Polishing Gigi: Prosedur dan Perbedaannya dengan Scaling

Polishing Gigi: Prosedur dan Perbedaannya dengan Scaling

Di Tinjau oleh Dokter

Polishing gigi adalah salah satu tindakan pembersihan gigi yang lazim dilakukan oleh dokter gigi. Tindakan ini sering kali dianggap sebagai langkah terakhir dalam prosedur pembersihan gigi, setelah scaling dan pembersihan karang gigi dilakukan. Meskipun begitu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan polishing gigi, dan mengapa tindakan ini penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut kita? Mari kita bahas lebih lanjut dalam artikel ini.

Apa Itu Polishing Gigi?

Polishing gigi adalah tindakan pembersihan gigi yang membantu menghilangkan plak dan noda pada permukaan gigi sehingga membuat gigi tampak lebih bersih dan cerah. Prosedur ini juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya kerusakan gigi dan menyegarkan nafas.

Baca Juga: Mengenal Efek Samping Bleaching Gigi dan Tips Menghindarinya

Bagaimana Prosedur Polishing Gigi?

Untuk melakukan polishing gigi, dokter gigi akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu pada gigi pasien. Setelah itu, dokter gigi akan melakukan scaling gigi untuk membersihkan karang gigi dan plak yang menempel pada gigi. Setelah prosedur scaling gigi selesai, dokter gigi akan melanjutkan dengan prosedur polishing gigi.

Prosedur polishing gigi dimulai dengan mengoleskan pasta penggosok gigi khusus pada permukaan gigi menggunakan alat khusus. Alat ini berfungsi untuk memberikan tekanan pada pasta penggosok gigi agar bisa membersihkan noda pada permukaan gigi secara efektif. Pasta gosok gigi yang digunakan biasanya mengandung bahan-bahan seperti fluoride dan zat-zat kimia lainnya yang dapat membantu mencegah kerusakan gigi.

Apa Saja Tujuan Polishing Gigi?

Setelah prosedur polishing gigi selesai, pasien akan merasakan perbedaan yang signifikan pada giginya. Gigi akan terasa lebih halus, bersih, dan bersinar. Selain itu, polishing gigi memiliki banyak tujuan yang penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Beberapa manfaat dan tujuan dari polishing gigi, antara lain:

1. Menghilangkan Plak dan Noda Pada Permukaan Gigi

Polishing gigi dapat membantu mengangkat plak dan noda pada permukaan gigi, sehingga membuat gigi tampak lebih bersih dan cerah.

2. Mencegah Kerusakan Gigi

Polishing gigi juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya kerusakan gigi dengan memperhalus permukaan gigi yang kasar sehingga bakteri sulit menempel pada gigi.

3. Menyegarkan Napas

Proses polishing gigi dapat membantu menyegarkan nafas karena pasta gigi yang digunakan biasanya mengandung zat-zat kimia yang dapat membersihkan bakteri penyebab bau mulut.

4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Dengan gigi yang tampak lebih bersih dan cerah setelah prosedur polishing gigi, seseorang dapat merasa lebih percaya diri dan nyaman dalam berinteraksi sosial.

5. Memperpanjang Umur Gigi

Dengan melakukan polishing gigi secara rutin, seseorang dapat memperpanjang umur gigi dan mencegah terjadinya masalah kesehatan gigi di masa depan.

6. Meningkatkan Kualitas Hidup

Dengan gigi yang sehat dan bersih, seseorang dapat menikmati hidup dengan lebih baik dan bebas dari rasa tidak nyaman atau sakit pada gigi.

Itulah beberapa tujuan dari prosedur polishing gigi. Penting untuk diingat bahwa menjaga kebersihan gigi dan mulut adalah langkah penting untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan gigi dan mulut yang lebih serius di kemudian hari.

Baca Juga: Membedah Efek Veneer Gigi dan Risikonya

Banner Plastic Dentist

Apa Perbedaan Polishing Gigi dan Scaling Gigi?

Selain itu, teman Plasthetic, apakah Anda tahu bahwa polishing gigi dan scaling gigi ini sering disamakan sebagai tindakan  yang sama. Padahal, polishing gigi dan scaling gigi merupakan 2 hal yang berbeda. Perbedaan antara polishing gigi dan scaling gigi terletak pada tujuannya. Scaling gigi bertujuan untuk membersihkan karang gigi dan plak yang menempel pada gigi, sedangkan polishing gigi bertujuan untuk membersihkan noda pada permukaan gigi dan membuat gigi terlihat lebih bersih dan cerah. Meskipun kedua prosedur ini penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan, biaya untuk melakukan polishing gigi biasanya lebih murah dibandingkan dengan scaling gigi.

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Retainer Gigi, Fungsi, dan Cara Merawatnya

Nah, itu dia penjelasan mengenai polishing gigi dari mulai pengertian, prosedur, tujuan dan perbedaanya dengan scaling gigi ya teman Plasthetic. Jika ada pertanyaan yang ingin ditanyakan Anda dapat langsung mendatangi Plasthetic Clinic Cabang Banda Aceh untuk melakukan konsultasi mengenai hal ini.

Eits, selain itu jangan sampai terlewatkan Anniversary ke-4 Tahun Plasthetic Clinic. Untuk memperingati momen spesial ini, kami menawarkan promo istimewa khusus untuk Anda. Selama periode promo anniversary ini, nikmati diskon besar-besaran dari mulai perawatan dental, aesthetic hingga surgery yang akan Anda dapatkan. Tunggu apa lagi? Jangan sampai ketinggalan kesempatan emas ini untuk memanjakan diri Anda dengan layanan kecantikan terbaik dari kami. Yuk, segera booking hari dan jadilah bagian dari momen berharga ini, karena #Beauty4Everyone and it’s your Time To Shine!

Plasthetic Clinic,  Enhance Your Quality Of Life!

Di Review Oleh:

drg. Putri Rahmina

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

Epicanthoplasty: Pengertian, Manfaat, Prosedur, dan Efek Sampingnya

Read More

Cari Tahu 4 Tips Agar Kulit Putih dengan Cepat

Read More

Ketahui 8 Cara Menghilangkan Kulit Bertekstur dengan Baik dan Benar

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!