4 Cara Menghilangkan Garis Senyum di Wajah dengan Tepat

4 Cara Menghilangkan Garis Senyum di Wajah dengan Tepat

Di Tinjau oleh Dokter

Munculnya garis senyum atau smile line di wajah menjadi salah satu indikasi bahwa kulit wajah Anda mengalami penuaan. Seiring dengan bertambahnya usia, garis senyum di wajah akan semakin jelas dan dalam, bahkan bisa terlihat saat Anda tidak tersenyum. Bagi sebagian orang, kemunculan garis senyum di wajah dapat menjadi masalah yang mengganggu penampilan mereka. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa melakukan beberapa cara menghilangkan garis senyum di wajah yang akan dijelaskan pada artikel kali ini. Penasaran? Langsung saja simak penjelasan di bawah ini sampai tuntas!

Apa Saja Penyebab Munculnya Garis Senyum di Wajah?

Garis senyum atau yang disebut juga sebagai lipatan nasolabial (nasolabial fold) merupakan lipatan yang terlihat pada kulit wajah yang membentang dari tepi hidung hingga sudut luar mulut. Lipatan ini menjadi lebih terlihat jelas ketika Anda tersenyum, sehingga sering disebut sebagai smile line atau garis senyum.

Lipatan nasolabial sendiri menjadi bagian alami dari wajah manusia. Hanya bayi yang baru lahir dan orang dengan gangguan saraf wajah tertentu yang tidak memiliki lipatan ini. Kemunculan garis senyum di wajah yang semakin jelas dan dalam sendiri bisa disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Faktor Usia

Tidak bisa dipungkiri, seiring bertambahnya usia, kulit wajah Anda akan semakin kehilangan keelastisannya. Hal ini dikarenakan saat kulit mengalami proses penuaan, maka produksi kolagen, elastin, dan hyaluronic acid secara alami dalam lapisan kulit akan semakin menurun yang dapat menyebabkan garis-garis dan kerutan menjadi semakin terlihat jelas dan dalam. 

2. Paparan Sinar Matahari

Di balik manfaatnya yang dapat meningkatkan imunitas tubuh, paparan sinar matahari yang berlebihan ternyata dapat menghadirkan dampak negatif pada kulit wajah dan dapat menyebabkan garis senyum di wajah menjadi lebih terlihat jelas dan dalam. 

Ketika kulit wajah Anda terkena paparan radiasi UV dan sinar matahari secara berlebihan, maka hal tersebut dapat menyebabkan kolagen dan elastin dalam kulit pecah, yang akhirnya dapat mengakibatkan garis-garis halus di wajah terlihat lebih jelas. 

Baca Juga: Cari Tahu 7 Cara Menghilangkan Smile Line

3. Merokok

Kebiasaan merokok yang Anda miliki ternyata juga dapat menyebabkan garis senyum di wajah terlihat semakin jelas. Hal ini dikarenakan, merokok dapat merusak kolagen dan elastisitas kulit wajah Anda. 

4. Berat Badan

Apabila Anda mengalami penurunan berat badan yang signifikan, maka kulit wajah Anda bisa mengalami kekenduran. Sama halnya ketika Anda mengalami kenaikan berat badan yang signifikan, yang dapat membuat pipi menjadi tampak lebih besar. Kedua kondisi ini dapat menjadi pemicu terbentuknya garis senyum di wajah semakin dalam. 

Bagaimana Cara Menghilangkan Garis Senyum di Wajah?

Seiring bertambahnya usia, kemunculan garis senyum di wajah menjadi salah satu permasalahan umum yang akan dialami oleh setiap individu. Jika Anda merasa terganggu dengan kondisi ini, maka Anda bisa mencoba beberapa cara menghilangkan garis senyum di wajah berikut ini.  

1. Filler

Filler merupakan salah satu perawatan kecantikan yang dilakukan dengan menyuntikkan kandungan hyaluronic acid ke garis senyum dan kerutan di wajah. Tujuan dari perawatan ini adalah untuk menghaluskan garis, mengembalikan volume yang hilang, meningkatkan kontur wajah, dan menghaluskan tampilan kerutan.

2. Laser

Laser adalah teknik yang melibatkan pengangkatan lapisan kulit terluar dengan tujuan untuk memunculkan lapisan kulit baru yang dapat mengurangi keriput dan noda hitam di wajah.

