8 Penyebab Komedo di Hidung dan Cara Mengatasinya

penyebab komedo di hidung

8 Penyebab Komedo di Hidung dan Cara Mengatasinya

Di Tinjau oleh Dokter

Salah satu permasalahan kesehatan kulit wajah yang umumnya dialami oleh setiap individu adalah kemunculan komedo, baik blackheads (komedo terbuka) maupun whiteheads (komedo tertutup) di hidung. Penyebab komedo di hidung sendiri dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah karena adanya penyumbatan pada folikel rambut dan pori-pori yang berasal dari penumpukan sel kulit mati, bakteri, dan minyak. 

Selain karena pori-pori yang tersumbat, kemunculan komedo juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor lainnya. Pada artikel kali ini, Plasthetic Clinic akan mengajak Anda untuk mengetahui lebih jauh mengenai faktor apa saja yang bisa menyebabkan komedo di hidung muncul hingga bagaimana cara menghilangkan komedo di hidung. Untuk mengetahuinya, langsung saja simak penjelasan di bawah ini hingga tuntas ya!

Apa Saja Penyebab Komedo di Hidung?

Hidung adalah salah satu area di wajah yang cenderung memiliki konsentrasi minyak yang lebih tinggi. Hal inilah yang membuat komedo sering muncul pada hidung. Salah satu penyebab utama kemunculan komedo di hidung adalah karena pori-pori wajah yang tersumbat. 

Selain itu, terdapat juga beberapa penyebab komedo di hidung lainnya yang dapat Anda ketahui, berikut di antaranya. 

1. Tidak Membersihkan Wajah dengan Baik dan Benar

Apakah Anda seringkali tidak membersihkan wajah dengan baik dan benar setelah beraktivitas di luar rumah? Jika iya, maka hal ini bisa menjadi penyebab munculnya komedo di hidung Anda. 

Kondisi wajah yang kotor setelah terpapar debu, kotoran, dan makeup dapat menyumbat pori-pori kulit wajah, yang pada akhirnya bisa menyebabkan munculnya komedo di hidung. 

2. Penumpukan Minyak dan Sel Kulit Mati

Kemunculan komedo di hidung juga bisa disebabkan oleh penumpukan minyak dan sel kulit mati di dalam pori-pori kulit wajah. Jika dibandingkan dengan area kulit wajah lainnya, pori-pori di hidung cenderung lebih besar dan lebih terbuka. Kondisi inilah yang membuat area hidung lebih rentan terhadap penumpukan minyak dan sel-sel kulit mati yang bisa mengakibatkan munculnya komedo.

3. Penggunaan Produk Skincare yang Tidak Tepat

Penggunaan produk skincare yang tidak sesuai dengan jenis kulit wajah Anda dapat memicu munculnya komedo di area hidung. Produk yang terlalu berat atau yang mengandung bahan-bahan comedogenic, seperti minyak mineral, dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori di kulit wajah yang bisa menyebabkan kemunculan komedo.

4. Paparan Polusi dan Debu

Paparan polusi dan debu yang berlebihan juga dapat menjadi penyebab komedo di hidung. Partikel-partikel polusi dan debu dapat menempel di kulit wajah dan dapat meningkatkan beban pori-pori, dan akhirnya menyebabkan penumpukan serta pembentukan komedo di area hidung. 

5. Perubahan Hormon

Perubahan hormon, seperti yang terjadi selama masa remaja atau kehamilan, dapat memicu peningkatan produksi minyak kulit. Hal ini dapat menjadi penyebab munculnya komedo, termasuk di area hidung. 

6. Mengonsumsi Makanan Berlemak Secara Berlebihan

Makanan yang kaya lemak, seperti produk olahan susu, makanan cepat saji, daging merah, makanan yang diawetkan, dan makanan kemasan, dapat meningkatkan produksi lemak jahat dalam tubuh. Hal ini berdampak pada peningkatan produksi minyak pada wajah dan dapat menyebabkan pori-pori tersumbat oleh minyak berlebihan, yang pada gilirannya dapat menyebabkan kemunculan komedo di hidung.

7. Faktor Genetik

Faktor genetik juga berperan penting dalam kemunculan komedo di hidung. Sebab, genetik dapat memengaruhi produksi minyak oleh kelenjar minyak di dalam pori-pori kulit wajah. Jika orang tua atau keluarga Anda memiliki kondisi wajah yang memproduksi minyak berlebih, maka kemungkinan Anda juga rentan memiliki kondisi wajah yang berminyak dan rentan terhadap munculnya komedo di kulit wajah.

8. Stres

Kondisi tubuh yang stres juga dapat memicu kemunculan komedo di area hidung secara berlebihan. Hal ini dikarenakan, kondisi stres dapat merangsang kelenjar minyak pada kulit untuk menghasilkan lebih banyak minyak. Kondisi minyak berlebih ini dapat menyumbat pori-pori kulit wajah dan menyebabkan kemunculan komedo di hidung. 

Baca Juga: 8 Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Pipi

Bagaimana Cara Menghilangkan Komedo di Hidung?

Jika Anda memiliki kondisi pori-pori yang tersumbat sehingga memunculkan banyak komedo di hidung, maka Anda bisa mengikuti beberapa cara menghilangkan komedo di hidung seperti berikut ini. 

