Apa Itu Meso Acne? Kenali Manfaat, Prosedur, dan Efek Sampingnya

apa-itu-meso-acne

Apa Itu Meso Acne? Kenali Manfaat, Prosedur, dan Efek Sampingnya

Di Tinjau oleh Dokter

Banyak orang mengalami kesulitan dalam mengatasi masalah jerawat yang tetap persisten meskipun mereka telah menggunakan produk perawatan kulit yang dirancang khusus untuk mengatasi jerawat. Untuk mengatasi permasalahan ini, sebagian individu mencari solusi yang efektif dan cepat, salah satunya adalah dengan menjalani perawatan meso acne. Sebelum Anda memutuskan untuk menjalani perawatan ini, penting untuk memahami beberapa informasi terkait, termasuk apa itu meso acne, manfaatnya, prosedurnya, serta kemungkinan efek samping yang dapat muncul setelah perawatan dilakukan. Untuk mengetahuinya, Anda bisa langsung menyimak artikel Plasthetic Clinic berikut ini hingga tuntas ya!

Apa Itu Meso Acne?

Apa itu meso acne? Meso acne adalah salah satu jenis perawatan kecantikan yang dirancang khusus untuk mengatasi masalah kulit yang berjerawat. Perawatan meso acne sendiri termasuk dalam kategori mesoterapi, yaitu sebuah teknik yang menggunakan suntikan mikro untuk mengirimkan serum secara langsung ke dalam lapisan kulit. Serum yang digunakan dalam perawatan ini biasanya terdiri dari campuran kandungan seperti vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk kulit dan efektif dalam mengatasi jerawat. Selain itu, terdapat juga serum yang mengandung bahan aktif, seperti anti-inflamasi, yang berguna untuk mengurangi peradangan yang terjadi di area yang berjerawat. 

Perawatan meso acne menjadi pilihan bagi beberapa individu yang ingin mengatasi masalah jerawat secara lebih tepat dan terfokus. Proses ini memungkinkan serum untuk bekerja lebih efektif karena langsung diserap oleh kulit. 

Apa Saja Manfaat Meso Acne?

Menjalani perawatan meso acne tentu akan menghadirkan sejumlah manfaat bagi kulit wajah Anda yang sedang mengalami masalah jerawat, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Mengurangi Peradangan

Salah satu manfaat utama dari perawatan meso acne adalah kemampuannya dalam mengurangi peradangan yang sering terjadi pada kulit yang berjerawat. Kandungan  yang terdapat dalam serum yang disuntikkan ke dalam kulit memiliki sifat menenangkan yang mampu meredakan area yang sedang mengalami peradangan, sehingga mengurangi kemerahan dan pembengkakan yang biasanya terjadi seiring dengan jerawat.

2. Meningkatkan Tekstur Kulit

Perawatan meso acne juga memiliki manfaat dalam meningkatkan tekstur kulit. Dengan mengurangi jerawat dan bekasnya, kulit wajah Anda akan menjadi lebih halus dan merata. Perawatan ini juga dapat bermanfaat bagi mereka yang memiliki bekas jerawat atau bopeng akibat jerawat yang dialami di masa lalu.

Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Bengkak Setelah Tanam Benang dan Tips Merawatnya

3. Mengontrol Produksi Sebum

Salah satu faktor pemicu jerawat di kulit wajah adalah produksi sebum yang berlebihan. Melakukan perawatan meso acne nyatanya juga memberikan manfaat dalam mengontrol produksi sebum, yaitu minyak alami yang dihasilkan oleh kulit. Dengan mengendalikan produksi sebum ini, maka kulit wajah Anda bisa terhindar dari munculnya komedo dan jerawat baru.

4. Mencerahkan Kulit

Kandungan dalam serum yang digunakan perawatan meso acne juga memiliki kemampuan untuk mencerahkan kulit wajah Anda. Hal ini tidak hanya meningkatkan penampilan kulit secara umum, tetapi juga membantu mengurangi noda atau bekas jerawat yang mungkin telah mengubah warna kulit.

5. Meningkatkan Hidrasi Kulit

Terakhir, perawatan meso acne juga memiliki peran penting dalam meningkatkan kelembapan kulit. Kulit yang terhidrasi dengan baik dapat membantu kulit wajah untuk lebih efektif dalam melawan jerawat serta masalah kulit lainnya.

Banner Plastic Aesthetic

Bagaimana Prosedur Meso Acne?

Meso acne adalah tindakan yang melibatkan serangkaian prosedur untuk memastikan bahwa pasien mendapatkan perawatan yang efektif dan aman. Berikut adalah tahapan dalam prosedur meso acne.

1. Konsultasi Awal

Sebelum memulai perawatan Meso Acne, Anda perlu menjalani sesi konsultasi dengan dokter atau ahli kecantikan terlebih dahulu. Pada sesi ini, dokter akan menilai kondisi kulit Anda, membahas masalah kulit yang ingin diatasi, serta menentukan apakah meso acne merupakan perawatan yang sesuai. Konsultasi ini juga memberikan kesempatan kepada Anda untuk mengajukan pertanyaan, menyampaikan kekhawatiran, atau mengungkapkan harapan Anda terkait perawatan tersebut.