Namun, perlu Anda ketahui, bahwa akan terdapat beberapa efek samping yang mungkin muncul setelah melakukan perawatan satu ini, seperti pembengkakan, rasa nyeri, risiko infeksi, dan potensi luka.

3. Operasi Bedah Plastik

Selain prosedur perawatan kecantikan, Anda juga bisa melakukan prosedur operasi yang bertujuan untuk mengurangi kedalaman garis senyum di wajah.

Namun, prosedur operasi akan menghadirkan risiko yang besar dalam meninggalkan bekas luka permanen di wajah. Selain itu, masa pemulihan pasca operasi cenderung lebih lama jika dibandingkan dengan prosedur non-bedah lainnya, yang bisa memakan waktu hingga 2-4 minggu. 

Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Kerutan di Dahi dengan Mudah

4. Menggunakan Skincare dengan Kandungan Bahan Aktif

Cara menghilangkan garis senyum di wajah lainnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan skincare berbahan aktif yang dapat membantu menstimulasi produksi kolagen, menghidrasi kulit, dan meningkatkan elastisitas kulit wajah. Adapun bahan aktif yang direkomendasikan dalam memudarkan dan menyamarkan tampilan garis senyum di wajah, di antaranya retinol, vitamin C, dan hyaluronic acid

Namun, perlu Anda ingat, bahwa cara ini akan membutuhkan waktu yang lama, sehingga Anda tidak bisa mengharapkan hasil yang instan seperti cara-cara di atas lainnya. 

Banner Plastic Aesthetic

Rekomendasi Perawatan Menghilangkan Garis Senyum di Wajah dari Plasthetic Clinic

Rekomendasi Perawatan Menghilangkan Garis Senyum di Wajah
Source: freepik.com

Seperti yang sudah disebutkan pada penjelasan di atas, terdapat beberapa jenis perawatan kecantikan yang dapat membantu Anda dalam menghilangkan garis senyum di wajah. Perawatan menghilangkan garis senyum di wajah sendiri bisa Anda lakukan di Plasthetic Clinic melalui beberapa rekomendasi perawatan berikut ini. 

1. Filler

Filler merupakan salah satu perawatan non-bedah yang populer dalam menangani garis-garis halus di wajah, termasuk garis senyum di wajah. Perawatan ini akan dilakukan dengan menyuntikkan kandungan hyaluronic acid  pada kerutan, lipatan, maupun area yang sudah kehilangan volume. 

Tujuan dari perawatan filler adalah untuk mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan garis-garis halus di wajah, serta untuk mengembalikan vitalitas wajah yang mulai berkurang seiring bertambahnya usia. 

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Bengkak Setelah Tanam Benang dan Tips Merawatnya

2. Fat Transfer to Face

Fat Transfer to Face merupakan prosedur operasi yang bermanfaat dalam menyamarkan tampilan kerutan di wajah Anda. Dengan cara ini, bagian-bagian wajah Anda akan terlihat lebih kencang dan berseri yang dapat memberikan kesan wajah menjadi lebih sehat dan muda.

Bagaimana? Apakah Anda sudah mengetahui bagaimana cara menghilangkan garis senyum di wajah? Melalui penjelasan di atas, tentu Anda sudah dapat mengetahui bahwa garis senyum di wajah bisa dihilangkan melalui beberapa prosedur perawatan.

Jika Anda memutuskan untuk melakukan perawatan menghilangkan garis senyum di wajah, maka pastikan bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter yang terkait terlebih dahulu, agar Anda mendapatkan jenis perawatan yang sesuai dengan kondisi yang dimiliki.

Selain itu, proses konsultasi juga dapat membantu Anda dalam mengetahui risiko dan efek samping yang mungkin muncul setelah prosedur perawatan berlangsung. Karena, setiap jenis perawatan akan menghadirkan beberapa risiko dan efek samping yang berbeda.

Untuk melakukan konsultasi, Anda bisa langsung mengunjungi Plasthetic Clinic terdekat dikota Anda atau menghubungi tim kami di sini

Semoga informasi mengenai cara menghilangkan garis senyum di wajah yang sudah disebutkan dalam penjelasan di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

Ditinjau oleh: Plasthetic Clinic Bendungan Hilir

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

cara menghilangkan bekas luka di wajah yang sudah lama

5 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah yang Sudah Lama dengan Mudah

Read More
hymenoplasty-adalah

Hymenoplasty Adalah: Pengertian dan Tujuannya

Read More

Cara Membuat Rahang Tegas dengan Mudah untuk Mencapai Penampilan Ideal

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!