Retinol: Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Panduan Menggunakannya

Retinol: Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Panduan Menggunakannya

Di Tinjau oleh Dokter

Mempunyai kulit yang bersih dan sehat merupakan dambaan setiap orang, ya teman Plasthetic, terutama wanita. Untuk itu, banyak orang berlomba-lomba untuk melakukan perawatan kulit agar mendapatkan kulit sehat yang mereka impikan. Tak jarang juga, mereka menanyakan kepada dokter kulit manapun tentang bahan perawatan kulit “standar emas” dan dokter kulit pastinya akan memberitahu Anda bahwa itu adalah retinol. Namun, seperti apa sih retinol? Lalu apa saja manfaat dan fungsi retinol? Yuk cari tahu selengkapnya!

Apa Itu Retinol?

Retinol merupakan salah satu bahan perawatan kulit paling populer di pasaran. Retinol adalah turunan vitamin A seperti retinol, adapalene dan tretinoin yang merangsang pergantian sel kulit dan membantu berbagai masalah kulit seperti jerawat dan tanda penuaan, menetralkan radikal, meningkatkan produksi elastin dan kolagen, serta memiliki efek mengencangkan pada kulit. Ada banyak jenis turunan vitamin A, namun retinol masih merupakan nama yang diberikan untuk bentuk murni turunan vitamin A. Selain itu, masih banyak lagi manfaat retinol untuk kulit, lho.

Apa Saja Fungsi Retinol?

Berikut beberapa fungsi retinol sebagai bahan skincare yang dirangkum oleh Plasthetic Clinic

  1. Mengurangi munculnya keriput, garis garis halu serta pori-pori membesar.  
  2. Mengurangi bintik-bintik penuaan akibat paparan sinar matahari dan tanda-tanda kerusakan kulit lainnya yang dikenal sebagai photoaging. 
  3. Meratakan tekstur kulit yang tidak rata, melasma dan jenis hiperpigmentasi lainnya.
  4. Membantu mengobati jerawat dan bekas luka terkait. 

Untuk hasil terbaik dengan produk perawatan kulit Retinol, gunakan setiap hari. Setelah penggunaan rutin produk perawatan yang mengandung retinol, mungkin diperlukan beberapa minggu agar kulit di wajah Anda membaik secara signifikan. Namun, retinol tersebut tentunya juga memiliki efek pengelupasan pada permukaan kulit, dimana hal ini dapat membantu memperbaiki skin barrier.

Eits, Selain menggunakan retinol, ada beberapa perawatan di klinik kecantikan yang mempunyai fungsi yang sama dengan retinol, lho teman Plasthetic. Berikut ini Plasthetic Clinic sudah merangkum perawatan di klinik kecantikan yang memiliki fungsi seperti retinol, khusus untuk Anda:

1. Laser Rejuvenation

Perawatan ini bertujuan untuk meremajakan kulit dan mengatasi  tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis-garis halus pada  wajah. Tentunya, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Anda perlu melakukan secara berulang. 

2. Laser Acne

Perawatan ini berfungsi untuk meredakan peradangan jerawat serta menghilangkan  noda bekas jerawat, sehingga kulit terlihat lebih bersih dan sehat. 

Baca Juga: Salicylic Acid: Pengertian, Manfaat, Kelebihan, dan Cara Menggunakannya

3. AccuTite

Perawatan ini dapat memperbaiki tekstur pada wajah Anda, seperti bopeng scar dan sebagainya, lho. 

4. Premium Glow

Perawatan ini berfungsi untuk dapat mengatasi segala macam permasalahan pada semua jenis kulit wajah, ya teman Plasthetic. Contohnya seperti memperbaiki pigmentasi kulit dan dapat membuat kulit terlihat lebih bersinar dan sehat.

5. Aqua Pure Facial

Perawatan ini berfungsi untuk membersihkan kotoran pada wajah dan sisa-sisa sel kulit mati agar kulit menjadi bersih dan sehat.

Banner Plastic Aesthetic

Apa Saja Manfaat dari Retinol?

Ada beberapa alasan mengapa retinol disukai oleh para penggiat kecantikan. Berikut adalah beberapa di antaranya. 

1. Mengobati Jerawat 

Dokter sering meresepkan obat dan produk perawatan kulit yang mengandung retinol untuk mengobati jerawat ringan hingga sedang. Ini karena retinol membuka pori-pori, memungkinkan kulit menyerap obat jerawat dengan benar. Selain itu, retinoid mengurangi produksi sebum berlebih dan mengurangi peradangan kulit, sehingga mencegah kekambuhan jerawat. 

