Mengenal Manfaat Ultherapy dan Prosedurnya

manfaat ultherapy

Mengenal Manfaat Ultherapy dan Prosedurnya

Di Tinjau oleh Dokter

Dengan adanya kemajuan teknologi yang semakin pesat, saat ini, terdapat berbagai jenis inovasi perawatan kulit wajah non-bedah yang semakin canggih guna membantu Anda dalam mendapatkan kulit wajah yang cerah, bersih, dan bersinar. Adapun salah satu alat kecantikan yang dapat membantu Anda dalam mendapatkan kulit wajah yang seri dan bersinar, yaitu perawatan ultherapy. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai apa itu ultherapy, manfaat ultherapy, hingga prosedur perawatan satu ini, langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Ultherapy?

Sebelum mengetahui manfaat ultherapy, Anda perlu berkenalan dengan alat canggih satu ini terlebih dahulu. Ultherapy adalah salah satu inovasi kecantikan yang sudah mendapatkan persetujuan dari FDA (Food and Drug Administration) Amerika Serikat pada tahun 2009 dengan memanfaatkan teknologi MFU (Micro Focused Ultrasound) yang berfungsi untuk mengencangkan dan mengangkat kulit kendur tanpa melakukan prosedur operasi secara non-invasif. 

Teknologi MFU yang terdapat di alat ini mampu menghantarkan panas hingga ke titik SMAS (Superficial Musculoaponeurotic System) layer sedalam 4,5mm yang dapat membantu proses pertumbuhan kolagen di lapisan kulit tanpa merusak lapisan atau struktur kulit di sekitarnya. SMAS layer sendiri merupakan sebuah lapisan di dalam kulit yang menghubungkan otot dengan struktur kulit seperti dermis dan epidermis. 

Selain ultherapy treatment, terdapat juga alat HIFU (High-Intensity Focused Ultrasonic) dengan fungsi yang hampir sama dengan ultherapy, yaitu sama-sama berfungsi untuk meningkatkan kolagen, mengecilkan pori-pori, memperbaiki tekstur kulit, serta mengurangi garis halus atau kerutan.

Namun, kedua alat ini nyatanya juga memiliki beberapa perbedaan yang mendasar, salah satu perbedaannya terletak pada jenis teknologi yang digunakan. Alat ultherapy sendiri menggunakan energi ultrasound mikro dalam melakukan perawatan, sedangkan, alat HIFU menggunakan energi ultrasound dengan intensitas yang tinggi. 

Baca Juga: Tummy Tuck Adalah: Kriteria, Prosedur dan Efek Sampingnya

Apa Saja Manfaat Ultherapy?

Setelah berkenalan dengan alat ultherapy, maka hal selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah manfaat perawatan kecantikan ultherapy, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut. 

  • Membuat wajah terlihat lebih tirus
  • Meningkatkan produksi kolagen dan elastisitas kulit
  • Membantu memperbaiki garis halus atau keriput
  • Mengencangkan rahang yang bergelambir
  • Menaikkan pipi yang terlihat turun atau kendur
  • Mengangkat dan mengencangkan kulit

Banner Plastic Aesthetic

Bagaimana Prosedur Perawatan Ultherapy?

Jika Anda hendak melakukan metode perawatan ultherapy, maka akan terdapat beberapa prosedur yang harus Anda lalui terlebih dahulu. Prosedur pertama yang harus Anda lakukan sebelum memulai perawatan ultherapy adalah dengan melakukan konsultasi bersama dokter yang terkait. Proses konsultasi ini sendiri bersifat wajib untuk Anda lakukan, karena akan membantu dokter dalam mengetahui kondisi yang Anda miliki sebelum memulai tindakan. 

Setelahnya, Anda bisa langsung memulai prosedur perawatan ultherapy dengan menggunakan alat yang serupa mesin USG (Ultrasonografi). Nantinya, alat ini akan memanaskan jaringan pada lapisan bawah kulit menggunakan energi ultrasound pada kedalaman 1,5 milimeter, 3,0 milimeter, dan kedalaman 4,5 milimeter dengan suhu sekitar 60 hingga 70 derajat Celcius.

Selama proses perawatan ultherapy berlangsung, dokter akan melihat jaringan kulit wajah Anda pada layar agar dapat memastikan ultrasound yang ditembakkan berada di kedalaman yang tepat. Biasanya, perawatan ini akan membutuhkan waktu sekitar 45 menit hingga dua jam setiap sekali perawatan.

