Apa Itu PDT? Kenali Prosedur, Manfaat, beserta Efek Sampingnya

Apa Itu PDT? Kenali Prosedur, Manfaat, beserta Efek Sampingnya

Di Tinjau oleh Dokter

Apa itu PDT? Mungkin perawatan wajah PDT ini masih terdengar asing di telinga masyarakat umum. Namun, dari segi manfaat perawatan ini sangatlah cocok dikarenakan memiliki berbagai manfaat. Selain itu, facial PDT ini juga dapat lebih terjangkau apabila dibandingkan dengan facial biasa seperti laser ataupun filler.

Nah, bagi anda yang tertarik dengan PDT (Photodynamic Therapy). Artikel ini menjelaskan apa itu PDT (Photodynamic Therapy), manfaat serta efek sampingnya. Simak selengkapnya!

Apa Itu PDT?

Perawatan PDT merupakan perawatan kecantikan dengan menggunakan metode ringan. Bagi Anda yang memiliki masalah kulit wajah seperti jerawat dan bekasnya, flek serta meremajakan kulit wajah, perawatan PDT (Photodynamic Therapy) ini adalah jawabannya. 

Awalnya, treatment PDT digunakan untuk pengobatan masalah kesehatan seperti kanker sebelum akhirnya diakui oleh dermatolog sebagai solusi estetika setelah melalui berbagai studi. Penggunaan treatment PDT untuk tujuan estetika telah berlangsung selama hampir 10 tahun dan terbukti aman dalam perawatan kulit.

Baca Juga: Kenali Electrocauter: Pengertian, Prosedur dan Risikonya

Apa Saja Manfaat PDT untuk Wajah?

Faktanya adalah jenis radiasi PDT berbeda serta manfaatnya berbeda. Jenis PDT tersebut dapat dibedakan berdasarkan warnanya, yang meliputi jenis pencahayaan berikut.

  1. Sinar merah PDT, Sinar merah PDT merangsang produksi kolagen. Selain itu, masalah kulit seperti keriput pun bisa teratasi
  2. Sinar hijau PDT, maka lampu hijau ini memberikan efek menenangkan pada kulit wajah, serta dapat menutupi melasma dan warna kulit menjadi tidak merata.
  3. Sinar biru PDT, lampu PDT ini adalah lampu yang paling umum digunakan karena digunakan untuk dapat mengatasi permasalahan jerawat serta bekasnya. Selain itu pun, blue light ini juga efektif untuk mengatasi masalah pori-pori.
  4. Sinar PDT Kuning Terakhir, lampu kuning PDT ini dapat memutihkan dan mengatasi masalah kulit yang disebabkan oleh vasodilatasi. 

Baca Juga : Ketahui 14 Cara Meniruskan Wajah Secara Alami dan di Klinik Kecantikan

Banner Plastic Aesthetic

Bagaimana Prosedur PDT?

Seiring perkembangan zaman dan kemajuan ilmu kedokteran, Face PDT juga terbukti efektif dalam proses peremajaan kulit wajah. Dalam prosedur perawatan estetika, treatment PDT menggunakan tiga elemen utama, yaitu cahaya, oksigen, serta Photosensitizer. Komponen photosensitizer adalah senyawa yang dimasukkan ke dalam cahaya dan berfungsi untuk menghilangkan jaringan sel, khususnya pada kulit.

Cahaya tersebut akan diserap oleh kulit yang mengalami masalah seperti jerawat. Selain itu, cahaya juga berperan dalam merangsang pembentukan kolagen. Kolagen merupakan zat yang membantu membentuk jaringan kulit. Dengan regenerasi kolagen yang optimal, kulit dapat memperoleh kecerahan yang baru.

