Apa Yang Harus Dilakukan Setelah Cabut Gigi? Simak Disini!

apa-yang-harus-dilakukan-setelah-cabut-gigi

Apa Yang Harus Dilakukan Setelah Cabut Gigi? Simak Disini!

Di Tinjau oleh Dokter

Ada beberapa alasan mengapa dokter gigi mungkin perlu mencabut gigi Anda. Pencabutan gigi dapat dilakukan bila terjadi kerusakan gigi yang parah, peradangan atau kerusakan gigi, penyakit gusi, hingga gigi penuh.

Dokter gigi biasanya akan memberitahu Anda perawatan apa yang harus dilakukan setelah pencabutan gigi. Perawatan ini biasanya melibatkan pantangan dan anjuran diet serta hal-hal yang harus dilakukan setelah pencabutan gigi. Yuk simak artikel ini selengkapnya!

Apa Saja yang Harus Dilakukan Setelah Cabut Gigi?

Berikut merupakan beberapa tips setelah pencabutan gigi:

1. Istirahat Yang Cukup

Point pertama ini ialah Istirahat. Istirahat yang dilakukan setidaknya -+ 24 jam pertama setelah Anda pencabutan gigi. Istirahat dapat mengembalikan energi dan membantu tubuh mempercepat proses penyembuhan pasca pencabutan gigi.

2. Gunakan Kain Kasa

Penting untuk membiarkan kain kasa pada gigi yang dicabut setidaknya selama beberapa jam agar gumpalan darah terbentuk. Ganti kasa bila terlalu basah atau sesuai kebutuhan.

3. Jangan Berkumur atau Meludah

Hindari berkumur jika memungkinkan, karena dapat memecah gumpalan darah yang terbentuk dan memperlambat waktu penyembuhan. Pada saat yang sama, meludah juga bisa menghilangkan gumpalan darah.

4. Hindari Minum Melalui Sedotan

Jangan menggunakan sedotan untuk minum setelah pencabutan gigi. Ini dapat memberi banyak tekanan pada luka pencabutan gigi. 

5. Hindari Bersin

Jika memungkinkan, hindari bersin setelah pencabutan gigi atas. Bersin dapat menekan kepala dan membahayakan pengangkatan bekuan darah yang terbentuk.

6. Berhenti Merokok

Dianjurkan untuk berhenti merokok setelah pencabutan gigi. Kebiasaan ini bisa menimbulkan tekanan di mulut, seperti menggunakan peluit.
Merokok juga dapat menyebabkan peradangan dan menghambat proses penyembuhan setelah pencabutan gigi. 

7. Minum Obat Pereda Nyeri

Pereda nyeri yang dijual bebas dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan setelah pencabutan gigi. Mintalah dokter gigi Anda untuk rekomendasi obat pereda nyeri yang sesuai dengan kondisi Anda.

Baca Juga: 8 Pantangan Setelah Cabut Gigi yang Harus Diperhatikan

Apa Saja Perawatan yang Perlu Dilakukan Setelah Cabut Gigi?

Agar proses pemulihan berjalan lancar, sebaiknya Anda menjalani beberapa kali perawatan pasca pencabutan gigi. Berikut adalah beberapa rekomendasi perawatan yang dapat Anda dapatkan setelah melakukan pencabutan gigi:

1. Kompres Gusi Yang Diangkat Dengan Air Dingin

Salah satu cara mengatasi gusi bengkak pasca pencabutan gigi adalah dengan menekan air dingin atau es batu pada sisi pipi yang terasa nyeri selama kurang lebih 10 hingga 20 menit.

2. Ganti Kasa Secara Teratur

Untuk menghentikan pendarahan setelah pencabutan gigi, tekan lubang pencabutan dengan kain kasa. Ganti kasa yang dibasahi darah.

Kapan kapas bisa dilepas setelah pencabutan gigi? Jangan menggunakan kassa terlalu lama, karena hanya digunakan beberapa jam setelah gigi dicabut.

3. Jangan Sikat Gigi di Area Lubang

Untuk menghindari kerusakan dan hilangnya bekuan darah setelah pencabutan gigi, hindari menyikat gigi di area pencabutan. Mengutip NHS, hindari menyikat gigi di area pencabutan ini selama 3-4 hari ke depan atau hingga gumpalan darah terbentuk dengan baik.

