5 Pantangan Setelah Bleaching Gigi yang Perlu Diperhatikan

pantangan-setelah-bleaching-gigi

5 Pantangan Setelah Bleaching Gigi yang Perlu Diperhatikan

Di Tinjau oleh Dokter

Jika Anda sering mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, berwarna, atau bersoda, ada kemungkinan besar bahwa gigi Anda akan menguning. Memiliki gigi yang menguning sendiri dapat mengurangi tingkat kepercayaan diri seseorang, terutama jika Anda memiliki pekerjaan yang mengharuskan Anda untuk tampil di depan kamera. Salah satu cara yang efektif untuk mengatasi gigi yang menguning adalah dengan menjalani perawatan bleaching gigi. Untuk mendapatkan hasil perawatan yang optimal, penting bagi Anda untuk mengetahui pantangan setelah bleaching gigi yang akan dijelaskan lebih lanjut melalui artikel Plasthetic Clinic berikut ini. 

Apa Itu Bleaching Gigi?

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai apa saja pantangan setelah bleaching gigi, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu bleaching gigi. Bleaching gigi adalah salah satu prosedur yang dilakukan oleh dokter gigi untuk memutihkan gigi. Proses ini melibatkan penggunaan bahan kimia khusus yang dapat menghilangkan noda-noda pada gigi dan membuat warna gigi yang lebih gelap menjadi lebih cerah.

Bahan kimia yang sering digunakan dalam prosedur bleaching gigi adalah hidrogen peroksida dan karbamid peroksida. Proses bleaching gigi juga melibatkan penggunaan sinar laser dan bahan pemutih yang mengandung peroksida dengan konsentrasi berkisar antara 15% hingga 43%.

Hasil dari perawatan bleaching gigi sendiri tidak bersifat permanen. Gigi yang telah diputihkan biasanya akan mempertahankan hasilnya selama sekitar 6 bulan hingga 2 tahun, tergantung pada pola makan dan kebiasaan yang Anda miliki. 

Baca Juga: Mengenal Efek Samping Bleaching Gigi dan Tips Menghindarinya

Apa Saja Pantangan Setelah Bleaching Gigi?

Setelah menjalani perawatan bleaching gigi, terdapat beberapa pantangan yang perlu Anda hindari agar hasilnya optimal dan kesehatan gigi Anda tetap terjaga. Berikut adalah beberapa pantangan setelah bleaching gigi yang perlu Anda ketahui.

1. Hindari Konsumsi Makanan dan Minuman Berwarna

Setelah menjalani perawatan bleaching gigi, sebaiknya Anda menghindari makanan dan minuman yang memiliki warna kuat, sifat asam, dan potensi untuk memberi warna atau stain pada gigi. Contoh dari makanan dan minuman tersebut termasuk kopi, teh, anggur merah, soda, kecap, jus jeruk, coklat, dan makanan atau minuman berwarna gelap lainnya. 

Hal ini disebabkan, pada beberapa hari awal setelah perawatan, pori-pori gigi masih terbuka dan efek kimia dari bleaching gigi masih berlangsung (biasanya selama 2×24 jam atau 2 hari).

Pada periode ini, gigi memiliki kemampuan penyerapan noda yang lebih tinggi dari biasanya, yang dapat membuat gigi kembali menguning. Jika Anda ingin mengonsumsi minuman berwarna, disarankan untuk menggunakan sedotan guna mengurangi risiko penodaan pada gigi.

2. Hindari Kebiasaan Merokok

Produk tembakau, seperti rokok, menjadi salah satu musuh utama bagi gigi yang telah menjalani perawatan bleaching. Sebab, merokok dapat menyebabkan gigi untuk menguning kembali dengan cepat, karena nikotin yang terserap ke dalam pori-pori gigi dapat membuat warna gigi menjadi lebih kusam. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari merokok setelah menjalani perawatan bleaching gigi agar hasilnya dapat bertahan lebih lama.

3. Hindari Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol juga dapat mengurangi hasil yang optimal dari perawatan bleaching gigi dan dapat meningkatkan sensitivitas gigi Anda. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari minuman beralkohol selama beberapa hari setelah prosedur berlangsung.

4. Hindari Konsumsi Makanan atau Minuman yang Terlalu Dingin atau Panas

Setelah menjalani prosedur bleaching gigi, sebaiknya Anda menghindari mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin. Pasalnya, gigi Anda bisa menjadi lebih sensitif setelah menjalani perawatan satu ini. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menjauhi makanan atau minuman yang memiliki suhu ekstrem, baik terlalu dingin maupun terlalu panas, selama beberapa hari setelah melakukan bleaching gigi, yaitu sekitar 1 hingga 3 hari.

Baca Juga: Polishing Gigi: Prosedur dan Perbedaannya dengan Scaling

5. Hindari Penggunaan Pasta Gigi atau Gel Berwarna

Terakhir, setelah menjalani perawatan bleaching gigi, disarankan untuk menghindari penggunaan pasta gigi, gel berwarna, obat kumur, chlorhexidine, atau home fluoride selama 24 jam. Hal ini dikarenakan, bahan-bahan tersebut mengandung pigmen yang dapat memberikan warna pada gigi.

