3 Perbedaan Infus Kromosom dan Infus Whitening

perbedaan infus kromosom dan infus whitening

3 Perbedaan Infus Kromosom dan Infus Whitening

Di Tinjau oleh Dokter

Memiliki kulit yang cerah dan bersinar seringkali menjadi impian bagi sebagian orang. Dalam perkembangan dunia kecantikan yang semakin maju, saat ini ada beberapa jenis perawatan yang dapat memberikan hasil kulit yang lebih cerah dan bersinar secara efektif, termasuk perawatan infus kromosom dan infus whitening. Sebelum Anda memutuskan untuk menjalani salah satu dari perawatan ini, penting untuk memahami apa saja perbedaan infus kromosom dan infus whitening. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat membaca artikel dari Plasthetic Clinic ini sampai selesai.

Apa Itu Infus Kromosom?

Infus kromosom adalah jenis perawatan yang dirancang untuk menghambat aktivitas gen SLC24A5 yang terdapat pada kromosom 15. Gen SLC24A5 sendiri berperan penting dalam mengatur jumlah dan aktivitas sel melanosit di kulit.

Sedangkan, sel melanosit bertanggung jawab untuk memproduksi pigmen melanin yang memberikan warna kulit yang lebih gelap. Dengan menghambat aktivitas gen SLC24A5, perawatan ini bertujuan untuk mencerahkan warna kulit yang lebih gelap menjadi lebih cerah. Penting untuk dicatat bahwa penghambatan ini hanya memengaruhi warna kulit dan tidak berpengaruh pada warna mata atau rambut. Selain itu, perawatan ini juga dinilai dapat memberikan nutrisi tambahan untuk kuku dan rambut.

Namun, perlu diketahui bahwa hingga saat ini, belum ada penelitian yang mencukupi mengenai manfaat injeksi kromosom SLC24A5 pada manusia. Penelitian yang telah dilakukan hanya terbatas pada uji coba pada hewan, seperti zebrafish dan katak albino, serta sel punca yang diambil dari kulit bayi yang baru lahir. Oleh karena itu, penggunaan produk suntik kromosom ini belum dapat dianggap aman atau efektif untuk mencerahkan kulit manusia. Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas dan keamanannya.

Selain itu, perlu diingat bahwa terdapat risiko efek samping dari infus kromosom ini, seperti ruam, gatal-gatal, pembengkakan pada kulit, dan bahkan kesulitan bernapas. Sebelum melakukan prosedur perawatan seperti ini, sangat penting untuk berhati-hati dan memahami potensi risiko dan efek samping yang mungkin timbul.

Banner Plastic Aesthetic

Apa Itu Infus Whitening?

Jika infus kromosom bertujuan menghambat gen SLC24A5, infus whitening bekerja dengan menghambat enzim tirosinase yang berperan dalam pembentukan melanosit atau melanin, yaitu sebuah pigmen yang bermanfaat dalam memberikan warna pada kulit.

Pada perawatan infus whitening, biasanya melibatkan penyuntikan berbagai zat seperti vitamin C, glutathione, dan kolagen yang memiliki efek mencerahkan kulit. Zat-zat ini berperan dalam mengatur tingkat produksi sel melanin yang berhubungan dengan perubahan pigmentasi kulit. 

Selain membantu mencerahkan kulit, perawatan ini juga bermanfaat dalam menjaga penampilan kulit yang awet muda berkat kandungan kolagen dan glutathione yang ada di dalamnya.

Apa Saja Perbedaan Infus Kromosom dan Infus Whitening?

Meskipun kedua perawatan ini sama-sama bertujuan untuk mencerahkan warna kulit, namun terdapat beberapa perbedaan infus kromosom dan infus whitening yang perlu Anda ketahui, berikut di antaranya. 

1. Izin BPOM

Perbedaan utama antara infus kromosom dan infus whitening terletak pada status izin penggunaannya. Infus kromosom, yang masih relatif baru dan belum begitu dikenal, belum memperoleh izin resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Indonesia. Oleh karena itu, belum ada jaminan resmi mengenai keamanan dan efektivitasnya.

