6 Manfaat Dermaroller untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

manfaat dermaroller

6 Manfaat Dermaroller untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

Di Tinjau oleh Dokter

Inovasi dalam industri kecantikan terus berkembang pesat, dan salah satunya adalah kehadiran alat dermaroller yang sering digunakan oleh selebriti terkenal seperti Angelina Jolie, Jennifer Aniston, dan Kim Kardashian. Manfaat dermaroller dalam kesehatan kulit wajah sendiri sangat beragam, mulai dari menghilangkan kerutan hingga merangsang produksi kolagen di kulit wajah. 

Biasanya, di klinik kecantikan, alat ini digunakan oleh dokter dalam prosedur yang disebut microneedling. Selain itu, Anda juga dapat membeli alat dermaroller ini di marketplace dengan harga yang terjangkau dan menggunakannya sendiri di rumah. Namun, sangat penting untuk menggunakannya dengan hati-hati dan sesuai panduan agar tidak merusak kulit Anda.

Jika Anda ingin memahami lebih lanjut tentang cara kerja dermaroller dan manfaatnya bagi kesehatan kulit wajah, Anda dapat menyimak artikel dari Plasthetic Clinic berikut ini hingga tuntas!

Apa Itu Dermaroller?

Dermaroller adalah alat perawatan wajah berbentuk roda dengan jarum halus kecil di permukaannya. Bagian rodanya ini terhubung langsung dengan pegangan, sehingga memudahkan pengguna untuk menggerakan roda ini di atas kulit.

Prinsip dasar dari dermaroller adalah untuk merangsang proses regenerasi alami kulit. Ketika jarum-jarum dermaroller menciptakan mikrocedera pada kulit, kulit akan merespons dengan memperbaiki diri sendiri. Proses ini melibatkan peningkatan produksi kolagen, sebuah protein penting yang menjaga kulit tetap kencang dan elastis. 

Selain itu, penggunaan dermaroller juga membantu meningkatkan penyerapan produk perawatan kulit seperti serum atau krim wajah, sehingga produk-produk tersebut dapat bekerja lebih efektif dalam merawat kulit.

Meskipun dermaroller tersedia di pasaran dan dapat digunakan sendiri di rumah, terdapat perbedaan signifikan jika Anda menjalani perawatan dermaroller oleh dokter dibandingkan melakukannya sendiri. Di mana, biasanya, dermaroller yang digunakan oleh dokter memiliki jarum yang lebih panjang daripada yang dijual di pasaran, yang memiliki jarum kurang dari 0,15 milimeter. Hasil perawatan dermaroller yang dilakukan oleh dokter juga cenderung lebih efektif dengan risiko yang lebih rendah.

Baca Juga: Dermabrasi: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Kelebihan, dan Rekomendasinya

Apa Saja Manfaat Dermaroller?

Dermaroller adalah salah satu alat kecantikan yang dapat memberikan berbagai manfaat positif bagi kulit wajah dan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat dermaroller yang perlu Anda ketahui.

1. Merangsang Produksi Kolagen

Salah satu manfaat utama dari dermaroller adalah untuk merangsang produksi kolagen. Saat jarum-jarum kecil di permukaan dermaroller digerakkan di atas kulit, mikrocedera yang terjadi akan mendorong kulit untuk melakukan perbaikan diri. Hal inilah yang dapat meningkatkan produksi kolagen di dalam kulit sehingga menjaga kulit agar tetap kencang, elastis, dan bercahaya.

2. Mengurangi Tampilan Garis Halus dan Kerutan

Penggunaan dermaroller juga terbukti efektif dalam mengurangi tampilan garis halus dan kerutan pada kulit. Proses regenerasi kulit yang dipicu oleh mikrocedera dapat membantu menghaluskan permukaan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan. 

3. Menghilangkan Bekas Jerawat

Kulit yang sering mengalami masalah jerawat dapat meninggalkan bekas yang sulit untuk dihilangkan. Manfaat dermaroller lainnya adalah untuk membantu mengatasi bekas jerawat dengan merangsang pertumbuhan kulit baru dan mempercepat proses regenerasi kulit. 

4. Memperbaiki Tekstur Kulit

Kulit yang memiliki tekstur tidak merata, seperti pori-pori besar atau permukaan yang kasar, dapat diperbaiki dengan menggunakan dermaroller. Hal ini dapat terjadi berkat proses pengelupasan alami kulit yang dipicu oleh dermaroller, yang membantu menciptakan kulit yang lebih halus dan merata.

Baca Juga: Cara Mengencangkan Pipi Kendur: Wajib Diketahui Sebelum Usia 30 Tahun!

5. Meningkatkan Penyerapan Produk Perawatan Kulit

Setelah menjalani perawatan dengan dermaroller, kulit akan lebih siap untuk menerima produk skincare yang Anda aplikasikan. Ini terjadi karena mikrocedera yang dihasilkan membuka pintu-pintu kecil pada kulit, yang memungkinkan produk seperti serum atau pelembap untuk meresap lebih dalam ke lapisan kulit, sehingga memberikan hasil yang lebih efektif.

6. Mengatasi Hiperpigmentasi

Dermaroller juga bermanfaat dalam mengurangi masalah hiperpigmentasi pada kulit, seperti bintik-bintik hitam atau melasma, dengan merangsang regenerasi kulit yang lebih merata.

Banner Plasthetic Aesthetic

Bagaimana Cara Menggunakan Dermaroller?

Melakukan perawatan dengan dermaroller secara tepat akan membawa berbagai manfaat positif bagi kesehatan kulit wajah Anda. Penggunaan dermaroller sendiri akan lebih baik dan efektif jika dilakukan oleh dokter spesialis kulit atau dokter kecantikan daripada melakukan sendiri di rumah. Berikut adalah beberapa cara penggunaan alat dermaroller yang umumnya dilakukan di klinik kecantikan. 

