Mengenal Efek Samping Bleaching Gigi dan Tips Menghindarinya

Mengenal Efek Samping Bleaching Gigi dan Tips Menghindarinya

Di Tinjau oleh Dokter

Mempunyai gigi putih yang berkilau adalah dambaan kebanyakaan orang. Dengan gigi yang putih, Anda pasti akanmemiliki senyum menawan yang akan membuat Adna lebih percaya diri. Berbagai upaya yang kerap dilakukan agar seseorang bisa memiliki gigi putih, salah satunya adalah dengan melakukan bleaching gigi.

Perawatan gigi ini dapat menghilangkan noda pada gigi serta membuat gigi menjadi lebih berkilau hanya dengan satu kali kunjungan. Lantas bagaimana prosedur memutihkan gigi dengan melakukan bleaching gigi dan apa saja efek samping bleaching gigi? Simak penjelasannya melalui artikel terbaru dari Plasthetic berikut ini!

Apa itu Bleaching Gigi?

Proses pemutihan gigi atau yang biasa dikenal sebagai bleaching gigi merupakan salah satu perawatan yang dilakukan untuk memutihkan gigi dengan membersihkan area gigi yang memiliki warna kekuningan. Meskipun bleaching gigi dapat membuat gigi tampak lebih putih, namun untuk gigi yang berwarna kecoklatan, ungu, atau kebiruan akan sulit untuk diputihkan kembali.

Secara umum ada dua cara untuk mengembalikan warna putih pada gigi dengan melakukan bleaching gigi. Yaitu melakukan bleaching gigi yang dilakukan oleh Dokter dan bleaching gigi yang dilakukan di rumah, seperti dengan produk pemutih gigi, dan pasta gigi khusus. Namun perlu diingat, kedua cara ini tetap perlu konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Berapa Lama Waktu Yang Diperlukan Untuk Bleaching Gigi?

Dokter dapat mempersiapkakn waktu yang cukup untuk melakukan perawatan ini. Seluruh proses pemutihan gigi kuning memakan waktu sekiranya sekitar dua jam. Hasil bleaching gigi dapat bertahan lama, terganutng pada jenis bahan kimia atau produk pemutih gigi yang digunakan oleh Dokter Gigi dan Mulut.

Akan tetapi, rata-rata orang yang melakukan penggunaan produk pemutih bleaching gigi biasanya dapat memiliki gigi putih dalam jangka waktu sekitar satu tahun lamanya.

Baca Juga: Cara Mengecilkan Double Chin dengan Mudah dan Efektif

Bagaimana Prosedur Melakukan Bleaching Gigi oleh Dokter Gigi? 

Tentu saja melalukan bleaching gigi tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Hal yang pertama dilakukan untuk melakukan perawatan gigi ini, Dokter akan melihat kondisi gigi Anda secara keseluruhan. Jika kondisi gigi Anda cocok untuk melakukan prosedur memutihkan gigi, Dokter akan mulai membersihkan karang gigi Anda.

Selama proses memutihkan gigi, Dokter akan memasang pembatas antara gusi dan gigi sebelum mengoleskan bahan pemutih gigi. Setelah memasang pembatas dan mengoleskan bahan bleaching gigi, gigi pun akan disinari cahaya khusus untuk dapat mempercepat proses pemutihan gigi.

Setelah proses penyinaran satu kali, dokter akan menunjukkan hasilnya. Jika sudah puas, proses bleaching gigi sudah dianggap selesai.

Bagaimana Cara Melakukan Bleaching Gigi di Rumah?

Selain bisa dilakukan oleh dokter gigi di klinik, prosedur bleaching gigi juga bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Cara ini tentunya dari dokter gigi yang meresepkan perangkat khusus berupa gel dan cetakan gigi supaya kamu dapat melakukan pemutihan gigi secara mandiri. Berikut langkah-langkahnya:

  • Dokter gigi akan meresepkan dan membuat cetakan khusus yang sesuai dengan struktur gigi kamu.
  • Kemudian, kamu bisa mengoleskan gel hidrogen peroksida ke dalam cetakan gigi tersebut, dan tempelkan pada gigi selama kurang lebih 30–60 menit atau mengikuti dengan anjuran dokter gigi.
  • Dalam kurun waktu 1–2 minggu ke depan, dokter gigi akan menyarankan kamu untuk melakukan kontrol secara rutin yang bertujuan melihat perkembangan serta hasil bleaching gigi.

Baca Juga: 4 Cara Mengecilkan Perut yang Buncit

Apa Saja Manfaat Bleaching Gigi?

Lalu apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari proses bleaching gigi? Berikut adalah beberapa manfaat bleching gigi. 

1. Melindungi gusi

Tidak hanya membuat gigi tampak lebih cantik dan bersinar. Dengan melakukan prosedur bleaching gigi, tentu saja prosedur ini akan melindungi enamel gigi dan gusi dengan sangat baik.

