Membedah Proses Tambal Gigi Permanen yang Perlu Diketahui

Membedah Proses Tambal Gigi Permanen yang Perlu Diketahui

Di Tinjau oleh Dokter

Proses tambal gigi permanen perlu dilakukan apabila Anda mengalami kerusakan pada gigi. Sakit gigi sebagian besar disebabkan oleh adanya kerusakan pada gigi. Kerusakan pada gigi ini umumnya disebabkan karena kebiasaan makan makanan manis ataupun malas menyikat gigi. Nah pada akibatnya, bakteri akan terus menumpuk serta menggerogoti gigi sehingga menyebabkan kerusakan gigi. Salah satu cara mengobati sakit gigi yang ditimbulkannya ialah dengan menambal gigi. Tambal gigi merupakan salah satu tindakan medis yang ditangani oleh dokter gigi untuk menambal lubang ataupun gigi berlubang. Tambalan gigi bisa bersifat sementara atau permanen. Bagaimana prosedurnya dan berapa biaya penambalan gigi? Simak selengkapnya!

Apa Itu Tambal Gigi Permanen?

Prosedur tambal gigi permanen merupakan pengobatan untuk kerusakan gigi. Jenis tambalan ini berbeda dari biasanya karena hasil dari prosedur tambalan gigi permanen ini bersifat selamanya dan dapat bertahan selama bertahun-tahun.

Pada jenis tambal gigi ini pun mengaplikasikan dengan bahan tambal gigi yang lebih keras serta  tahan lama. Hal ini dipilih supaya tambalan awet serta dapat berfungsi dengan baik saat digunakan. Selain itu juga, warna tambalan gigi permanen ini dapat disesuaikan dengan warna gigi asli Anda, lho teman Plasthetic. Dengan begitu, orang lain tidak akan tahu gigi Anda sudah ditambal. Wah, menarik ya!

Baca Juga : 6 Jenis Tambal Gigi yang Wajib Diketahui

Apa Saja Fungsi Tambal Gigi Permanen?

Tambalan gigi permanen ini dapat memiliki beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan, yaitu:

1. Dapat Menghentikan Pembesaran Gigi Berlubang

Sebelum menambal gigi, dokter biasanya akan membersihkan area gigi yang berlubang. Ini melindungi gigi Anda dari bakteri dan kuman yang menyebabkan kerusakan gigi. Kemudian dokter mengisi rongga gigi tersebut dengan tambalan agar lubang pada gigi tidak semakin besar.

2. Gigi Akan Tampak Lebih Sehat

Jika Anda mengalami kerusakan gigi, Anda akan berisiko mengalami perubahan pada warna gigi dan bau mulut. Memiliki tambalan gigi mengurangi risiko kehilangan warna alami gigi. Selain itu juga, gigi yang akan ditambal dapat mengurangi risiko bau mulut. Kondisi ini akan membuat gigi serta mulut Anda menjadi lebih sehat.

3. Memperbaikan Struktur Gigi

Bahan tambalan dari tambalan gigi permanen yang digunakan ini dapat membantu memperbaiki struktur pada gigi. Tambalan dapat digunakan untuk mengisi rongga yang kosong, menjadikannya komposisi yang baik untuk gigi.

Baca Juga : 4 Cara Merawat Gigi Tambal dengan Tepat

Banner Plastic Dentist

Bagaimana Proses Tambal Gigi Permanen?

Saat proses pemasangan tambal gigi permanen, dokter biasanya melalui beberapa tahapan. Berikut ini adalah tahapan penambalan gigi permanen yang dilakukan oleh dokter, yaitu:

  1. Dokter akan memeriksa kondisi gigi untuk melihat apakah tambalan permanen bisa langsung dipasangkan ataupun  tidak. Jika hal ini tidak diketahui, maka harus dilakukan prosedur lain terlebih dahulu, seperti  perawatan saluran akar, pembersihan jaringan mati dan lain-lain. 
  2. Bila sudah merasa siap, dokter akan melakukan penambalan gigi permanen. Tambalan untuk gigi permanen bersifat permanen. Maka tidak perlu konsultasi berulang kali selama tidak ada masalah. Anda hanya perlu rutin memeriksakan kondisi gigi minimal dua kali dalam setahun.

Baca Juga : Berapa Lama Tambalan Gigi Bertahan? Ini Jawabannya

Berapa Lama Proses Tambal Gigi Permanen?

Secara umum, proses penambalan gigi memerlukan waktu sekitar satu jam atau kurang. Proses penambalan sederhana biasanya memakan waktu minimal 20 menit.

