Jangan Khawatir! Ini Dia Cara Jitu Atasi Stertch Mark Pada Tubuh!

Jangan Khawatir! Ini Dia Cara Jitu Atasi Stertch Mark Pada Tubuh!

Di Tinjau oleh Dokter

Stretch mark yang muncul di bagian tubuh tertentu dapat mengganggu dan mempengaruhi penampilan diri, baik itu untuk ibu hamil maupun seseorang yang melakukan diet ketat. Tapi jangan khawatir, ada berbagai perawatan kulit yang bisa kamu coba untuk menghilangkannya. Simak selengkapnya!

Apa Itu Stretch Mark?

Stretch mark merupakan bekas luka pada kulit yang biasanya muncul di area tubuh yang lebih banyak mengandung lemak, seperti paha, perut, lengan atas, dan bokong. Stretch mark muncul ketika tubuh tumbuh lebih cepat dari pertumbuhan kulit. 

Dari sudut pandang medis, stretch mark disebabkan oleh rusaknya jaringan elastis di lapisan dalam kulit dan disertai dengan peradangan. Kondisi ini akhirnya menyebabkan bekas luka yang terlihat pada kulit bagian terluar.

Baca Juga: Apa Saja Jenis Milia dan Bagaimana Cara Yang Tepat Untuk Menghilangkan Milia? Cari Tahu Disini!

Apakah Stretch Mark Bisa Hilang dengan Sendirinya?

Beberapa orang kehilangan kepercayaan diri karena munculnya stretch mark. Terutama jika ukurannya besar atau di area yang sangat terlihat seperti leher, lengan, dan betis. Oleh karena itu, ada berbagai cara yang bisa dicoba untuk menghilangkan stretch mark. 

Akan tetapi, stretch mark merupakan kondisi kulit yang tidak bisa dihilangkan sepenuhnya. Kabar baiknya adalah ada banyak cara untuk memudarkan stretch mark. Perawatan yang ideal adalah memberikan nutrisi dan perawatan kulit baik di dalam maupun di luar. 

Namun, seperti banyak kondisi kulit lainnya, dibutuhkan waktu dan ketekunan untuk memperbaiki tampilan kulit yang mengalami stretch mark. Stretch mark sebenarnya tidak berbahaya dan dapat hilang seiring waktu, jadi tidak diperlukan perawatan khusus. Namun, jika karena alasan tertentu  apada saat mengalami stretch mark, tentunya anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit.

Baca Juga: Kenali Serba Serbi Mengenai Otoplasty: Pengertian, Prosedur, Manfaat, dan Faktor Risikonya

Bagaimana Cara Menghilangkan Stretch Mark di Tubuh?

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan atau meminimalkan stretch mark, yaitu:

1. Tummy Tuck

Tummy tuck atau abdomino plastic adalah operasi untuk menghilangkan kelebihan kulit dan lemak dari perut di bawah pusar dan memposisikan kembali pusar untuk membungkus otot perut. dan mengencangkan pembungkus otot perut  agar perut menjadi lebih kencang dan lebih rata.

Tummy tack dapat mengurangi kendur perut dan menghilangkan (stretch mark) di bawah pusar.

2. Laser

Treatment laser adalah pilihan untuk menghilangkan stretch mark. Dalam prosedurnya, laser menembus kulit dan memicu regenerasi. Ini merangsang jaringan di sekitar stretch mark anda dan sembuh lebih cepat. 

Treatment ini dapat merangsang produksi melanin di daerah yang terkena dan mengaktifkan sel-sel pigmen di kulit. Hal ini memungkinkan stretch mark untuk berbaur dengan warna kulit normal Anda.  Treatment ini efektif, tetapi membutuhkan beberapa sesi untuk melihat hasilnya.

Baca Juga: Kenali Macam-Macam Jerawat dan Cari Tahu Cara Menaganinya

3. Plasma Nourish

Treatment plasma nourish dapat menghilangkan stretch mark lebih cepat. Fitur pengobatan  ini adalah dengan menggunakan bahwa darah diambil dari pasien dan diproses menjadi plasma darah kaya akan trombosit. Hal ini berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen, mempercepat proses penyembuhan luka dan meningkatkan elastisitas kulit. Oleh karena itu, dapat memecah lemak dalam tubuh.

Terakhir, mencegah lebih baik daripada mengobati. anda dapat mencegah stretch mark pada remaja dengan minum lebih banyak air, makan makanan bergizi, dan berolahraga secara teratur. 

Jika karena alasan tertentu anda khawatir tentang stretch mark, konsultasikan dengan dokter yang berpengalaman. Plasthetic Clinic merupakan salah satu klinik kecantikan bersertifikasi yang bisa menjadi pilihan Anda untuk mengatasi hal ini. Konsultasikan masalah Anda bersama dr Vania Aramita Sari, SpBP-RE dari Plasthetic Clinic sekarang juga!

Di Review Oleh:

dr Vania Aramita Sari

*Proses, risiko, komplikasi, dan hasil bisa berbeda setiap individu dan konsultasikan dulu kepada ahlinya.

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

5 Pantangan Setelah Transfer Lemak dan Cara Merawatnya

Read More
high-angle-hands-wearing-protective-gloves

Begini Cara Menghilangkan Kutil dengan Perawatan Terbaik!

Read More
brow lift adalah

Brow Lift: Pengertian, Prosedur dan Efek Sampingnya

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!