6 Pantangan Wajah Berjerawat yang Perlu Diperhatikan

6 Pantangan Wajah Berjerawat yang Perlu Diperhatikan

Di Tinjau oleh Dokter

Jerawat yang membandel seringkali menjadi gangguan, apalagi jika tumbuh pada area wajah yang dapat mempengaruhi penampilan. Tumbuhnya jerawat ini bisa menyerang siapa saja, meski lebih sering terjadi pada anak muda yang sedang mengalami pubertas. Sebenarnya, apa yang memicu tumbuhnya jerawat, apa yang harus dihindari serta bagaimana cara mengobatinya. Simak selengkapnya!

Apa Saja Penyebab Wajah Berjerawat?

Berikut ini ialah berbagai faktor utama mengapa jerawat muncul di wajah Anda.

1. Terlalu Sering Mengganti Produk Kosmetik

Nah, bagi Anda yang memiliki kebiasaan yang buruk ini, pastikan Anda segera dapat menghentikan kebiasaan tersebut. Terlalu sering mengganti produk kosmetik bisa menjadi salah satu faktor mengapa jerawat muncul di wajah. Jika Anda sudah konsisten dengan suatu produk kecantikan, usahakan untuk konsisten serta hanya dapat mengaplikasikan produk tersebut saja. Ataupun Anda bisa sesuai dengan kebutuhan dan anjuran dokter.

2. Stres

Menurut berbagai penelitian, stres merupakan faktor penting munculnya jerawat pada area  wajah serta tubuh. Sebuah studi Universitas Stanford tahun 2003 menemukan bahwa jerawat lebih mungkin terjadi ketika seseorang sedang merasa tertekan, stres, dan cemas. Ketika seseorang sedang memiliki banyak pikiran, mereka lebih rentan terhadap masalah jerawat.

3. Kulit Terlalu Berminyak/Kering

Jika kulit wajah Anda terlalu berminyak ataupun terlalu kering, usahakan agar kulit Anda tetap lembap setiap saat. Kondisi kulit yang lebih berminyak serta kering lebih rentan terhadap timbulnya jerawat, flek hitam atau komedo. Bahkan jika Anda memiliki jenis kulit ini serta tidak pernah peduli dengan kebersihan kulit Anda. 

Baca Juga : Mengenal Serum yang Bagus untuk Jerawat dan Cara Menggunakannya

Apa Saja Pantangan Wajah Berjerawat?

Berikut ini adalah berbagai pantangan wajah berjerawat yang perlu Anda hindari, yaitu:

1. Cuci Muka Terlalu Sering

Penting untuk dapat menjaga kebersihan kulit wajah. Akan tetapi, terlalu sering mencuci muka bisa membuat jerawat semakin parah. Cukup cuci muka di pagi hari setelah bangun tidur serta pada malam hari sebelum Anda tidur.

2. Menggosok Kulit Secara Kasar

Perlakukan wajah Anda dengan lembut. Jangan pernah mengaplikasikan wajah Anda dengan menggunakan handuk, handuk hanya akan semakin mengiritasi kulit berjerawat. Untuk itu, keringkan wajah Anda dengan kain lembut atau handuk. 

3. Tidak Membersihkan Kulit Yang Sedang Berkeringat

Setelah Anda melakukan aktivitas yang cukup berat, kulit Anda cenderung berkeringat. Jangan pernah membiarkan keringat Anda mengering di kulit Anda. Selalu mandi ataupun cuci muka segera setelah Anda berkeringat, ya teman Plasthetic.

Banner-Plastic-Aesthetic

4. Memencet Jerawat

Memencet jerawat merupakan salah satu kebiasaan buruk yang perlu dihilangkan. Meskipun mungkin kamu merasa gemas, hal tersebut perlu dihindari agar tidak menyebabkan peradangan jerawat serta bopeng pada wajah. Jadi, jangan pernah memencet jerawat dengan tangan dan atasi masalah tersebut dengan skin care atau perawatan wajah.

5. Tetap Menjaga Kebersihan Rambut dan Kepala

Rambut dan kulit kepala yang kotor dan berminyak, bisa menjadi salah satu penyebab kulit berjerawat loh! Kalau Anda mempunyai rambut berminyak, minyaknya bisa meresap ke wajah serta menyebabkan berjerawat. Pastikan Anda keramas secara teratur untuk dapat menghindari terlalu banyak minyak di dahi dan wajah Anda. 

