7 Cara Mengatasi Muka Breakout dengan Mudah dan Aman

cara mengatasi muka breakout

7 Cara Mengatasi Muka Breakout dengan Mudah dan Aman

Di Tinjau oleh Dokter

Apakah Anda sering mengalami masalah muka breakout? Jerawat, komedo, dan peradangan kulit dapat menjadi momok bagi banyak orang. Muka breakout tidak hanya mempengaruhi penampilan fisik, tetapi juga dapat merusak rasa percaya diri seseorang. Namun, jangan khawatir! Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips dan trik efektif untuk mengatasi muka breakout dan mendapatkan kulit yang bersih dan sehat. Simak selengkapnya!

Apa Itu Muka Breakout?

Muka breakout merujuk pada kondisi kulit wajah yang ditandai dengan munculnya jerawat, komedo, atau masalah kulit lainnya. Istilah “breakout” sendiri mengacu pada situasi di mana kulit tiba-tiba mengalami perubahan negatif dalam bentuk jerawat yang muncul secara tiba-tiba dan dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya.

Apa Saja Penyebab Muka Breakout?

Muka breakout atau jerawat dapat disebabkan oleh berbagai faktor yang berbeda, dan berikut ini adalah beberapa penyebabnya muka menjadi breakout, antara lain:

1. Produksi Sebum Berlebihan

Salah satu penyebab utama muka breakout adalah produksi sebum berlebihan oleh kelenjar minyak di kulit. Sebum adalah zat alami yang diproduksi untuk menjaga kelembapan kulit, tetapi jika terlalu banyak diproduksi, dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

2. Pori-Pori Tersumbat

Pori-pori kulit yang tersumbat oleh sel kulit mati, debu, kotoran, dan bakteri juga dapat menyebabkan muka breakout. Ketika pori-pori tersumbat, minyak dan bakteri terperangkap di dalamnya, membentuk komedo hitam atau putih yang kemudian berkembang menjadi jerawat.

3. Perubahan Hormonal

Fluktuasi hormon dalam tubuh dapat mempengaruhi produksi sebum dan meningkatkan risiko muka breakout. Hal ini sering terjadi pada masa pubertas, menstruasi, kehamilan, atau saat mengalami stres emosional yang dapat memicu perubahan hormonal.

4. Bakteri Propionibacterium Acnes

Bakteri propionibacterium acnes merupakan salah satu jenis bakteri yang hidup di permukaan kulit. Jika jumlahnya berlebihan, bakteri ini dapat menyebabkan peradangan pada folikel rambut dan menyebabkan jerawat meradang.

5. Faktor Genetik

Faktor genetik juga dapat mempengaruhi kecenderungan seseorang untuk mengalami muka breakout. Jika orang tua atau anggota keluarga dekat memiliki riwayat jerawat, kemungkinan Anda juga rentan terhadap kondisi ini.

6. Penggunaan Produk Kosmetik yang Tidak Cocok

Penggunaan produk kosmetik yang tidak cocok dengan jenis kulit Anda dapat menyebabkan iritasi dan peradangan, yang pada gilirannya dapat menyebabkan muka breakout. Penting untuk memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan menghindari bahan-bahan yang berpotensi menyumbat pori-pori.

Baca Juga: Apa Itu Purging dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Banner Plastic Aesthetic

Bagaimana Cara Mengatasi Muka Breakout dengan Mudah dan Aman?

Berikut ini adalah berbagai cara mengatasi muka breakout dengan mudah dan aman, yaitu:

1. Menjaga Kebersihan Kulit

Langkah pertama yang penting dalam mengatasi muka breakout adalah menjaga kebersihan kulit secara rutin. Hindari menggosok wajah terlalu keras karena hal ini dapat merusak lapisan pelindung kulit dan memicu produksi minyak berlebih. Setelah mencuci wajah, keringkan dengan lembut menggunakan handuk bersih.

2. Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Tepat

Pemilihan produk perawatan kulit yang tepat sangat penting dalam mengatasi muka breakout. Pilihlah produk perawatan kulit yang berfungsi untuk dapat membantu mengurangi peradangan serta membunuh bakteri dari penyebab jerawat. Namun, pastikan juga untuk tidak menggunakan terlalu banyak produk sekaligus, karena hal ini dapat membuat kulit menjadi kering dan iritasi.

