5 Cara Meremajakan Kulit Wajah untuk Anda yang Menginjak Usia 40-an

cara meremajakan kulit wajah

5 Cara Meremajakan Kulit Wajah untuk Anda yang Menginjak Usia 40-an

Di Tinjau oleh Dokter

Ketika mencapai usia 40-an, banyak orang mulai melihat perubahan pada kulit wajah mereka, seperti munculnya kerutan, garis halus, hingga kehilangan elastisitas. Jika Anda sudah memasuki usia 40-an dan sudah melihat tanda-tanda tersebut, maka Anda tidak perlu merasa khawatir! Karena, ada beberapa cara meremajakan kulit wajah yang bisa Anda lakukan dengan mudah, yang akan dijelaskan dalam artikel Plasthetic Clinic berikut ini. Langsung saja simak informasinya sampai habis!

Bagaimana Cara Meremajakan Kulit Wajah untuk Usia 40-an?

Meremajakan kulit wajah bukan hanya tentang penggunaan produk perawatan kulit, tetapi juga tentang gaya hidup yang sehat dan rutinitas perawatan diri yang konsisten. Berikut ini adalah beberapa cara meremajakan kulit wajah pada usia 40-an yang dapat Anda lakukan.

1. Memijat Wajah Secara Teratur

Melakukan pijatan wajah secara rutin dapat meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang produksi kolagen, yang sangat penting untuk menjaga kulit tetap kencang dan muda. Anda dapat memijat wajah dengan lembut dan bergerak melingkar di area wajah menggunakan ujung jari atau alat pijat wajah. Pastikan untuk memijat wajah dari bawah ke atas untuk melawan efek gravitasi dan membantu mengurangi penampilan garis halus dan kerutan.

2. Rutin Menggunakan Sunscreen

Paparan sinar UV bisa mengakibatkan kerusakan pada kulit yang signifikan, termasuk penuaan dini. Penggunaan sunscreen dengan SPF minimal 30 setiap hari, bahkan di dalam ruangan atau saat cuaca mendung, dapat melindungi kulit dari efek berbahaya sinar matahari. Pastikan untuk mengoleskan sunscreen secara merata ke seluruh wajah dan leher sebelum beraktivitas, dan mengaplikasikannya kembali setiap dua jam sekali jika Anda berada di luar ruangan dalam waktu yang lama.

3. Menggunakan Skincare Anti-aging

Skincare yang mengandung bahan-bahan anti-aging, seperti retinol, vitamin C, asam hialuronat, peptida, serta AHA dan BHA, dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit. Gunakanlah serum atau krim anti-aging secara teratur pada malam hari setelah membersihkan wajah untuk membantu memperbaiki tekstur kulit, meratakan warna kulit, dan mengurangi kerutan serta garis halus.

Baca Juga: Apa Bedanya Anti Aging dan Anti Wrinkle? Simak Di Sini!

4. Hidrasi yang Cukup

Kulit yang terhidrasi dengan baik cenderung terlihat lebih kenyal dan sehat. Minum banyak air setiap hari menjadi salah satu kunci utama untuk menjaga kulit Anda tetap terhidrasi dari dalam. Selain itu, Anda juga perlu menggunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit Anda setiap pagi dan malam hari untuk menjaga kelembapan kulit dan melindunginya dari kekeringan. 

5. Mengimbanginya dengan Pola Hidup Sehat

Gaya hidup sehat memainkan peranan yang penting dalam menjaga kesehatan kulit Anda. Mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan dapat membantu tubuh untuk melawan kerusakan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan kulit.

Selain itu, melakukan olahraga secara rutin juga penting guna meningkatkan sirkulasi darah dan mendorong detoksifikasi kulit. Pastikan juga untuk mendapatkan tidur yang cukup setiap malam, karena kurang tidur dapat menyebabkan mata panda dan membuat kulit terlihat lelah.

Baca Juga: Ketahui Cara Menghindari Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Bagaimana Tips Menjaga Kulit Wajah Agar Lebih Awet Muda?

Selain memahami cara meremajakan kulit wajah, Anda juga perlu mengetahui beberapa tips dalam menjaga kulit wajah untuk terlihat awet muda walaupun sudah memasuki usia 40-an. Berikut beberapa di antaranya. 

1. Membersihkan Kulit Wajah dengan Lembut

Kunci utama dalam menjaga kulit tetap muda adalah dengan menjaga kebersihan kulit dari kotoran dan sisa makeup. Bersihkanlah kulit wajah Anda dua kali sehari, yaitu pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur, dengan menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. 

Dalam membersihkan kulit wajah, Anda dapat menerapkan metode double cleansing atau triple cleansing untuk memastikan bahwa tidak ada kotoran yang tersisa di kulit wajah Anda. Saat membersihkan kulit wajah, hindari menggosok terlalu keras untuk menghindari iritasi dan kerusakan kulit.

2. Menggunakan Masker Wajah

Masker wajah dapat memberikan tambahan nutrisi dan hidrasi yang dibutuhkan oleh kulit. Pilihlah masker yang mengandung bahan-bahan yang dapat memberikan kelembapan, seperti hyaluronic acid dan vitamin E, atau masker clay untuk menyerap kelebihan minyak, membersihkan pori-pori, dan menyehatkan kulit. Anda dapat melakukan perawatan dengan masker secara teratur, sekitar dua hingga tiga kali dalam seminggu, untuk membantu menjaga kelembapan dan kesegaran kulit wajah.