2. Pembersihan Kulit

Jika dokter Anda menilai bahwa perawatan meso acne sesuai dengan kondisi yang Anda miliki, maka Anda dapat memulai perawatan dengan tahap pembersihan wajah secara menyeluruh. Langkah ini sangat penting untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sisa makeup, serta untuk mencegah risiko infeksi selama prosedur. Pembersihan kulit ini juga bertujuan untuk memastikan bahwa kulit dalam keadaan yang optimal untuk menerima perawatan dengan baik.

Baca Juga: Dermabrasi: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Kelebihan, dan Rekomendasinya

3. Mengaplikasikan Serum

Langkah berikutnya adalah mengaplikasikan serum dengan cara menyuntikkannya ke dalam lapisan kulit wajah. Dalam perawatan meso acne, dokter akan menggunakan jarum kecil untuk menyuntikkan serum tersebut ke dalam kulit. Suntikan ini biasanya tidak terlalu menyakitkan, meskipun ada beberapa pasien yang mungkin merasa sedikit tidak nyaman. Jumlah dan lokasi suntikan biasanya akan disesuaikan dengan kondisi kulit dan area yang memerlukan perawatan.

4. Perawatan Pasca Prosedur

Setelah melakukan perawatan, pasien akan diberikan petunjuk mengenai perawatan pasca prosedur. Ini dapat mencakup tindakan seperti menghindari sinar matahari langsung, tidak menggunakan produk perawatan kulit tertentu selama beberapa hari, dan cara merawat kulit yang telah diobati untuk mencegah iritasi atau infeksi. Pasien juga mungkin akan diarahkan untuk mengatur jadwal sesi tindak lanjut guna mengevaluasi hasil perawatan dan menentukan apakah perawatan tambahan diperlukan.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Mesotherapy

Apa Saja Efek Samping Meso Acne?

Sama seperti perawatan kecantikan lainnya, perawatan meso acne juga bisa menyebabkan beberapa efek samping yang mungkin timbul setelah perawatan berlangsung. Berikut adalah beberapa efek samping dari perawatan meso acne yang perlu Anda ketahui.

  • Muncul rasa nyeri setelah perawatan 
  • Pembengkakan di area wajah yang disuntik
  • Muncul bekas luka ringan akibat jarum suntik
  • Muncul rasa gatal, ruam, dan kemerahan pada area yang disuntik

Selain efek samping yang telah disebutkan, iritasi kulit merupakan salah satu kondisi yang perlu diwaspadai. Hal ini dapat menyebabkan sensasi perih, nyeri, dan ketidaknyamanan di area yang disuntik. Anda juga mungkin merasakan sensasi panas atau terbakar akibat iritasi ini.

Umumnya, sensasi tersebut bersifat ringan dan dapat menghilang dengan sendirinya dalam waktu 1 hingga 2 hari. Jika iritasi yang Anda alami tidak kunjung membaik dalam kurun waktu 2 hari, segera konsultasikan dengan dokter yang merawat Anda untuk mendapatkan tindakan yang sesuai.

Itulah penjelasan mengenai apa itu meso acne yang dapat Anda ketahui. Memiliki kondisi kulit wajah yang berjerawat seringkali memerlukan berbagai jenis perawatan untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan memungkinkan jerawat sembuh dengan cepat.

Plasthetic Clinic sendiri menawarkan beberapa perawatan yang dirancang khusus untuk mengatasi masalah kulit yang berjerawat, salah satunya adalah perawatan Acne Injection. Perawatan ini difokuskan untuk mengatasi peradangan jerawat dan membantu mengurangi pembengkakan serta kemerahan yang biasanya disebabkan oleh jerawat.

Selain itu, perawatan ini juga dianggap efektif dalam mengurangi rasa sakit dan mengatasi jerawat dengan tingkat keparahan yang signifikan, seperti jerawat kistik yang seringkali menimbulkan rasa sangat nyeri pada penderitanya.

Sebelum Anda memutuskan untuk menjalani perawatan ini, penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang terkait untuk memastikan Anda mendapatkan perawatan yang sesuai dan mengurangi risiko serta efek samping yang tidak diinginkan.

Untuk melakukan konsultasi, Anda bisa langsung mengunjungi Plasthetic Clinic terdekat atau melakukan konsultasi online dengan menghubungi tim kami di sini. Semoga informasi mengenai apa itu meso acne di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

Ditinjau oleh: dr. Aema Y. Amir

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

apa-yang-harus-dilakukan-setelah-cabut-gigi

Apa Yang Harus Dilakukan Setelah Cabut Gigi? Simak Disini!

Read More
tips-kulit-sehat-saat-puasa

10 Tips Kulit Sehat Saat Puasa Agar Tetap Glowing

Read More

Berapa Kisaran Biaya Operasi Bedah Plastik Wajah?

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!