4. Minum Obat Penghilang Rasa Sakit

Pasca pencabutan gigi, dianjurkan untuk mengkonsumsi obat pereda nyeri seperti ibuprofen hingga paracetamol. Minum obat segera setelah pencabutan gigi dan pastikan untuk menggunakan antibiotik yang diresepkan oleh dokter.

5. Mengonsumsi Makanan Lunak

Setelah pencabutan gigi, Anda hanya boleh makan atau minum sesuatu yang lembut dan suam-suam kuku. Hindari makanan atau minuman yang panas dan keras.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menghilangkan Veneer Gigi Yang Gagal?

Banner Dentist

Apa Saja Risiko Cabut Gigi?

Meski jarang, kondisi berikut dapat terjadi pada pasien yang menjalani pencabutan gigi:

  1. Alergi terhadap doping
  2. Bengkak pada gusi
  3. Pendarahan
  4. Dry socket ataupun  keluarnya bekuan darah pada lubang pencabutan gigi sehingga menimbulkan nyeri dan memperlambat penyembuhan
  5. Kerusakan saraf
  6. Infeksi pada tempat pencabutan gigi

Rekomendasi Perawatan Gigi Terbaik di Plasthetic

Berikut ini adalah rekomendasi perawatan gigi terbaik yang dapat Anda lakukan di Plasthetic Clinic, diantaranya:

1. Pembersihan atau Scaling Gigi

Pembersihan, atau scaling, merupakan prosedur medis yang biasanya dilakukan oleh dokter gigi untuk menghilangkan kotoran yang menumpuk di gigi. Kotoran pada gigi bisa tersebut dapat berupa makanan, plak lunak, serta karang gigi.

2. Tambal Gigi

Jika kerusakan gigi disebabkan oleh pembusukan gigi, maka dapat diobati dengan tambalan gigi. Hal ini penting untuk menjaga agar kerusakan tidak semakin parah dan menyebar, yang pada akhirnya mempengaruhi saraf gigi. Bila hal ini terjadi, penderita akan merasakan sakit yang luar biasa.

3. Cabut Gigi

Pencabutan gigi, atau odontektomi, merupakan prosedur pembedahan untuk mengangkat gigi yang sudah membusuk atau rusak parah. Odontektomi juga biasanya dilakukan pada gigi yang tidak normal atau impaksi, seperti gigi bungsu yang bengkok atau hanya tumbuh sebagian. Dalam kondisi tersebut, gigi bungsu dapat menyebabkan berbagai masalah gigi seperti Nyeri pada gusi dan bengkak, yang membuat pencabutan lebih berhasil.

4. Implan Gigi

Berikutnya datang implan gigi, yang dibuat untuk mendukung prostesis gigi. Prosedur implan gigi ini biasanya menggunakan sekrup titanium untuk mengganti akar gigi yang rusak. Seperti gigi asli, pemakai implan gigi membutuhkan perawatan rutin agar tetap dalam kondisi baik dan tahan lama tanpa pendarahan, radang gusi, nyeri atau rasa tidak nyaman di mulut dan gigi. 

5. Veneer Gigi

Veneer merupakan lapisan tipis porselen yang pas di bagian depan gigi. Fungsi veneer gigi sendiri ialah untuk dapat memperbaiki bentuk, posisi dan warna gigi.

Baca Juga: Retainer gigi: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Manfaatnya

Nah, itu dia penjelasan mengenai apa yang harus dilakukan setelah cabut gigi, jika Anda masih punya pertanyaan seputar ini, jangan sungkan untuk melakukan konsultasi dengan dokter gigi di Plasthetic Clinic ya, teman Plasthetic Clinic. Karena, Plasthetic Clinic merupakan solusi yang cocok untuk permasalahan gigi Anda, yuk segera kunjungi Plastehtic Clinic Cabang Banda Aceh sekarang juga!

Di Review Oleh:

drg. Putri Rahmina

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

cara mengatasi gummy smile

Mengenal Cara Mengatasi Gummy Smile agar Percaya Diri Meningkat

Read More
perbedaan-sunscreen-dan-sunblock

Mengenal 4 Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Agar Tidak Salah Pilih

Read More
cara-mengurangi-lemak-di-paha

4 Cara Menghilangkan Lemak di Paha Secara Alami dan Perawatan

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!