Ketahui 10 Cara Menghilangkan Kulit Bertekstur dengan Baik dan Benar

cara-menghilangkan-kulit-bertekstur

Ketahui 10 Cara Menghilangkan Kulit Bertekstur dengan Baik dan Benar

Di Tinjau oleh Dokter

Setelah rutinitas perawatan kulit yang panjang, Anda akan tahu produk dan pengobatan mana yang harus digunakan ketika masalah kulit muncul, seperti jerawat, kerutan, dan hiperpigmentasi. Kulit kasar bukanlah ketidakrataan warna kulit, tetapi kehalusan kulit secara keseluruhan. Meski jarang dibicarakan, kulit kasar umumnya sama dengan warna kulit yang tidak merata. Yuk, simak pembahasannya sampai habis!

Apa Itu Kulit Bertekstur?

Tekstur kulit yang tidak rata biasanya disebabkan oleh sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit. Kulit kasar bisa menyebabkan area kulit tampak kasar atau bergelombang, dan juga bisa membuat kulit tampak kusam. Ada beberapa penyebab kulit kasar. Selain akumulasi sel kulit mati, paparan sinar matahari yang berlebihan juga dapat berperan dalam penyebab tekstur kulit yang tidak merata dan ukuran pori yang tidak beraturan. Kebiasaan merokok serta kondisi kulit lainnya, contoh eksim serta kulit kering dapat berpengaruh signifikan pada warna dan tekstur kulit.

Lalu Kulit Bertekstur Seperti Apa?

Sesuai dengan namanya, bahwa kulit bertekstur mengacu pada permukaan kulit yang tidak rata atau halus. Beberapa karakteristik kulit bertekstur antara lain sebagai berikut:

  1. Kasar atau Tidak Merata: Kulit terasa kasar saat disentuh dan mungkin memiliki area yang tampak lebih kering atau bersisik.
  2. Pori-Pori yang Terlihat: Pori-pori yang besar dan jelas sering kali berkontribusi pada tekstur yang tidak rata.
  3. Bekas Jerawat: Bekas jerawat, seperti bopeng atau jaringan parut, dapat membuat kulit tampak bergelombang atau berlubang.
  4. Garis Halus dan Kerutan: Kehadiran garis-garis halus dan kerutan dapat membuat permukaan kulit tampak bergelombang.
  5. Pigmentasi Tidak Merata: Bercak-bercak gelap atau warna kulit yang tidak merata dapat mempengaruhi tekstur kulit.
  6. Komedo: Komedo, baik hitam maupun putih, dapat membuat kulit terasa kasar dan tampak tidak rata.
  7. Kekurangan Kelembapan: Kulit yang kering dan kurang terhidrasi cenderung memiliki permukaan yang tidak mulus dan tampak pecah-pecah.

Apa Saja Penyebab Kulit Bertekstur?

Kulit wajah yang bertesktur ditandai dengan permukaan kulit yang bergelombang. Banyak faktor yang bisa menyebabkan hal tersebut, mulai dari paparan sinar matahari, polusi, kotoran, penumpukan sel kulit mati hingga faktor penuaan, dan jarang melakukan double cleansing

Kulit bertekstur yang Anda maksud ternyata mengandung komedo, yaitu pori-pori kulit yang tersumbat oleh sebum dan sel-sel kulit mati, menyebabkan peradangan lokal dan benjolan kecil di permukaan kulit.  Berikut ini adalah penyebab seseorang dapat mengalami kulit bertekstur, yaitu:

  1. Kulit berminyak 
  2. Menggunakan terlalu banyak pelembab
  3. Menggunakan produk kulit yang tidak sesuai dengan jenis kulit Anda
  4. Perubahan hormonal
  5. Komedo yang menumpuk yang disebabkan oleh iritasi pada kulit wajah Anda

Banner Plastic Aesthetic

Bagaimana Cara Menghilangkan Kulit Bertekstur?

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kulit bertekstur ini, dari mulai perawatan yang bisa dilakukan dirumah hingga datang ke klinik kecantikan. Berikut  ini merupakan 5 langkah untuk dapat mengatasi  kulit bertekstur yang tidak merata:

1. Eksfoliasi Kulit

Eksfoliasi berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati jika penumpukan sel kulit bermasalah dengan tekstur kulit yang tidak merata. Selain itu, cara ini juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen di kulit. Eksfoliasi kulit yang tidak rata dengan lembut dua kali seminggu. Gunakan produk skincare untuk lakukan eksfoliasi yang mengandung bahan aktif seperti retinol, vitamin c, hyaluronic acid, niacinamide, dan AHA/BHA.

