5 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah yang Sudah Lama dengan Mudah

cara menghilangkan bekas luka di wajah yang sudah lama

5 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah yang Sudah Lama dengan Mudah

Di Tinjau oleh Dokter

Bekas luka yang telah lama menghiasi wajah dapat menjadi sumber ketidakpercayaan diri bagi banyak individu. Baik itu bekas jerawat, cedera, atau bahkan operasi, menghilangkan bekas luka tersebut sering kali terasa sebagai tantangan yang sulit untuk dihadapi. Namun, dengan kemajuan teknologi dalam perawatan kulit dan penerapan metode perawatan alami, terdapat harapan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan bekas luka tersebut. Dalam artikel Plasthetic Clinic kali ini, kami akan membantu Anda untuk mengetahui beberapa cara menghilangkan bekas luka di wajah yang sudah lama. Penasaran? Yuk, langsung saja temukan informasi selengkapnya pada artikel di bawah ini!

Bagaimana Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah yang Sudah Lama?

Bila Anda yang memiliki bekas luka di wajah yang belum kunjung menghilang, Anda bisa mencoba beberapa cara menghilangkan bekas luka di wajah yang sudah lama secara alami di bawah ini.

1. Minyak Kelapa

Salah satu cara alami untuk menghilangkan bekas luka di wajah adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Healthline, minyak kelapa telah terbukti bermanfaat dalam pengobatan luka dan dermatitis (eksim). Minyak kelapa sendiri bertindak sebagai penghalang pelembap yang tebal ketika kulit sedang dalam masa penyembuhan, yang secara teoritis dapat membantu mengurangi bekas luka secara dini. 

Selain itu, minyak kelapa juga dapat meningkatkan produksi kolagen, yang membantu mengurangi garis-garis halus dan meminimalkan jaringan parut dengan membantu pembentukan jaringan kulit baru. Manfaat lainnya dari minyak kelapa termasuk meratakan warna kulit, yang dapat membantu mengurangi kemerahan dan hiperpigmentasi terkait bekas luka.

Untuk melakukan cara ini, Anda bisa menghangatkan beberapa sendok makan minyak kelapa hingga cair. Setelah itu, Anda bisa mengoleskan minyak kelapa ke bekas luka dan memijatnya selama sekitar 10 menit. Setelah selesai, biarkan kulit menyerap minyak selama minimal satu jam. Agar hasilnya optimal, Anda bisa mengulangi proses ini dua hingga empat kali setiap hari.

Namun, sebelum melakukan cara ini, disarankan untuk melakukan uji coba terlebih dahulu di bagian kulit lainnya untuk memastikan bahwa kulit Anda tidak alergi terhadap minyak kelapa. 

Baca Juga: 13 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Secara Cepat dan Tepat

2. Lidah Buaya

Lidah buaya memang sudah terkenal khasiatnya dalam kesehatan kulit. Selain dapat mengatasi kulit yang kering dan memberikan efek pencerahan, lidah buaya juga bermanfaat dalam menyamarkan dan menghilangkan bekas luka yang sulit untuk dihilangkan. 

Metode menghilangkan bekas luka di wajah dengan lidah buaya sendiri cukup sederhana. Di mana Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya ke area bekas luka, lalu diamkan sekitar 30 menit dan membilasnya dengan air bersih. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat mengulangi penggunaan gel lidah buaya dua kali sehari. 

3. Madu

Di balik rasa manisnya, ternyata madu juga memiliki manfaat untuk mempercepat penyembuhan luka dan menghilangkan bekas luka yang sulit untuk dihilangkan. Hal ini disebabkan oleh kandungan antibakteri, antiinflamasi, dan antioksidan dalam madu yang berkontribusi dalam proses penyembuhan luka pada kulit.

Untuk menghilangkan bekas luka di wajah, Anda dapat mengoleskan madu secara langsung ke area bekas luka, kemudian membungkusnya dengan perban. Lalu, Anda dapat membiarkannya semalaman dan melepaskan perban di pagi hari. Setelah itu, Anda dapat membersihkan kulit dengan air hangat.

4. Masker Oatmeal

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam oatmeal bisa membantu meningkatkan kondisi kulit wajah, termasuk mengurangi bekas jerawat dan luka lainnya. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan oatmeal sebagai bahan untuk membuat masker wajah. 

Untuk menghilangkan bekas luka di wajah, Anda dapat mencampurkan setengah cangkir oatmeal dengan satu cangkir air, dua tetes perasan lemon, dan satu sendok bubuk kayu manis. Kemudian, aplikasikan campuran ini ke seluruh wajah dan biarkan selama 20 hingga 30 menit hingga masker mengering. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat dan gunakan pelembab untuk menjaga kelembapan kulit. Lakukan prosedur ini secara teratur untuk menghilangkan dan memudarkan bekas luka di wajah.

Baca Juga: 9 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Penyebabnya

5. Teh Hijau

Manfaat teh hijau untuk kecantikan sudah terbukti secara ilmiah. Anda dapat mencoba menggunakan teh hijau sebagai cara menghilangkan bekas luka di wajah. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Medical College of Georgia pada tahun 2003, konsumsi teh hijau dapat meningkatkan elastisitas kulit secara efektif, membersihkan racun dan bakteri secara alami, mengurangi peradangan, serta menghilangkan noda bekas luka pada kulit.

