5 Manfaat Growth Factor agar Kulit Terlihat Lebih Awet Muda

manfaat growth factor

5 Manfaat Growth Factor agar Kulit Terlihat Lebih Awet Muda

Di Tinjau oleh Dokter

Dalam dunia kecantikan, manfaat growth factor telah terkenal akan kemampuannya yang dapat membuat kulit wajah terlihat awet muda. Selain itu, growth factor juga kerap digunakan dalam perawatan kulit karena efeknya dalam merangsang regenerasi sel-sel kulit, meningkatkan produksi kolagen, memperbaiki kerusakan kulit, dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai perawatan growth factor, termasuk manfaat, cara kerja, dan kemungkinan efek samping yang muncul setelah prosedur, Anda dapat membaca artikel Plasthetic Clinic berikut ini hingga tuntas!

Apa Itu Growth Factor?

Growth factor adalah protein alami yang terdapat pada tubuh manusia yang membantu meningkatkan pertumbuhan sel, proliferasi, dan diferensiasi sel. Selain itu, growth factor juga memiliki peran penting dalam proses fisiologis normal, seperti mempercepat penyembuhan luka, regenerasi sel, peningkatan kadar kolagen kulit, serta membantu dalam proses regenerasi sel pada penderita kanker dan retinopati diabetes.

Namun, seiring bertambahnya usia, kadar protein alami ini cenderung menurun, yang dapat mengakibatkan berkurangnya kemampuan tubuh untuk memperbaiki dan melindungi kulit, sehingga muncul tanda-tanda penuaan.

Secara umum, growth factor ini dapat ditemukan dalam berbagai jenis sel manusia, hewan, dan tumbuhan setelah diekstraksi. Pada manusia, tubuh menghasilkan growth factor sebagai respons terhadap kerusakan kulit yang bisa diakibatkan oleh paparan sinar matahari dan polusi lingkungan.

Berkat kemajuan teknologi, pengembangan dalam growth factor telah membantu mengatasi berbagai masalah kulit. Secara sederhana, tujuan dari penggunaan growth factor adalah untuk bertindak sebagai agen penyembuhan, di mana zat ini dapat membantu meningkatkan sintetis kolagen, merangsang sel untuk menghasilkan komponen yang meningkatkan kekencangan dan elastisitas kulit, memperkuat skin barrier, serta memperbaiki dan meremajakan kulit.

Baca Juga: 11 Cara Menghilangkan Kerutan di Dahi dengan Mudah

Apa Saja Manfaat Growth Factor?

Terdapat berbagai manfaat yang ditawarkan oleh perawatan growth factor. Berikut adalah beberapa manfaat growth factor yang dapat Anda ketahui.

1. Melembapkan Kulit

Growth factor dapat membantu meningkatkan kadar hidrasi dalam kulit, sehingga membuat kulit terasa lebih lembut, kenyal, dan sehat.

2. Mencerahkan Wajah

Perawatan growth factor juga bermanfaat dalam merangsang produksi sel-sel kulit baru yang lebih sehat, sehingga membantu mengurangi permasalahan hiperpigmentasi dan memberikan tampilan kulit wajah yang lebih cerah dan merata.

3. Meningkatkan Pertumbuhan Sel Kulit

Growth factor menjadi salah satu bahan aktif terbaik untuk meremajakan kulit secara optimal. Di mana, growth factor memiliki kemampuan untuk berinteraksi langsung dengan sel-sel tubuh lainnya untuk membantu merangsang pembentukan lebih banyak kolagen dan elastin. Hal ini dapat menjaga kulit tetap halus, kencang, sehat, dan tampak awet muda.

4. Memberikan Manfaat Anti Aging

Growth factor bisa menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi efek penuaan dini. Dengan melakukan perawatan growth factor atau menggunakan produk skincare yang mengandung growth factor, kulit wajah Anda akan terlihat lebih bercahaya dan mendapatkan penampilan yang lebih muda.

