10 Tips Kulit Sehat Saat Puasa Agar Tetap Glowing

10 Tips Kulit Sehat Saat Puasa Agar Tetap Glowing

Di Tinjau oleh Dokter

Tips kulih sehat saat puasa perlu diketahui agar kulit yang sehat serta tetap glowing saat berpuasa sehingga hal tersebut bukanlah mustahil. Akan tetapi, asupan dari cairan yang terbatas saat berpuasa membuat banyak orang beranggapan bahwa menjaga kesehatan pada kulit itu sulit. Itulah mengapa penting untuk Anda mengetahui tips serta cara untuk menjaga kesehatan pada kulit selama bulan puasa.

Tubuh manusia sendiri terdiri dari 60% air dan semua sistem bergantung pada adanya air, termasuk kulit. Saat asupan cairan ini berkurang, tubuh pun akan menyerap kelembaban dari kulit untuk mengisi kembali cairan tubuh. Akibatnya, kulit akan menjadi kering saat berpuasa. Artikel ini menguraikan beberapa tips yang bisa  Anda lakukan untuk dapat menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya saat berpuasa! 

Apa Saja Tips Kulit Sehat Saat Puasa Agar Tetap Glowing?

Ada berbagai tips yang bisa Anda terapkan untuk dapat menjaga kesehatan kulit saat berpuasa. Dengan cara sederhana ini, Anda bisa menyembuhkan kulit serta  tetap bersinar saat berpuasa. Simak selengkapnya!

1. Minum Banyak Air

Kunci pertama untuk menjaga kulit tetap terhidrasi sepanjang hari ialah minum banyak air sepanjang hari serta saat berbuka puasa agar kulit tetap terhidrasi. Anda juga harus memilih makanan berbahan dasar air seperti sup dan juga buah-buahan.

2. Kurangi Jumlah Produk Hewani

Susu dan juga telur sering dianggap sebagai pemicu jerawat. Untuk menghindarinya, sebaiknya kurangi konsumsi produk hewani seperti telur dan juga susu ini, ya teman Plasthetic.

3. Jauhi Soda dan Minuman Berkafein

Kafein dan minuman bersoda dapat menyerap mineral ke dalam tubuh, yang secara otomatis dapat memberikan efek negatif pada kulit. Selain itupun, kedua dari minuman ini terbukti dapat mengeringkan tubuh dengan cepat.

4. Menjaga Jadwal Tidur

Mengubah jadwal tidur Anda selama Ramadan tidak dapat menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata Anda. Jaga mata Anda dengan mengaplikasikan kantong teh di atasnya dan tidur selama 8 jam setiap malam. Cara ini bermanfaat untuk dapat merawat kulit Anda selama Ramadhan dan membuat kulit Anda tetap sehat dan bersinar selama puasa.

Baca Juga : Mengenal 5 Manfaat Kolagen Bagi Kulit

5. Gunakan Tabir Surya

Tahukah Anda bahwa paparan pada sinar matahari saat berpuasa ini lebih berbahaya dari pada biasanya? Selama Anda berpuasa, kulit Anda menjadi kering dan dehidrasi. Nah, pada kondisi ini bisa semakin parah dengan paparan sinar matahari. Jadi, pastikan Anda memakai tabir surya ini sebelum mulai beraktivitas.

6. Pilih Makanan Yang Tepat

Nutrisi yang tepat akan dapat melindungi kulit wajah Anda selama berpuasa. Pastikan Anda makan banyak sayuran serta buah-buahan yang kaya akan vitamin A, B, dan C saat berbuka dan sahur. Pembangkit tenaga perawatan kulit alami, vitamin ini dikenal efektif memudarkan bintik hitam serta mencerahkan kulit. 

7. Gunakan Pelembab

Kulit akan mudah kering saat berpuasa, jadi Anda harus menggunakan pelembab. Setelah mencuci muka dengan menggunakan air hangat, ingatlah untuk melembabkan kulit Anda untuk dapat mengembalikan kelembaban dari kekurangan kelembapan selama berpuasa. 

Baca Juga : Cari Tahu 4 Tips Agar Kulit Putih dengan Cepat

Banner-Plastic-Aesthetic

Apa Saja Hal yang Bisa Menurunkan Kesehatan Kulit Selama Puasa?

Parahnya, kebiasaan tersebut seringkali dilakukan secara tidak sadar sehingga membuat kulit akan lebih mudah rusak. Jangan salah paham, yuk cari tahu kebiasaan apa saja yang harus dihindari untuk mendapatkan hasil maksimal dari rutinitas perawatan kulitmu!