2. Untuk membersihkan karang gigi

Bleaching gigi juga memiliki manfaat untuk membersihkan karang gigi yang menumpuk dan menyebabkan plak pada gigi. Dengan gigi yang bersih tersebut, maka akan terhindar dari plak dan karang gigi, sehingga kesehatan gigi juga akan semakin terjaga dengan baik serta terhindar dari gigi berlubang.

Baca Juga: Cara Mengecilkan Betis dan Paha dengan Aman

3. Meningkatkan rasa percaya diri seseorang

Memutihkan gigi dan memiliki warna putih pada gigi membuat rasa percaya diri seseorang meningkat dengan drastis. Bleaching gigi membuat Anda tidak lagi malu untuk menunjukkan gigi yang menawan karena gigi yang putih berkilau.

4. Menjaga kesehatan pada gigi

Bleaching gigi memiliki manfaat untuk memperkuat kekuatan gigi dan menjaga kesehatan gigi. Dengan melakukan prosedur bleaching gigi, Anda dapat mengurangi kemungkinan gigi mengalami gangguan dan penyakit gigi.

Banner Plastic Dentist

Adakah Kemungkinan Risiko dan Efek Samping Bleaching Gigi?

Selain dapat membuat gigi menjadi lebih putih, bleaching gigi juga memiliki beberapa efek samping yang mesti diperhatikan. Oleh karena itu, Anda juga harus mewaspadai beberapa efek samping yang mungkin terjadi setelah melakukan perawatan bleaching gigi.

1. Iritasi Gusi

Efek samping bleaching gigi yang pertama adalah iritasi yang terjadi pada gusi. Hal ini dikarenakan jika terjadi proses bleaching gigi yang terlalu berlebihan dan bersentuhan dengan gusi.

2. Gigi Menjadi Sensitif

Efek samping bleaching gigi yang lain yaitu, menyebabkan gigi menjadi sensitif. Umumnya, efek samping ini muncul pada tahap awal perawatan perubahan warna gigi menjadi lebih putih. Tetapi jika Anda merawat diri sendiri, efek samping gigi sensitif ini akan berkurang dan hilang.

3. Gigi Menjadi Rapuh

Efek samping bleaching gigi yang terakhir adalah gigi menjadi lebih rapuh. Hal ini karena penggunaan bahan kimia yang salah untuk memutihkan gigi dapat merusak struktur lapisan gigi dan menyebabkan kerusakan gigi yang berakibat gigi menjadi lebih rapuh.

4. Warna Bleaching Gigi Memudar

Seiring berjalannya waktu, gigi putih Anda yang di-bleaching akan kehilangan ketahanan warnanya sehingga menjadi pudar. Oleh karena itu, untuk menjaga gigi tetap putih, Anda perlu secara berkala dan rutin melakukan perawatan gigi ini.

Bagaimana Tips Menghindari Efek Samping Bleaching Gigi?

Jika Anda ingin menghindari terjadinya efek samping bleaching gigi, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Dokter akan membantu Anda dalam memilih jenis produk bleaching secara tepat supaya meminimalisir adanya risiko efek samping.

Selain itu, hindari juga mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat menimbulkan noda. Hal ini bertujuan supaya warna bleaching gigi tidak cepat menguning sehingga Anda tidak pelru melakukan bleaching secara berulang kali.

Makanan atau minuman yang sebaiknya Anda hindari diantaranya seperti, makanan berminyak, makanan tinggi gula, minuman kopi, teh, dan soda. Selain itu, Anda juga wajib menggosok gigi secara teratur dan rutin. Gosoklah gigi secara optimal minimal 2 kali sehari, agar semua sisa makanan dan plak di gigi bisa terangkat dan bersih.

Lalu, setelah menjalani proses bleaching gigi, Anda disarankan untuk menghindari kebiasaan merokok. Hal itu dikarenakan, zat warna yang terkandung dalam rokok dapat dengan mudah melekat pada gigi, sehingga menyebabkan gigi terlihat berwarna coklat kehitaman.

Terakhir, pilihlah pasta gigi dengan tepat. Beberapa produk pasta gigi yang dijual di pasaran memang diklaim dapat memutihkan gigi. Namun sebenarnya, produk tersebut tak akan mengubah warna gigi begitu saja, pasta gigi hanya efektif untuk membersihkan noda yang menumpuk pada gigi. Jenis pasta gigi juga bisa memperpanjang efek dari perawatan bleaching gigi lebih lama.

Bleaching gigi tentu menjadi solusi yang efektif dan aman bagi anda yang menginginkan gigi putih berkilau. Lakukan prosedur ini dengan dokter gigi untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan terhindar dari efek samping bleaching gigi. Tentu saja, anda bisa mendatangi Plasthetic Clinic Cabang Banda Aceh untuk melakukan treatment bleaching gigi dan berkonsultasi dengan drg. Putri Rahmina terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan dan terhindar dari efek samping bleaching gigi.

Di Review oleh: 

drg. Putri Rahmina

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

3 Cara Menghilangkan Hypertrophic Scar

Read More

6 Tahapan Skincare Pagi dengan Tepat yang Perlu Dilakukan

Read More

Proses Pemasangan Gigi Crown, Jenis, dan Tujuannya

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!