Biasanya, perawatan PDT dilakukan di klinik kecantikan bersertifikat. Proses perawatan PDT ini sangat sederhana dan nyaman. Sehingga pasien hanya perlu tenang dan menunggu penyinaran selesai yang memakan waktu sekitar 20 menit. Berikut langkah-langkahnya

  1. Pertama, perawatan PDT, pasien harus membersihkan wajah dari bermacam-macam kotoran dan make-up. 
  2. Kedua, krim anestesi khusus dioleskan ke wajah untuk dapat mengurangi rasa tidak nyaman selama proses perawatan PDT.
  3. Ketiga, pasien akan dipasangi kacamata khusus yang menghalangi cahaya agar tidak mengenai mata secara langsung.
  4. Keempat, lakukan proses penyinaran PDT ini akan dilakukan dalam jangka waktu sekitar 20 menit.
  5. Terakhir dioleskan krim khusus pada wajah untuk memaksimalkan hasil dari perawatan wajah PDT ini.  

Baca Juga: AHA BHA Tidak Boleh Dicampur Dengan 5 Bahan Ini Secara Bersamaan

Apa Saja Hal yang Harus Disiapkan Sebelum dan Setelah PDT?

Selanjutnya terdapat beberapa hal yang mesti dipersiapkan sebelum menjalani photodynamic therapy, berikut adalah diantaranya:

  1. Memberitahukan dokter jika adanya alergi terhadap bahan tertentu.
  2. Menahan diri dari merokok dan menghindari konsumsi alkohol sebelum dan setelah perawatan.
  3. Menghindari pemakaian sunscreen, pelembap, dan kosmetik sebelum prosedur.

Setelah menjalani PDT, Anda disarankan untuk menjaga area yang telah dirawat tidak terkena langsung sinar matahari selama 1-2 hari. Selain itu, hindari juga menggaruk atau menyentuh area perawatan, termasuk penggunaan produk kosmetik dan pelembap.

Apa Saja Efek Samping PDT?

Secara umum, pengobatan PDT dijamin aman karena tidak menimbulkan efek samping  yang begitu berarti. Perlu ditekankan bahwa beberapa ketidaknyamanan dapat terjadi setelah perawatan PDT ini, akan tetapi kondisi ini bersifat sementara dan tidak permanen.

Salah satu kondisi yang dapat terjadi ialah munculnya kulit sensitif yang diakibatkan serangan panas pada saat proses penyinaran. Dalam beberapa kasus, kulit juga memerah dan kadang-kadang ulserasi. Hal ini wajar terjadi pada perawatan PDT ini, sehingga biasanya para dokter akan  memberikan krim setelah perawatan PDT ini untuk menghilangkan rasa nyeri setelah perawatan PDT.  

Berikut ini adalah berbagai perawatan yang dapat Anda lakukan di Plasthetic Clinic, yaitu:

1. Instant Detox

Instant Detox berfungsi untuk dapat melembabkan wajah, membersihkan, serta dapat mencerahkan kulit wajah Anda secara instan lho dengan jangka waktu minimal namun hasil yang maksimal.

2. Light Mask

Light Mask dapat berfungsi untuk dapat membantu penyerapan nutrisi ke dalam area kulit guna untuk dapat mengurangi peradangan ataupun kemerahan pada wajah.

3. Microbubble Exfoliation

Microbubble Exfoliation bertujuan untuk dapat mengeksfoliasi, melembabkan, dan juga akan dapat mencerahkan kulit wajah. Perawatan ini akan dapat membantu Anda untuk memperbaiki pertumbuhan kolagen dan menghasilkan kulit yang lebih halus dan sehat.

Nah, itu dia penjelasan mengenai PDT, ya teman Plasthetic. Sebelum Anda melakukan perawatan ini, ada baiknya berkonsultasi dulu dengan dokter untuk mengetahui jenis kulit dan perawatan yang tepat untuk kulit Anda. Yuk, segera kunjungi Plasthetic Clinic sekarang dan dapatkan banyak promo menarik di bulan ini!

Di Review Oleh:

dr. Susan Arlya

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

Abdominoplasty Adalah: Fungsi, Prosedur, dan Risikonya

Read More

Kenali Gejala Karies Gigi, Penyebab, dan Cara Mencegahnya

Read More

Mengenal Morpheus8 Treatment, Manfaat, serta Cara Kerjanya

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!