Canthopexy VS Canthoplasty: Apa Perbedaannya?

canthopexy-vs-canthoplasty

Canthopexy VS Canthoplasty: Apa Perbedaannya?

Di Tinjau oleh Dokter

Zaman sekarang, Anda dapat mengubah segalanya tentang penampilan Anda, baik itu fungsional maupun secara estetika. Misalnya, canthopexy dan canthoplasty, operasi ini juga dikenal dengan operasi pada bagian kelopak mata, operasi ini menjadi sangat populer serta sangat mudah ditemukan dimana saja. Meski, operasi ini tampak seperti prosedur yang sederhana, operasi ini dapat benar-benar mengubah penampilan mata Anda. Untuk itu, yuk cari tahu dahulu apa perbedaan antara canthopexy dan canthoplasty itu sendiri? Simak pembahasan dibawah ini agar tidak keliru, ya teman Plasthetic.

Apa Itu Canthopexy?

Canthopexy merupakan prosedur pembedahan untuk dapat memperpendek kelopak mata. Prosedur ini dianggap lebih efektif dari canthoplasty yaitu pembedahan kelopak mata secara horizontal. 

Apa Itu Canthoplasty?

Canthoplasty adalah jenis operasi mata yang mengurangi sudut mata serta membuat mata terlihat lebih lebar. Juga dikenal sebagai operasi kelopak mata luar, prosedur ini membentuk kembali bagian luar mata dan memperbesar mata.

Jika diperlukan, prosedur ini dapat digabungkan dengan operasi kelopak mata lainnya seperti blepharoplasty, operasi ptosis, dan operasi alis. Prosedur canthoplasty ini biasanya dilakukan dengan bius lokal. Pemulihan biasanya berupa pembengkakan ataupun memar pada bagian mata selama kurang lebih 7-10 hari.  

Baca Juga: Labyaplasty Adalah: Pengertian dan Prosedurnya

Apa Saja Perbedaan Canthopexy dan Canthoplasty?

Berikut ini adalah perbedaan canthopexy dan canthoplasty, yang dapat kamu ketahui, yaitu:

  1. Canthoplasty berfokus pada area sudut luar mata tempat pertemuan kelopak mata atas serta bawah (juga dikenal sebagai sudut lateral mata). Bagi sebagian orang, persimpangan pada mata ini harus sedikit di atas atap medial (di mana kelopak mata atas serta bagian bawah bertemu di  area dekat hidung) untuk menghasilkan kemiringan kelopak mata yang positif, mata berbentuk seperti almond, serta kelopak mata bagian bawah yang halus dan lebih kencang.
  2. Canthoplasty merupakan prosedur yang lebih invasif daripada Canthopexy. Otot orbicularis oculi terputus, tendon penutup lateral terlepas dari tulang di kedua sisi orbit dan tendon penutup lateral dipersingkat. Struktur bagian dalam kelopak mata bawah (tarsus) kemudian ditarik dan diwujudkan pada ketinggian yang sesuai di tepi lateral (sejumlah kecil kulit sering juga diangkat selama operasi).
  3. Canthopexy dilakukan secara rawat jalan dengan anestesi lokal atau sedasi intravena dan hampir selalu dilakukan sebagai prosedur tambahan bersama dengan prosedur kelopak mata lainnya.
  4. Dalam banyak kasus, canthopexy ini dilakukan bersamaan dengan blepharoplasty pada bawah (pengangkatan kelopak mata bawah) untuk memberikan dukungan. 
BAS

Bagaimana Prosedur Canthopexy?

Pada area yang akan dilakukan operasi tersebut mati rasa dengan suntikan anestesi di bawah kulit pada bagian kelopak mata. Sayatan tersebut nantinya dibuat di tepi luar kelopak mata, pada bagian bawah garis mata serta pada sudut luar kelopak mata sepanjang lipatan kulit. Sayatan ini biasanya sepanjang 1-2 sentimeter. Kemudian, diseleksi akan dilakukan melalui otot pada bagian kelopak mata (orbicularis oculus) untuk dapat mengekspos area tarsal kelopak mata bawah serta tulang penutup kelopak mata (periosteum). Tindakan selanjutnya, tepi luar orbit. Jahitan (biasanya terbuat dari bahan yang permanen atau tidak bisa dilepas) ditempatkan untuk dapat mengamankan serta memposisikan ulang tarsus ke aspek medial tepi tulang. Terakhir, sayatan kulit akan dijahit dengan jahitan tambahan.

Baca Juga: Blepharoplasty Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Prosedurnya

Bagaimana Prosedur Canthoplasty?

Secara umum, prosedur canthoplasty ini akan meliputi tindakan sebagai berikut:

  1. Dokter menyuntikkan bius lokal ke dalam kelopak mata. Setelah injeksi, pasien tidak merasakan sakit selama prosedur.
  2. Langkah selanjutnya, dokter membuat sayatan untuk  dapat menyesuaikan posisi kelopak mata bagian bawah.
  3. Di akhir prosedur, dokter menutup sayatan menggunakan dengan jahitan pada area yang dilakukan operasi.  

Baca Juga: Arm Lift Brachioplasty: Pengertian, Prosedur, dan Efek Sampingnya

Nah, itu dia penjelasan mengenai perbedaan canthopexy dan canthoplasty, ya teman Plasthetic. Jika Anda masih bingung, Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter kami di Plasthetic Clinic agar Anda dapat meminimalisir risiko yang akan mungkin terjadi. Yuk segera kunjungi Plasthetic Clinic sekarang juga!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life.

Di Review Oleh: 

dr Vania Aramita S. SpBPRE

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

perbedaan milia dan syringoma

Mengenal Perbedaan Milia dan Syringoma: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Read More
bahaya-suntik-2048x1365

Kenali Bahaya Suntik Payudara pada Tubuh!

Read More
cara menghilangkan gigi hitam secara alami

4 Cara Menghilangkan Gigi Hitam Secara Alami

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!