Jika penambalan lebih besar atau melibatkan beberapa gigi, waktu yang dibutuhkan bisa lebih lama. Ini juga tergantung pada jenis bahan yang digunakan untuk penambalan. Beberapa jenis bahan mungkin membutuhkan lebih banyak waktu atau memerlukan kunjungan tambahan.

Sebagai contoh, penggunaan resin komposit untuk melapisi gigi bisa memakan waktu lebih lama, namun bisa diselesaikan dalam satu kunjungan ke dokter gigi.

Apa Saja Efek Samping Tambal Gigi?

Seperti halnya dengan perawatan gigi lainnya, tambal gigi juga dapat menimbulkan efek samping. Umumnya, ini muncul sebagai reaksi terhadap kehadiran benda asing di gigi, tetapi biasanya akan menghilang dengan sendirinya dalam waktu 1-3 hari. Beberapa efek samping yang umum dari tambal gigi meliputi:

  1. Nyeri saat mengunyah
  2. Sensitivitas atau ngilu pada gigi
  3. Reaksi alergi terhadap bahan tambalan gigi
  4. Infeksi
  5. Peradangan di area pulpa gigi (pulpitis)

Jika efek samping dari tambal gigi tersebut terus mengganggu dan semakin memburuk, segera konsultasikan dengan dokter.

Bagaimana Perawatan Setelah Tambal Gigi?

Setelah proses penambalan gigi selesai, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar hasil penambalan tetap awet dan tahan lama. Disarankan untuk tidak makan atau minum pasca penambalan gigi, setidaknya selama 1-2 jam. Jika mengalami rasa nyeri setelahnya, Anda dapat mengatasinya dengan mengonsumsi obat pereda nyeri.

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk merawat hasil penambalan gigi:

  1. Menyikat gigi minimal 2 kali sehari.
  2. Menggunakan benang gigi setidaknya sekali sehari.
  3. Rutin melakukan pemeriksaan gigi ke dokter gigi.
  4. Mengonsumsi makanan yang lembut dan gampang untuk dikunyah.
  5. Menggunakan gigi di sisi yang tidak ditambal saat mengunyah makanan untuk sementara waktu.
  6. Menghindari makanan yang keras, lengket, dan kenyal.
  7. Menghindari makanan atau minuman yang terlalu dingin atau panas agar gigi tidak menjadi sensitif.

Anda juga dapat berkonsultasi langsung dengan dokter gigi untuk mengetahui aturan yang berlaku setelah penambalan gigi.

Rekomendasi Perawatan Gigi Terbaik di Plasthetic

Berikut ini ialah berbagai rekomendasi perawatan gigi terbaik di Plasthetic Clinic, yaitu :

1. Behel Gigi

Behel gigi merupakan prosedur memasang alat bantu untuk dapat memperbaiki susunan gigi yang berantakan. 

2. Scaling Gigi

Scaling gigi merupakan prosedur yang berfungsi untuk dapat membersihkan plak serta karang pada gigi. Prosedur scaling gigi ini wajib dilakukan secara rutin minimal 3 bulan sekali untuk dapat mencegah kerusakan gigi serta gusi.

3. Tambal Gigi

Tambal gigi adalah perawatan yang berfungsi untuk  dapat memperbaiki gigi berlubang ataupun gigi yang rusak. Tambalan gigi  ini dilakukan dengan memulai memasukkan tambalan pada bagian gigi yang rusak ataupun berlubang.

Nah, itu dia penjelasan mengenai  cara membedah proses tambal gigi yang perlu Anda ketahui ya teman Plasthetic. Bagaimana? Sudah tidak bingung lagi kan? Jika masih Anda pertanyaan yang membingungkan, tentunya Anda bisa langsung mendatangi Plasthetic Clinic Cabang Banda Aceh, di alamat Jalan. Dr. Mr. Mohd Hasan No.55, Batoh, Kec. Banda Raya, Kota Banda Aceh, Aceh 23122 atau Anda dapat menghubungi nomor 0812-1818-0678 untuk melakukan reservasi. Yuk, segera jadwalkan kedatangan Anda di Plasthetic Clinic Cabang Banda Aceh sekarang!

Di Review Oleh:

drg. Putri Rahmina

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

Apa itu Chin Liposuction? Ini Pengertian dan Prosedurnya

Read More

Berapa Biaya Operasi Blepharoplasty? Ini Rincian Harganya!

Read More

5 Pantangan Setelah Chemical Peeling yang Harus Diperhatikan

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!