Teman Plasthetic tidak perlu khawatir akan kesakitan ketika melakukan prosedur perawatan ultherapy. Karena selama melakukan perawatan ini, Anda hanya akan merasakan sensasi hangat seperti ada jarum super kecil yang bergerak di permukaan kulit tanpa rasa sakit.

Umumnya, hasil dari perawatan ultherapy akan terlihat secara bertahap, sekitar 2 hingga 3 bulan setelah proses perawatan berlangsung dan akan meningkat hingga 6 bulan setelah perawatan. Hasil dari perawatan ultherapy sendiri dapat bertahan dengan rentang waktu sekitar 1 hingga 2 tahun. 

Baca Juga: Mengenal Morpheus8 Treatment, Manfaat, serta Cara Kerjanya

Apa Saja Risiko Efek Samping Ultherapy?

Walaupun penggunaan ultherapy sudah mendapatkan persetujuan dari FDA, namun prosedur satu ini juga memiliki beberapa risiko dan efek samping yang mungkin dialami oleh sebagian pasien. 

Setelah prosedur perawatan ultherapy selesai, biasanya para pasien akan merasakan sensasi panas dan kesemutan. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena hal ini akan mereda setelah proses perawatan selesai. 

Adapun beberapa efek samping lain yang bisa dialami oleh pasien ketika melakukan prosedur perawatan ultherapy, di antaranya seperti mati rasa, memar, serta munculnya ruam kemerahan di sekitar area tindakan. Selain itu, ketika diterapkan di daerah tertentu, ultherapy dapat mengiritasi maupun merusak saraf jika digunakan dengan intensitas atau pemanasan yang berlebih.

Berapa Lama Hasil Ultherapy Bertahan?

Setelah perawatan, Anda mungkin hanya akan melihat sedikit efeknya, namun hasil akhirnya akan muncul secara alami dan perlahan-lahan dalam kurun waktu 2-3 bulan. Hal ini dikarenakan pertumbuhan kolagen baru yang menggantikan kolagen yang sudah lama.

Kemudian saat kulit terus menua, perawatan lebih lanjut di masa mendatang juga dapat membantu mengatasi proses penuaan alami. Bagi sebagian besar orang, hal ini menjadi suatu kelegaan untuk mengetahui bahwa secara ilmiah, Ultherapy terbukti dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

Baca Juga: Apa Itu Purging dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Nah, itu dia penjelasan mengenai manfaat ultherapy yang dapat teman Plasthetic ketahui. Sayangnya, perawatan satu ini belum tersedia di Plasthetic Clinic. Namun, teman Plasthetic tidak perlu khawatir, karena terdapat jenis perawatan lainnya dengan manfaat dan fungsi yang serupa dengan perawatan satu ini, salah satunya adalah perawatan Face Tight

Face Tight sendiri merupakan sebuah perawatan yang dapat membantu Anda dalam mengencangkan wajah pada sebagian area, sehingga dapat membuat wajah terlihat lebih sehat dan berseri. Perawatan satu ini sendiri akan dilakukan dengan menggunakan alat HIFU (High-Intensity Focused Ultrasonic) dengan fungsi yang serupa dengan alat ultherapy.

Eits, sebelum melakukan perawatan ini, pastikan teman Plasthetic sudah melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang terkait agar terhindar dari risiko dan efek samping yang tidak diinginkan. Untuk melakukan konsultasi, teman Plasthetic bisa langsung menghubungi tim kami di sini, atau langsung mengunjungi Plasthetic Clinic terdekat di kota Anda. Semoga informasi mengenai manfaat ultherapy di atas dapat bermanfaat ya untuk Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

*Semua yang tertulis di website memungkinkan terjadinya perbedaan dari segi proses, risiko, komplikasi, dan hasil bagi setiap individu. Maka dari itu, lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya.

Sources:

  • Ciputra Hospital
  • Jakarta Aesthetic Clinic
  • Heystetik
  • Medisetter
  • Honest Docs
web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

Jangan Khawatir! Ini Dia Cara Jitu Atasi Stertch Mark Pada Tubuh!

Read More
berapa-lama-face-lift-bertahan

Berapa Lama Facelift Bertahan?

Read More
cara-mencerahkan-selangkangan-yang-hitam

7 Cara Mencerahkan Selangkangan yang Hitam dengan Aman

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!