Apakah Eksfoliasi Aman Untuk Kulit Berjerawat?

apakah-eksfoliasi-aman-untuk-kulit-berjerawat

Apakah Eksfoliasi Aman Untuk Kulit Berjerawat?

Di Tinjau oleh Dokter

Eksfoliasi menjadi salah satu langkah yang penting dalam melakukan rutinitas perawatan kulit. Proses eksfoliasi sendiri melibatkan pengangkatan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit wajah yang dapat menghadirkan berbagai manfaat, seperti membuat kulit wajah menjadi lebih cerah dan memperhalus tekstur kulit. Namun, bagi individu yang memiliki kulit berjerawat, mungkin akan bertanya-tanya mengenai “apakah eksfoliasi aman untuk kulit berjerawat?”. Untuk mendapatkan jawabannya, Anda dapat membaca artikel dari Plasthetic Clinic berikut ini hingga selesai!

Apa Saja Manfaat Eksfoliasi untuk Kulit Wajah?

Melakukan proses eksfoliasi tidak hanya berguna dalam mengangkat sel kulit mati, tetapi juga memberikan berbagai manfaat lainnya yang baik bagi kesehatan kulit wajah Anda. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika melakukan eksfoliasi wajah secara rutin.

1. Mencegah Munculnya Jerawat

Eksfoliasi bermanfaat untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori kulit wajah. Jika pori-pori kulit wajah bersih dari segala kotoran, maka risiko pembentukan jerawat di lapisan kulit wajah dapat berkurang.

2. Meratakan Warna Kulit

Proses eksfoliasi juga dapat berkontribusi dalam meratakan warna kulit wajah Anda. Ini terjadi karena sel-sel kulit mati pada lapisan kulit wajah telah terangkat dengan baik. Hasilnya, warna kulit Anda menjadi lebih rata dan memberikan tampilan kulit wajah yang tampak lebih sehat dan cerah.. 

3. Membantu Proses Regenerasi Sel

Proses eksfoliasi juga berperan dalam merangsang regenerasi kulit dengan menghilangkan sel-sel kulit mati di lapisan terluar. Hal ini memungkinkan pertumbuhan sel kulit baru yang lebih sehat, sehingga meningkatkan kualitas dan penampilan kulit secara keseluruhan.

4. Mencegah Penyumbatan Pori-pori

Melakukan eksfoliasi terbukti efektif dalam membersihkan pori-pori yang tersumbat oleh kelebihan sebum, kotoran, dan sel-sel kulit mati. Proses ini juga dinilai penting dalam mencegah pembentukan komedo dan jerawat baru.

5. Membuat Produk Skincare Diserap Baik oleh Kulit

Dengan mengangkat lapisan kulit mati yang dapat menghalangi proses penyerapan produk skincare, eksfoliasi dapat memungkinkan produk perawatan kulit berikutnya, seperti serum dan pelembap, untuk menyerap lebih dalam dan bekerja dengan lebih efektif.

Baca Juga: Bagaimana Cara Eksfoliasi untuk Pemula? Ini 5 Langkah-langkahnya

Apakah Eksfoliasi Aman untuk Kulit Berjerawat?

Lalu, apakah eksfoliasi aman untuk kulit berjerawat? Jika dilihat melalui manfaat eksfoliasi untuk kulit wajah, Anda dapat menyadari bahwa proses eksfoliasi dapat membantu kulit wajah dalam membersihkan pori-pori wajah dari kotoran yang dapat menyumbatnya. Dengan kondisi pori-pori wajah yang bersih, maka kemungkinan jerawat untuk muncul juga akan berkurang.

Proses eksfoliasi kulit wajah sendiri aman untuk dilakukan oleh seluruh jenis kulit, termasuk  kulit yang rentan terhadap jerawat. Namun, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat melakukan proses eksfoliasi, terutama jika Anda sedang memiliki jerawat yang sedang meradang. Ini meliputi menghindari produk eksfoliasi berbahan scrub dan memilih produk chemical exfoliation atau eksfoliasi kimia.

Selain itu, Anda juga sebaiknya tidak melakukan eksfoliasi secara berlebihan atau terlalu sering, karena hal tersebut dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kering, memicu produksi minyak berlebih, dan bahkan dapat memperburuk masalah jerawat.

Banner Plastic Aesthetic

Bagaimana Tips Melakukan Eksfoliasi yang Aman?

Eksfoliasi merupakan langkah yang penting dalam perawatan kulit untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk. Akan tetapi, jika eksfoliasi tidak dilakukan dengan benar, maka proses ini dapat berpotensi untuk merusak kulit Anda. Berikut ini adalah beberapa tips untuk melakukan eksfoliasi secara aman dan efektif.

1. Membersihkan Wajah Sebelum Melakukan Eksfoliasi

Langkah pertama yang penting untuk Anda lakukan sebelum melakukan eksfoliasi adalah dengan membersihkan wajah secara lembut. Gunakanlah pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda untuk menghilangkan segala kotoran, minyak, dan makeup yang menempel di permukaan kulit.

Baca Juga: Apakah Wajah Kusam Bisa Hilang? Simak Di Sini!

