4 Perbedaan Bruntusan dan Fungal Acne Pada Kulit

perbedaan-bruntusan-dan-fungal-acne

4 Perbedaan Bruntusan dan Fungal Acne Pada Kulit

Di Tinjau oleh Dokter

Pernahkah Anda menemukan bintik-bintik kecil pada wajah seperti jerawat  yang tidak kunjung hilang bahkan setelah menggunakan produk perawatan kulit yang berbeda? Kemungkinan bintik-bintik kecil tersebut bukanlah jerawat, melainkan jerawat yang disebabkan oleh jamur ataupun lebih dikenal dengan nama fungal acne. Fungal acne ini sangatlah berbeda dengan memar, meski sekilas terlihat mirip. Untuk melakukan ini, pelajari perbedaan fungal acne serta bruntusan dan cara mengatasinya, simak pembahasannya berikut ini!

Apa Itu Fungal Acne? 

Fungal acne  merupakan suatu kondisi kulit yang mungkin terlihat seperti jerawat. Fungal acne ini biasanya terjadi pada area yang lembab serta mudah berkeringat seperti pada area punggung, bahu, serta dada. 

Apa Saja Perbedaan Bruntusan dan Fungal Acne Pada Kulit?

Berikut ini adalah berbagai perbedaan bruntusan dan fungal acne pada kulit, yaitu:

1. Penyebab

Perbedaan fungal acne dan bruntusan yang pertama adalah kondisi “jerawat” yang disebabkan oleh pertumbuhan berlebih jamur Malassezia di folikel rambut ini lebih dikenal dengan fungal acne. Adapun penyebab dari fungal acne ini seperti gangguan sistem kekebalan pada tubuh, dan juga penggunaan pakaian ketat dan lingkungan yang panas dan lembab. Sedangkan, bruntusan disebabkan oleh adanya  pertumbuhan bakteri dan penumpukan sel kulit mati serta minyak di pori-pori. Bakteri penyebab bruntusan ini disebut Propionibacterium acnes (P. Acnes)

2. Ukuran

Perbedaan antara bruntusan dan fungal acne lainnya yaitu dapat dilihat dari ukurannya. Fungal acne ini biasanya memiliki ukuran yang sama serta sering muncul sebagai komedo putih kecil yang berkelompok. Sedangkan, bruntusan biasanya memiliki ukuran yang bervariasi dari kecil hingga sedang hingga besar. Kehadirannya biasanya lebih kecil, terisolasi dan dapat tersebar di beberapa area kulit.

Baca Juga: Apa Itu Fungal Acne dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

3. Lokasi

Perbedaan antara bruntusan dan fungal acne juga bisa dilihat dari lokasinya. Fungal acne ataupun jerawat jamur ini kebanyakan terjadi pada punggung, dada, serta lengan. Pada saat yang sama, memar lebih sering terjadi di zona-T, yang cenderung berminyak, seperti di dahi, hidung dan dagu. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bruntusan juga dapat terjadi pada area  dada, leher, bahu, punggung, serta lengan.

4. Cara Mengatasi Fungal Acne dan Bruntusan

Perbedaan antara bruntusan dan fungal acne juga dapat terletak pada cara menghilangkannya. Jangan pernah Anda salah langkah untuk mengatasi kedua kondisi tersebut. Bahkan, mengobati fungal acne ini dengan obat jerawat justru bisa membuat kondisi kulit  Anda semakin parah, lho. Gunakan obat jerawat antijamur topikal yang mengandung ketoconazole, butenafine, dan clotrimazole seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Hindari penggunaan antibiotik yang biasa digunakan pada kulit berjerawat agar tidak semakin parah. Sementara itu, gunakanlah  obat perawatan  bruntusan khusus untuk dapat  untuk menghilangkan berbagai bakteri penyebab bruntusan ini.

Bagaimana Tips Menghilangkan Bruntusan dan Fungal Acne Pada Kulit? 

Pada prinsipnya pencegahan bruntusan dan fungal acne hampir sama. Cegah tubuh dari keringat berlebih untuk dapat menghilangkan bruntusan. Sementara itu, cara menghilangkan fungal acne dengan membuang kotoran serta sel kulit mati yang dapat menjadi pemicu bakteri penyebab fungal acne ini.  Berikut ini adalah berbagai tips lainnya untuk dapat menghilangkan bruntusan dan fungal acne!

1. Rutin Membersihkan Wajah

Agar terhindar dari masalah kulit, pertama-tama bersihkan wajah secara rutin minimal dua kali yaitu pada pagi hari sebelum Anda mulai beraktivitas serta malam hari sebelum tidur. Gunakan juga metode double cleansing untuk  dapat memastikan wajah Anda benar-benar bersih dari adanya kotoran, ya teman Plasthetic. 

