4 Cara Menghilangkan Gigi Hitam Secara Alami

cara menghilangkan gigi hitam secara alami

4 Cara Menghilangkan Gigi Hitam Secara Alami

Di Tinjau oleh Dokter

Gigi yang putih dan bersinar tentu menjadi impian bagi setiap orang dalam menjaga penampilan dan kepercayaan diri. Namun, terkadang masalah estetika seperti gigi hitam dapat mengganggu kepercayaan diri seseorang. Gigi hitam sendiri merupakan sebuah kondisi di mana gigi memiliki warna gelap atau cenderung kehitaman, yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Pada artikel kali ini, kami akan membantu Anda untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan penyebab gigi menghitam, bagaimana cara menghilangkan gigi hitam secara alami, hingga perawatan apa saja yang direkomendasikan oleh dokter gigi mengenai gigi yang menghitam. Langsung saja simak artikel berikut ini sampai tuntas ya! 

Apa Itu Gigi Menghitam?

Gigi hitam atau gigi yang berubah warna menjadi gelap adalah kondisi di mana permukaan gigi mengalami perubahan warna menjadi lebih gelap dari warna normalnya. Hal Ini biasanya dapat terjadi pada satu gigi maupun beberapa gigi sekaligus. Penyebab utama dari gigi yang menghitam sendiri adalah karena adanya perubahan pada lapisan luar gigi yang disebut enamel dan perubahan di dalam struktur gigi yang disebut dentin.

Apa Saja Penyebab Gigi Hitam?

Selain penyebab utama gigi menghitam yang sudah disebutkan di atas, terdapat juga beberapa faktor yang dapat menyebabkan gigi menjadi hitam, berikut di antaranya.

1. Pigmen dari Makanan dan Minuman

Jika Anda mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung pigmen seperti kopi, teh, anggur merah, hingga coklat secara berlebihan, maka hal tersebut dapat menyebabkan noda pada permukaan gigi.

2. Kebiasaan Merokok

Merokok adalah salah satu penyebab utama perubahan warna pada gigi. Zat-zat kimia dalam rokok dapat menembus enamel dan menyebabkan gigi menjadi gelap.

3. Penuaan Alami

Seiring bertambahnya usia, enamel gigi akan cenderung menjadi lebih tipis yang dapat menyebabkan lapisan dentin berubah warna menjadi lebih gelap.

4. Trauma

Cedera atau trauma pada gigi tentunya dapat menjadi menyebabkan perubahan warna pada gigi yang berlangsung seiring dengan berjalannya waktu.

5. Penggunaan Antibiotik

Penggunaan antibiotik, seperti tetracycline, yang dikonsumsi selama masa pertumbuhan gigi dapat menyebabkan perubahan warna permanen pada gigi.

Jika Anda mengalami gigi hitam dan merasa khawatir, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. Nantinya dokter dapat mengevaluasi kondisi Anda dan memberikan saran atau perawatan yang sesuai.

Baca Juga: 7 Pantangan Makanan Sakit Gigi Berlubang yang Perlu Diketahui

Bagaimana Cara Menghilangkan Gigi Hitam Secara Alami?

Meskipun terdapat banyak produk pemutihan gigi di pasaran, terdapat juga beberapa cara alami yang dapat membantu menghilangkan gigi hitam atau setidaknya mengurangi kegelapannya. Namun, penting juga untuk Anda ketahui, bahwa hasil tersebut mungkin akan berbeda-beda tergantung pada kondisi gigi masing-masing individu. 

Adapun beberapa metode dan cara menghilangkan gigi hitam secara alami yang dapat teman Plasthetic ketahui, di antaranya adalah sebagai berikut. 

1. Sikat Gigi Rutin

Cara menghilangkan gigi hitam secara alami yang pertama adalah dengan menyikat gigi setidaknya dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung bahan pemutih, seperti peroksida. Dengan melakukan cara ini secara rutin, maka Anda dapat mencegah maupun menghilangkan noda hitam pada gigi. 

2. Penggunaan Baking Soda

Baking soda memiliki sifat abrasif ringan yang dapat membantu menghilangkan noda pada gigi. Dalam melakukan cara ini, teman Plasthetic dapat mencampurkan sedikit baking soda dengan air untuk membuat pasta dan gosok gigi dengan lembut.

3. Konsumsi Buah-buahan dan Sayuran

Mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran seperti buah stroberi dan sayuran seledri ternyata dapat membantu Anda dalam membersihkan permukaan gigi secara alami.

4. Pantangan Makanan dan Minuman

Selain melakukan cara-cara di atas, Anda juga harus bisa untuk mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung pigmen, seperti kopi, teh, dan anggur merah. Karena, makanan dan minuman tersebut akan berpotensi untuk dapat menyebabkan gigi Anda menjadi hitam, lho teman Plasthetic.

Banner Plastic Dentist

Baca Juga: Polishing Gigi: Prosedur dan Perbedaannya dengan Scaling

Rekomendasi Perawatan Menghilangkan Gigi Hitam dari Plasthetic Clinic

perawatan menghilangkan gigi hitam
Source: freepik.com

Jika gigi hitam yang Anda miliki semakin mengganggu kepercayaan diri Anda, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk melakukan konsultasi dengan dokter gigi. Berikut ini adalah tindakan yang di rekomendasikan Plasthetic Clinic untuk Anda yang mempunyai noda gelap pada gigi, yaitu Veneer Gigi.

Veneer gigi, juga dikenal sebagai veneer gigi tiruan atau laminat gigi, adalah lembaran tipis yang terbuat dari bahan porselen atau resin komposit yang dirancang khusus untuk menutupi permukaan depan gigi yang terlihat. Tujuan utama dari prosedur veneer gigi adalah untuk meningkatkan penampilan gigi dengan cara memperbaiki warna, bentuk, ukuran, atau tampilan gigi yang rusak atau tidak estetis.

Nah, itu dia penjelasan mengenai cara menghilangkan gigi hitam secara alami, ya teman Plasthetic. Dari penjelasan di atas, memang terdapat beberapa cara alami yang dapat dicoba untuk menghilangkan atau mengurangi gigi hitam. Tetapi, jika hasilnya tidak memuaskan, sebaiknya Anda langsung melakukan konsultasi dengan dokter gigi untuk perawatan yang lebih profesional dan efektif. Ingatlah bahwa menjaga kebersihan dan kesehatan gigi secara keseluruhan sangat penting untuk mencegah masalah gigi di masa depan.

Eits, selain itu jangan lupa juga untuk berkunjung ke Plasthetic Clinic Cabang Semarang, ya teman Plasthetic. Jangan sampai terlewatkan kesempatan untuk menikmati berbagai layanan fasilitas kecantikan dan kesehatan serta promo menarik yang telah kami siapkan untuk Anda. 

Baca Juga: Ketahui 6 Cara Merapikan Gigi yang Renggang

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

*Semua yang tertulis di website memungkinkan terjadi perbedaan dari segi proses, resiko, komplikasi, dan hasil bagi setiap individu dan konsultasikan dulu kepada ahlinya.

Di Tinjau Oleh:

Tim Plasthetic Clinic Aceh

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

Kenali Electrocauter: Pengertian, Prosedur dan Risikonya

Read More

Cari Tahu Penyebab Wajah Tidak Simetris dan Cara Membuatnya Simetris

Read More

Cari Tahu 3 Fungsi Veneer Gigi di Sini!

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!