Selain itu, studi yang diterbitkan dalam Journal of Investigative Dermatology menyatakan bahwa teh hijau mengandung epigallocatechin gallate (EGCG) yang dapat mengatasi bekas jerawat dengan mengatur molekul intraseluler. Oleh karena itu, banyak produk kecantikan menggunakan teh hijau sebagai bahan utamanya. Cara penggunaannya cukup dengan mengoleskan ampas teh hijau pada bekas luka secara teratur setiap hari.

Banner Plasthetic Aesthetic

Rekomendasi Perawatan Menghilangkan Bekas Luka di Wajah yang Sudah Lama di Plasthetic Clinic

Selain mengikuti cara menghilangkan bekas luka di wajah yang sudah lama di atas, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menjalani beberapa perawatan di klinik kecantikan agar mendapatkan hasil yang lebih cepat dan signifikan. Berikut adalah beberapa opsi perawatan yang tersedia di Plasthetic Clinic yang dapat membantu Anda dalam menghilangkan bekas luka di wajah.

1. Laser

Perawatan Laser di Plasthetic Clinic memanfaatkan teknologi terkini untuk membantu meremajakan kulit dan mengurangi bekas luka. Proses ini melibatkan pengiriman sinar laser ke lapisan kulit, yang merangsang produksi kolagen dan elastin serta membantu dalam regenerasi sel kulit. Terapi Laser ini terbukti efektif dalam mengatasi berbagai jenis bekas luka, termasuk bekas jerawat, bekas operasi, atau bekas cedera. Plasthetic Clinic menawarkan berbagai jenis perawatan Laser yang dapat disesuaikan dengan jenis dan kondisi bekas luka Anda oleh dokter estetika yang berpengalaman.

2. Microdermabrasi

Microdermabrasi adalah teknik pengelupasan kulit non-invasif yang membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru yang lebih sehat. Perawatan ini bermanfaat untuk mengurangi penampilan bekas luka yang dangkal serta meningkatkan tekstur kulit. Selain itu, Microdermabrasi juga dapat meningkatkan penyerapan produk perawatan kulit sehingga lebih efektif.

3. Morpheus8

Morpheus8 merupakan perawatan inovatif yang menggabungkan teknik microneedling dengan energi radiofrekuensi untuk menargetkan lapisan dalam kulit. Perawatan ini dapat membantu merangsang pembentukan kolagen dan mampu secara efektif meningkatkan kualitas kulit, mengurangi bekas luka, serta memperbaiki elastisitas dan ketegangan kulit. Morpheus8 terutama direkomendasikan untuk bekas luka yang lebih dalam dan daerah kulit yang memerlukan regenerasi intensif.

Baca Juga: Mengenal Perbedaan Milia dan Syringoma: Penyebab dan Cara Mengatasinya

4. Subsisi

Subsisi adalah tindakan medis yang bertujuan mengurangi bekas luka atrofik, seperti bekas jerawat yang menonjol. Dalam prosedur ini, dokter akan memisahkan jaringan parut dari lapisan bawah kulit, sehingga memungkinkan area bekas luka untuk terangkat dan menjadi lebih rata dengan permukaan kulit sekitarnya. Subsisi sering kali dilakukan bersamaan dengan perawatan lainnya untuk mencapai hasil yang lebih optimal.

5. Eksisi

Untuk bekas luka yang sangat dalam atau sulit dihilangkan dengan perawatan lain, eksisi bisa menjadi pilihan. Eksisi sendiri merupakan salah satu prosedur bedah di mana bekas luka akan diangkat dan kulit disatukan kembali dengan jahitan yang rapi. Setelah proses penyembuhan, bekas luka biasanya menjadi kurang mencolok dan lebih mudah ditutupi atau diatasi dengan perawatan tambahan.

Sebelum menjalani salah satu perawatan ini, penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter estetika di Plasthetic Clinic untuk mendapatkan evaluasi menyeluruh tentang kondisi kulit Anda dan rekomendasi perawatan yang sesuai. Selain itu, konsultasi juga dapat membantu Anda dalam memahami risiko dan efek samping yang mungkin timbul.

Setiap perawatan di Plasthetic Clinic akan disesuaikan sesuai dengan kebutuhan individu, untuk memberikan hasil terbaik dalam mengurangi bekas luka di wajah yang sudah lama. Untuk konsultasi, Anda dapat mengunjungi Plasthetic Clinic terdekat di kota Anda atau menghubungi tim kami di sini. Semoga informasi mengenai cara menghilangkan bekas luka di wajah yang sudah lama di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

Ditinjau oleh: dr. Caecilia Linda

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

fungsi-niacinamide-untuk-wajah

9 Fungsi Niacinamide Untuk Wajah

Read More
proses-veneer-gigi

Lebih Dekat dengan Proses Veneer Gigi Agar Gigi Tampak Berkilau, Baca Selengkapnya!

Read More
bagaimana cara agar pipi tidak kempot?

Bagaimana Cara Agar Pipi Tidak Kempot? Coba 6 Treatment Ini

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!