga akan menyebabkan warna tampak gelap. Lalu, bagaimana cara menghilangkan komedo hitam di pipi? Yuk, simak berbagai penjelasannya di bawah ini, ya! 

Apa Itu Komedo Hitam di Pipi?

Blackhead atau komedo disebabkan oleh sumbatan sebum (minyak) serta  sel kulit mati yang telah mengeras dan tampak terlihat  serta berwarna gelap yang disebabkan dari paparan udara. Komedo ini juga dikenal sebagai komedo terbuka karena kulit di atas benjolannya sedikit terbuka, tidak seperti komedo putih yang benjolannya masih tertutup sehingga terlihat putih.

Baca Juga : Bagaimana Cara Membuat Pipi Tirus Permanen di Klinik Kecantikan Kecantikan?

Apa Saja Penyebab Komedo Hitam di Pipi?

Ada beberapa faktor risiko lain yang akan dapat menyebabkan munculnya komedo di pipi, yaitu:

1. Faktor Genetik

Nah, salah satu penyebab munculnya komedo di pipi ialah karena faktor genetik ataupun keturunan. Jika orang tua ataupun ada anggota keluarga Anda yang memiliki kulit berminyak, kemungkinan Anda  juga dapat memiliki kulit berminyak. Kelebihan minyak pada kulit wajah ini nantinya akan dapat menyumbat pori-pori. Alhasil, munculnya komedo pun tak terhindarkan. Komedo lebih mudah muncul, apalagi jika Anda memiliki pori-pori besar di area pipi.

2. Menghilangkan Komedo Dengan Tangan Sendiri

Penyebab terbentuknya komedo di pipi selanjutnya adalah kebiasaan buruk menghilangkan komedo sendiri. Padahal, menghilangkan komedo bisa merusak pori-pori dan komedo akan muncul kembali. So, Jangan menghilangkan komedo di pipi Anda dengan tangan Anda sendiri, ya teman plasthetic.

3. Menggunakan Produk Kecantikan Yang Dapat Menyumbat Pori-Pori

Komedo pada area pipi juga dapat muncul jika Anda terlalu banyak menggunakan produk kecantikan yang dapat menyumbat pori-pori seperti halnya masker wajah ataupun pelembab. Oleh karena itu, gunakan produk kecantikan yang oil-free dan non-comedogenic (tidak menyumbat pori) untuk mencegah terbentuknya komedo di pipi.

4. Tidur Dengan Menggunakan Riasan

Tidak hanya sedikit wanita yang malas ataupun sering lupa menghapus make up sebelum tidur. Akibatnya, mereka tidur dengan riasan di wajah mereka. Kebiasaan buruk ini akan bisa menjadi penyebab dari munculnya komedo pada area pipi. Untuk dapat menghindarinya, jangan malas menghapus riasan dari wajah sebelum tidur malam. Hal ini akan dapat mencegah munculnya komedo yang mengganggu di pipi. 

Baca Juga : Apa Itu Fungal Acne dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Bagaimana Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Pipi?

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menghilangkan komedo di pipi. Berikut ini adalah:

1. Penggunaan Asam Salisilat

Asam salisilat akan dapat membantu membuka pori-pori yang tersumbat dan mencegah pembentukan komedo. Zat ini ditemukan dalam deterjen, pewarna dan astringen. Penggunaan asam salisilat ini bisa digunakan sesuai dengan anjuran dokter dan jangan sampai digunakan secara berlebihan.

2. Eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan suatu proses untuk dapat menghilangkan sel kulit mati dari area permukaan kulit. Ini bisa menjadi cara yang efektif untuk menghilangkan komedo. Akan tetapi, jangan terlalu banyak serta terlalu sering karena dapat merusak kulit.

Banner-Plastic-Aesthetic

3. Gunakan Masker Pelembab

Selain rutin untuk eksfoliasi mingguan, penting bagi Anda untuk dapat menggunakan masker 2 sampai 3 kali seminggu agar pori-pori tetap terlihat bersih. Masker berbahan dasar tanah liat menjadi pilihan karena dipercaya dapat menghilangkan minyak berlebih dan kotoran yang terkait dengan komedo.

4. Chemical Peeling

Chemical peeling ini dapat berfungsi untuk menghilangkan lapisan sel kotor pada luar kulit. Dengan pemakaian teratur, kulit Anda bisa menjadi lebih bersih serta lebih kencang dalam beberapa minggu. Perawatan ini dapat mengatasi komedo di pipi dengan mengangkat sel kulit mati serta mengurangi tampilan pori-pori yang membesar.

5. Menjaga Kulit Tetap Terhidrasi

Jangan biarkan kulit Anda mengering saat menggunakan berbagai metode untuk dapat menghilangkan komedo. Cobalah untuk minum air yang cukup pada setiap hari serta Anda harus menggunakan pelembab pada wajah Anda. 

Baca Juga : Cara Mengencangkan Pipi Kendur: Wajib Diketahui Sebelum Usia 30 Tahun!

Rekomendasi Perawatan Menghilangkan Komedo Hitam di Pipi Terbaik di Plasthetic Clinic

Berikut ini adalah berbagai perawatan di Plasthetic Clinic yang direkomendasikan untuk dapat menghilangkan komedo hitam, simak selengkpanya.

1. Classic Facial 

Classic facial adalah perawatan klasik untuk dapat membersihkan kotoran, mengangkat komedo, dan merelaksasi wajah dengan mengaplikasikan pijatan ringan. Perawatan ini dapat bertujuan untuk melembabkan, membersihkan, melembabkan, dan mencerahkan kulit wajah Anda.

2. Premium Glow

Perawatan ini dapat bertujuan untuk  mengatasi segala macam permasalahan pada semua jenis kulit wajah, seperti memperbaiki pigmentasi kulit dan dapat membuat kulit terlihat lebih cerah, bersinar, serta lebih sehat.

3. Microbubble Exfoliation

Microbubble exfoliation bertujuan untuk dapat mengeksfoliasi, melembabkan, dan mencerahkan kulit wajah Anda. Perawatan ini berfungsi juga untuk dapat membantu memperbaiki pertumbuhan kolagen dan menampilkan kulit yang halus dan juga sehat.

Nah, itu dia penjelasan mengenai cara menghilangkan komedo ya teman Plasthetic. Jika Anda ingin mencoba cara menghilangkan komedo ini, pastikan untuk pergi ke klinik kecantikan ataupun konsultasi dokter. Penggunaan alat menghilangkan komedo  yang tidak tepat hanya akan dapat merusak kulit Anda, lho. Yuk, segera kunjungi 

Plasthetic Clinic sekarang juga untuk mendapatkan perawatan yang tepat sesuai dengan permasalahan Anda!  

Di Review Oleh:

dr. Aema Y. Amir

https://plasthetic.com/team-member/dr-aema-y-amir/

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

Kenapa Bekas Operasi Terasa Nyeri? Cari Tahu Penyebabnya!

Read More

Ketahui 3 Cara Langsing dalam 1 Minggu dengan Beragam Treatment di Plasthetic

Read More

Begini Cara Mudah Menghilangkan Hitam di bawah Mata!

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!