Sementara itu, infus whitening, yang telah lama dikenal dan banyak produk yang digunakan dalam prosedur ini sudah mendapatkan persetujuan dari BPOM. Namun, meskipun perawatan infus whitening sudah mendapatkan izin dari BPOM, tetap diperlukan kewaspadaan dalam menjalani perawatan ini, karena masih ada beberapa produk infus whitening yang belum mendapatkan izin resmi dari BPOM.

Baca Juga: 10 Pantangan Setelah Infus Whitening yang Mesti Diperhatikan

2. Kandungan

Perbedaan antara kedua perawatan ini juga terletak pada komposisi bahan yang digunakan. Dalam infus kromosom, bahan yang digunakan adalah zat stem cell dan vitamin C yang bertujuan untuk menghambat pertumbuhan gen SLC24A5. Di sisi lain, infus whitening menggunakan bahan-bahan seperti vitamin C, glutathione, dan vitamin C yang berfungsi untuk menghambat pembentukan melanin.

3. Efek Samping

Dalam hal efek samping, kedua prosedur ini juga berpotensi memiliki perbedaan. Karena infus kromosom belum diizinkan oleh BPOM, informasi mengenai efek sampingnya mungkin tidak sejelas infus whitening. Namun, beberapa efek samping yang mungkin muncul dari infus kromosom termasuk reaksi alergi dan kemungkinan gangguan pada lambung.

Sedangkan, infus whitening, dengan penggunaan bahan-bahan yang telah diawasi dan diteliti, umumnya memiliki catatan efek samping yang lebih lengkap. Beberapa efek samping yang mungkin timbul selama perawatan infus whitening meliputi diare, sakit kepala, reaksi alergi, dan bahkan risiko batu ginjal jika prosedur ini tidak dilakukan dengan benar.

Demikianlah penjelasan mengenai perbedaan infus kromosom dan infus whitening yang dapat Anda ketahui. Saat memilih perawatan kecantikan, sangatlah penting untuk mempertimbangkan aspek keamanan dan kesesuaian dengan kebutuhan Anda.

Mencerahkan Kulit dengan Perawatan di Plasthetic Clinic

Di Plasthetic Clinic, kami menyediakan berbagai perawatan yang aman dan dapat diandalkan untuk membuat kulit Anda tampak lebih cerah dan bersinar. Berikut adalah beberapa pilihan perawatan yang kami tawarkan.

Baca Juga: Mengenal Efek Samping Skin Booster dan Manfaatnya

1. Brightening Injection

Brightening Injection adalah suatu metode perawatan yang berfungsi untuk meningkatkan kecerahan kulit sehingga kulit terlihat lebih cerah dan bersinar. Dalam perawatan ini, berbagai zat yang memiliki efek pencerah dan antioksidan akan disuntikkan ke dalam pembuluh darah.

Baca Juga: Mengenal 4 Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Agar Tidak Salah Pilih

2. Glowing Drip

Glowing Drip adalah suatu perawatan yang bertujuan untuk mencerahkan warna kulit sambil memberikan efek ‘glow’ atau kilau alami pada kulit. Seperti Brightening Injection, perawatan Glowing Drip juga melibatkan penyuntikan berbagai zat khusus yang dirancang untuk mencerahkan kulit

Kedua perawatan ini tidak hanya difokuskan pada aspek kecantikan, tetapi juga pada kesehatan kulit secara keseluruhan. Sebelum Anda menjalani perawatan ini, sangat penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang terkait, karena setiap perawatan memiliki risiko dan efek samping yang berbeda. Untuk melakukan konsultasi, Anda dapat langsung menghubungi tim kami di sini. Semoga informasi mengenai perbedaan infus kromosom dan infus whitening di atas dapat bermanfaat bagi Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

Ditinjau oleh: dr. Nadya Arini Puspasari

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

operasi bibir sumbing pada bayi

Mengenal Penanganan Operasi Bibir Sumbing Pada Bayi

Read More
glycolic-acid-adalah

Mengenal Glycolic Acid dan Manfaatnya Untuk Perawatan Kulit

Read More
mancungkan-hidung-1

Begini Cara Mancungkan Hidung Tanpa Operasi

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!