6 Cara Menghilangkan Scar di Wajah

cara-menghilangkan-scar-di-wajah

6 Cara Menghilangkan Scar di Wajah

Di Tinjau oleh Dokter

Jerawat merupakan masalah kulit yang terlihat sangat terlihat dan mengganggu. Menghilangkan bekas jerawat juga tidak murah. Apalagi jika Anda memiliki scar pada wajah. 

Sangat sulit untuk mengatasi bekas jerawat jika Anda hanya mengandalkan obat jerawat dan skincare saja. Untuk itu, Anda juga membutuhkan perawatan kulit yang dilakukan oleh dokter ahli. Berikut adalah beberapa tips perawatan kulit untuk menghilangkan bekas jerawat. Meskipun tidak mungkin untuk menutupi bekas jerawat 100%, Anda dapat menyamarkannya sampai batas tertentu dengan melakukan hal berikut.

Kenapa Scar di Wajah Harus Dihilangkan?

Adanya scar di wajah tentunya mempengaruhi penampilan seseorang, karena itu scar di wajah harus dihilangkan agar seseorang lebih PD dalam menjalani kehidupan nya, berikut alasan kenapa scar wajah harus dihilangkan:

1. Warna Kulit Tidak Merata

Warna kulit yang tidak merata juga merupakan masalah kulit yang dialami oleh banyak orang, terutama wanita. Jika Anda menderita warna kulit yang tidak merata, Anda harus terlebih dahulu mengidentifikasi penyebab yang mendasarinya. Scar biasanya menjadi salah satu penyebab warna kulit tidak merata.

2. Mengurangi Rasa Percaya Diri

Scar di wajah seringkali menjadi masalah yang mengganggu dan sering membuat orang kehilangan kepercayaan dirinya, terutama jika dilihat dari dekat, karena terlihat sangat jelas. Penyebab bopeng ataupun bekas scar permanen yang diakibatkan oleh jerawat tentunya di sebabkan oleh jerawat yang meradang jauh di dalam kulit.

Baca Juga: Hiperpigmentasi Adalah: Pengertian, Jenis, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

3. Mengganggu Penampilan Wajah

Setelah jerawat sembuh, bekas luka akan muncul dan mempengaruhi penampilan wajah. Ada banyak jenis bekas luka, dari yang mudah hingga yang sulit.

Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah secara Alami?

Untuk dapat menghilangkan bekas jerawat secara alami, Anda bisa melakukannya dengan beberapa cara, diantaranya sebagai berikut:

1. Terapi Pijat Wajah

Pemijatan wajah telah terbukti efektif dalam memperbaiki penampilan bopeng jerawat yang masih segar dengan meningkatkan peredaran darah di wajah dan menurunkan tingkat peradangan di sekitar jerawat. Sebelum memulai pemijatan wajah, pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih untuk mencegah penyebaran bakteri penyebab jerawat ke wajah.

2. Pemanfaatan Gel Lidah Buaya

Selain menggunakan pemijatan wajah, salah satu metode bahan alami untuk menghilangkan bopeng jerawat adalah dengan menggunakan gel lidah buaya. Gel lidah buaya mengandung asam salisilat yang membantu membersihkan sel-sel kulit mati dalam pori-pori, sehingga berkontribusi dalam penyamaran bopeng jerawat.

Selain itu, gel lidah buaya juga mengandung polisakarida dan sterol yang berguna untuk menjaga kelembapan alami kulit, menjadikan kulit tampak lebih bersih, lembap, dan sehat.

Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah dengan Tindakan Operasi?

Berikut rekomendasi Plasthetic Clinic untuk Anda dalam menghilangkan bopeng bekas jerawat di wajah, diantaranya:

1. Derma Filler

Derma filler adalah prosedur injeksi wajah yang menghilangkan bopeng di wajah sehingga sejajar dengan bagian lapisan kulit lainnya. Sederhananya, derma filler dibuat dengan mengisi atau menambal kulit yang berlubang.

2. Subcision

Subcision adalah prosedur yang memisahkan permukaan luar kulit dari jaringan parut jerawat di bawahnya. Caranya adalah dengan memasukkan jarum di bawah kulit dan memindahkannya ke arah yang berbeda. Kolagen kemudian muncul dari kulit yang rusak, mendorong ke atas kawah asli dan memulihkan kulit menjadi normal. Metode ini memiliki rasa sakit sementara sebagai efek samping selama proses subcision.