Baca Juga: 13 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Secara Cepat dan Tepat

5. Mengatasi Rambut yang Rontok

Perawatan growth factor juga bisa diterapkan pada perawatan rambut untuk merangsang pertumbuhan rambut baru, mengurangi kerontokan rambut, serta meningkatkan ketebalan dan kekuatan rambut.

Banner Plasthetic Aesthetic

Bagaimana Cara Kerja Growth Factor?

Sebelum memutuskan untuk menjalani perawatan growth factor, penting bagi Anda untuk memahami prosedur atau cara kerja dari perawatan ini terlebih dahulu. Perawatan growth factor sendiri biasanya dilakukan dalam rentang waktu 1 hingga 4 minggu, dengan sekitar 3 hingga 9 sesi untuk mencapai hasil yang optimal.

Prosedur perawatan ini akan melibatkan penyuntikan serum ke dalam lapisan kulit yang bertujuan untuk merangsang pertumbuhan sel-sel baru dan menggantikan sel-sel yang tua atau rusak. Keefektifan perawatan growth factor sendiri telah terbukti, terutama dalam menciptakan kulit wajah yang lebih cerah dan bersih dalam waktu singkat, yakni sekitar tiga hari.

Selain itu, perawatan ini juga dianggap efektif untuk berbagai jenis kulit, sehingga individu dengan berbagai jenis kulit dapat menjalani perawatan ini. Namun, Anda harus tetap melakukan konsultasi dengan dokter yang bersangkutan sebelum memulai perawatan.

Baca Juga: Mengenal Laser Face Brightening, Manfaat, dan Prosedurnya

Apa Saja Risiko Efek Samping Growth Factor?

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh perawatan ini adalah tidak adanya efek samping, karena prosesnya menggunakan protein yang secara alami terdapat pada kulit muda. Selain itu, perawatan ini umumnya juga memanfaatkan fibroblas, yang merupakan sumber utama growth factor untuk kulit yang telah disetujui oleh FDA di Amerika Serikat dan BPOM RI. Sehingga, keseluruhan proses dan hasil akhir dari perawatan ini bersifat aman dan tidak memiliki efek samping.

Jika Anda tertarik untuk menjalani perawatan growth factor, Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukannya di Plasthetic Clinic. Dilengkapi dengan peralatan canggih dan tenaga medis yang kompeten, Anda dapat menjalani perawatan ini dengan aman dan nyaman.

Di Plasthetic Clinic, perawatan Growth Factor terbagi menjadi dua jenis, yaitu menggunakan serum alami atau serum buatan. Growth Factor dengan serum alami berasal dari plasma darah pasien sendiri yang telah diproses menggunakan centrifuge sehingga menghasilkan komponen platelet rich plasma yang kemudian diaplikasikan pada wajah. Sementara itu, Growth Factor buatan menggunakan serum khusus yang dirancang untuk memberikan manfaat optimal bagi kulit.

Meskipun perawatan Growth Factor dianggap aman dan minim risiko serta efek samping, namun konsultasi dengan dokter yang berpengalaman tetap diperlukan. Hal ini bertujuan agar dokter dapat menilai apakah perawatan ini sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Untuk memudahkan Anda dalam melakukan konsultasi, Anda dapat menghubungi tim kami di sini atau langsung mengunjungi Plasthetic Clinic terdekat di kota Anda! Semoga informasi mengenai manfaat growth factor di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

Ditinjau oleh: dr. Melly Rianty Praditha, dipl.AAAM

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

apa-bedanya-anti-aging-dan-anti-wrinkle

Apa Bedanya Anti Aging dan Anti Wrinkle? Simak Di Sini!

Read More
coolsculpting adalah

Coolsculpting: Pengertian, Prosedur, dan Bedanya dengan Sedot Lemak

Read More
ginekomastia-pada-pria

Mengenal Ginekomastia Pada Pria dan Cara Mengatasinya

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!