Polyglutamic Acid Adalah: Pengertian dan Manfaatnya dalam Skincare

polyglutamic acid adalah

Polyglutamic Acid Adalah: Pengertian dan Manfaatnya dalam Skincare

Di Tinjau oleh Dokter

Jika berbicara tentang produk perawatan kulit, polyglutamic acid ini masih sangat terdengar asing di telinga. Meskipun masih tergolong baru, penggunaan polyglutamic acid sebagai bahan aktif dalam produk perawatan kulit seperti skincare semakin populer dan menjanjikan hasil yang menakjubkan, digadang-gadang bahan polyglutamic acid memiliki khasiat menjaga dan meningkatkan kelembapan kulit atau melembapkan kulit yang jauh lebih baik dibandingkan bahan lain yang menjadi bahan utama dari produk perawatan kulit yang diklaim dapat melembapkan kulit. Dalam artikel ini, Plasthetic Clinic akan membahas secara detail tentang pengertian, manfaat, efek samping, dan perbedaan antara polyglutamic acid dengan hyaluronic acid, simak selengkapnya.

Apa Itu Polyglutamic Acid?

Polyglutamic acid sendiri adalah senyawa polimer asam glutamat yakni asam amino yang sedang menjadi sorotan dalam industri perawatan kulit. PGA memiliki kemampuan unik dalam meningkatkan hidrasi dan kekenyalan kulit, serta merangsang pembentukan kolagen dan elastin untuk mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit.

Apa Saja Manfaat Polyglutamic Acid?

Berikut adalah beberapa manfaat polyglutamic acid yang harus Anda ketahui:

1. Meningkatkan Hidrasi Kulit

Polyglutamic acid memiliki kemampuan untuk menahan air lebih baik karena ukuran molekulnya yang lebih besar. Hal ini membuat polyglutamic acid lebih efektif dalam meningkatkan dan mempertahankan kelembapan perban kulit dan menjaga kekenyalannya.

2. Merangsang Pembentukan Kolagen dan Elastin

Kandungan polyglutamic acid dapat membantu merangsang produksi kolagen dan elastin pada kulit, protein-protein yang penting dalam menjaga kekuatan dan elastisitas kulit.

3. Memberikan Efek Anti-Aging

Karena kemampuannya dalam merangsang pembentukan kolagen dan elastin, serta kemampuannya dalam meningkatkan hidrasi kulit yang lebih lama, polyglutamic acid juga dapat membantu mengurangi garis halus dan kerutan pada kulit.

4. Dapat Membantu Mengurangi Kerutan dan Tampilan Garis-Garis Halus

Polyglutamic acid Memiliki kandungan sifat anti-penuaan dan membantu mengurangi tampilan garis-garis halus serta keriput pada kulit.

Baca Juga: Mengenal Glycolic Acid dan Manfaatnya Untuk Perawatan Kulit

Apa Saja Efek Samping Polyglutamic Acid (PGA)?

Dengan begitu banyak manfaat yang dimiliki oleh polyglutamic acid, tidak heran jika senyawa ini semakin populer dalam industri perawatan kecantikan. Namun, sebaiknya selalu melakukan tes patch terlebih dahulu sebelum menggunakan produk yang mengandung polyglutamic acid untuk meminimalkan risiko efek samping. Meskipun sebenarnya polyglutamic acid umumnya dianggap aman digunakan pada kulit, tetap ada kemungkinan timbulnya efek samping seperti:

1. Iritasi Kulit 

Beberapa orang mungkin mengalami iritasi pada kulit setelah menggunakan produk yang mengandung polyglutamic acid. Ini terjadi karena polyglutamic acid dapat menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif.

2. Alergi

Selain iritasi, beberapa orang juga bisa mengalami reaksi alergi setelah menggunakan produk yang mengandung kandungan polyglutamic acid. Gejala alergi bisa bervariasi, mulai dari kemerahan, gatal, hingga pembengkakan pada kulit.

3. Dehidrasi Kulit

Meskipun polyglutamic acid dikenal sebagai senyawa yang mampu meningkatkan hidrasi kulit, tetapi jika digunakan dalam kadar yang terlalu banyak atau tidak sesuai dengan kebutuhan kulit, senyawa ini justru bisa menyebabkan dehidrasi pada kulit.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Azelaic Acid Untuk Wajah dan Efek Sampingnya

Apa Saja Perbedaan Polyglutamic Acid dan Hyaluronic Acid?