6. Penggunaan Produk Kosmetik Berbahan Dasar Minyak

Jika Anda memiliki kulit yang sedang berjerawat, hindarilah penggunaan dari kosmetik / makeup karena dapat menambah minyak pada kulit. Saat berbelanja kosmetik, carilah produk bebas minyak yang biasanya berlabel “non-acne” atau “non-comedogenic” untuk dapat membantu mencegah jerawat. Selain kosmetik sebenarnya, perawatan kulit juga perlu diperhatikan. Carilah produk perawatan kulit yang tidak berminyak serta juga diformulasikan khusus untuk jenis kulit yang berjerawat.  

Baca Juga : Mengenal Manfaat Azelaic Acid Untuk Wajah dan Efek Sampingnya

Bagaimana Cara Merawat Wajah Berjerawat?

Nah, bagi Anda teman Plasthetic yang memiliki wajah yang sedang berjerawat, berikut ini ialah berbagai langkah perawatan yang dapat Anda lakukan, yaitu:

1. Cuci Muka 2 Kali Sehari

Cara penting untuk merawat kulit berjerawat ialah dengan mencuci muka dua kali sehari, pagi serta malam sebelum Anda tidur. Anda juga harus dapat membersihkan wajah jika kulit wajah berkeringat deras ataupun terlalu berminyak.

2. Gunakan Pelembab dan Toner

Setelah mencuci muka, Anda juga akan dapat menjaga kelembapan pada kulit wajah dengan mengaplikasikan toner serta moisturizer. Akan tetapi, untuk amannya, pilihlah produk wajah bebas alkohol yang lembut di wajah.

3. Hindari Menyentuh atau Memencet Jerawat

Untuk mencegah jerawat semakin parah, hindari menyentuh area pada wajah, terutama dengan menggunakan tangan yang kotor. Selain itu, hindari memencet jerawat karena akan dapat meningkatkan risiko timbulnya infeksi dan pembentukan jaringan parut ataupun bekas jerawat yang parah pada area wajah.

4. Melindungi Kulit Wajah Dari Sinar Matahari

Paparan dari sinar matahari yang berlebihan  akan dapat meningkatkan produksi dari minyak ataupun sebum pada wajah. Hal ini akan membuat wajah lebih rentan terhadap komedo serta menimbulkan jerawat baru. Oleh sebab itu, sebisa mungkin Anda harus hindari berjemur jika wajah Anda berjerawat. Berjemur atau melakukan aktivitas berat di luar ruangan. jangan lupa selalu menggunakan sunscreen.

Baca Juga : Apa Itu Fungal Acne dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Rekomendasi Perawatan Mencegah Jerawat Terbaik di Plasthetic Clinic

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi perawatan untuk jerawat di Plasthetic Clinic yang dapat Anda lakukan, simak selengkapnya.

1. Acne Facial

Acne Facial ini dapat berfungsi untuk dapat mengurangi dan membersihkan kulit wajah Anda yang sedang berjerawat dengan melakukan ekstraksi serta IPL sehingga kulit akan menjadi lebih bersih dan nyaman.

2. Laser Acne

Perawatan ini akan dapat berfungsi untuk dapat meredakan peradangan pada area jerawat serta akan dapat menghilangkan noda pada bekas jerawat, sehingga kulit akan terlihat lebih bersih serta sehat.

3. Plasma Nourish

Perawatan ini akan dapat berfungsi untuk dapat memperbaiki bekas luka, dark spot, serta kulit berjerawat dengan mengaplikasikan natural growth factor yang didapatkan dari darah pasien sendiri sehingga akan memberikan hasil yang sangat maksimal serta kulit yang mulus.

Well, itu dia penjelasan mengenai berbagai pantangan yang harus dihindari oleh wajah yang berjerawat, semoga membantu. Jangan lupa untuk melakukan perawatan di Plasthetic Clinic agar dapat memaksimalkan hasil perawatan dan menghempaskan jerawat dari wajah Anda. Yuk, kunjungi Plasthetic Clinic sekarang juga dan Bye-Bye Jerawat!

Di Review Oleh:
dr. Anesia Tania, Sp.KK

https://plasthetic.com/team-member/dr-anesia-tania-sp-kk/

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

Apa Itu Purging dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Read More

Mengenal 5 Manfaat Es Batu untuk Jerawat

Read More

Jangan Khawatir! Ini Dia Cara Jitu Atasi Stertch Mark Pada Tubuh!

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!