2. Lakukan Chemical Peel

Seiring bertambahnya usia, dibutuhkan waktu lebih lama bagi sel-sel kulit mati untuk mengelupas secara alami sehingga dapat mencerahkan kulit. Jika keratin lama tertinggal di kulit, warna kulit menjadi kusam dan tidak rata, serta tekstur kulit menjadi tidak rata. Cara sederhana dan efektif untuk mengelupas lapisan atas kulit dengan cepat adalah dengan chemical peeling.

3. Gunakan Face Oil

Selain itu, minyak wajah dapat digunakan secara rutin sebagai perawatan kesehatan kulit wajah. Manfaat minyak wajah adalah kemampuannya untuk tidak hanya melembabkan kulit yang kering, tetapi juga membuatnya lebih kenyal, memperbaiki tekstur kulit wajah, dan mengontrol produksi sebum kulit.

4. Menggunakan Pembersih Wajah

Membersihkan wajah dari kotoran, minyak alami wajah yang berlebih, hingga sisa make-up tidak boleh Anda lewatkan. Rutin membersihkab wajah bisa menjaga kesehatan kulit Anda, mencegah adanya masalah kulit, serta membantu menghilangkan kulit bertekstur.

Hal terpenting dalam membersikan wajah adalah dengan menggunakan facial wash atau facial foam lembut untuk membantu memperbaiki dan merawat skin barrier serta menghaluskan tekstur wajah. Apabila diperlukan, Anda dapat melakukan teknik double cleansing seperti menggunakan toner atau micelar water untuk memastikan bahwa wajah sudah benar-benar bersih.

Baca Juga: Acne Prone Skin Adalah: Pengertian, Ciri-ciri, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

5. Aplikasikan Tabir Surya

Paparan sinar matahari menyebabkan tekstur kulit wajah kasar dan pori-pori besar. Untuk mencegah kerusakan lebih lanjut, lakukan tindakan pencegahan yang tepat untuk melindungi kulit Anda dengan memakai tabir surya dengan setidaknya SPF 30 di dalam atau di luar ruangan. Tambahkan tabir surya sebagai produk perawatan kulit yang selalu ada untuk melindungi kulit Anda dari terpapar sinar matahari.

6. Menggunakan Moisturizer

Rajin menggunakan pelembap juga merupakan salah satu metode untuk meningkatkan dan membuat tekstur kulit wajah yang halus. Hal ini karena pelembap atau moisturizer memiliki kemampuan untuk menambahkan lapisan perlindungan tambahan pada kulit, menjaga kelembapan, dan secara bersamaan mempertahankan hidrasi kulit.

7. Lakukan Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi merupakan metode perawatan yang menggunakan aplikator abrasif untuk menghilangkan lapisan luar kulit, termasuk sel kulit mati yang mengumpul. Di samping itu, terdapat juga perawatan dermabrasi yang merupakan prosedur lebih invasif karena bertujuan untuk menghapus lapisan kulit luar yang mengalami kerusakan, sehingga tekstur kulit menjadi lebih merata dan halus.

8. Menggunakan Bahan Aktif Skincare

Cara utama untuk menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng adalah dengan menggunakan produk skincare yang mengandung bahan aktif seperti retinol dan vitamin C.

Retinol adalah sejenis vitamin A dengan konsentrasi tinggi, mudah diserap oleh kulit dan membantu meningkatkan produksi kolagen, menyamarkan garis halus, serta mempercepat regenerasi kulit. Kemudian vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga meningkatkan kadar kolagen dan mencerahkan kulit.

9. Lakukan Microneedling

Apabila masalah tekstur kulit disebabkan oleh hilangnya kolagen, microneedling bisa menjadi solusi untuk menghaluskan kulit bertekstur. Prosedur ini melibatkan penggunaan jarum kecil untuk membuat tusukan-tusukan kecil di permukaan kulit, yang kemudian memicu produksi kolagen. Saat kulit sembuh, hasilnya adalah tekstur kulit yang lebih halus.

10. Dapatkan Perawatan di Klinik Kecantikan

Perawatan Klinik Kecantikan adalah perawatan yang populer dan cepat untuk bekas luka, jerawat dan kulit kasar. Manfaat perawatan klinik kecantikan adalah peningkatan produksi kolagen dan pori-pori yang kurang terlihat, bekas jerawat dan garis-garis halus. Ini mengarah pada kulit yang lebih halus secara keseluruhan. Untuk itu, jika Anda ingin melakukan perawatan kecantikan, Plasthetic Clinic merupakan solusi yang tepat untuk Anda!