Baca Juga: Laser Fractional Adalah: Cara Kerja, Manfaat dan Efek Samping

2. Gunakan Pelembab

Gunakan pelembab bebas minyak secara teratur untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan ternutrisi. Gunakanlah produk toner serta serum sebelum menggunakan pelembab. Pastikan Anda memilih dan juga mengaplikasikan produk perawatan kulit sesuai dengan jenis dari kulit wajah serta permasalahan kulit yang ingin Anda atasi.

3. Oleskan Tabir Surya

Selalu lindungi wajah Anda dari paparan sinar matahari dengan menggunakan produk tabir surya. Tabir surya adalah salah satu produk untuk perawatan wajib digunakan. Apalagi jika Anda menyukai kegiatan di luar ruangan. 

4. Eksfoliasi Wajah 

Langkah umum yang tak juga kalah penting dalam perawatan wajah  merupakan eksfoliasi untuk dapat mengangkat sel kulit mati. Sel-sel kulit yang terakumulasi bercampur dengan bakteri, yang dapat menyebabkan stretch mark yang cukup mengganggu. Eksfoliasi pada wajah ini sebaiknya dilakukan seminggu sekali dengan menggunakan produk eksfoliasi yang sudah sesuai dengan jenis kulit Anda, ya teman Plasthetic.  

5. Menggunakan Pakaian yang Tidak Terlalu Ketat

Pakaian yang ketat dapat menimbulkan gesekan dan menghambat aliran udara ke kulit, sehingga membuatnya lembab dan meningkatkan risiko pertumbuhan jamur pada kulit. Maka dari itu, pilihlah pakaian yang longgar agar sirkulasi udara dapat masuk ke dalam kulit dengan lancar dan mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri.

6. Mengurangi Konsumsi Karbohidrat

Kemudian, kamu juga perlu mengurangi konsumsi makanan yang mengandung tinggi karbohidrat untuk mencegah fungal acne dan bruntusan. Hal ini dikarenakan jamur penyebab fungal acne dapat berkembangbiak dari asupan karbohidrat dan gula yang tinggi. Oleh karena itu, kamu perlu menyeimbangkan pola makan sehari-hari dengan konsumsi makanan kaya akan vitamin seperti buah, sayur, daging-dagingan rendah lemak.

This is Our Customer Service (WhatsApp) for Aesthetic Treatment

Rekomendasi Perawatan Menghilangkan Bruntusan dan Fungal Acne pada Kulit dari Plasthetic

Berikut ini adalah berbagai perawatan menghilangkan bruntusan dan fungal acne pada area kulit di Plasthetic Clinic, simak sampai habis ya!

1. Acne Facial

Acne facial dapat berfungsi untuk mengurangi dan membersihkan kulit pada wajah yang berjerawat melalui eksfoliasi dengan menggunakan IPL untuk memberikan kulit yang lebih bersih serta nyaman. 

2. Microbubble Exfoliation

Microbubble exfoliation memiliki fungsi untuk dapat mengeksfoliasi, melembabkan dan mencerahkan kulit pada wajah. Perawatan microbubble exfoliation ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan pertumbuhan kolagen dan menghasilkan kulit yang lebih halus dan sehat. 

Baca Juga: 6 Pantangan Wajah Berjerawat yang Perlu Diperhatikan

3. Instant Detox

Instant Detox adalah suatu perawatan yang bertujuan untuk melembabkan, membersihkan serta mencerahkan kulit wajah secara instan dalam waktu sesingkat mungkin namun dengan hasil yang maksimal.  Nah, itu dia ulasan mengenai perbedaan bruntusan dan fungal acne yang harus dipahami. Ambil langkah-langkah untuk mencegah hal ini dengan benar dan aman serta menjaga kulit Anda tetap sehat serta ternutrisi dengan baik.

Selanjutnya, jika fungal acne dan juga bruntusan tersebut tidak membaik, segeralah konsultasikan permasalahan ini ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Anda dapat melakukan perawatan yang tepat di Plasthetic Clinic. Yuk, segera kunjungi Plasthetic Clinic sekarang juga!

Di Review Oleh:

dr. Vera

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

Ragam Macam Operasi Lemak Perut yang Perlu Kamu Tahu!

Read More
cara-menghilangkan-kerutan-di-dahi

11 Cara Menghilangkan Kerutan di Dahi dengan Aman dan Mudah

Read More
cara-mengecilkan-wajah

Cari Tahu 5 Cara Mengecilkan Wajah!

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!