1. Pembersihan Wajah dan Alat

Sebelum memulai perawatan, dokter akan membersihkan alat dermaroller yang sebelumnya telah digunakan oleh pasien lain. Selain membersihkan alatnya, dokter juga akan mengganti roda jarum yang telah digunakan oleh pasien sebelumnya. Tindakan ini dilakukan untuk mencegah penularan penyakit dari satu pasien ke pasien lainnya.

Selanjutnya, wajah pasien akan dibersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan sabun cuci muka dan air. Setelah wajah pasien dikeringkan, dokter akan mengoleskan krim anestesi agar pasien tidak merasakan sakit atau ketidaknyamanan selama proses microneedling berlangsung.

2. Penggunaan Alat

Setelah alat dan wajah pasien dibersihkan, dokter dapat memulai perawatan dengan menggerakkan dermaroller perlahan ke seluruh area wajah pasien dengan cara memutar roda jarum dari area kulit wajah ke arah bagian tengah dan ke luar wajah, kecuali area di sekitar mata. Biasanya, dokter akan mengulang langkah ini sebanyak 2 hingga 3 kali. Setelah itu, dermaroller akan diangkat dari kulit setiap kali siklus selesai.

Jarum kecil yang terdapat pada dermaroller ini akan bekerja dengan menusuk kulit dan membentuk lubang-lubang sangat kecil yang tidak dalam. Namun, Anda tidak perlu khawatir atau takut, karena luka yang terbentuk akan sangat kecil dan tidak akan merusak lapisan kulit luar. Sebaliknya, jarum akan membantu mengatasi jaringan parut di dalam kulit.

Baca Juga: 5 Ciri Wajah Kekurangan Kolagen dan Cara Mengatasinya

3. Perawatan Pasca Prosedur

Setelah perawatan selesai, wajah pasien akan dibilas dengan air, lalu akan dioleskan dengan serum yang berisi zat pelembap, seperti peptida dan niacinamide. Hal ini bertujuan agar pasien tidak mengalami kondisi kulit wajah yang iritasi setelah tindakan serta agar kondisi kulit tidak semakin memburuk.

Setelah menjalani perawatan dengan dermaroller, ada beberapa efek samping yang mungkin timbul, seperti sensasi terbakar, kemerahan, pembengkakan, dan bahkan perubahan warna kulit sementara. Selain itu, kulit Anda juga akan mengelupas sekitar 2 hingga 3 hari setelah proses microneedling. Namun, efek samping ini biasanya akan mereda dan menghilang dalam beberapa hari.

Perlu Anda ketahui, bahwa tidak semua pasien cocok untuk menjalani perawatan dengan dermaroller, terutama bagi individu yang memiliki eksim, jerawat, psoriasis, kutil, dan riwayat pembekuan darah. Hasil dari penggunaan dermaroller sendiri biasanya akan terlihat setelah 2 hingga 3 sesi perawatan, dengan hasil permanen yang dapat dicapai setelah 6 bulan dari sesi terakhir.

Jika Anda tertarik untuk mencoba perawatan dermaroller yang aman dan efektif, Anda dapat melakukannya di Plasthetic Clinic melalui beberapa perawatan ini. 

1. Plasma Nourish

Plasma Nourish adalah jenis perawatan wajah yang menerapkan metode suntik PRP. Perawatan ini bertujuan untuk mengatasi bekas jerawat, mengurangi ukuran pori-pori kulit wajah, dan memperbaiki tekstur kulit. Untuk menjalankan perawatan ini, darah pasien sendiri akan diambil dari tubuhnya. Namun, jika ada alasan khusus yang mencegah pasien untuk melakukan ekstraksi darah, maka pasien dapat menggunakan serum yang umumnya digunakan dalam perawatan Growth Factor.

2. Dermapen

Ini adalah perawatan yang akan dilakukan dengan menggunakan alat yang bernama Dermapen. Dermapen sendiri merupakan salah satu metode terkini dalam dunia kecantikan yang bertujuan untuk meremajakan kulit, mengatasi berbagai masalah kulit seperti bekas luka, kerutan, garis halus, serta tekstur dan warna kulit yang tidak merata. 

Dermapen akan bekerja seperti prinsip microneedling, di mana metode ini menggunakan alat khusus yang berbentuk pena dengan beberapa jarum kecil di ujungnya. Alat tersebut akan menciptakan mikro luka pada permukaan kulit, yang dapat merangsang proses alami penyembuhan tubuh dan produksi kolagen serta elastin.

Sebelum menjalani perawatan tersebut, penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang terkait. Sebab, setiap perawatan akan memiliki beberapa risiko dan efek samping yang berbeda, sehingga konsultasi dengan dokter menjadi salah satu langkah yang bijaksana. Selain itu, dengan melakukan konsultasi, dokter akan menentukan perawatan yang paling sesuai dengan kondisi kulit wajah yang Anda.

Untuk melakukan proses konsultasi, Anda dapat mengunjungi Plasthetic Clinic terdekat di kota Anda atau menghubungi tim kami di sini. Semoga informasi mengenai manfaat dermaroller di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

Ditinjau oleh: dr. Susan Arlya

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

cara-mengencangkan-bokong-yang-kendur

8 Cara Mengencangkan Bokong yang Kendur dengan Tepat

Read More
close-up-of-young-cute-woman-hushing-telling-a-secret-holding-finger-on-mouth-and-looking-at-camera-standing-over-white-background

5 Tips Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa dengan Mudah

Read More
cara-menghilangkan-veneer-gigi-11

Bagaimana Cara Menghilangkan Veneer Gigi Yang Gagal?

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!