Baca Juga: Mengenal 9 Manfaat Microneedling, Prosedur, dan Risiko Efek Sampingnya

Rekomendasi Perawatan untuk Kulit Bertekstur

perawatan untuk kulit bertekstur
Source: freepik.com

Nah, biar kamu nggak bingung dan ragu lagi, yuk lihat cara mengatasi kulit wajah bertekstur yang di rangkum oleh Plasthetic Clinic berikut ini khusus untuk Anda.

1. Laser Fraksional / CO2 

Laser CO2 adalah laser ablatif. Laser ini tentunya memiliki keunggulan karena mampu meratakan kulit bertekstur. Laser jenis ini menghilangkan lapisan kulit terluar (epidermis) dan memanaskan lapisan bawah kulit (dermis). Proses ini merangsang pertumbuhan serat kolagen baru di kulit dan mendukung pertumbuhan jaringan kulit baru yang lebih lembut. Laser inipun, digunakan untuk menghilangkan lesi kulit, dan tumor kulit jinak lainnya. Selain itu, laser fraksional CO2 juga dapat memperbaiki bekas jerawat, jerawat di wajah, pori-pori besar, kerutan, stretch mark, peremajaan kulit, dan banyak lagi.

2. Laser Growth Factor 

Perawatan ini adalah jenis perawatan wajah laser CO2, laser ablatif, ideal untuk mengobati bekas luka atrofi. Prosedur ini dilakukan dengan menurunkan wajah dengan memotong jaringan ikat yang menarik kulit. 

Selain itu, perawatan laser ini dikombinasikan dengan serum faktor pertumbuhan kuat yang memperbaiki tekstur kulit. Perawatan sinar laser CO2 fraksional adalah perawatan kecantikan yang menghaluskan bekas jerawat, kerutan, dan hiperpigmentasi. Sinar laser CO2 dapat menyebabkan remodeling kolagen.

Baca Juga: Polyglutamic Acid Adalah: Pengertian dan Manfaatnya dalam Skincare

3. Subsisi

Langkah awal yang tidak boleh dilewatkan pasien sebelum melakukan subsisi ialah konsultasi. Proses konsultasi  ini sangatlah penting karena konsultasi ini akan menentukan setiap prosedur serta kesesuaian pasien untuk  memperoleh pengobatan. Selama proses konsultasi ini, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik serta dokter akan menanyakan riwayat kesehatan pasien, ya teman Plasthetic. 

Subsisi sendiri merupakan  prosedur yang memisahkan permukaan luar kulit dengan jaringan parut jerawat di area bawahnya. Subsisi dilakukan dengan cara menusukkan jarum di bawah kulit serta memindahkannya ke arah lain. Subsisi ini pun bermanfaat untuk dapat mendorong kolagen muncul dari kulit yang rusak sehingga mendorong kawah asli serta memulihkan kulit normal. Perawatan ini memiliki rasa sakit  yang sementara sebagai efek samping yang timbulkan dari prosedur subsisi.

4. IPL Treatment

Intense Pulsed Light (IPL), atau photofacial, adalah prosedur yang membantu memperbaiki tekstur kulit akibat kerusakan sinar matahari dan mengecilkan pori-pori. IPL menggunakan energi cahaya untuk menargetkan warna tertentu di kulit, memanaskannya sehingga tubuh dapat mengeliminasi sel-sel yang tidak diinginkan, memperbaiki masalah kulit yang ditargetkan.

Demikianlah rangkaian cara untuk dapat menghaluskan kulit bertekstur yang tepat, ya teman Plasthetic. Untuk mendapatkan kulit yang rata dan sehat, penting untuk mengikuti rangkaian perawatan yang dibutuhkan kulit Anda. Disarankan segera memeriksakan diri ke dokter kulit, agar dokter dapat memeriksa kulit wajah untuk  memberikan perawatan yang tepat. Kini, Plasthetic Clinic hadir untuk dapat memenuhi kebutuhan permasalahan Anda. Yuk, segera berkunjung ke Plasthetic Clinic sekarang untuk mendapatkan kulit sehat yang Anda impikan, Happy Treatment!

Di Review Oleh:

dr. Aema Y. Amir

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

manfaat immune booster infus

Manfaat Immune Booster Infus untuk Kesehatan Kulit Anda

Read More
tummy-tuck-jpg

Tummy Tuck Adalah: Kriteria, Prosedur dan Efek Sampingnya

Read More
ipl-treatment-adalah

IPL Treatment Adalah: Definisi, Manfaat dan Cara Melakukannya

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!