3. Hindari Memencet Jerawat

Saat jerawat muncul, keinginan untuk memencetnya mungkin sangat kuat. Namun, hindari godaan tersebut! Memencet jerawat dapat menyebabkan peradangan yang lebih parah, meninggalkan bekas luka, dan bahkan menyebarkan bakteri ke area kulit lainnya. 

4. Memperbaiki Pola Makan dan Mulai Gaya Hidup Sehat

Pola makan dan gaya hidup juga berperan penting dalam kesehatan kulit. Konsumsi makanan sehat yang kaya akan antioksidan, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, serta hindari makanan yang tinggi gula dan lemak jenuh. Selain itu, pastikan Anda cukup tidur, minum air yang cukup, dan mengelola stres dengan baik.

Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Kulit Merah di Wajah

Rekomendasi Perawatan Mengatasi Muka Breakout dari Plasthetic Clinic

rekomendasi perawatan muka breakout
Source: freepik.com

Selain dengan cara-cara diatas, Anda juga dapat melakukan perawatan di Plasthetic Clinic untuk dapat mengatasi muka breakout. Berikut ini adalah berbagai rekomendasi perawatan muka breakout, antara lain:

1. Diamond Facial

Diamond facial bertujuan untuk dapat membersihkan kotoran pada area wajah serta sisa-sisa sel kulit mati supaya kulit dapat menjadi sehat dan bersih.

2. Instant Detox

Instant detox berfungsi untuk dapat membersihkan, melembabkan, serta mencerahkan kulit wajah Anda secara instan dengan waktu minimal akan tetapi hasil yang diberikan maksimal.

3. Morpheus 8

Morpheus 8 adalah salah satu jenis perawatan kulit yang digunakan untuk mengatasi masalah jerawat. Ini adalah prosedur non-bedah yang menggabungkan teknologi mikrojarum dan radiofrekuensi mikro (RF) untuk meremajakan kulit dan mengobati jerawat. Prosedur morpheus 8 melibatkan penggunaan jarum mikro yang disisipkan ke dalam lapisan kulit dengan menggunakan energi RF mikro. Jarum-jarum ini memberikan panas ke dalam kulit, merangsang produksi kolagen baru, dan memperbaiki tekstur kulit yang rusak akibat jerawat. Selain itu, panas dari RF juga membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi produksi minyak berlebih di kulit.

Baca Juga: 6 Pantangan Wajah Berjerawat yang Perlu Diperhatikan

Itu dia penjelasan mengenai cara mengatasi muka breakout dengan mudah dan aman, ya teman Plasthetic. Jika masih ada pertanyaan yang ingin ditanyakan Anda dapat langsung mendatangi Plasthetic Clinic untuk melakukan konsultasi dengan dokter dan menghindari risiko yang tidak diinginkan. Segera kunjungi Plasthetic Clinic Cabang Terdekat di Kota Anda sekarang juga!

Eits, selain itu jangan lewatkan juga Grand Opening Plasthetic Clinic Cabang Semarang yang akan berlangsung dalam waktu dekat. Dalam rangka merayakan momen istimewa ini, kami menawarkan berbagai promo menarik yang tidak boleh Anda lewatkan. So, jangan lewatkan kesempatan ini untuk merasakan pengalaman kecantikan dengan harga yang terjangkau. Segera kunjungi Plasthetic Clinic Cabang Semarang dan nikmati promo-promo menarik yang telah kami siapkan untuk Anda.

*Semua yang tertulis di website memungkinkan terjadi perbedaan dari segi proses, resiko, komplikasi, dan hasil bagi setiap individu dan konsultasikan dulu kepada ahlinya.

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life.

Di Review Oleh:

dr. Anesia Tania, Sp.KK

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

Cari Tahu 5 Cara Mengecilkan Wajah!

Read More

6 Tahapan Skincare Pagi dengan Tepat yang Perlu Dilakukan

Read More

Kenali 7 Perawatan Kulit Sensitif yang Tepat

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!