1. Menjaga Kebersihan Kulit Wajah

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan dalam menghilangkan komedo di hidung adalah dengan menjaga kebersihan kulit wajah dengan baik dan benar. Rutin membersihkan wajah dengan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit yang Anda miliki menjadi kunci utama dalam melakukan langkah ini. Pastikan juga bagi Anda untuk selalu membersihkan wajah setelah beraktivitas di luar ruangan.

2. Eksfoliasi

Melakukan eksfoliasi secara rutin juga dapat membantu Anda dalam menghilangkan komedo di area hidung. Proses eksfoliasi sendiri bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan segala sisa kotoran di wajah yang tidak bisa dihilangkan melalui proses lainnya. 

3. Menggunakan Pelembap Non-Comedogenic

Dalam menangani permasalahan komedo, penting bagi Anda untuk memilih produk perawatan kulit, seperti pelembap wajah yang bersifat non-comedogenic. Sebab, produk yang non-comedogenic tidak akan menyumbat pori-pori kulit wajah Anda dan akan tetap menjaga tingkat kelembapan kulit wajah Anda. 

4. Menghindari Memencet Komedo

Saat Anda melihat komedo di hidung, terkadang Anda merasa tergoda untuk memencetnya. Namun, disarankan untuk menghindari kebiasaan memencet komedo. Karena, memencet komedo dapat menyebabkan peradangan hingga infeksi, dan dapat meninggalkan bekas luka. 

Baca Juga: 5 Penyebab Pori-pori Wajah Membesar serta Cara Mengatasinya

Banner Plastic Aesthetic

Rekomendasi Perawatan Menghilangkan Komedo di Hidung dari Plasthetic Clinic

Perawatan Menghilangkan Komedo di Hidung
Source: freepik.com

Selain melakukan cara menghilangkan komedo di hidung, seperti yang sudah dijelaskan di atas, Anda juga bisa melakukan perawatan yang memang bertujuan untuk menghilangkan komedo di hidung. 

Melakukan perawatan yang bertujuan untuk menghilangkan komedo di hidung sendiri dinilai menjadi salah satu cara yang efektif dalam mengangkat dan menghilangkan komedo dengan mudah dan tanpa rasa sakit.

Perawatan menghilangkan komedo di hidung sendiri bisa Anda lakukan melalui beberapa perawatan di Plasthetic Clinic, berikut di antaranya. 

1. Facial 

Facial adalah perawatan wajah yang dapat membantu Anda dalam membersihkan kulit wajah secara mendalam. Perawatan Facial sendiri bertujuan untuk membersihkan, melembapkan, serta mencerahkan kulit wajah. 

Salah satu prosedur yang akan dilakukan pada perawatan Facial adalah ekstraksi, yang dapat memungkinkan segala kotoran dan komedo yang menumpuk di pori-pori di wajah terangkat secara sempurna. 

2. Premium Glow

Premium Glow adalah treatment kecantikan yang memiliki tujuan dalam mengangkat sel kulit mati, meremajakan, mencerahkan, dan memperbaiki tekstur kulit wajah. Perawatan satu ini dirancang khusus untuk memberikan kilau alami pada kulit wajah Anda. 

Dengan proses peeling yang menjadi salah satu prosedur perawatannya, Premium Glow dapat membantu Anda dalam menghilangkan komedo di hidung secara efektif. 

Baca Juga: Ketahui 8 Cara Menghilangkan Kulit Bertekstur dengan Baik dan Benar

3. Laser Fractional

Selain kedua perawatan facial di atas, Anda juga bisa melakukan perawatan Laser Fractional yang dinilai efektif dalam memperbaiki tekstur kulit yang rusak. Perawatan Laser Fractional sendiri akan dilakukan dengan bantuan teknologi laser CO2 yang dapat mengatasi berbagai permasalahan wajah, seperti hiperpigmentasi, peremajaan kulit, scar jerawat, hingga mengecilkan tampilan pori-pori di kulit wajah.

Nah, itulah penjelasan mengenai penyebab komedo di hidung yang dapat Anda ketahui. Dari penjelasan di atas, tentu Anda sudah mengetahui bahwa salah satu faktor utama munculnya komedo di hidung adalah karena pori-pori yang tersumbat. 

Salah satu cara yang efektif dalam menghilangkan komedo di hidung adalah dengan melakukan perawatan kecantikan secara berkala. Tidak hanya berfungsi untuk menghilangkan komedo di hidung dan mengangkat segala sisa kotoran di kulit wajah, melakukan perawatan kecantikan secara berkala juga dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan kulit wajah.

Namun, sebelum Anda melakukan perawatan wajah, pastikan bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter yang terkait terlebih dahulu agar mengetahui prosedur, risiko, hingga efek samping yang mungkin muncul setelah proses perawatan berlangsung.

Untuk melakukan konsultasi, Anda bisa langsung mengunjungi Plasthetic Clinic terdekat di kota Anda atau dengan menghubungi tim kami di sini. Semoga informasi mengenai penyebab komedo di hidung yang sudah dijelaskan di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

Ditinjau Oleh: dr. Nadya Arini Puspasari

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

rambut-rontok

5 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya!

Read More
pantangan filler dagu

Pahami 8 Pantangan Filler Dagu yang Harus Diperhatikan

Read More
manfaat microneedling

Mengenal 9 Manfaat Microneedling, Prosedur, dan Risiko Efek Sampingnya

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!