Mengenal Jenis Sunscreen untuk Kulit Berminyak

Mengenal Jenis Sunscreen untuk Kulit Berminyak

Di Tinjau oleh Dokter

Bagaimana cara memilih sunscreen yang tepat untuk kulit berminyak? Sunscreen merupakan salah satu produk perawatan kulit dasar karena melindungi kulit dari sinar matahari. Sayangnya, banyak yang salah memilih produk sunscreen ini, lho. Memang dapat melindungi kulit dari sinar matahari, namun kemudian muncul masalah lain, seperti komedo serta jerawat. Nah, agar tidak salah pilih, simak cara berikut memilih sunscreen untuk kulit berminyak di bawah ini!

Apa Itu Sunscreen?

Sunscreen merupakan lotion yang dapat menembus lapisan atas kulit untuk dapat melindungi nya dari paparan sinar matahari yang telah sampai ke kulit. Sunscreen  ini biasanya hanya melindungi kulit dari sinar UVB.

Apa Saja Manfaat Sunscreen untuk Kulit Berminyak? 

Buat Anda yang belum tahu kalau sunscreen  ini juga bisa digunakan pada kulit berminyak, berikut rangkuman manfaat sunscreen yang sudah dirangkum oleh Plasthetic Clinic untuk kulit berminyak, yaitu:

1. Melindungi Skin Barrier

Paparan sinar matahari mempengaruhi kulit saat terpapar langsung tanpa tabir surya/ sunscreen ini. Salah satunya ialah kemampuan sinar UV merusak lapisan pelindung kulit (skin barrier), atau pertahanan alami kulit, yang dapat meningkatkan produksi minyak dan menyebabkan jerawat pada kulit.

2. Mencegah Timbulnya Jerawat

Menggunakan tabir surya dapat mencegah jerawat wajah akibat paparan sinar matahari dan juga mencegah kotoran menempel di permukaan kulit. Jika dibiarkan, jerawat akan semakin banyak serta wajah akan berjerawat, yang bisa memperburuk kondisi kulit.

3. Melawan Penuaan Dini

Manfaat itu terkait dengan kulit berminyak dan paparan sinar UV. Mereka yang tidak menggunakan tabir surya lebih rentan mengalami penuaan kulit dini akibat paparan sinar matahari.

4. Melindungi Wajah Anda Dari Sinar Matahari

Jika dibiarkan tanpa perlindungan, sinar matahari langsung dapat mempengaruhi kulit. Maka kerusakan DNA pada sel kulit hanya akan membawa kulit pada kemungkinan kanker di kemudian hari. Oleh karena itu, penggunaan sunscreen wajib untuk melindungi kulit berjerawat dari kerusakan.

Baca Juga: 5 Manfaat Sunscreen yang Wajib Anda Ketahui

Bagaimana Cara Memilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak?

Ada banyak tabir surya atau sunscreen di pasaran saat ini. Banyak pilihan pasti membantu, tapi terkadang bisa membingungkan. Bagi anda yang memiliki jenis kulit berminyak. Anda dapat mengikuti petunjuk berikut untuk menggunakan sunscreen dengan tepat dan benar.

1. Sesuaikan Dengan Jenis Kulit

Padahal, setiap tabir surya memiliki formula yang berbeda. Namun secara umum, produk pelindung matahari dibagi menjadi tiga area, yaitu fisik, kimia dan hibrida. sunscreen fisik bertindak sebagai perisai yang melindungi kulit dari sinar matahari. Oleh karena itu, physical sunscreen cocok untuk Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan, terutama yang memiliki kulit berminyak. Pada saat yang sama, tabir surya kimia mengubah sinar UV yang diserap oleh kulit sehingga tidak menembus lapisan kulit terdalam. Secara umum, tabir surya jenis ini cocok untuk Anda yang memiliki jenis kulit normal atau kering.

2. Perhatikan Nomor SPF dan PA

Pemilik kulit berminyak sebaiknya memilih tabir surya dengan faktor perlindungan matahari lebih dari 15. Karena nomor SPF memberitahu Anda berapa lama kulit Anda memerah setelah mengoleskan tabir surya. Dalam hal ini, periode tersebut dibandingkan dengan tidak memakai tabir surya sama sekali, oops.

Misalnya, kulit Anda biasanya memerah atau terbakar di bawah sinar matahari setelah 15 menit terpapar sinar matahari langsung (tanpa tabir surya). Jadi jika Anda menggunakan tabir surya dengan SPF 15, akan membutuhkan waktu 15 kali lebih lama, atau sekitar 150 menit, agar kulit Anda memerah akibat sengatan matahari.

3. Pastikan Tidak Mengandung Comedogenic

Cara memilih sunscreen  yang selanjutnya untuk kulit berminyak selanjutnya ialah dengan melihat kandungannya. Pastikan produk yang Anda pilih tidak mengandung bahan yang bersifat comedogenic, ya teman Plasthetic.