1. Tidak Mencuci Muka

Melewatkan pembersihan wajah sebelum tidur juga dapat merusak kulit lebih cepat. Karena dapat menyebabkan keringat serta kotoran dari aktivitas sehari-hari menumpuk serta dapat menyumbat pori-pori. Penumpukan kotoran ini pada akhirnya dapat menimbulkan jerawat serta  masalah kesehatan kulit lainnya, lho.

Itulah mengapa penting untuk selalu membersihkan ataupun mencuci muka sebelum tidur, ya teman Plasthetic. Atau Anda bisa memilih mandi dengan menggunakan air hangat, yang dapat merelaksasikan tubuh, memudahkan tidur dan membersihkan kulit dari debu secara alami.

2. Pola Tidur

Kulit kusam serta kendur juga bisa diakibatkan oleh jadwal tidur yang terganggu. Ketika tubuh kurang istirahat, maka dapat berdampak langsung pada kesehatan kulit. Saat tidur, tubuh dapat membentuk kolagen serta keratin yang memperkuat dan memelihara kulit.
Sebaliknya, jika Anda begadang, tubuh Anda tidak memiliki kesempatan untuk dapat memproduksi zat tersebut. Hal ini menyebabkan kulit akan terlihat keruh dan muncul garis-garis gelap di bawah mata.

Selain itu, memilih posisi ketika Anda tidur yang baik juga berkaitan dengan kesehatan kulit. Posisi yang sebaiknya harus dihindari rentan. Akan tetapi, ternyata tidur tengkurap jelas tidak dianjurkan karena dapat berpengaruh pada kulit Anda.

Seringkali, tidur tengkurap dapat menyebabkan masalah pada wajah, terutama pada kulit di sekitar mata. Pasalnya, posisi ini dapat menyebabkan cairan menggenang di wajah dan menekan wajah sehingga menyebabkan kulit kendur dan kehilangan kolagen.

3. Kekurangan Air Minum

Konsumsi air yang cukup dapat menyebabkan masalah kesehatan pada kulit. Minum air putih sangat penting untuk dapat kesehatan tubuh, begitu juga dengan kesehatan kulit dan lapisan di bawahnya. Sebaliknya, dengan konsumsi air yang tidak mencukupi, tubuh serta kulit akan kehilangan kekenyalannya, membuatnya kering, terlihat kusam dan keriput.

Baca Juga : Mengenal Jenis Sunscreen untuk Kulit Berminyak

Rekomendasi Perawatan Kulit Terbaik di Plasthetic Clinic

Tips kulit sehat saat puasa - rekomendasi

Berikut ini adalah rekomendasi perawatan kulit terbaik di Plasthetic Clinic agar kulit tetap sehat dan glowing selama berpuasa, yaitu:

1. Morpheus 8

Morpheus 8 merupakan teknologi terbaru yang menggunakan jarum ultra kecil, berguna untuk dapat memperbaiki berbagai permasalahan pada kulit seperti kerutan, tanda penuaan, permukaan kulit tidak rata, bekas jerawat serta stretch mark pada bagian tubuh. 

2. Premium Glow

Perawatan ini dapat berfungsi untuk bisa mengatasi segala macam permasalahan pada semua jenis kulit wajah, seperti memperbaiki pigmentasi kulit dan juga dapat membuat kulit terlihat lebih cerah, sehat serta bersinar.

3. Shine Booster

Perawatan ini berfungsi untuk dapat menutrisi kulit serta membuat kulit terlihat lebih cerah, lembab, dan kenyal. Perawatan shine booster ini dapat dilakukan oleh semua jenis kulit dengan melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Nah itulah beberapa tips agar kulit tetap sehat dan glowing saat berpuasa. Anda juga bisa mendapatkan saran menjaga kesehatan kulit dengan melakukan konsultasi pada dokter di Plasthtetic Clinic. Yuk, segera kunjungi Plasthetic Clinic Cabang Terdekat di Kota Anda sekarang juga!

Di Review Oleh:
dr. Anesia Tania, Sp.KK

https://plasthetic.com/team-member/dr-anesia-tania-sp-kk/

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

Nggak cuma Wanita, Ini dia Skin Care untuk Pria!

Read More

4 Macam-macam Operasi Hidung yang Harus Diketahui

Read More

7 Cara Mengencangkan Kelopak Mata Bawah

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!