Banyak yang mengaitkan antara polyglutamic acid vs hyaluronic acid, yang dimana merupakan dua senyawa serupa dalam hal fungsinya sebagai bahan aktif dalam produk perawatan kulit. Akan tetapi tahukah Anda bahwa polyglutamic acid dan hyaluronic acid  merupakan bahan yang berbeda? Perbedaan utama antara polyglutamic acid dan hyaluronic acid terletak pada ukuran molekulnya, polyglutamic acid memiliki ukuran molekul yang lebih besar daripada hyaluronic acid atau asam hialuronat. Selain itu berikut ini adalah beberapa perbedaan antara polyglutamic acid dan hyaluronic acid :

1. Sifat Kimia

Asam poliglutamat bersifat basa, sementara hyaluronic acid bersifat asam. Hal ini berarti bahwa polyglutamic acid cenderung kurang stabil dalam larutan asam dibandingkan dengan hyaluronic acid.

2. Produksi Alami

Hyaluronic acid diproduksi secara alami oleh tubuh manusia, sementara kandungan polyglutamic acid tidak diproduksi oleh tubuh manusia.

3. Ketersediaan Produk Perawatan Kulit

Meskipun polyglutamic acid semakin populer dalam industri perawatan kulit, namun produk-produk yang mengandung polyglutamic acid masih lebih sedikit dibandingkan dengan produk perawatan kulit yang mengandung hyaluronic acid. Selain itu, produk perawatan kulit yang mengandung polyglutamic acid biasanya lebih mahal.

Banner Plastic Aesthetic

Jenis Kulit Apa yang Cocok dengan PGA?

Seorang peneliti dari Muffin Beauty Sciene Lab bernama Michelle Wong, mengungkapkan semua tipe kulit dapat cocok untuk menggunakan produk yang mengandung PGA karena semua kulit membutuhkan hidrasi, terutama kulit yang cenderung kering

Rekomendasi Perawatan Polyglutamic Acid di Plasthetic Clinic

Selain menggunakan bahan perawatan yang mengandung polyglutamic acid untuk perawatan kulit Anda, Anda juga dapat melakukan perawatan di klinik kecantikan untuk dapat memaksimalkan hasil dari perawatan kulit Anda. Berikut ini adalah berbagai rekomendasi perawatan wajah di Plasthetic Clinic terbaik, seperti:

1. Shine Booster

Shine booster dapat berfungsi untuk menutrisi kulit dan membuat kulit terlihat lebih cerah, kenyal dan menjaga kelembapan kulit. Perawatan shine booster ini dapat dilakukan oleh semua jenis kulit dengan terlebih dahulu melakukan konsultasi dengan dokter.

2. Morpheus8

Morpheus 8 merupakan sebuah terobosan dalam dunia kecantikan karena dapat memberikan hasil perawatan kulit yang optimal dengan risiko efek samping yang minimal. Dengan menggunakan Morpheus 8, Anda bisa mendapatkan kulit yang lebih sehat, kenyal, dan tampak lebih muda tanpa harus melalui prosedur bedah kosmetik yang rumit dan mahal.

Baca Juga: 6 Manfaat Hyaluronic Acid untuk Kulit Wajah yang Perlu Kamu Tahu!

3. Laser Rejuvenation

Perawatan laser rejuvenation ini bertujuan untuk dapat meremajakan kulit serta dapat mengatasi berbagai tanda-tanda penuaan seperti adanya keriput serta garis-garis halus pada wajah.

Well, itu dia penjelasan berbagai hal mengenai polyglutamic acid yang harus Anda ketahui. Jika masih ada pertanyaan yang ingin ditanyakan, Anda dapat langsung menghubungi kami di nomor 0811-1769-199 untuk dapat membuat janji temu dengan dokter Plasthetic Clinic.

Jangan sampai kelewatan juga kesempatan spesial dari kami dalam merayakan Anniversary ke-4 Tahun Plasthetic Clinic! Dapatkan pengalaman perawatan dari mulai dental, aesthetic, hingga surgery dengan harga istimewa. Segera kunjungi Plasthetic Clinic dan rasakan sensasi kulit wajah yang lebih sehat dan berseri seperti yang Anda impikan!

#Beauty4Everyone and It’s Your Time To Shine!

Di Review Oleh:

dr. Aema Y. Amir

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

Perbedaan Essence dan Serum: Mana yang Lebih Cocok untuk Kulit Anda?

Read More
cara mengencangkan pipi kendur

Cara Mengencangkan Pipi Kendur: Wajib Diketahui Sebelum Usia 30 Tahun!

Read More
apa-itu-pdt

Apa Itu PDT? Kenali Prosedur, Manfaat, beserta Efek Sampingnya

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!