4. Krim, Lotion, Spray, atau Gel?

Selain formulasi yang berbeda, produk pelindung matahari kini juga tersedia dalam berbagai bentuk; Ada lotion, krim, semprotan, dan gel. Sunscreen mana yang cocok untuk kulit berminyak? Bagi pemilik kulit berminyak, disarankan untuk memilih sunscreen dalam bentuk krim. Hal ini dikarenakan sunscreen memiliki kandungan air yang lebih tinggi, sehingga kulit Anda tidak lengket dan berminyak. Tabir surya menyerap dengan cepat dan tidak membuat kulit berminyak.

5. Aplikasinya Juga Harus Benar!

Setelah produk sunscreen yang tepat ditemukan, produk tersebut harus diaplikasikan dengan presisi yang tepat. Agar sunscreen bekerja maksimal, gunakan dengan takaran yang tepat. Dosis yang dianjurkan adalah dua jari. Oleskan secara merata ke leher dan dekat telinga. Setelah itu, jangan lupa untuk mengaplikasikan ulang setiap dua jam sekali atau pada saat sunscreen  ini sudah terasa luntur.

Baca Juga: 3 Cara Menggunakan Toner dengan Benar Supaya Hasilnya Maksimal

BAS

Bagaimana Cara Menggunakan Sunscreen untuk Kulit Berminyak? 

Lalu, bagaimana penggunaan yang tepat saat menggunakan sunscreen? Lihat tips di bawah ini.

1. Pilih Sunscreen Sesuai Dengan Jenis Kulit Anda

Pemilik kulit berminyak sebaiknya memilih tabir surya ringan yang mudah diserap kulit seperti gel. Anda juga harus memilih tabir surya yang bebas minyak dan memiliki lapisan matte untuk mencegah penumpukan minyak berlebih. 

2. Tunggu Pelembab Menyerap ke Dalam Kulit

Sunscreen  ini harus digunakan setelah pelembab. Karena kedua produk tersebut memiliki efek melembabkan, kulit dapat menjadi terlalu lembab saat digunakan sehingga terlihat licin dan berminyak.
Sebelum menggunakan tabir surya, beri juga waktu beberapa menit agar pelembap menyerap sempurna ke dalam kulit. Tujuannya untuk menghindari “penumpukan” produk yang menyebabkan minyak berlebih di permukaan kulit. 

3. Aplikasikan Secukupnya

Pertama oleskan sunscreen dengan jari ke seluruh area wajah seperti dahi, pipi, hidung dan dagu. Tunggu beberapa saat hingga tabir surya menyerap ke dalam kulit, lalu oleskan jari berikutnya. Agar kandungannya meresap ke dalam kulit dan bekerja maksimal, gunakan tabir surya 15-30 menit sebelum beraktivitas.

4. Diamkan Sebelum Menggunakan Make Up

Jika ingin menggunakan make up, Anda harus istirahat 5-10 menit setelah mengoleskan sunscreen. Cara ini memastikan tabir surya terserap secara optimal oleh kulit. Pasalnya, pengaplikasian produk make up saat lapisan sunscreen tidak terserap sempurna ke dalam kulit membuat tampilan make up kurang maksimal. Riasan juga terlihat berminyak atau berminyak dan tidak “menyatu” dengan kulit.

Baca Juga: Skin Barrier Adalah: Fungsi, Ciri, dan Cara Merawatnya

Rekomendasi Perawatan Kulit Berminyak di Plasthetic Clinic

Berikut berbagai rekomendasi perawatan untuk kulit berminyak yang direkomendasikan Plasthetic Clinic khusus untuk Anda, yaitu:

1. Acne Facial

Acne facial adalah perawatan menghilangkan komedo serta dapat menyegarkan wajah, treatment inipun dinilai mampu untuk dapat menghilangkan jerawat serta bekas jerawat pada wajah Anda, lho.

2. Aqua Pure Facial 

Aqua pure facial merupakan perawatan dengan menggunakan teknologi mikrodermabrasi terbaru yang dapat membantu memulihkan kesehatan dan meremajakan kulit, menjadikan kulit lebih segar, terhidrasi, bersih dan awet muda.

Nah, itu dia beberapa tips menggunakan sunscreen untuk kulit berminyak. Jika mengetahui cara yang benar, Anda tidak perlu lagi ragu menggunakan tabir surya untuk dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV serta polusi udara.

Untuk mengatasi berbagai kondisi cuaca serta polusi, Anda bisa mempertimbangkan produk sunscreen  yang dapat berfungsi untuk melindungi dan memperbaiki kondisi kulit, dengan melakukan treatment di Klinik kecantikan Plasthetic Clinic. Yuk segera kunjungi Plasthetic Clinic sekarang!

Di Review Oleh:

dr. Susan Arlya

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

Facelift Adalah: Pengertian, Jenis, Serta Durasi Prosedurnya

Read More

Mengenal Jenis Sunscreen untuk Kulit Berminyak

Read More

Laser Fractional Adalah: Cara Kerja, Manfaat dan Efek Samping

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!