Jika Anda menggunakan pasta gigi berwarna setelah bleaching, pigmen tersebut dapat mengurangi efektivitas pemutihan gigi dan menyebabkan gigi kembali menguning atau tercemar. Sebaiknya, Anda memilih pasta gigi yang dirancang khusus untuk gigi sensitif atau pasta gigi yang tidak mengandung pewarna tambahan. Tindakan ini akan membantu Anda dalam menjaga hasil perawatan bleaching gigi agar tetap tahan lama dan gigi tetap terlihat cerah.

Banner Plasthetic Dentist

Bagaimana Perawatan Setelah Bleaching Gigi?

Setelah menghindari pantangan-pantangan di atas, merawat gigi dengan benar setelah prosedur bleaching gigi juga menjadi faktor yang sangat penting. Berikut adalah beberapa tips merawat gigi setelah menjalani perawatan pemutihan gigi yang perlu Anda ketahui.

1. Menyikat Gigi dengan Lembut

Menyikat gigi dengan lembut menjadi salah satu aspek perawatan yang harus Anda perhatikan setelah menjalani prosedur bleaching gigi. Ketika menyikat gigi, Anda sebaiknya menggunakan sikat gigi yang memiliki bulu lembut agar tidak merusak enamel gigi yang baru saja diputihkan. 

Selain itu, Anda juga perlu menghindari menyikat gigi dengan terlalu keras atau dengan gerakan yang terlalu cepat, karena hal ini dapat mengakibatkan abrasi pada gigi dan merusak hasil bleaching. Pastikan juga Anda menyikat gigi dua kali sehari, yaitu pada malam hari dan di pagi atau siang hari.

2. Menggunakan Pasta Gigi Berbahan Fluoride

Selain menerapkan teknik menyikat gigi dengan benar, Anda juga perlu memerhatikan jenis pasta gigi yang Anda gunakan. Sebaiknya Anda memilih pasta gigi yang mengandung fluoride, zat yang membantu menguatkan enamel gigi dan mencegah kerusakan gigi. Pasta gigi dengan bahan fluoride juga berperan dalam menjaga kebersihan gigi serta melindungi gigi dari kerusakan dan perubahan warna.

3. Menjaga Kebersihan Gigi agar Warna Gigi Tidak Pudar

Merawat kebersihan gigi secara menyeluruh juga menjadi salah satu aspek perawatan yang tak boleh Anda abaikan. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan benang gigi secara teratur untuk membersihkan sela-sela gigi dan bagian yang sulit dijangkau oleh sikat gigi. Penggunaan obat kumur antiseptik yang disarankan oleh dokter gigi juga bisa membantu membasmi bakteri serta menjaga kesehatan gigi Anda.

Baca Juga: 5 Pantangan Setelah Tambal Gigi Permanen yang Harus Diperhatikan

4. Melakukan Konsultasi dengan Dokter Gigi

Jangan ragu untuk berkonsultasi secara rutin dengan dokter gigi setelah menjalani perawatan bleaching gigi. Dengan melakukan kunjungan berkala, dokter gigi yang merawat Anda bisa memeriksa kondisi gigi Anda secara lebih detail, memberikan saran perawatan yang lebih spesifik, dan memberikan pemeriksaan profesional untuk memastikan hasil bleaching tetap optimal. 

Jika Anda mengalami sensitivitas gigi atau masalah lain pasca perawatan bleaching gigi, segera konsultasikan dengan dokter gigi Anda.

Nah itulah informasi mengenai pantangan setelah bleaching gigi yang dapat Anda ketahui. Apabila Anda tertarik untuk menjalani perawatan bleaching gigi, maka Anda bisa langsung mengunjungi Plasthetic Clinic cabang Aceh

Melalui perawatan Bleaching Gigi di Plasthetic Clinic cabang Aceh, Anda dapat mengembalikan warna gigi Anda yang telah menguning. Setelah menjalani perawatan ini, penting bagi Anda untuk mematuhi larangan-larangan yang perlu dihindari agar mendapatkan hasil yang optimal.

Sebelum memulai perawatan Bleaching Gigi, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang terkait. Untuk melakukan sesi konsultasi, Anda dapat menghubungi tim kami di sini atau langsung mengunjungi Plasthetic Clinic cabang Aceh ya! Semoga informasi mengenai pantangan setelah bleaching gigi di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

Ditinjau oleh: drg. Putri Rahmina

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

girl-sitting-at-the-dentists-appointment

4 Cara Merawat Gigi Tambal dengan Tepat

Read More
perbedaan-chemical-peeling-dan-physical-peeling

Kenali 5 Perbedaan Chemical Peeling dan Physical Peeling

Read More
cara menghilangkan cekungan di bawah mata

8 Cara Menghilangkan Cekungan di Bawah Mata dengan Efektif

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!