2. Menggunakan Produk Gentle Exfoliating

Penting juga bagi Anda untuk memilih produk eksfoliasi yang lembut dan sesuai dengan jenis kulit Anda. Produk eksfoliasi biasanya mengandung bahan seperti AHA, BHA, atau partikel kecil untuk eksfoliasi fisik. Pastikan produk yang Anda pilih memiliki konsentrasi yang tepat dan tidak terlalu kuat agar tidak merusak kulit.

3. Melakukan Eksfoliasi Wajah dengan Lembut

Saat mengaplikasikan produk eksfoliasi, lakukanlah dengan gerakan lembut dan memutar. Hindari pula menggosok kulit wajah terlalu keras untuk menghindari terjadinya iritasi pada kulit. Selain itu, hindari pula untuk melakukan eksfoliasi lebih dari dua kali dalam seminggu, terutama jika Anda memiliki kulit yang sensitif. Sebab, hal ini dapat membuat kulit Anda menjadi kering dan dan lebih sensitif.

4. Mengaplikasikan Pelembap Setelah Eksfoliasi

Setelah melakukan eksfoliasi, kulit wajah Anda akan lebih rentan terhadap kekeringan. Oleh karena itu, sangat penting untuk segera menggunakan pelembap wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Penggunaan pelembap sendiri dapat membantu menjaga tingkat kelembapan kulit dan mengurangi risiko terjadinya iritasi.

5. Memakai Sunscreen

Eksfoliasi dapat membuat kulit Anda menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari, sehingga sangat penting untuk menggunakan sunscreen setiap pagi, bahkan saat cuaca mendung, setelah melakukan eksfoliasi pada malam sebelumnya. Pastikan Anda menggunakan sunscreen dengan SPF yang cukup tinggi untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV.

Rekomendasi Perawatan Eksfoliasi Wajah dari Plasthetic Clinic

Rekomendasi Perawatan Eksfoliasi Wajah
Source: envanto.com

Melakukan perawatan kulit bukan hanya sebagai langkah kecantikan, melainkan juga sebagai bentuk penghargaan terhadap diri sendiri dalam mendapatkan kulit yang sehat. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi perawatan eksfoliasi wajah yang dapat Anda lakukan di Plasthetic Clinic.

1. Microbubble Exfoliation

Microbubble Exfoliation merupakan perawatan yang efektif dalam mengangkat sel kulit mati dan kotoran di permukaan kulit wajah secara lembut, memberikan pembersihan yang mendalam tanpa menyebabkan iritasi. Selain itu, perawatan satu ini juga bertujuan untuk mencerahkan kulit wajah, meningkatkan produksi kolagen, serta untuk memberikan kelembapan pada kulit wajah.

Baca Juga: 8 Penyebab Komedo di Hidung dan Cara Mengatasinya

2. Premium Glow 

Premium Glow adalah perawatan eksklusif yang dirancang khusus untuk memberikan kilau alami pada wajah. Dengan menggunakan kombinasi bahan-bahan yang berkualitas, perawatan ini tidak hanya bertujuan dalam menghilangkan sel kulit mati dari wajah, tetapi juga memberikan nutrisi kepada kulit, meremajakan, mencerahkan, dan memperbaiki tekstur kulit.

3. Glow Peel

Glow Peel adalah perawatan yang lebih lembut dibandingkan dengan Premium Glow. Perawatan ini melibatkan penggunaan peeling ringan yang efektif dalam mengangkat sel kulit mati tanpa menimbulkan iritasi yang berlebihan. Perawatan ini cocok untuk dilakukan pada semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif, dengan memberikan efek eksfoliasi yang halus namun efektif. 

Untuk mendapatkan kulit yang cerah dan bebas dari jerawat, diperlukan perawatan eksfoliasi untuk mengangkat segala kotoran yang menumpuk di pori-pori wajah. Selain melakukan perawatan eksfoliasi di rumah, Anda juga dapat menjalani perawatan eksfoliasi di klinik kecantikan, seperti di Plasthetic Clinic, untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Namun, sebelum memulai perawatan, konsultasikan permasalahan Anda terlebih dahulu dengan dokter yang terkait. Konsultasi ini penting agar dokter dapat mengevaluasi kondisi kulit Anda dan memberikan perawatan yang sesuai. 

Selain itu, melalui konsultasi, Anda dapat memahami risiko dan efek samping yang mungkin timbul setelah perawatan. Untuk konsultasi, Anda dapat mengunjungi Plasthetic Clinic terdekat di kota Anda atau langsung menghubungi tim kami di sini.

Semoga informasi mengenai apakah eksfoliasi aman untuk kulit berjerawat di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

Ditinjau Oleh: dr Susan Arlya

Sumber:

  • https://www.merdeka.com/gaya/kulit-berjerawat-boleh-eksfoliasi-kata-dokter-kulit-begini-aturan-mainnya.html 
  • https://www.garnier.co.id/tips-dan-trick/perawatan-wajah-wanita/jangan-sembarang-ini-cara-exfoliating-wajah-yang-aman 
  • https://www.okadoc.com/id-id/blog/kecantikan/tips-dan-cara-eksfoliasi-wajah 
web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

tempat-facial-jkt-2-2048x2048

Tempat Facial yang Bagus di Jakarta, Aman dan Nyaman!

Read More
perbedaan-chemical-peeling-dan-physical-peeling

Kenali 5 Perbedaan Chemical Peeling dan Physical Peeling

Read More

Cara Menghilangkan Bulu Ketiak dengan Cepat

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!