3. Laser

Menggunakan krim saja memakan waktu dan tidak ideal, sehingga tindakan khusus biasanya diperlukan untuk menyembunyikan bekas jerawat. Salah satu cara untuk menyembunyikan bekas luka adalah dengan laser. Ada dua jenis terapi laser: 

  1. Laser Ablatif: Dengan lembut mengangkat kulit di sekitar bekas luka untuk menciptakan kulit baru yang lebih lembut. 

  2. Laser non-ablatif: merangsang produksi kolagen untuk memperbaiki bekas luka

Baca Juga: Laser Acne: Pengertian, Manfaat, Cara Kerja, dan Faktor Risikonya

4. Chemical Peeling

Penggunaan chemical peeling merupakan salah satu layanan yang biasa ditemukan di klinik kecantikan untuk mengatasi bopeng bekas jerawat. Chemical peeling adalah metode pengelupasan kulit luar wajah menggunakan bahan kimia. Setelah sel kulit mati terkelupas dengan bahan-bahan tertentu, kulit baru yang sehat muncul untuk menggantikan kulit lama yang rusak.

Banner Plastic Aesthetic

Apa Manfaat Melakukan Tindakan untuk Menghilangkan Scar di Wajah?

Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat Anda dapatkan ketika menghilangkan scar pada wajah Anda, yaitu:

1. Menjaga kulit agar tampil awet muda serta terbebas dari kerutan

Manfaat utama yang akan Anda alami dengan melakukan Tindakan untuk menghilangkan  scar adalah kulit Anda akan menjadi lebih kenyal dan awet muda. Karena jika kulit terjaga, dapat memperkuat skin barrierSkin barrier merupakan merupakan faktor utama yang tentunya sangat berpengaruh untuk kondisi kulit.

2. Membantu menyamarkan bekas jerawat agar sehingga kulit terlihat mulus

Kulit bebas jerawat dapat memperbaiki skin barrier. Dengan itu skin barrier  yang kuat dapat mempercepat proses penyembuhan, termasuk bekas jerawat. Selain itu, saat kulit dalam keadaan sehat, pori-pori terlihat tersamarkan. Kulit menjadi lebih flawless dan bercahaya.

3. Meningkatkan kondisi tekstur kulit yang sudah rusak

Selain menghilangkan bekas jerawat, perawatan scar juga dapat membantu memperbaiki kondisi struktur kulit yang rusak seperti Kulit kasar atau bopeng. Perawatan scar pada kulit wajah direkomendasikan untuk mereka yang tidak memiliki masalah kulit dan mereka yang ingin memperbaiki tekstur kulit mereka.

Baca Juga: Jangan Khawatir! Ini Dia Cara Jitu Atasi Stertch Mark Pada Tubuh!

4. Mengurangi Stretch Mark Pada Kulit

Stretch mark atau jaringan parut pada kulit, dapat ditemukan di berbagai bagian tubuh, seperti perut, dada, paha, bokong, dan lengan. Stretch mark biasanya muncul tiba-tiba dengan penambahan atau penurunan berat badan. Tidak dapat disangkal bahwa munculnya stretch mark dapat merusak penampilan Anda.

5. Mengurangi Kemerahan Pada Kulit

Rosacea adalah kondisi kulit berupa kemerahan dengan bintil kecil berisi nanah. Ini biasanya terjadi pada hidung, pipi, dagu, dan dahi. Nah, menggunakan perawatan scar ini bisa membantu mengurangi terjadinya rosacea dengan cara menebalkan lapisan epidermis kulit dan merangsang produksi kolagen. Hal ini juga mengurangi gejala kemerahan dan bintil yang terjadi bertambah.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi jerawat yang bisa Anda pilih. Setiap orang membutuhkan perawatan yang berbeda, tergantung pada tingkat keparahannya. Oleh karena itu, selalu konsultasikan ke dokter sebelum memutuskan perawatan. Plasthetic Clinic menawarkan berbagai macam pilihan yang sesuai dengan kebutuhanmu, dengan didampingi oleh dr. Nathania Pudya H., SpBP-RE, dapatkan kulit cantik dan sehatmu disini.

Jika kamu masih punya pertanyaan seputar cara menghilangkan scar pada wajah, silahkan datang ke Plasthetic Clinic Cabang Alam Sutera sekarang ya!

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

kandungan-skincare-yang-tidak-boleh-untuk-ibu-hamil

Apa Saja Kandungan Skincare yang Tidak Boleh untuk Ibu Hamil?

Read More
mengencangkan-payudara

Manfaat Membesarkan Payudara di Klinik Kecantikan

Read More
cara-mengecilkan-cuping-hidung

Cara Mengecilkan Cuping Hidung dengan Aman

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!