3. Menjauhi Rokok dan Alkohol

Tidak hanya berdampak negatif pada kesehatan tubuh, namun rokok dan alkohol juga menjadi musuh besar bagi kecantikan kulit. Merokok dapat membuat kulit kusam dan mempercepat penuaan, sementara alkohol dapat mengurangi tingkat kelembapan kulit. Menghindari atau mengurangi konsumsi keduanya dapat membantu menjaga kulit tetap muda dan sehat.

Baca Juga: 5 Manfaat Growth Factor agar Kulit Terlihat Lebih Awet Muda

4. Kurangi Stres

Kondisi stres dapat memengaruhi kesehatan kulit, membuatnya lebih rentan terhadap masalah kulit seperti jerawat, eksim, dan penuaan dini. Cobalah untuk mengurangi stres dengan melakukan aktivitas yang Anda sukai, seperti membaca, meditasi, yoga, atau kegiatan lain yang dapat menenangkan pikiran dan tubuh Anda.

5. Melakukan Senam Wajah

Melakukan senam wajah adalah salah satu cara efektif untuk menjaga kulit tetap kencang dan muda. Latihan ini dapat meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang produksi kolagen. Bahkan, melakukan gerakan senam wajah secara teratur dapat membantu mengurangi kerutan, garis halus, dan meningkatkan elastisitas kulit.

Banner Plasthetic Aesthetic

Rekomendasi Perawatan Meremajakan Kulit Wajah dari Plasthetic Clinic

Selain melakukan cara-cara meremajakan kulit wajah yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu cara yang paling efektif untuk meremajakan dan menjaga kesehatan kulit pada usia 40-an adalah dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan seperti Plasthetic Clinic. Berbagai jenis perawatan yang tersedia di Plasthetic Clinic dapat membantu Anda dalam meremajakan kulit wajah, berikut beberapa di antaranya. 

1. Shine Booster

Shine Booster merupakan perawatan anti-aging yang dirancang khusus untuk meningkatkan hidrasi dan kecerahan alami kulit. Perawatan ini melibatkan penyuntikan bahan-bahan tertentu untuk memberikan nutrisi pada kulit, sehingga menghasilkan kulit yang lebih cerah, lembap, dan elastis. Selain memberikan hidrasi, perawatan ini juga dapat meningkatkan kekencangan dan elastisitas kulit, sehingga memberikan kesan kulit yang lebih muda.

2. Laser

Plasthetic Clinic menawarkan berbagai terapi Laser yang dapat disesuaikan dengan masalah kulit dan kondisi yang Anda alami, seperti Laser Rejuve untuk meningkatkan produksi kolagen, Laser Acne untuk mengurangi peradangan pada jerawat, Growth Factor Laser untuk memperbaiki tekstur kulit yang rusak, dan lain sebagainya. Perawatan Laser sendiri dianggap efektif dan memiliki waktu pemulihan yang singkat, sehingga banyak dipilih oleh mereka yang mencari solusi anti-aging

3. Thread Lift

Thread Lift adalah prosedur minim invasif yang menawarkan alternatif untuk lifting wajah tradisional. Dengan menggunakan benang yang dapat diserap oleh tubuh, prosedur ini efektif dalam mengangkat dan mengencangkan area kulit yang kendur, seperti pipi, dagu, dan leher. Thread Lift sendiri tidak hanya membantu memulihkan kontur wajah yang lebih muda dan kencang, tetapi juga dapat merangsang produksi kolagen alami tubuh, yang pada gilirannya meningkatkan tekstur kulit dari dalam.

4. Premium Glow

Premium Glow adalah perawatan kulit inovatif yang dirancang untuk memberikan hidrasi intensif, meningkatkan kecerahan, dan meremajakan kulit dari dalam. Perawatan ini menggunakan serum kaya nutrisi yang mengandung bahan aktif seperti hyaluronic acid, dan berbagai vitamin yang esensial untuk kesehatan kulit.

5. Microneedling

Microneedling adalah teknik perawatan yang menggunakan alat khusus berisi jarum-jarum kecil untuk membuat mikroluka pada kulit. Proses ini merangsang proses penyembuhan alami kulit dan produksi kolagen serta elastin. Sebagai hasilnya, kulit menjadi lebih kencang, tekstur kulit membaik, dan tampilan garis halus serta kerutan berkurang.

Dengan menerapkan cara dan tips dalam meremajakan kulit wajah di atas yang diimbangi dengan melakukan perawatan, Anda dapat membantu menjaga kulit wajah agar tetap terlihat muda dan segar. 

Perawatan di Plasthetic Clinic sendiri akan disesuaikan dengan kebutuhan individu setiap pasien, bertujuan untuk memberikan solusi perawatan kulit yang menyeluruh. Sebelum memulai perawatan apa pun, penting untuk berkonsultasi dengan dokter terkait untuk menentukan strategi perawatan yang paling cocok dan efektif berdasarkan kondisi kulit Anda. Dengan bantuan profesional dan perawatan terkini di Plasthetic Clinic, meremajakan kulit wajah dan mempertahankan penampilan yang segar dan muda bukanlah lagi sekadar impian!

Jangan ragu untuk menghubungi tim kami di sini atau kunjungi Plasthetic Clinic terdekat di kota Anda untuk konsultasi lebih lanjut! Semoga informasi mengenai cara meremajakan kulit wajah di atas bermanfaat bagi Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

Ditinjau oleh: dr. Cinantya Sistha

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

front-view-beautiful-young-woman-posing

Ini dia Cara Mengencangkan Kulit Wajah dengan Mudah!

Read More
cara-menghilangkan-kerutan-di-dahi

11 Cara Menghilangkan Kerutan di Dahi dengan Mudah

Read More
cuping-hidung

Cuping Hidung: Prosedur Operasi Agar Bentuknya Lebih Ideal

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!