2. Pencegahan Penuaan Dini

Retinol, khususnya tretinoin, dapat mencegah munculnya kerutan dan garis halus pada kulit. Ini karena tretinoin meningkatkan produksi kolagen dan merangsang aliran darah di bawah kulit, membuat kulit lebih sehat. Tretinoin juga membantu meringankan bintik-bintik penuaan dan mengurangi bintik-bintik kulit penyebab kanker yang disebut actinic keratosis. Senyawa ini bekerja dengan menghalangi paparan berlebihan pada wajah terhadap sinar ultraviolet. 

3. Mengendalikan Gejala Psoriasis

Retinoid dari jenis, yaitu tazarotene dapat memiliki manfaat tersendiri bagi seseorang yang memiliki psoriasis. Zat ini membantu mengontrol gejala psoriasis dengan memperlambat pertumbuhan sel kulit, menipiskan kulit yang tebal dan bersisik, mengurangi pembengkakan dan kemerahan, serta mengatasi psoriasis kuku.

Baca Juga: Apa Itu Fungal Acne dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

4. Menghilangkan Milia 

Milia adalah benjolan kecil yang biasanya muncul di sekitar hidung, dahi dan kelopak mata. Benjolan ini seringkali sulit dihilangkan dan memerlukan pengobatan untuk menghilangkannya. Serum retinoid, terutama serum jenis tretinoin, dapat digunakan untuk menghilangkan milia ini, lho.

Bagaimana Cara Menggunakan Retinol dengan Tepat?

Secara umum, retinol bermanfaat untuk berbagai jenis kulit. Namun, banyak orang yang ragu untuk menggunakan retinol ini dikarenakan takut kulit menjadi iritasi, kering, kemerahan, bahkan mengelupas setelah mengaplikasikan retinol. 

Sebenarnya, penggunaan retinol yang tepat dapat mengurangi efek retinol, berikut panduan cara menggunakannya.

1. Pilih Produk Dengan Konsentrasi Terendah

Bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan retinol, pilih produk dengan konsentrasi 0,1% agar kulit bisa beradaptasi terlebih dahulu. Hanya sekali atau dua kali seminggu. Jika tidak ada efek setelah menggunakannya selama 2 minggu, Anda dapat menggunakannya 3-4 kali seminggu.

2. Aplikasikan Pelembab Setelah Penggunaan Retinol

Setelah membersihkan dan mengeringkan kulit, oleskan retinol dalam jumlah yang sesuai pada kulit wajah. Hapus area mulut dan mata. Jangan lupa untuk mengoleskan pelembab setelahnya. Karena, mengaplikasikan retinol ini dapat mengeringkan kulit Anda, lho. Jadi penting untuk tidak melewatkan pelembab, ya teman Plasthetic.

Baca Juga: Seperti Apa Cara Melepas Veneer Gigi yang Baik dan Benar? Yuk, Intip Caranya!

3. Gunakan Pada Malam Hari

Perawatan kulit dengan retinol dianjurkan pada malam hari. Pasalnya, retinol dapat membuat kulit Anda lebih sensitif terhadap paparan dari sinar matahari. Ini penting untuk meminimalkan efek samping daripada retinol ini.

4. Hindari Pemakaian Retinol Dengan Produk Lain

Kami tidak menyarankan penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung retinol dengan produk perawatan kulit lain yang mengandung alpha-hydroxy acid (AHA) dan beta-hydroxy acid (BHA). Menggunakan bahan-bahan ini bersama-sama dapat meningkatkan risiko iritasi kulit. Selain tindakan pencegahan saat menggunakan retinol, perlu diketahui juga bahwa tidak semua orang dapat menggunakan retinol, termasuk ibu hamil dan ibu menyusui.

Di sisi lain, penggunaan retinol masih dianggap aman bagi pemilik kulit sensitif. Dengan penggunaan retinol yang tepat ini tentunya dapat berfungsi untuk meminimalkan risiko iritasi serta permasalah kulit lainnya. Namun, jika Anda masih memiliki pertanyaan atau ketakutan tentang kemungkinan efek samping saat menggunakan retinol, Jika demikian, konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu. Plasthetic Clinic merupakan solusi yang tepat untuk Anda dapat berkonsultasi mengenai permasalahan ini. Untuk itu, yuk segera jadwalkan kedatanganmu ke Plasthetic Clinic sekarang juga!

Di Review Oleh:
dr. Vera

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

3 Cara Menghilangkan Wajah Kusam Yang Paling Ampuh!

Read More

Mengenal Efek Samping Veneer Gigi, Baca Selengkapnya Disini!

Read More

Kenali 3 Cara Merapatkan Selaput Dara di Klinik Kecantikan

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!